CS Gojek yang Tidak Paham dan Tidak Solutif

Saya adalah pengguna setia Gojek, mungkin sejak tahun 2019, bahkan saat ini level Go Club saya adalah Anak Sultan (level tertinggi yang ada pada program Go Club dan salah satu rewardnya adalah CS Prioritas).

Namun saya rasa reward itu hanya ilusi semata. Penanganan komplain melalui Twitter Gojek masih lambat, sama seperti saat pertama kali saya melakukan komplain di tahun 2019

Pada tanggal 13 July 2021, saya mengirimkan DM ttg pertanyaan mengenai promo GoFood yang potongannya tidak sesuai. Namun, DM tersebut hanya berakhir “dibaca” oleh pihak Gojek.

Tak hanya sampai situ, 2 bulan kemudian, tanggal 13 September 2021, saya kembali melakukan komplain karena tidak bisa melakukan pemesanan GoMart (pada saat ini saya masih sering mendapatkan voucher) namun-lagi lagi pesan saya hanya berujung dibaca oleh pihak Gojek.

Kemudian pada tanggal 20 November 2021, saya ditelpon oleh CS Gojek dan mereka infokan bahwa meminta maaf serta akan menjadikan komplain saya yang saya lakukan dari Juli sebagai feedback bagi mereka untuk ke depannya (bisa dibayangkan mereka membutuhkan 4 bulan hanya untuk menjawab komplain saya ckckck).

Namun, ternyata sampai detik ini pun masih sama. Tiap kali saya komplain mengenai akun saya yang sudah lama sekali tidak mendapat promo melalui Tweet, mereka hanya bisa mengarahkan ke DM tapi tidak kunjung dibaca. Padahal, seharusnya saya bisa mendapatkan penanganan CS Prioritas karena tier saya di GoClub.

Sungguh sangat disayangkan, perusahaan sebesar Gojek tidak memiliki standar yang baik untuk customer service, tidak responsif dan tidak solutif. Semoga dengan tertulisnya surat ini, ada tanggapan dari pihak terkait.

Terima kasih

Monic
Tangerang Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Gojek Indonesia atas Surat Pembaca Ibu Monica Christy

Yth. Redaksi Media Konsumen di tempat Menanggapi surat pembaca yang disampaikan Ibu Monica Christy pada 15 April 2022 di mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

31 komentar untuk “CS Gojek yang Tidak Paham dan Tidak Solutif

    • 16 April 2022 - (13:30 WIB)
      Permalink

      CS nya itu nggak bisa baca, mau anak biasa, bos, juragan anak sultan.sama aja gak ada namanya CS prioritas.

      4
      3
      • 16 April 2022 - (21:51 WIB)
        Permalink

        Kalo boleh tau kenapa harus lewat Twitter ya? Padahal bisa tanya langsung lewat aplikasi Gojek nya, bisa rise ticket. Dan saya kira dengan cara tersebut akan lebih cepat ditanggapi daripada lewat Twitter, apalagi dm nya, karena pasti ada ribuan chat yang masuk.

        So far pengalaman saya pribadi aman-aman saja mengenai tanggapan dari mereka, cepat dan solutif.

        *Agak ngeri juga baca komen-komen di sini ?, isinya seperti menjelek-jelekan perusahaan dan cenderung giring opini ke arah yang ga baik. Hehe..

        Padahal saya pribadi kalo disuruh pilih Gojek atau Grab, sudah pasti pilih Gojek. Dukung terus karya anak bangsa ??

        15
        1
      • 16 April 2022 - (15:58 WIB)
        Permalink

        Tapi sanggat bermanfaat media konsumen, ketika kita keluhkan lewat dm atau apa hanya janji manis harap tungu 1×24 dann strusnya smpe beruban.. Ketika kita curahkan ke media konsumen pasti cepat tanggapannya langsung di perhatikan hampir semua aplikasi yang dimna coustumer curahkan semua pasti ada tangapan klo dh apdet status…
        Kejadian blm lma trjadi pd saya. Ketiak saya membeli barang di AKULAK# TRNYATA barang brupa showcase /pendingin minuman hanya ada tipe lama dimna hanya garansi distributor itu yg dismpekan oleh sheler trus sy melakukan refun tarik saldo ke rek saya pribadi sy cek blm masuk2 , sy chat coustumer servis jwbnya srh nggu 1×24 stlh berlalu tdk masuk2 sy tanyakan lagi jwbnya tnggu 3-7 harikarna saldo yg ditarik diatas 300 nyampe 1 mnggu lebih srh hubungi costumer servis stlh sy tlp srh ngu 1×24 … Lama Lama kesel sndri udah 12hari ngda kbr duit nyangkut sy chat lagi saya maki2 sekalian, saya ancam 1×24 jam ngda yg hubungi sy saya pos di media konsumen selang brpa jam ada yg tlp pihak akulaku srh kirim data2 mencocokkan kebenrannya…

