Kategori: Surat Pembaca

Keluhan Lamanya Pengiriman Shopee Express, Pembatalan Pesanan Ditolak

Saya membeli handphone dengan nominal harga Rp2 jutaan dari salah satu seller di Shopee (Xiaomi Official Store). Nomor resi: SPXID029076758203 pada tanggal 25 Maret 2022. Saya membuat pesanan dan memilih Shopee Express Standard sebagai kurir pengiriman, karena tidak ada pilihan lain. Ini untuk pertama kalinya saya memakai jasa kurir tersebut.

Setelah pesanan diproses oleh seller, berjalanlah pesanan itu menuju gudang pengiriman dari tanggal 25-27 Maret 2022 (Gudang Ciracas DC).

Setelah selang 2 hari (tanggal 29), paket tidak bergerak. Saya telusuri kapan estimasi waktu Shopee Express standar. Setelah mengetahui estimasi Shopee Express standar, saya sadar ongkirnya Rp0 (14 hari) dan kemungkinan sampai tanggal 7/8 April 2022.

Tanggal 31 Maret 2022 pun paket tetap tidak bergerak. Saya chat dengan CS Shopee, sampai telepon ke pihak pengiriman Shopee Express standar, karena keterlambatan pengiriman. Saya merasa dirugikan dari segi ekonomi dan waktu,

Karena pengiriman tidak ada kemajuan, saya mengajukan pembatalan pesanan pada tanggal 2 April 2022. Saya klik pembatalan, tapi ditolak.

Saya chat CS Shopee dan dibuatkan laporan. Itu pun lama untuk pembuatannya dan harus menunggu beberapa hari. Namun sampai tanggal 9 April 2022 tidak ada solusi untuk pengiriman saya, paket tidak kunjung ada pergerakan. Sampai sekarang tanggal 10 April 2022 paket saya tidak kunjung datang.

Saya minta pihak Shopee supaya tidak merugikan saya, user lain dan seller, Saya minta telusuri di mana keberadaan barang saya. Apabila tidak bisa, mohon untuk pengembalian duit saya.

Tolong sekali lagi untuk benahi sistem Shopee Express Standard, supaya kita sebagai pembeli tahu di mana kantornya dan siapa kurir yang membawa barang kita. Kalau seperti ini, bukan hanya saya yang bakal mengalaminya, bakal ada yang berikutnya seperti ini.

Muhammad Agil Rakhmatulloh
Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur


Update (12 April 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi atas tanggapan pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Beli di toko offline ajah ,bisa dicek fisik hp dan garansi toko juga ada ,tanya tanya harga di toko dan ada kok harga yg murah sama kayak di online,asal mau jalan ajah ,karena biasa nya toko pertama dapat atau gampang di jangkau memberikan harga yg lebih mahal,carilah toko yg agak kebelakang atau ketengah

  • Sama, saya juga. Saya beli tgl 6, smp saat ini masih transit di ciracas, sangat parah. Sangat tidak masuk akal. Sama sekali tidak ada pilihan pakai jasa kirim lain. SPX=DOBOL

  • rata rata kalau yang 0 ongkir pasti lama,kadang saya juga suka bingung klo order di shopee, sering sekali mendapat tawaran 0 ongkir tapi pengirim pasti lama bgt. kadang 4 hari masih di kemas, setelah keluar dari seler, di perjalanan dari gudang ke gudang bisa 4 harian juga.
    tapi ya mau gmn lagi. lebih baik menunggu dari pada barang tidak datang sama sekali karena gagal sistem.
    yang penting setiap harinya selalu di follow up ke csnya.

    • Estimasi pengiriman sampai di aplikasinya kapan kak kalo boleh tau? Kalo masih dalam estimasi ya ditunggu dulu aja. Kalo lebih dari estimasi dan kendalanya udah diterusin ke tim terkait, coba cek hasilnya di "Laporan Saya"

      • Ok thanks bro ini hanya nyoba² saya,nan harganya agak miring Dikit dari offline bre

    • Sy klo benja apapun di e commerce manapun gk pernah mau tertarik dng ongkir ongkir an. Krn sdh tau bakal lama kirim. 🤣

      • Saya aman aman aja beli hp dilakukan shopee...
        Kalau pengiriman dari seller, melewati dari batas estimasi pengiriman, otomatis langsung di cancel oleh sistim..
        Itu pengalaman saya....

