Surat Pembaca

Shopee, JNE, Penjual atau Pembeli yang Salah?

Salam sejahtera untuk semua. Saya di Shopee sebagai seller nama toko Sablon Cup Jember. Awalnya saya mendapat telepon dari petugas JNE, yang menginformasikan bahwa salah satu kiriman saya ada yang dialihkan layanan dari JNE JTR ke JNE REG. Di Shopee, saya hanya pakai JNE JTR dan resi yang saya cetak pun JTR. Saya meminta agar paket tersebut ditangguhkan dulu.

Saya menghubungi CS Shopee, dan Shopee membenarkan kalau pesanan saya pakai layanan JTR dan menyarankan untuk menghubungi JNE. Saya menghubungi JNE lewat Twitter, paket kiriman saya dialihkan ke layanan JNE Reg, karena tujuan paket tidak terjangkau layanan JNE JTR.

Saya jadi bingung, kenapa pembeli bisa order kalau wilayahnya tidak terkover layanan JNE JTR? Saya menghubungi CS Shopee lagi, saya tanyakan yang salah ini siapa, penjual, pembeli, JNE apa Shopee?
Cs Shopee tidak menjawab pertanyaan tersebut dan meminta email dan nomor telepon saya untuk dibantu ke tim terkait.

Besoknya saya mendapatkan email agar saya menghubungi pembeli untuk membatalkan pesanan dan order ulang pakai JNE Reg. Saya menghubungi pembeli dan melampirkan email dari Shopee.

Kemudian pembeli menghubungi Shopee, dan mendapatkan jawaban bahwa pesanan tidak ada masalah dengan pengiriman. Saya menghubungi CS Shopee lagi, agar Shopee menghubungi pembeli untuk memberikan info yang benar. Kemudian saya mendapatkan balasan email lagi:

Saya merasa kecewa atas keputusan Shopee agar paket ditarik kembali. Sedangkan produk kami sablon, yang tidak bisa dijual ke orang lain, karena di gelas cup tersablon brand pembeli.

Saya berharap kepada Shopee, bila ini bukan salah kami (penjual) dan pembeli, tolong pikirkan lagi keputusannya, agar produk yang saya kirim tidak jadi sampah bila saya batalkan pengirimannya.

Hariyanto
Jember, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdr. Hariyanto

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 13 April 2022 berjudul “Shopee, JNE, Penjual atau...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Permasalahan ini mulai tanggal 5 April 2022, dan keputusannya shopee, pd tanggal 19 saya di telp dan di email, saya di suruh kirim paket di luar shopee dengan ongkir akan di ganti.
    Saya di suruh klarifikasi di media konsumen.
    Sengaja saya tdk mengklarifikasi karena nunggu ongkir di kembalikan oleh shopee.
    Dan sampai saat ini tanggal 26 April belum di kembalikan Ongkirnya oleh Shopee.
    Semoga ongkir sebesar 230 rb cepat di kirim oleh shopee. Terimakasih media konsumen telah membantu kami.