    • 19 April 2022 - (15:43 WIB)
      Permalink

      Kok via Twitter dungu…Twitter mAh C’s alay..ya komplen lgs via aplikasi lah dungu.. alay loe?

      2
      1
  • 16 April 2022 - (04:07 WIB)
    Permalink

    Yah sama akun saya juga seperti itu.
    Bedanya masih hampir Sultan.
    Tidak pernah d kasih vocher.
    Dan tidak bisa tf sesama gopay.
    Sakit bgt

  • 16 April 2022 - (15:28 WIB)
    Permalink

    ?? mau ketawa rasa nya baca surat di atas mengenai pelayanan Gojek . Harap maklum dech mau gojek atau tetangga nya sama sama ijo … Perusahaan semacam ini hanya subyektif untuk menanggapi sebuah komplain pengguna setia . Dari platform pun bisa menilai Apa sich sebetulnya konsentrasi pelayanan mereka . Hanya bermodal teknologi , restoran pun mereka tidak punya , motor ataupun mobil juga bukan punya pribadi Gojek . Hanya menampung mitra nya yang mau dapat uang . Jadi kalau ada masalah ya itu juga tergantung situasi . Paling yang jelek kalau di komplain dari mitra resto ataupun mitra driver . Jadi platform seperti itu tidak pernah resiko rugi . Apalagi kalau di kasih bintang satu . Nama nya perusahaan platform udah bernilai value ratusan milliar . Jadi ya tenang tenang aja platform raksasa . Customer komplain pun juga paling memang dasar nya seperti tidak niat untuk menyelesaikan . Konsentrasi mereka mempertahankan usaha nya sendiri jangan sampai jelek . Jadi ngalah ngalah dikit aja sama perusahaan besar . Dimana mana orang kecil tidak akan di ladeni oleh platform raksasa . Platform besar hanya mau tampil nama mereka besar dan memperlihatkan kekuasaan . Susah sekali untuk di goyahkan

    4
    6
  • 16 April 2022 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Lain kali klo mau bikin complaint siapin data dulu deh kakak biar mereka juga paham. Complaint cashback diminta tangkapan layar malah gak kooperatif. Budayakan perjuangkan hak dengan data, jangan terikat inilah itulah padahal sebagai pengguna aja tingkat pemahaman produk masih kacau ??

    7
    3
    • 16 April 2022 - (18:53 WIB)
      Permalink

      Yang anda baca hanya sebagian dr cerita saya. Jadi jgn berlagak anda tau semuanya. Disaat yg sama pun saya juga melaporkan melalui aplikasi Gojek. Namun ttp tidak ada jawaban yg emng menyelesaikan pertanyaan saya, kemudian tiket di close.

      2
      4
      • 20 April 2022 - (00:16 WIB)
        Permalink

        Maaf nih kak, tiketmu yang sudah closed itu mau dibuka 10 kali pun masih bisa kok. Komentar saya itu bentuknya saran lho, disini emang semua orang berhak menulis tapi klo datamu seperti itu pengguna lain mana paham alur komplainmu. Setiap tulisan seharusnya bisa dipertanggungjawabkan kronologinya

  • 16 April 2022 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Maaf2 nih TS
    Udh dibaca syarat CS prioritasnya ? Katanya kan hrs lwt in-app CS dan trs juga bisa lwt tiket yg dibikin dari akun yg dimaksud

    Jadi CS pihak ketiga seperti Twitter itu sama aja kek cs biasa AKA bkn prioritas ?

    Tolong dibaca dlu klo emng masih lelet berarti cuma iming2 omong kosong

    • 16 April 2022 - (18:48 WIB)
      Permalink

      1.We will respond to ‘Anak Sultan’ level members’ complaints within 30 (thirty) minutes after receiving the complaint via email, in-app Help menu, and/or rating page.

