Surat Pembaca

Kurir JNT Tidak Mau Antar Paket ke Rumah dan Menyuruh Saya Mengambil Paket di Rumah Kurir

Hari ini tepatnya Kamis 14 April 2022 saya mendapatkan pesan WhatsApp dari kurir J&T yang menyuruh saya untuk mengambil paket di rumahnya. Dia pun mengirim titik koordinat lokasi rumahnya. Nomor resi pengiriman: JP7693209004, JP4322719950 dan JP1365539623.

Ketika saya melihat lokasinya, ternyata jaraknya dari rumah saya sangat jauh dan bahkan lebih jauh lagi dari kantor J&T yang ada di sini. Saya sadar rumah saya sangat jauh, jadi saya meminta untuk menitipkan paket di tempat biasanya kurir dari pihak ekspedisi lain menitipkan paket saya.

Tapi kurir itu tetap menolak dengan alasan bahwa paket yang harus diantarnya sangat banyak, jadi saya yang harus mengambil paket saya ke rumahnya. Jumlah paket saya ada 3 paket. Saya mengatakan bahwa itu adalah risiko dari pekerjaannya dan saya bahkan tidak memintanya untuk mengantarkan paketnya langsung ke rumah.

Tapi kurir itu menolak dan mengatakan bahwa terserah saya kapan mau mengambil paket itu, karena dia tidak sempat untuk mengantarnya. Saya merasa kurir ini sangat tidak bertanggung jawab dengan pekerjaannya. Setiap pekerjaan memiliki risiko tersendiri.

Karena dia memilih pekerjaan sebagai kurir sebagai pengantar paket, seharusnya dia bertanggung jawab dan mengantar paket itu sampai ke konsumen. Bukannya malah menyimpan paket itu di rumahnya dan menyuruh konsumen untuk mengambilnya di kediamannya.

Sinta
Sambas, Kalimantan Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dia gak pnya beban. Soalnya kl sprinter itu upahnya sekian ratus perak per paket antaran.
    Balik lagi ke orgnya apakah bisa menerima amanah pekerjaan dengan baik atau tidak. Terlepas dari fee/upah tsb.
    Seharusnya kalau gak mau nganter, sprinter kasih tau ke konsumen apa adanya. Kemudian konsumen diarahkan ke gudang koordinasi wilayah (per kecamatan) untuk mengambil paketnya.
    Bukan ke rumahnya, ini suatu kekonyolan sprinter yang hakiki.

    Mo dijewer juga susah, sprinter kebanyakan karyawan lepas harian.

    Paling ntar JNT bilang "Mohon maaf atas ketidaknyamanannya...."

    • Betul saya pernah pakai kurir jnt kalbar memang gak amanah. Masih mending ada chat cs klo saya gak ada sama sekali dan tau2 barang di return dengan alasan alamat salah ?

      • Sudah... saran saya TINGGALKAN J&T ... Jangan kita pernah pakai lagi. NANTI BARU SI KURIR BERTERIAK KARENA TIDAK ADA KERJA !!!

    • Maaf sekedar info, sprinter itu yang bagian jemput paket dan kurir itu yg bagian ngantar paket. J&T kalau gak salah Perpaket dapat insentif Rp 1.500

      • Kejadian persistent sama dengan saya paket saya ngk mau diantar ke rumah, parahnya lagi, saya coba tanyakan alamat pastinya until jemput paket wa saja ngk dibalas, telpon gk diangkat padahal status wanna online terus, telpon ke cs jnt gk guna, rugi pulsa aja, akhirnya paket aku dikirim balik, yuk sama sama gk usah pakai jnt biar bankrut ini perusahaan, gk amanah dalam bekerja

    • Chatnya ga paham.. tapi bentar soalnya baru Nemu saya kasus kaya gini.. ini bisa d perjelas lgi kah? Kurir tidak mau mengantarkan barangkah? Atw cust yg ingin dikirim cepat/segera meski padahal masih ada batas pengiriman waktu maksimal? Masih ngegantung pemikiran saya?

