Surat Pembaca

Merasa Tertipu dengan Biaya Penanganan Shopee SPayLater

Saya sangat tertipu dengan Shopee SPayLater. Saya berbelanja di Shopee dan ada voucher cashback 6% sampai dengan Rp400 ribu, tapi dengan syarat pembayaran menggunakan Shopee SPayLater. Sebelumnya saya tahu bahwa ada biaya penanganan yang dikenakan. Saya setuju dengan biaya penanganannya, karena masih tergolong tidak tinggi, yaitu 1%. Makanya saya memutuskan menggunakan Shopee SPayLater.

Namun alangkah kagetnya saya, setelah saya melihat tagihan Shopee SPayLater saya, ternyata terdapat biaya penanganan lagi sebesar 2,95%. Setalah saya cek, ternyata pembelanjaan saya lainnya yang menggunakan Shopee SPayLater, juga sama dikenakan 2,95% lagi. Saya baru mengetahui bahwa ternyata dikenakan biaya penanganan lagi, karena selama ini ada tagihan Shopee SPayLater saya langsung bayarkan, tanpa mengecek lagi. Karena nilainya hanya beberapa ratus ribu, jadi tidak terlalu terlihat bahwa ada biaya penanganan lagi.

Saya memutuskan untuk komplain ke Shopee SPayLater. kenapa dikenakan biaya penanganan lagi? Bukankah pada saat sebelum melakukan pemesanan terdapat rincian biaya jika menggunakan Shopee SPayLater? Alangkah kagetnya saya, jawaban dari pihak Shopee bahwa benar ada (dikenakan) 2x biaya penanganan. Yaitu pada saat melakukan pemesanan sebesar 1% yang memotong saldo Shopee SPayLater dan biaya transaksi 2,95% setelah melakukan pemesanan dan itu tidak ditampilkan.

Saya merasa tertipu. Ini lebih dari rentenir, kartu kredit saja biayanya tidak sebesar itu. Padahal saya tidak menggunakan pembayaran cicilan. Lebih baik berpikir ulang sebelum menggunakan Shopee SPayLater. Ingat bahwa biaya yang ditampilkan belum semuanya, akan dikenakan biaya penanganan yang lebih besar setelah kita melakukan pemesanan/pembayaran menggunakan Shopee SPayLater.

Maria Fransisca
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tertipu dri mana sblom cekout jg ud jelas ada detail2 rincian2 ada biaya penanganan+biaya bunga sopepaylater
    Anda nya yang kurang teliti

    • Horang kaya kek gini mana teliti di awal ,klik klik aja semaunya komplain kemudian,

      • Sebelum pake sesuatu tuh dibaca dulu syarat dan kebijakannya ya!! https://help.shopee.co.id/portal/article/73455-%5BSPayLater%5D-Apa-Syarat-&-Ketentuan-Pembayaran-dengan-SPayLater%3F?previousPage=other+articles

        1. Disitu udah jelas biaya penanganan awal penggunaab SPaylater itu 1%
        2. Biaya bunga atau biaya penanganan di akhir itu 2,95%

        Dari awal saya pake SPaylater juga ga pernah bermasalah tuh. Ya terima resiko ada bunga segitu. Udah minjem tapi berasa jadi korban / ditipu, aneh.

        • Itu sudah jelas di picture 1, rincian nya. Tapi saat tagihan beda dengan di rincian awal. Dia pakai BAYAR NANTI yg secara bunga 0%. Faham sampai sini??

          • Saya Cuma pakai Spayletter cuma sekali doang, habis itu kapok!!!
            Mending pakai PL toko ijo dan biru aja ??

          • Tinggal dilihat, barang yg dibeli buyer itu memang lagi ada promo cicilan 0%, atau tidak?
            Kalo tidak, ya memang segitu ribanya, 2,95% x nilai barang.

            Dan memang ketika bayar pake paylater, saldo paylater dipotong sesuai harga barang. Dan baru ketahuan ada ribannya setelah transaksi selesai.

            Bagi pembeli awam, mungkin anggapan dia ga ada riba. Padahal kan bisa dicek dulu, pas mau bayar pake paylater

          • sejak kapan spayalater bayar nanti gak kena bunga? berkali2 saya pakai metode itu memang kena bunga 2.95%.
            anda tu paham dari mana?

    • Iya bener tuh, emang biaya penangan 73rb tapi pas pembayaran kan ditotal sama bunga paylaternya!! Dan total jadi 217rb..
      Lagian pas mau chekout juga ada rincian total pembayaran, harusnya pembeli cek dulu selisih total pembayaran paylater dengan total belanja normalnya boskuh..

