Surat Pembaca

Samsung Service Center Tidak Tahu Etika dan Merusak Barang Konsumen

Pada tanggal 12 April 2022, saya membawa HP Samsung Seri Galaxy Note 10+ saya ke Customer Service Samsung Ternate. Dikarenakan tiba-tiba ponsel mati total, tidak bisa diisi ulang daya melalui charger original Samsung dan hanya menampilkan logo pengisian daya tanpa perubahan apa-apa.

Saya yang pada saat kejadian sedang melaksanakan tugas di Kepulauan Morotai, Maluku Utara, sempat kebingungan karena di lokasi saya tidak ada Samsung Service Center, sedangkan perangkat seluler saya berisikan data-data penting pekerjaan. Kemudian saya mencari lokasi terdekat yaitu Samsung Service Center Ternate yang saya tempuh dengan naik pesawat kurang lebih 30 menit.

Setelah saya tiba di SC Samsung Ternate, salah seorang staf CS yang katanya juga berlaku sebagai teknisi bernama Rudy langsung mencongkel HP saya menggunakan kukunya di hadapan saya. Padahal saya sudah beritahu bahwa HP saya belum pernah diservis di tempat lain sebelumnya. Namun beliau tak memedulikan itu. Setelah dibuk,a saya disuruh menunggu 1 jam kemudian untuk hasilnya.

Sekitar 45 menit saya kembali dan staf tersebut mengatakan harus diganti baterai senilai Rp650.000 (enam ratus lima puluh ribu rupiah) dan itu pun baterai yang ada milik teknisi, bukan milik Samsung.

Saya yang berburu dengan waktu serta memikirkan data penting pekerjaan di dalam perangkat, menyetujui hal tersebut. Kemudian staf tersebut memberikan perangkat saya ke orang lain, yang saya tidak tahu siapa, untuk mengganti baterai ponsel saya.

Setelah saya menunggu beberapa menit perangkat telah selesai diganti baterai. Saya berpikir jika cepat selesai maka saya bisa kembali ke Pulau Morotai esok harinya dengan pesawat pagi.

Namun saya terkejut, karena tiba-tiba layar ponsel saya memunculkan satu titik hijau terang yang tidak bisa hilang. Saya meminta mereka mempertanggungjawabkan hal tersebut. Namun mereka mengatakan itu adalah risiko saya. Saya tidak terima dengan hal tersebut hingga saya marah dan berkata jika mereka tidak mengganti ponsel saya maka saya akan laporkan ke pihak Samsung.

Akhirnya mereka setuju, lalu mengambil kembali ponsel saya dan saya diminta menunggu sekitar 5 hari. Tepat hari ini saya kembali datang ke SC Samsung Ternate untuk mempertanyakan. Namun belum ada hasil. Sementara mereka hanya memberikan saya sebuah tanda terima yang nominalnya bertuliskan tangan dan itu pun hanya untuk penggantian baterai.

Tanda Terima yang Tidak jelas

Saya sudah berdiam diri di Ternate selama 5 hari dan bermalam di hotel sambil menunggu perangkat saya. Hal yang saya kecewakan kenapa sampai selevel Samsung bisa berbuat seperti ini? Berapa banyak kerugian saya akibat hal ini? Berapa Banyak waktu, tenaga dan uang yang terbuang karena hal ini?

Saya kecewa dengan Samsung secara umum, terutama SC Ternate khususnya. Saya membeli barang yang tidak murah dan membawanya ke SC resmi Samsung, tapi barang saya seolah-tidak ada harganya. Malah dicongkel-congkel dengan kuku untuk membuka casing-nya dengan paksa, yang kemudian saya tidak tahu perangkat saya diapakan, sampai akhirnya berimbas ke layar yang rusak.

Saat salah satu teknisi kembali membongkar HP saya dan melepaskan baterai yang telah diganti

Ke depannya saya berpikir panjang jika akan membeli produk Samsung, begitu keluarga serta mitra dan kolega saya akan saya peringatkan jika ingin membeli produk Samsung yang ternyata pelayanan aftersales-nya tidak sesuai dengan Brand Samsung yang sudah terkenal.