      2.We will resolve and respond to ‘Anak Sultan’ level members’ complaints faster than users who are non-GoClub members and/or members with different levels, unless in urgent or sensitive cases.

      3.We may experience limitations, delays, and other problems when resolving and/or responding to members’ complaints. For example, force majeure, maintenance or disruption of our system and/or the level of difficulty and complexity of members’ complaints. This may affect the timeframe for responding and resolving complaints just as stated in the GoClub Terms of Use. From time to time, we may inform members regarding the complaints handling changes through our communication channels.

      Itu syarat dr web gojeknya
      Gk ada disebutin bisa lwt CS platform lain ?

      4
      4
    • 16 April 2022 - (18:54 WIB)
      Permalink

      Yg anda baca hanya sebagian dr cerita saya, jgn berlagak sok tau. Atau anda emng orang dalam Gojek yg jadi buzzer? Hahahaha. FYI aja, disaat yg sama saya juga membuat laporan melalui aplikasi ?

      2
      9
  • 16 April 2022 - (21:58 WIB)
    Permalink

    Kalo boleh tau kenapa harus lewat Twitter ya? Padahal bisa tanya langsung lewat aplikasi Gojek nya, bisa rise ticket. Dan saya kira dengan cara tersebut akan lebih cepat ditanggapi daripada lewat Twitter, apalagi dm nya, karena pasti ada ribuan chat yang masuk.

    So far pengalaman saya pribadi aman-aman saja mengenai tanggapan dari mereka, cepat dan solutif.

    *Agak ngeri juga baca komen-komen di sini ?, isinya seperti menjelek-jelekan perusahaan dan cenderung giring opini ke arah yang ga baik. Hehe..

    Padahal saya pribadi kalo disuruh pilih Gojek atau Grab, sudah pasti pilih Gojek. Dukung terus karya anak bangsa ??

    • 17 April 2022 - (09:56 WIB)
      Permalink

      Kalo udah baca komen disini harusnya anda jg sudah baca dong komen saya yg blg “disaat yg sama jg melaporkan via aplikasi tp ga pernah ada solusi yg baik”. Hadeeehhh. Anda buzzer ya? ?

      1
      8
      • 17 April 2022 - (10:09 WIB)
        Permalink

        Saya cuma ngasih tau aja ?
        Lagian ga ditulis juga di postingannya bahwa mba Monica juga sudah melaporkan via aplikasi.

        Jaman sekarang niat buat bantu sesama aja dibilang “Buzzer”, ngeri ?
        Semoga cepat selesai permasalahannya ya Mba ??

        10
  • 17 April 2022 - (00:51 WIB)
    Permalink

    Kayanya CS gojek emang cuman syarat doang, gk pernah ngasih solusi
    Saya juga pernah punya kasus masalah voucher yg baru di klaim dari go cub reward tapi lsg expired/sudah pernah di gunakan,tapi jawabannya gk pernah ada solusinya

  • 17 April 2022 - (04:12 WIB)
    Permalink

    Apa tidak ada jalir normal (via app gojek) untuk komplen, kalau udah diluar platform mana tau akun prioritas atau tidak semua kan setara, bahkan yg yidak punya akun gojek kalau di twitter

    • 17 April 2022 - (10:17 WIB)
      Permalink

      Hati-hati mas, kalo bisa jangan dibantuin.
      Nanti dibilang Buzzer sama si yang bikin postingannya. Udah ada tuh 2 orang korban yang niat bantu malah difitnah Buzzer ?

      Padahal kalo kita jahat juga bisa aja kan ya bilang dia Buzzer nya Grab buat ngejelek-jelekin Gojek, wkwk..

  • 17 April 2022 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Maaf nih mbak monic, kalo memang mengajukan komplain via in-app jg, baiknya sertakan screenshot dari hal tsb mbak buat bukti kongkrit dan tidak terkesan ingin menjelekan saja. Saya sebagai pengguna setia gojek juga, sejauh ini pelayanan baik kok walaupun bukan customer dgn level anak sultan. Terakhir kali case saya, orderan tersangkut dan gopay udh ketarik sebanyak 75k dan diselesaikan dgn baik oleh cs dlm beberapa hari, melalui laporan in-app. Saran aja, lebih condong untuk gunain in-app help kalo ada komplain, lebih bagus daripada via sosmed page nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

CS Gojek yang Tidak Paham dan Tidak Solutif

oleh Monica dibaca dalam: 1 menit
31