Transaksi QRIS BCA Bermasalah, Proses Penyelesaiannya Sangat Lama

Pada tanggal 10 April 2022, saya melakukan transaksi QRIS melalui BCA Mobile sebesar Rp423.318 ke pihak merchant VoGameHostToHost. Pada saat transaksi selesai, muncul notifikasi “Silakan hubungi HaloBCA” (tidak saya screenshot, karena saya pikir memang transaksi gagal). Lalu saya coba cek saldo, ternyata terpotong dan dimutasi tertera, tapi pindah ke tanggal 11 April 2022.

Anehnya notifikasi yang biasa saya dapatkan dan muncul di inbox, itu juga tidak ada. Lalu saya coba konfirmasi ke merchant, alhasil dana belum masuk.

Saat itu juga, saya langsung menghubungi HaloBCA di 1500888 dan dinyatakan transaksi itu sukses dan sudah terdebit. Untuk notifikasi di inbox, disuruh menunggu 1×24 jam. Sedangkan kenyataannya uang tersebut belum masuk ke merchant tujuan. Saya berusaha melakukan konfirmasi lagi ke pihak merchant, dan disebutkan tidak ada transaksi pending dari pihak merchant.

Selang beberapa hari saya menunggu tak ada saldo kembali. Saya menghubungi kembali HaloBCA melalui aplikasi dan dibantu membuat pelaporan terkait kejadian ini, dengan nomor pelaporan: 2068291625 dan disuruh menunggu selama 20 hari kerja hingga 20 Mei 2022. Wow ini lama loh!!!

Kemarin, saya menghubungi HaloBCA dan diinformasikan bahwa pelaporan saya sedang diproses dan disuruh menunggu lagi dalam waktu 20 hari kerja!. Ini waktu yang lama sekali hanya untuk menunggu prosesnya. Apakah selama ini untuk proses mengurus transaksi gagal sebesar Rp423.318?

Muhammad Haris
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Muhammad Haris

Menanggapi keluhan Bapak Muhammad Haris di Redaksi Media Konsumen tanggal 16 April 2022 dengan judul “Transaksi QRIS BCA Bermasalah, Porses...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Nggak heran sama QRIS BCA kalo trouble, masih banyak kendala di merchant & bug di aplikasi'y. Bener si method payment canggih, tapi ya yasalam.

    • Benar sekali, yang jadi kendala utama dan perlu dibenahi proses penanganannya yang cukup lama. Tanpa memikirkan uang itu sangat dibutuhkan atau tidak.