Surat Pembaca

Pinjol Singa.id “Cuekin” Keluhan Nasabah

Kepada Yth. Singa.id,

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memberikan wadah bagi saya untuk menyampaikan surat ini kepada Singa.id. Saya Suratno Adi Suyanto, salah satu nasabah pinjol Singa.id.

Saya memiliki masalah dengan aplikasi pinjaman Singa.id, berkaitan dengan pembayaran lunas atas tagihan saya, tapi di aplikasi masih ada tagihan (pinjaman saya belum dianggap selesai/lunas). Kronologinya sebagai berikut:

  1. Pada tanggal 06 April 2022, saya mendapat penawaran dari singa.id, jika saya dapat melakukan pelunasan di awal maka saya dapat promo pinjaman dengan cicilan flat ( jatuh tempo tanggal 07 April 2022).
  2. Saya telah melakukan pembayaran di awal pada tanggal 06 April 2022 via Bank Permata VA 8856211200144609 sebesar R6.237.500 pada pukul 12:12:41 WIB (pelunasan di awal atas tagihan saya yang seharusnya 3 kali cicil). Namun ketika saya buka aplikasi Singa.id ternyata di sana masih tertulis tagihan untuk cicilan ke-2 dan ke-3.
  3. Saya coba menghubungi CS ke nomor telepon yang ada dalam aplikasi Singa.id. Namun oleh CS saya dicuekin, mereka ngobrol dengan rekan kerjanya (sayangnya saya tak sempat merekam kejadian tersebut).
  4. Akhirnya saya coba komunikasi via email, tapi lambat sekali dapat jawaban. Setiap saya kirim email, saya mendapat jawaban setelah 2 hari. Saya kirim beberapa kali email ke Singa.id, tapi balasannya hanya itu-itu saja. Saya diminta untuk memberikan nama, NIK, nomor hp, dan email. Walaupun saya sudah berulang kali memberikan jawaban tersebut, tapi itu terus permintaan dari Singa.id. Saya telah menyampaikan keluhan saya, tapi jawaban dari Singa.ud tetap hanya seputaran nama, NIK, nomor hp, dan email. Jika hanya mesin penjawab otomatis yang kerja, kapan masalah bisa segera diatasi?
  5. Pada hari Minggu saya dapat balasan dari Singa.id. Jawaban kali ini agak membuat saya lega, dimana saya diminta untuk menyebutkan apa masalahnya dan diminta untuk menunjukkan bukti pembayaran pelunasan yang telah saya lakukan, dan katanya akan segara dikroscek serta meminta saya untuk menunggu hasilnya. Namun entah iya benar di cek entah tidak, sebab dari hari Minggu tanggal 10 April 2022 hingga sudah ini say tulis tanggal 14 April 2022 belum ada jawaban. Jika dihitung, dari pertama saya mencoba komunikasi dengan Singa.id sudah cukup lama. Saya mulai mencoba tanggal 06 April hingga 14 April 2022, belum ada keputusan atau jawaban yang saya harapkan dari Singa.id.
  6. Saya sangat menyayangkan jika perusahaan sebesar ini dan telah terdaftar di OJK, tapi masih mempekerjakan tenaga kerja yang tidak loyal terhadap perusahaan. Ini terindikasi dari keluhan saya yang selalu dicuekin, baik via email maupun telepon. Sepertinya bukan hanya saya yang mengalami hal ini, karena beberapa nasabah lain juga mengalaminya seperti yang telah berkirim surat terlebih dahulu di Media Konsumen.

Demikian, surat ini saya buat. Semoga setelah ini saya mendapat jawaban atas masalah yang saya hadapi.

Suratno Adi Suyanto
Siak, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SINGA.ID atas Surat Bapak Suratno Adi Suyanto

Kepada Yth. Bapak Suratno Adi Suyanto, Menanggapi pengaduan Bapak Suratno di Media Konsumen tanggal 16 April 2022 dengan judul “Pinjol...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hadeh ampun dah sama singa.id
    Mereka ngak niat nyelesaikan masalah cust
    Klo cust salah y salah , tapi klo system ato anggota ny yang salah yah cust yang salah mao gimana debat pun cust yang salah
    Tah teori dari mana mereka dapat
    Inti ny singa.id suka undur2 case ngak mau cepat2 selesaikan masalah

  • Sudah saatnya pinjol dihapuskan. Praktik mereka jauh lebih menyengsarakan rakyat daripada membantu. Bahkan mereka yg mengaku terdaftar dan diawasi OJK tetap menerapkan praktik2 penekanan yg membuat warga kesusahan semakin susah. Keberadaan mereka lebih menyerupai rentenir dg modernisasi system. Busuk...!

  • Dear teman - teman, saya mau tanya. Saya ga bisa login akun singa.id tapi ada dc yang menagih tolong dibantu solusinya. Saya sudah hubungi kontak pelanggan tapi tidak ada respon. Terimakasih