Muhammad Izazad
Daruba, Maluku Utara


Update (26 April 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan apresiasi dan klarifikasi atas tindak lanjut oleh pihak Samsung Service Center sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Wah hebat sekali pak teknisi SC Ternate cuma pake ujung kuku sdh bisa servis buka hp...mungkin dianggap sepele gak taunya malah masalah lain yg timbul...

      • Saya merasakan yg sama dgn bapak di daerah sumbar kota padang. Mau gmna lagi, gegara sdm samsung bisa merusak nama baik yg sdh ada.

        • Wuiiihh hebat banget ya teknisi nya tanpa tes dulu gejala apa langsung bongkar pakai linggis wex wex xex ,,itu kalo jadi montir mobil transmision nya yg macet di kira enggine yg macet langsung bongkar enggine tanpa periksa mantab mantab

        • Saat ini saya merasakan hal yang sama di SC Samsung Padang.
          LCD rusak saat melakukan penggantian baterai. Penggantian baterai dilakukan tgl 12 mei 2022. Sampai sekarang unit saya masih diservis centre padang, belum selesai dan belum ada solusi. Padahal status perbaikan disistem samsung sudah "selesai repair".
          Status perbaikan saya ketahui setelah menelpon samsung customer care

    • Iya Pak...
      Langsung di congkel di depan kita pake kuku. Mereka ga tau kita beli barang mahal pake uang malah diperlakukan seenaknya. Ga ngerti mental dan pola pikir nya gimana. Apa Samsung ga Training dulu apa gimana...

      • padahal mungkin cm bootloop, atau software, kok gak dicek secara diagnosis software dulu ya, lgsg main congkel, tp kl di service center resmi pasti suruh ganti hardware sih, dan habisnya ga mgkin dikit, mnding ke service hp yg terpercaya aja nnti bs dicek dlu, trs kl ada penggantian hardware kan bs di beritahu estimasinya & ga asal bongkar

      • Wah... beda bgt sama SC di surabaya ya. Aku pernah dikasih samsung tab waktu jaman awal2 keluar seri tab n ada kendala sering mati2 sendiri. Masukin ke SC g bayar sih n malahan 1 minggu kemudian ujung2nya disuruh balikin semua acc nya terus diganti uang harga beli nya kalo kasusku dulu. Alasannya karena spare part nya g ada di indo jadi dikasih solusi kyk gitu

    • Mlah sekarang hp baru ga dapat charger...samsung a53 5G harga 6 jutaan ga dapat chager...alasan menjaga lingkungan tapi di jual terpisah kan aneh...padahal hp itu yg paling butuh cas orinya klo beli yg ga ori bisa bisa rusak hpnya...

      • Untuk t NOTE 10 + memang hp mahal li pada an n membeli pertama apalagi yang Seri NOTE 10+ 512 GB spt punya saya chasing aluminium belakang gampang dibuka dgn kuku, dan lemnya tidak merekat dgn baik, saya jg kecewa dgn HP ini, layar nya setiap saat spt diklik disatu temapt berkali kali, saat ngetik ini pun kejadian ini berlangsung shg susah saya mengetiknya. Perangkat S10 pun sama dan sering restart sendiri.. samsung makin jelek kwalitasnya..

        • Kalo posisi gitu biasa nya gagal masuk sistem. Coba di paksa hard reset tombol power tahan + vol up atau down. Untuk di paksa hard reset. Biasa nya ketika proses booting ada file/ aplikasi yang eror atau stuck jadi booting gagal masuk ke home screen. Kalo masih gagal terpaksa bawa ke SC.
          Setahu saya ponsel jalan now kalo buka casing blakang kudu di heat gun buat melelehkan lem2 yang merekat di casing n body

      • GG banget. berani congkel "Kuku" di depan customer nya. Ini Samsung masukin pegawai make ijazah tk atau apa sih? ????