  • 1. Anda lihat tanggal estimasi maksimal sampai tanggal berapa?
    2. Jika tanggal maksimal sampai belum lewat, maka anda tunggu dulu,
    3. Jika tanggal estimasi sudah lewat, anda chat ke seller minta bantuan seller buat cek dimana posisi barang dan apa keterangannya sehingga bisa berhenti lama disatu tempat, chat baik2 jangan marah2 karena seller juga maunya barang cepat sampai ke konsumen supaya uang bisa juga segara seller cairkan.
    4. Seller pasti akan bantu cek, karna nilai nominalnya lumayan, minta kepada seller bukti kalau seller bantu cek, minta capture bukti seller bantu cek/tracking, nanti akan ada keterangan barang sampai dimana (lokasi daerah/nama tempat)kenapa belum terkirim, salah alamat atw kurir tidak bisa menemukan alamat anda atw ada alasan lain
    5. Jika memang sudah melewati tanggal estimasi batas sampai, saya sarankan anda SEGERA mengajukan pengembalian dana, kalau seller Menolak, anda capture semua bukti chat anda dengan seller (ingat bukti chat anda harus runtut dari awal anda tanya baik2 baca uraian saya dari nomor 1) lampirkan bukti chat seller capture atas jawaban yg anda tanya kan, termasuk capture tanggal maksimal sampai barang, posisi dipaling atas pemesanan anda (ini otomatis dari sistem shoppe artinya shoppe),PENTING sebagai bukti anda sudah diskusi dan bertanya kepada seller.
    6. Jika seller tetap menolak pembatalan, biarkan saja, jangan dicancel pembatalan anda, teruskan saja, nanti pihak shoppe akan memantau diskusi anda dan akan memutuskan hasilnya dalam kurang lebih 2x24jam. Jika anda sudah melampirkan semua, inshaAlloh dana akan kembali pada anda. Saya melakukan hal yg sama saat sy transaksi, dan dana berhasil kembali, nanti kalau dicek lagi, itu barang sebenarnya sedang otw ke pihak seller karena sudah melewati batas sampai ke konsumen, tau dari mana? ( sy tau, karena pihak seller sendiri yg bilang), dan ekspedisi shoppe express standar setau sy satu2nya yg menggunakan asuransi secara otomatis, jd banyak seller yg transaksi dagangannya nominal cukup besar hanya akan menyetting penjualannya dengan ekspedisi tersebut.
    Semoga membantu dan semoga dana anda segera kembali.

    • Estimasi terlewat sampai 1 Minggu, semoga aja tidak ada korban lagi dan moga ditingkatkan lagi SOP-nya

      • Kalau estimasi sudah lewat gak mungkin duit gak balek pak. Otomatis cancel dari aplikasi Shopee.

  • Yang perlu dipahami ketika berbelanja online di marketplace sebetulnya adalah bahwa pemrosesan pesanan itu adalah bagian tidak terpisahkan dalam sistem jual beli online. Semua pengguna pasti sudah mengetahui itu bahwa ada batas “Konfirmasi Penerimaan Pesanan”, ada batas “Pemrosesan Pesanan”, ada batas “Pengiriman Pesanan” dan “Estimasi paket diterima”. Semua tahapan tersebut sangat fleksibel sekali dalam sistem jual beli di marketplace termasuk di dalamnya toko kami https://shopee.co.id/xplodcompany

    1. “Konfirmasi penerimaan pesanan” itu sendiri bisa bervariasi mulai dari 1x24jam di hari kerja, sampai 2x24jam di hari libur atau tanggal merah.

    2. Batas “Pemrosesan pesanan” dan “pengiriman pesanan” juga bisa bervariasi mulai dari 2x24jam setelah pesanan dikonfirmasi diterima oleh penjual sampai 4x24jam ketika ada event seperti 4.4 atau Ramadhan Sale seperti yang ada di bulan ini https://shopee.co.id/shop/53685250/search/?shopCollection=12197472

    3. “Estimasi paket diterima” itu sendiri juga bisa jadi molor ketika volume pengiriman oleh jasa kirim overload bahkan kadang sistemnya sendiri error dan tidak dapat men-generate kode booking karena lonjakan akses pada website.