      • Kurir ngga mau ngantar kerumah konsumen. Disuruh ambil sendiri dirumah kurirnya

        • Jnt g heran sya.saya jualan d shopee,pelayanan d ekpedisi juga g beres. Barang 2 hari g dproses dengan alasan barang kiriman banyak.
          Lah itu kan dah resiko,g bisa jadi alasan.
          Payahnya mau jnt,atau lainnya g ad kontrol dari atasan. Jadi yg kerja/SDMnya mentalnya tempe.akhirnya saya nonaktifkan jnt d shopee sya. Kalau nanti sudah d pecat,g ad kerja.orang2 yg kerja tsb baru deh berasa/nyesel.

    • Ternyata dimana2 emang begitu ya? Saya jg pernah kecewa dg jnt. Saya laporkan kekecewaan saya pada kantor mereka. Eh, bukannya kurir yg dinasehati, malah saya yg diajari.

      Jnt menganggap bahwa kita konsumen memakai jasa mereka secara gratis. Jd kerjanya "suka2 gue"

    • Seharusnya seperti itu, tapi gitu deh kadang kurir terlalu over buat kejar target antar, akhirnya menghalalkan berbagai cara agar mencapai target tanpa peduli dengan nasib customer. Padahal mereka itu perusahaan jasa bukan barang. Seharusnya kepuasaan pelanggan menjadi prioritas bukan justru malah sebaliknya.

    • Saya sudah bilang sama kurirnya buat bawa paket saya ke kantor aja. Eh malah ngga dibawanya

    • SEBENARNYA DENGAN PAKAI SALAH SATU PERUSAHAAN PENGIRIM MELALUI SHOPEE, ADA PERJANJIAN ANTARA SHOPEE DAN PERSH PENGIRIM .... DIANTARA NYA HARUS MELAYANI DENGAN PROFESIONAL SEHINGGA ADA BIAYA NYA (KAN GAK GRATUS!!!). JANGAN BIASAKAN MEREKA KELUAR DARI KEWAJIBAN UNTUK MENGANTAR SAMPAI RUMAH !!!

  • Enak bgt yah, qta yg bayar qt yg repot kurir enak2an nyuruh qta ambiil. Ogah bgt ada kurir begitu. Ongkos ngambil lebih gede dr ongkir. Kurir kek gini ga usa dkasi kerjaan

    • Itulah. Kesal banget rasanya. Ini masih blm saya laporin. Saya mau kasih kesempatan dulu. Tapi kalau paket saya masih tetap di simpan dirumahnya baru saya laporin

  • Kdng was was ada ya klo paketan sampe dibawa kerumah kurir, bukanya suzon ya iya klo jujur klo nga jujur takut barang ilang lah /apa ya bgtu... Sepemikiran nga sih gaes dgnku

    • SOP nya memang melarang kurir membawa pulang paket dengan alasan apapun. Dan kurir tersebut memang terbukti melanggar SOP perusahaan.

      • Katanya itu disuruh buat dibawa pulang. Karena kalau tidak di bawa pulang paketnya bakalan di retur

        • Retur terjadi jika sudah diantar dalam 3x per 3 hari tetapi belum diterima. Kalau baru 1x pengantaran dan kurir beralasan takut di retur berarti kurir tersebut memang bermasalah dan mencoba mengelabuhi customer yg awam soal proses pengiriman.

        • Saya kira cuma saya yang memiliki kasus seperti ini ternyata banyak yang kecewa dengan jnt.. saya sudah konfirmasi ke pusat malah saya yang di bilangin .. kurirnya malah dibiarin .. sinting betul jnt

  • Harusnya kurir yang mengantar biar jauh apa dekat,sudah resiko pekerjaan...
    Kok malah seenaknya menyuruh ambil ke rumah....

    • SOP nya seperti itu kok dan ada poster nya di kantor mereka dan ada tulisan dilarang membawa pulang paket.

      • Saya tidak menghina, cuman nyatanya kan seperti itu, yang menjadi tugasnya malah suruh customer datang ke rumahnya buat ambil barang. Apa tidak belagu itu namanya?

        Dan sudah sepantasnya kurir seperti itu di pecat saja.