    • Gini bang mksdnya yg komplen itu beda,, jadi biaya penanganan ada 2, pertama pas checkout itu emg ada biaya penanganan 1% dr nilai transaksi, dan biaya penanganan yg kedua ini yg tidak tertulis pas proses checkout, adanya pas kita sudah bayar transaksi kita menggunakan spaylater ,ini yg jd masalah karena ga ditampilkan pas proses sebelum checkout.

    • Biaya yg di tampilkan sebelum checkout jauh berbeda sama biaya saat pas kita mau bayar shopeepay later, dan itu memang seperti penipuan jatuhnya.. Karna biaya final produk yang kita beli tidak di tampilkan sebelum checkout. Klo beli nya produk masih di bawah 500rb memang tidak terlalu besar perbedaan nya, tapi tetep saja biaya yang di tampilkan sebelum checkout itu jauh berbeda.

    • Sy ga pernah pake yg paylater2 mulai dr shop..gop..lebih jelas pake CC bayar penuh bulan depan tanpa bunga dan biaya admin...atau klo mau cicilan 0% juga bs biaya nya jauh2 lebih murah bisa 12 bulan lagi ?

      • Berarti kamu ga paham cara kerjanya kak. Saya sudah sering kok pake shopee pay later. Di awal sebelum checkout itu memang biaya penanganan 1%, simulasinya akan dutampilkan saat kita memilih metode pembayaran & berapa bulan cicilan. Kemudian setelah kita menyetujui, terus checkout & yg kakak maksud hasil akhir itu adalah yg bisa kita cek di bagian "Jumlah yg harus dibayar" & itu adalah rincian setiap pesanan + bunga + (termasuk biaya penanganan). Coba deh sebelum checkout kakak screenshot dulu, kemudian cicilan perbulan itu kakak akumulasikan dg berapa lama waktu cicilan pasti akan sama hasilnya dg total akhir yg kakak permasalahkan. Silakan dicoba.

      • Wkwkwkw biasanya yg pake paylater gak punya cc, entah blacklist apa lah bgtu. Paylater cm modal ktp sm nyengir. Kalo cc kan susah approve nya buat yg suka ngutang tapi gak bayar bang ????

    • Makanya sebelum komen coba dulu pake spaylatter. Spaylatter itu emng kyk gitu rincianya tidak detail seperti yg kamu pikirkan. Rincian pembayaran + bunganya nanti akan muncul di tagihan setelah barang di terima, walaupun bayar nanti bungnya itu tetep gede kg seperti yg lain.

  • Jgn disamakan splater sama kartu kredit.Splater ini ya hampir sama dgn pinjol.Ibu punya cc knp belanja ngak pake cc saja bu?Tapi klu di itung2 ya anggaplah impas sama cashback yg di berikan shopee.HeHe

    • Emang gede bunganya kalau bayar dalam 1 bulan,jadi ga ada bedanya sama bayar dalam 12 bulan

      • udh pernah pake spayalater blm? spaylater bayar nanti itu lebih murah dr pada cicilan 3, 6, 12 bulan. coba dulu baru komen

    • Pake CC Mega itu, nunggak tagihan siap2 berhadapan sma Eksternal Maluku/Indo Timur wkwkwk

  • https://help.shopee.co.id/portal/article/73455-%5BSPayLater%5D-Apa-Syarat-&-Ketentuan-Pembayaran-dengan-SPayLater%3F?previousPage=other+articles

    ada di syarat dan ketentuan g sih?

    kalo ada yang mau bilang, "ngapain baca S&K segala, daftar ya daftar, siapa yang pernah baca gituan":

    1. kalo g baca jatuh nya ya gini
    2. anda daftar anda setujui tuh S&K, anda baca g baca anda setuju sudahan, dalam arti disaat anda komplain, anda tidak bisa apa2, anda sendiri yang setuju

    kalo anda bilang anda g baca tapi juga g setuju, ga gitu ceritanya, anda sudah bilang anda setuju dan sudah membaca

    kalo ga setuju gimana? ya jangan daftar dari awal, jangan daftar2 setuju2 iya2, ujungnya bilang "saya merasa tertipu!!!"

    • Jebakan RIBA... gak ada yang gratis, kl bisa dijebak lebih dalam pasti akan dilakukan oleh yang memberi riba.. krn itu adalah tangan setan..

    • Dri dlu kmna aja bambang??? Ente bkn kaga tahu sih mnrt q mah, mngkn waktu itu anda pake blnja msh dibatas wajar dibwh 500k-1000k,
      Knpa q bilang gtu, skrng logikanya limit Spylater anda aja udah trmasuk paling gede loh , tdk mngkn klo pemaen bru pke Spylhope bisa dpt limtspylater nympe 7jt bkn lbh

  • Ya bener.. Ini sh ga kterbuka, harusnya di tampilkan di pertama kali pas cek out, bukan di belakang pas udh pembayaran selesai..
    Gila, dengan kata lain pertama kali aja udh kena 5% nnti tambah lagi bulanannya..

