Apakah Penjualan dengan Penawaran Harga untuk Reseller Melanggar Syarat dan Ketentuan Shopee?

Saya memuat surat di Media Konsumen, karena tidak puas dengan pelayanan customer service Shopee dengan nomor pelaporan: 1508629055610736693, dan berharap mendapatkan tanggapan yang jelas.

Saya berjualan sebagai seller di Shopee lebih dari 3 tahun dengan nama toko marshi.kids. Dari awal jualan tidak pernah ada kendala. Namun pada awal tahun 2022, pertama kalinya saya mendapatkan warning toko sedang dibatasi, karena adanya kejanggalan transaksi. Namun ketika dikonfirmasi, hanya diminta untuk mengirimkan foto KK (Kartu Keluarga) dan KTP, kemudian akun toko saya kembali normal tanpa ada penjelasan lebih lanjut.

Kemudian pada bulan Maret 2022 akun toko saya (marshi.kids) DIBEKUKAN, dengan alasan pelanggaran yang sama dengan sebelumnya yaitu adanya kejanggalan transaksi penjualan. Ketika saya kembali menghubungi pihak Shopee, dijawab bahwa akun saya melakukan pelanggaran transaksi penjualan, dengan penawaran tidak wajar untuk penjualan salah satu produk angpao.

Ketika saya periksa, ternyata transaksi tersebut merupakan penjualan untuk salah satu reseller saya, dengan melakukan penawaran harga dan mengakibatkan akun saya dibekukan langsung selamanya!

Apakah penawaran harga yang dilakukan pembeli dan disetujui oleh penjual merupakan kesalahan? Apakah pembekuan akun tanpa melakukan konfirmasi merupakan prosedur kerja Shopee? Jika penawaran harga haram hukumnya, kenapa Shopee menyediakan fitur tawar harga?

Sebaiknya dari awal jangan diberikan fitur tawar harga, agar saya sebagai seller memuat produk khusus reseller seperti toko online saya di marketplace toko ijo, yang memasukkan produk khusus reseller (custom) yang setiap ada transaksi, saya edit harga sesuai harga reseller.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menyediakan media untuk saya.

Bella Marsella
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • 3.7 Produk yang sama telah di-upload berkali-kali
    Meng-upload produk yang sama pada satu toko, Shopee akan menghapus salah satu produk yang terdeteksi sebagai produk duplikat.
    Mohon tidak meng-upload produk yang sama berulang kali.
    3.8 Produk duplikat di-upload oleh banyak akun
    Meng-upload produk yang sama dengan banyak akun. Shopee akan menghapus produk di salah satu toko duplikat.
    Mohon tidak meng-upload produk yang sama di beberapa akun.
    3.9 Informasi harga produk perlu ditinjau ulang
    Produk dijual dengan harga yang tidak sesuai dengan di pasaran. Produk akan diblokir sementara oleh sistem hingga halaman produk diperbaiki. Mohon untuk mengubah harga sesuai dengan standar harga produk tersebut.
    Mohon untuk mengubah harga sesuai dengan standar harga produk tersebut.

  • Di screenshot ada harganya. Tadinya 35.000 jadi 5.000. Terlalu jauh harganya. Wajar dicurigai.

    • Bener nie sekalipun harga reseler gak mungkin juga diskon lbh dr 50% aja dah curiga lah ini 85% kalo bener 35k ke 5k apa yg beli tmn jauh ?

      • Produk yg dibeli tidak ada di sopi,, dengan uk dan ketebalan serta hasil cetak yg berbeda ya pak karena pembeli melakukan pesanan melalui medsos namun melakukan pembayaran di market place..
        Jika pembeli melakukan pembayaran di toko ijo biasanya saya memasukkan produk khusus sesuai totalan harga yg harus dibayar pembeli,, namun karena pembeli melakukan pembayaran di sopi yg memiliki fitur penawaran harga jadi pembeli langsung melakukan penawaran harga di produk yg mirip (angpao custom namun beda kualitas) sesuai harga dan jumlah barang yg dipesan

  • Jelas ini yang ga bener sellernya. Dari harga 35.000 di turunin 5.000 dengan sistem harga tawar. Itu terindikasi FO / fake order, walau seller sudah berjualan lama tapi klo melanggar aturan ya wajar kena banned permanen.
    Bagus lah klo ada perbaikan sistem shopee jadi FO semakin sulit.

    • Ooo ini sepertinya sistem bot AI si sopi merespon ada kejanggalan dari harga yang semestinya (hrg kebiasaan yg sudah dilakukan seller sebelumnya)
      Sebaiknya sih waktu sebelum transaksi dengan buyer, seller mengkonfigurasi barang jualannya ke sistem grosir, jangan lewat nego/tawar.
      Atau bikin postingan baru khusus untuk pesanan si reseller ini.
      Sebetulnya mah sah-sah saja untuk harga custom, lha sellernya ini yang buat koq bukan produk baku manufaktur.

      Cumaaaa ya itu tadi, sistem bot AI nya si sopi mendeteksi ada yang "abnormal" sehingga akun seler otomatis di blok sistem.
      .
      Ya sudah kalau begitu, nego2 lah sama si sopi cari jalan terbaiknya untuk bisa dibukakan kembali akun nya.

      Semoga kasusnya terselesaikan dengan baik. Aminn.

      * perlu diingat juga, beda marketplace, beda juga regulasinya.. ada plus-minusnya sih.

      • Lebih tepatnya pembeli membeli produk yg kualitas berbeda pak dhan..
        Produk yg ada di sopi kualitasnya premium dengan ketebalan, ukuran dan hasil cetak yg berbeda dengan pesanan pembeli..
        Produknya sama-sama angpao custom, hanya beda kualitas dan ukuran saja..
        Jika pembeli melakukan pembayaran di toko ijo,, biasanya saya memasukkan produk baru dengan harga sesuai dengan totalan pesanan pembeli..

    • Tidak benar bagaimana pak evanos?
      Jika pembeli melakukan pembelian produk yg harga lebih murah dari produk yg saya jual di sopi, apakah pembeli harus membayar sesuai dengan harga produk yg saya jual di sopi?

      • Jika pembeli melakukan pembelian produk yg harga lebih murah dari produk yg anda jual di sopi, ya beli nya jangan di sopi

        kok malah ribet jadinya

        • Pembeli ingin melakukan pembayaran melalui market place dan saya sendiri juga merasa lebih aman jika transaksi di market place karena lebih terjamin jika terjadi suatu hal dalam transaksi misalnya dari saya penjual seperti produk rusak, produk tidak lengkap, dll maka ada yg menengahi permasalahan yaitu market placenya..