        • Pakai sandal cepit daptar jadi mekanik jadi ya gtu yg punya ngeliatnya ngeri2 sedap wex

    • Emang begitu, smartwatch saya juga gitu pas di bawa ke sc nya mau klaim garansi karna tombol kembali tidak bisa, dan d service lah,,, dah gitu bayar lagi service nya 50k, tapi hasil nya harus ganti ini itu, saya batalkan eh malah matot itu jam yg tadinya hidup cuma kendala tombol kembali, sampai matot alias gatot tuh jam jadi rongsok loakan,,, su asu, seenak jidat cara menangani konsumen nya, percuma service resmi kalau kaya gitu caranya

  • Pake hp xiaomi aja bang customer service terbaik no1 di Indonesia no drama, kalo sumsang ya emang gitu biasanya kalo rusak beli hp baru bukan di service

    • sama saya juga pernah mengalami hal yg sama. jalo saya di samsung center di surabaya. waktu itu memperbaiki tab yg slot cardnya rusak karna kecantol sim card yg agak rusak. setelah di perbaiki merembetnya kmn2 awalnya tiba2 mati di cek katanya batre hrs ganti udh di ganti bsk nya mati lagi di bawa kembali ke sc katanya kena powernya. udh di perbaiki tiba2 mati di cek lagi katanya kena LCD nya dan kalo ganti LCD sama kayak beli baru. semenjak saat itu saya paling ANTI sama yg namanya SAMSUNG

      • hahaha...teknisi yg itu-itu lagi...pernah sudah kutempeleng padahal lho...olah Sung Samsung

      • Dan memang kayaknya ini produk smartphine terakhir saya pakai Samsung, saya pakai seri Note karena ada Spen yg membantu kerja saya editing foto dan video.
        Kayaknya setelah ini saya pindah ke Apple dengan Ipad dan Apple Pencilnya...

        • Ngga aman juga pak. Pengalaman adek, beli iphone 12 pro pdhl beli di ibox. Resmi. Harga udah selangit, baru pakai 6 bln tiba2 mati. Waktu dibawa ke ibox jogja katanya ic power nya kena, udah gitu tdk bisa klaim garansi karena ada sekrup yg hilang. Pdhl ngga pernah di servis di lain tempat. Karena garansi resmi. Kalau ganti mesin bayar 6jt. Yaelah, belinya aja + acc lain2 hampir 19jt. Udah badmood duluan diambil aja rencana mau servis tempat lain. Karna kecewa juga ngga bisa digaransiin sekelas iphone resmi. Lah, mau ngambil disuruh bayar biaya diagnosa 350rb. Tambah badmood. Kapok deh beli HP mahal. Mending yg harga wajar dan kualitas bagus.

      • Apakah emang servis center samsul emang gt ya, prnh,di servis senter kota Y, hp br sebulan bli dah koit,gk tau apanya,di bawa ke servis center, dicek,mlh di mintain biaya 2juta, dan juga notanya pake tulisan tangan,sekelas samsul kyk gt,hrg servis sm hp baru sama,pdhl sdh blg brg br,mash garansi,tp alsn dgn embel² rusak parh dll,gk bisa di klaim garansi,agak eyel² sm mbk e diservis cntr,akhire gk jd di benerin di servis cntr,lgsg di ambil aja hpnya,gk jadi,dgn prasaan jengkel,trus plg dr situ nyoba mampir ke servisan pggr jalan,gk nyampe setengah jam terselesekan,hidup lg,dan biaya gk nyampe 100rb.

      • Tahun lalu pun saya service Samsung Galaxy Watch Active 2 saya, sama. Menyedihkan. Hingga akhirnya saya ganti ke brand lain yang tertulisnya lebih baik. Entah kenapa sekelas Samsung seperti ini. Pelayanan buruk dan seperti tidak mempedulikan konsumen. Sangat disayangkan.

    • Saya juga pakai Xiaomi utk hp yg lain, cuma ini Galaxy Note 10+ saya pakai utk kerja karena utk editing saya. Memang Xiaomi saya akui responsibility nya ke konsumen luar biasa.

      • Kalo ada duit mah iphone bang buat kerja cuma mahal gak sanggup saya, makanya xiaomi untuk varian android dengan customer service terbaiknya,

    • Samsung lagi samsung lgi..
      Ganti lcd dan battery barang KW di bilang original..
      Smpai skrng gk pernah sudh pakai samsung service center nya memang abal"...