    Pada tanggal 25 Maret memang ada program gratis ongkir di Shopee yang menyebabkan ada penyesuaian "Batas Pemrosesan Pesanan" oleh Seller menjadi lebih panjang. Dan paket yang sudah berjalan di jasa Kirim apapun itu jasa kirim yang digunakan, memang tidak bisa dibatalkan oleh Pembeli karena terhitung sudah dalam proses pengiriman. Semoga bisa membantu.. :)

  • Itu trgantung sellernya yg aktifin jasa expedisi tsb. Jika brng dah d krm otomatis GK bisa d batalkan. Expedisi yg GK punya urat malu. Pengalaman pribadi sbgai seller/buyer pake expedisi ini kecewa sape ubun". GK akan perna pake espedisi ini meskipun d iming"i cashback.

  • Setelah paket di tangan kurir, masalah cepat atau lambatnya sampai pesanan itu bukan wewenang seller. Seller paling cuma bisa membantu untuk menanyakan pesanan tersebut ke pihak kurir.

    Selama dalam proses pengiriman tersebut, tidak bisa mengcancel pesanan apapun yang terjadi. Pesanan hanya bisa direturn kalau paketnya sudah sampai dan tidak sesuai dengan yang dipesan atau paket bermasalah misalnya rusak/pecah. Tentunya harus di sertai dengan video unboxing.

    Seller manapun tidak akan menerima permintaan pembatan kalau paket sudah dalam proses pengiriman. Ini yang buyer/pembeli wajib tahu. Kalau tidak buyer tidak sepakat, mending gak usah beli. Buyer ataupun seller kalai pesanan lama sampai, sama2 rugi diwaktu. Kalau pesanan dicancel pembeli gak ada kerugian selain di biaya ongkir. Kalau seller rugi banyak, rugi waktu, rugi tenaga saat packing, rugi biaya packing, dan isi paket biasanya kalai direturn itu kebanyakan jelek baliknya (ini yang paling merugikan). Kebanyakan kardus packing itu kalau sudah dikirim balik ke seller udah tidak kokoh. soalnya kardus packing itu rata2 cuma kuat untuk pengiriman sekali.

  • Itu yg pada nulis panjang lebar ga paham isi tulisan ya? Yg di bahas masalah ekspedisinya. Buyer mana yg ga emosi kalo paket dari tgl 25 maret sampe tgl 10 april msh belum diterima, Jelas2 itu sdh lewat estimasi. Seller pun harusnya ikut aktif membantu follow up.

    • Akhirnya ada yg nyambung juga sama komplenannya, biasa bro kaya ga paham orang kita aja, cuma baca judul ga baca isinya, komen panjang x lebar ga dapat pointnya malah jelasin macem2 kan ga nyambung

      • Komentar di forum terbuka seperti ini tidak hanya ditujukan kepada penulis surat ya Sob, melainkan dibaca oleh ribuan pembaca lainnya juga. Itulah kenapa penjelasan secara menyeluruh memberikan manfaat lebih banyak untuk masyarakat secara luas. Setiap surat pembaca yang terbit bisa dijadikan pembelajaran bagi banyak orang.

        Dapatkan berbagai informasi terkait sistem jual beli online dan pemahaman secara menyeluruh dari Marketplace Spesialis https://xplodcompany.wordpress.com/category/techno-corp/marketplace-spesialis/
        secara gratis.. :)

  • Sama punyaku. Tapi beda kurir. Aku beli di lazada, terus kurirnya JNE. Katanya paling lama pengiriman tanggal 9. Tapi sampai sekarang belum sampai.
    Dicek resi malah nggak ditemukan.
    Dibatalkan juga nggak bisa. Udah email dan dm pihak JNE resposnya malah nggak sesuai sama pertanyaan

  • Asuransi shopee express bohong2an juga koq. Kalau rusak di jalan, seller yg nanggung rugi, ga di ganti shopee express. Padahal packing aman pakai dobel kardus. ada video cctv dan foto pengemasan juga. Tapi ga di ganti, alesan nya mengada-ada. Barang harus di packing bubble wrap 3 lapis lalu di kardusin lah, dll. Mendingan sicepat ga banyak bacot langsung ganti rugi.