      • Dimana kata/kalimat dia menghina ? Komen anda itu justru yg menghina. Kalau mau komen pakai data, fakta dan logika. Disini forum bukan obrolan khusus Bocil seperti anda. Komentar anda dengan tegas menunjukkan isi kepala anda yang terbatas dan kerdil.

      • Rahmad ni ngapain? Atau dia temennya si kurir. Yang menghina siapa mad rahmad!!!!!

    • Ekspedisi lain aman2 saja. J&t aja yang bermasalah. Kalau syaa bisa pilih ekspedisi pengiriman ngga akan saya pilih j&t

  • Wah, kalo ada laporan ky gitu ke kantor jnt lgsg, auto pecat tuh kurir. Gada alasan apapun kurir menyuruh konsumen ngambil paket pembeli dirumah kurirnya.

    • Laporin via Email. Kalau ke kantor cuman ketemu admin dan itu rekan mereka juga pasti saling melindungi utk nama baik cabang point' mereka.

  • Btw sy org skw, sering ke Sambas termasuk di daerah ini. Memang daerah ini bisa dibilang cukup masuk ke dalam walau akses jalan cukup bagus akan tetapi kurangnya nama gang & no rumah yg sering membuat kurir kesulitan ngantar. Bbrp kali jg prnh dgr keluhan seperti ini baik itu J&T / JNE. tp kebanyakan disuruh ambil di kantor langsung, jadi kurir udh kasih tau kalau paket udh dikantor. Hal seperti ini sebenarny bisa dilaporkan ke pihak J&T melalui email agar ini tidak menjadi penyakit kurir disana Karna emg sejak dulu seperti ini, tidak mau ngantar sampai ke alamat tujuan Karna lokasi yg emg susah dicari. Klau emg sering pakai J&T, shrus nya mereka mau antar krna sudah hapal lokasi tujuannya. Mending laporin aja deh via email, dijamin dapat SP2 langsung. Masih banyak kok yg mau kerja jadi kurir. Sy juga bisa bantu kalau mau laporin, btw sy juga sering laporin kurir2 nakal soalnya termasuk yg scan paket diterima pdhl blm diantar/lempar paket/nyimpen paket sembarangan dll

    • Wah boleh Pak kalau bapak ada info terkait pelaporan terhadap kurir2 seperti ini. Mohon infonya ?

    • Boleh pak. Kalau begitu tolong laporin ya pak. Tadi saya telpon kurirnya tidak masalah katanya kalau saya mau laporin dia

      • Buatin aja email nya, mudah kok cara nya

        Karna kalau orang lain yg komplain dikhawatirnya missinformasi.

        Lebih baik yg bersangkutan saja. Dan biasa nya akan dapat telfon dari dari J&T pusat.

        Jangan takut, kita benar kok dan ada buktinya jika kurir menyalahi SOP. Mungkin sudah banyak customer yg mengeluh cuma gak berani speak up ke publik aja. Semoga bisa segera dilaporkan Karna masih ada banyak pengangguran yang perlu pekerjaan dimasa pandemi gini, Karna syarat jadi kurir cukup ijazah, SIM, SKCK, gak perlu tittle, keahlian & pengalaman kerja.

      • Jangan sampe kurir dipecat barang hilang tak dikembalikan ke kantor j&t oleh kurirnya.

  • Saran sy kepada penulis utk segera membuatkan laporan via email ke jntcallcenter@jet.co.id atau jntcare@jet.co.id dilengkapi dgn Data nama penerima, alamat, no resi, Nama kurir lalu bukti foto/video dgn judul KOMPLAIN KURIR TIDAK MAU ANTAR PAKET.

    Saya berani jamin 1*24 jam kurir akan segera menelfon penulis dan meminta maaf karna sudah dihubungi langsung oleh pusat di JKT.

    Coba saja, Karna jika hanya mengandalkan media konsumen sy agak pesimis masalah segera selesai .

    • Kalo saya jadi anda,
      1.laporkan kepada pusat.
      2.saya turuti ,datangi rumahnya sambil bawa orang yg sekiranya bisa menjatuhkan mentalnya.