      • Wah parah yah samsung, saya baru mau service hp samsung saya ke samsung center, dibatalin aja dah, lain kali gak recommended deh pake samsung

  • Saya saja sudah males pakei samsung...ga ada garansi lcd..saya beli hp baru note 10 pemakaian 3 bulan touchcreen sebagian ga bisa sentuh...bawa ke sc denpasar katanya ga ada garansi dan di suruh ganti lcd yg harganya selangit...dan anehnya di bilang kesalahan pemakaian...lah jatuh saja ga pernah tau tau eror....ga seperti laennya oppo ,vivo ,xiomi masih mau ganti baru asal ga pecah dan kena air...

    • Sebaik y fast respon untuk pihak samsung, terlebih jenis yg dikeluhkan cukup banyak pengguna y,,sekalipun saya mantan untuk produk y,, dlm hal negativ coment untuk sebuah perusahaan sebesar brand samsung,,hal sperti ini jangan sampai dipublikasikan,ini di karna kn kurang y profesional pihak tehniksi dalam memberikan penjelasan sebelum untuk mengambil tindakan pengecekan unit,,penting sekali sebuah servis center memberi informasi apa yang sudah dikeluhkan pihak konsumen,bahwa sebelum tindakan akan ada efek dari pengecekan apa yg akan ditindak lanjuti,,& memang sangat prihatin buat kepala tehniksi y yg kurang sop untuk selaku servis center,inti y perlu di sop kembali buat kepala cab.terhadap teknisi di cab.karna sudah sampai ke media sosial seperti ini,,

      • Ga ngerti lagi deh sama Samsung.. Apa memang ga di Training apa gimana karyawan nya

  • Dalam hukum garansi itu seluruh perangkat dalam satu kesatuan harus bisa diklaim.
    Entah samsung, iphone, sony dsb
    Itu waktu registrasi ke ditjenpostel pasti ditanya kelengkapan dan kriteria garansi. Gak ada kriteria level garansi, jago deh kalau bisa rilis ijin postelnya

    • Wah sepertinya kita punya pengalaman yang sama ini... ☺
      Dulu saya pecinta berat HP produk Samsung, sekarang berbalik menghindar sebisa mungkin... ?

  • Susah.. Saya sudah juga sudah lelah dengan produk samsung dan aftersales nya...

    Sama aja mau beli seri A, Seri S, Seri Note...

    Cari brand lain aja deh..

  • Sy pernah bermasalah dengan samsung tahun 2018 sy lupa beli tipe apa harga 4,5juta di cibinong city mall gerai resmi. Baru 2bulan pakai LCD layar rusak, sy bawa ke service center samsung di cibinong city mall, sy diminta membayar 850rb, sy ga mau, kan baru 2bulan pakai dan rusak lcd bukan kesalahan,sy bukan sy lalai dalam pemakaian,bukan juga bekas jatuh tp tiba2 hilang aja itu lcd mati,sy aga sedikit ngotot minta garansi samsung tanggung jawab, akhirnya mereka bersedia ganti free, eh baru 1bln pakai rusak lagi itu lcd katanya free ganti garansi cuma 1x, yg ke 2x karena sy butuh data pekerjaan didalam situ, akhirnya sy bayar 850rb, baru 1bln rusak lagi, jadi dalam 3bulan 3x rusak itu lcd, padahal samsa sekali pemakaian normal, ga ada jatuh, ga ada kebentur atau apapun, ampun nyerah sy ga mau bayar lg 850rb. Untung data pekerjaan sudah sy pindah pas service ke 2, Akhirnya sy beli hp baru merk lain bukan samsung. Kapok asli.

  • Belum pernah 1x pun beli Android Samsung, merk yg pernah dibeli dulu :
    HTC (2010an), Sony Ericsson, Sony, Huawei,
    Buat teman dan keluarga yang pernah saya sarankan dan akhirnya beli : Xiaomi, Infinix ?

  • Saya termasuk pencinta samsung. HP saya selama ini selalu samsung dan kalo dibawa ke service centernya gak pernah ada masalah. Teknisinya selalu jelasin di awal resiko2 yg mungkin terjadi.

    Oknum teknisi kayak gini bisa ngerusak nama baik samsung. Semoga segera dapat jalan keluar/penggantian, pak.

    • Ini pengalaman pertama saya dan langsung kesannya buruk. Iya mudah2an Pihak Samsung Bertanggung jawab