Sistem Shopee yang Error, Tapi Jadi Seolah Kesalahan Penjual

Pada Hari Selasa tanggal 12 April 2022 pukul 21:42 ada sebuah transaksi pesanan baru yang masuk ke toko saya. Pesanan tersebut menggunakan pengiriman Go-Send Sameday. Pada tanggal 13 April 2022, pesanan tersebut diproses dan dipersiapkan untuk dikirim setelah diatur pickup driver. Namun sampai tanggal 14 April 2022, tidak ada penjemputan paket pesanan.

Akhirnya pada tanggal 14 April 2022 pukul 15.01 saya menghubungi pihak CS melalui chat (Karena hanya ada jalur chat. Telepon yang tercantum nomornya selalu tidak bisa dihubungi dengan alasan salah nomor).

Berikut terlampir tangkapan layar:

dan karena sudah melebihi waktu kirim, akhirnya pesanan dibatalkan oleh sistem Shopee.

Ini bukan kejadian pertama kalinya ketika sistem Shopee error dan pesanan pembeli tidak bisa dikirimkan yang toko saya alami. Selain bisa menimbulkan kesalahpahaman dengan pembeli yang merasa penjual lambat dan tidak mengirimkan pesanannya, kerugian lainnya adalah waktu dan paket yang harus di-packing terlebih dahulu.

Pada aplikasi pembeli, tidak ada keterangan bahwa yang error adalah sistem Shopee. tapi seolah penjual yang hanya mengemas dan belum mengirimkan.

Laode Iqbal Sidik
Kota Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Pindah lah pak. Ke tokopedia napa..
    Sy mah dah ninggalin marketplace yg banyak kebijakan sampah model shope tu.

      • Belakangan ini sistem shopee suka ngaco. Saya menerima beberapa kali menerima email pesanan baru, pas say cek ternyata pesanan tsb sudah dalam proses pengiriman. Malah beberapa kali pesanan masuk gak ada notifikasi apapun melalui email atau aplikasi, malah pesanan yg sudah dalam proses pengiirim an yg dikirimi notif melalui email. Ntah kesalahan sistem, atau admin.

        • Jadi harus sering sering cek aplikasi karena chat lebih sering tidak ada notifikasinya. Sedangkan gak bales / terlambat balas chat bisa mempengaruhi performa.

    • Sayangnya, tidak sesuai yang saya minta untuk menjelaskan kepada pembeli yang pesanannya dibatalkan otomatis. Pembeli pun tidak memesan kembali. Saya harap, tim shopee selalu monitoring systemnya dan cepat dalam menangani tanpa embel embel 3 hari kerja yang secara logika gak masuk akal.

      • Nonaktifkan saja gosend sameday, banyak driver yg menolak ambil, mungkin karena ongkosnya terlalu murah. Di tokopedia juga ga ada yg mau ambil kalo opsinya gosend sameday, cuma kalo di tokopedia langsung digantikan sama admin tokped ke grab sameday tanpa dipungut biaya tambahan.

  • Pengalamanku
    ,Shopee melindungi toko toko d
    Yang bergabung dengan shopee terutama toko Yang telah menghasilkan banyak pemasukan. Walaupun penipu. Malahan shopee menawarkan pengembalian Dari shopee sendiri. Tetapi toko penipu tetap buka Jaya.

    Mungkin tokonya Masih baru mas. Belum banyak hasil untuk shopee. Kejar terus mas ambil hak mu. Semoga Ada solusinya amiin

    • Bener banget...yg lucu..shopee kerja pake otot dan mesin ..otaknya gak kepake..
      Di history gak ada pembelian....saya desak smp saat ini . Shopee gak bisa bertanggung jawab..malah seenaknya nutup penjual...kasihan penjual nya . Shopee enak nikmati puluhan..gini kok rating shopee bagus...bagus rating penipuan...moral nya gak bagus...sdh saya bilang jgn di TRX...eh malah di TRX..ibarat rumah saya mau di masukin maling....shopee membuka pintu..

    • Kalo Toko sih udah lumayan lama sih, udah 3 tahun. Pendapatan pun bagus. Cuma ya kendala seperti ini harusnya Shopee transparan ke pembeli supaya ga berimbas ke penjual yang sudah berusaha semaksimal mungkin melayani pembeli.

  • Shope sih emang ******.. saya beli barang lewat shopee, sama seller di kirim ukuran yg tidak sesuai.. saya banding dan shopee memihak seller.. kan ****** itu aplikator..