    • Saya sdh ga mau pake shopee paylater krn jebakan batman begini ada biaya tersembunyi. Kitanya tergiur promo vouher yg ditawarkan dengan syarat pembayaran spaylaternya, eh taunya tipu². Harusnya semua biaya ditampilkan diawal sementara utk bunga tambahan 2.95% tdk pernah diinfo sewaktu checkout, saya banyak paylater dari berbagai penyedia hingga kartu kredit ada 4, cuma shopee paylater yg tdk transparan masalah biaya. Utk masalah s'k cc jg ada ketentuan bunga 2.25% tp lebih seringan malah kita dpt bunga 0% utk belanja di marketplace kecuali shopee tdk berlaku.

  • Memang jebakan betmen sih Spaylater ini, mw dapet freeongkir dan Cashback tp kudu pake Shopeepay/Paylater. Memang intinya cashback/ongkir yg didapatkan itu akan ditutupi dr biaya penanganan.

    Dan biaya penanganan yg ke-2 itu, tidak disimulasikan pas waktu check-out (ada tapi bentar banget, cenderung disembunyikan).

    Belanja di Shopee klo emang tokonya ga punya akun selain di situ. Emang lebih2 dr KK sih.

  • parah ya shopee,
    harusnya transparan dong biaya yanh dikeluarkan pas checkout,
    ini kesannya disembunyikan..
    parah sih menurutku caranya..

  • kebiasaan org indo kalo disuruh baca syarat ketentuan yg panjang bikin ngantuk akhirnya diskip. giliran ga sesuai sm pemikirannya, dirinya merasa tertipu. capek deh

    • Situ karyawan shopee ya?,,
      Sebelumnya itu konsumen itu hanya dikenakan biaya 1% cuma belakangan ini jadi ada tambahan lg biayanya sebesar 2.95% yg pas checkout tdk pernah diberitahukan utk kedepannya berapa yg harus dibayarkan konsumen. Sementara paylater lainnya itu di marketplace lain semua biaya diinfokan diawal begitu om.

      • Sdh diberitahukan kok pas s&k ? tapi anda benar ditambahkannya pas mau bayar paylater nanti, itu salahnya shopee

      • Ada yang tau cara tutup akun shopee saya coba tutup akun sendiri tidak bisa. Saya tanya Cs katanya sudah 2x melakukan penutupan akun jadi akun tidak bisa ditutup. Padahal akun yg mau saya tutup belum pernah tutup akun sebelumnya.Alasan saya mau tutup akun karena sudah tidak mau menggunakannya lagi.

  • Iya sih saya juga baru ngeh beberapa bulan terakhir. Sekarang kalau mau belanja di shopee kalau sudah top up saldo dulu. Gak dikit dikit spaylater. Kecuali emang mendesak.

  • terima kasih bu untuk infonya... saya gak pernah pakai pay later tapi buat info cukup tahu aja...mendingan gak usah dinyalain aja itu pay later kayaknya kok gak ada gunanya yah...

      • Memang sangat mulus didalam menjebak orang, sy pun pernah mengalami. Intinya tdk ditampilkan secara transparan diawal

      • Saya bantu, sebetulnya shopee tidak melakukan penipuan. Soalnya saat sebelum check out, saat milih bayar nanti, harga yg tertera sudah beda dengan harga checkout. Saat pilih bayar nanti dan 3 bulan juga beda. Saat bayar nnti + 2,95%, saat 3 bulan jadi + 3x2,95%.
        Jadi pembeli harus teliti, bkn lihat total pembayaran saat checkout, tpi lihat nominal nya saat milih bayar nanti.
        Bunga pinjol mmng mahal sktr 2,5-4% /bulan. Saya pernah coba 3 bulan dgn harga brng 500rb di shopee, jatuh nya byr hmpr 600rb karena bunga 18% + 1%. Dihitung2 rugi sih, bunganya sangat tinggi. Klo mampu mending cash aja, kecuali mmng untuk kebutuhan mendesak/pembelian yg menghasilkan. Saya sendiri udh gk pakai, ngeri lihat bunga nya yg sebesar itu 3% + 1%/1 bln atau 36% + 1%/tahun.

  • Sebenarnya sdh tertulis sih 2++% itu di s&k

    Jadi nanti kita yg make paylater kena 2x bayar
    1% pas checkout, 2,9% pas bayar paylater

    Emng aneh sih 2,9% gk dimasukin pas checkout masalahnya jadi bikin org2 yg gk was2 kek anda rugi

1 2 3 5