Terjebak Program Restrukturisasi Covid Kartu Kredit BNI

Pada bulan September 2021, saya mengajukan program restrukturisasi covid untuk kartu kredit BNI saya, karena pandemi yang tidak kunjung jelas kapan berakhirnya. Ini merupakan solusi sementara untuk menjaga kredibilitas perbankan saya, karena hampir 20 tahun saya sudah menjadi nasabah kartu kredit BNI.

Saat itu saya sudah dirumahkan dari pekerjaan saya, dan saya pun sudah tidak sanggup untuk membayar minimum payment setiap bulannya. Sekarang akhirnya saya bisa berusaha di bidang komoditi, dan saya memerlukan modal usaha, dengan memakai aset saya sebagai jaminan.

Namun saat pengecekan SLIK OJK, nama saya tersangkut restrukturisasi program covid dari kartu kredit BNI saya. Saya telepon ke bagian collection BNI, untuk menjelaskan bahwa saya sudah berusaha kembali untuk bangkit dari pandemi, agar dibantu untuk mengubah program restrukturisasinya menjadi cicilan + bunga normal setiap bulannya. Namun jawaban mereka tidak bisa, karena saya sudah ikut program mereka selama 5 tahun.

  1. Dari awal pengambilan program restrukturisasi, saya tidak diberitahukan kalau nasabah tidak bisa ambil kredit di bank mana pun selama restrukturisasi masih berjalan, baik KPR, KUR, KTA, KK dan yang lainnya. Saya hanya diberitahu bahwa kartu kredit BNI saya akan diblokir secara permanen.
  2. Di satu sisi saya mau bangkit, tapi ada kendala ini sampai 5 tahun lamanya, sampai program restrukturisasi ini berakhir.
  3. Solusi dari collection BNI, mereka menyuruh bayar semua saja, agar bisa keluar dari program restrukturisasi. Kalau saya ada uangnya, saya tidak akan pinjam dengan jaminan aset saya ke bank lain BAMBAMG!!!
  4. Ini seperti buah simalakama, maju kena, mundur kena, tidak bayar BNI kena kolektibilitas, tapi mau berusaha tidak bisa bergerak, dikunci oleh program restrukturisasi covid. Padahal per bulannya harus bayar biaya lainnya juga.

Ini adalah bentuk kekecewaan saya karena tidak ada solusi. Sebagai pelaku bisnis kecil yang tidak tahu ke mana untuk mengadu. Semoga pembaca tidak mengalami seperti yang saya alami. Kalau ada salah kata mohon maaf. Salam.

Jimmy Cesen
Denpasar, Bali

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Penjelasan BNI Tentang Terjebak Program Restrukturisasi Covid Kartu Kredit BNI

Menanggapi keluhan Bapak Jimmy Cessen di www.mediakonsumen.com pada tanggal 21 April 2022 berjudul “Terjebak Program Restrukturisasi Covid Kartu Kredit BNI”....
Baca Selengkapnya

Komentar

  • saran saya sih, dengan info yang anda berikan

    mungkin mulai pelan dulu saja, apabila saat ini tidak dimungkinkan untuk jadi pengusaha, cari pekerjaan kembali, sampai bisa melunasi restrukturisasi

    jual aset yang ada yang tidak direncanakan jadi jaminan, selain aset barang-barang apa pun yang bisa dijual ya jual saja

    apa pun yang anda bisa lakukan untuk memenuhi keinginan anda menjadi pengusaha lebih cepat, lebih baik cepat dilakukan

  • Yang namanya restrukturisasi memang begitu, nama kita jadi jelek di OJK selama hutangnya belum lunas. Hal ini berlaku dibank lain juga, tidak hanya di bank BNI saja.

    Solusinya lunasi atau tunggu hutangnya lunas.

  • Sekedar info, saya pernah kredit sepeda motor, pernah telat krn lupa bayar (tidak autodebet) itu saja selama 3 tahun telat 2 kali udah ditanyain macam2 pas pengajuan KUR mandiri. Padahal posisi cicilan sudah lunas.

    Apalagi yg belom lunas dan ikut program restrukturisasi. Alamat ga bisa ambil kredit lain. Tujuannya sih baik, biar ga sampe gagal bayar dan utang makin menggunung.

    Saran saya sementara ngelamar kerjaan aja di sektor swasta. Sambil menunggu 5 tahun selesai.

  • Terima kasih atas undangan bp janu, sebagai perwakilan dari BNI denpasar kemarin siang. Atas pertemuan tersebut kami sdh berdiskusi dan dari pihak BNI sdh memberikan solusi dari program restrukturisasi tersebut, semoga dengan ini bs lebih maximal lg dlm bisnis sy ke depan nya. Salam hangat

    Jimmy cesen
    Denpasar, 23 april 2022