Top Up ShopeePay dari Bank Neo Tidak Sampai, Pihak Shopee Bersikukuh Meminta Nomor VA

Pada tanggal 11 April 2022, saya melakukan top up Saldo ShopeePay lewat fitur top up e-money Neo Bank milik suami saya, sebesar Rp1 juta. Namun sampai sekarang belum juga sampai (bukti detail pesanan terlampir).
Pada tanggal 12 April 2022, suami saya konfirmasi kepada pihak Neo Bank. Jawabannya bahwa “Transaksi selesai”, dan suami saya diminta untuk konfirmasi kepada pihak Shopee.

Kemudian saya konfirmasi kepada pihak Shopee dan disuruh mengisi beberapa data. Salah satu data yang harus diisi adalah kode VA. Saya sudah bilang ke CS waktu itu, bahwa saya mengisi lewat fitur top up e-money Bank Neo, dimana untuk top up cukup menggunakan nomor telepon, tidak menggunakan VA. CS Shopee waktu itu bilang akan menandai catatan khusus dan saya disuruh menunggu.

Pada tanggal 13 April 2022, saya mendapatkan balasan dari pihak Shopee untuk melengkapi nomor VA. Kemudian suami saya konfirmasi ke pihak Bank Neo, bahwa pihak Shopee minta kode VA. Lalu suami saya disuruh menunggu.

Tanggal 17 April 2022, suami saya dapat email dari pihak Neo Bank, dan diberi nomor SN, bukan VA.
Saat itu juga saya konfirmasi kepada pihak Shopee, bahwa pihak Neo Bank tidak memberikan nomor VA, tapi nomor SN. Saya menjelaskan kembali bahwa saya top up menggunakan fitur top up e-money Neo Bank yang cukup menggunakan nomor hp, tidak menggunakan VA. Kemudian saya disuruh menunggu lagi.

Tanggal 18 saya mendapatkan balasan dari pihak Shopee, yang isinya kembali minta VA. Suami sy konfirmasi lg kepada pihak Neo Bank, dan pihak Neo Bank pun meminta screenshot percakapan suami saya dengan CS Neo Bank sebagai bukti untuk konfirmasi pada pihak Shopee.
Tanggal 19, saya pun konfirmasi kembali kepada pihak Shopee, dan kembali menjelaskan jika top up lewat fitur top up e-money Neo Bank tidak menggunakan VA. Kembali saya disuruh menunggu. Lalu saya coba komplain lewat DM Instagram (menggunakan IG suami), waktu itu saya disuruh menunggu.

Tanggal 21, saya coba menanyakan lewat DM IG, hasilnya sama saja, saya lagi-lagi diminta nomor VA. Lewat chat pun saya diminta nomor VA kembali. Saya harus menjelaskan berapa kali lagi jika top up menggunakan fitur top up e-money Neo Bank itu cukup menggunakan nomor hp, tidak perlu VA? Berikut saya lampirkan perbedaan antara top up memakai VA/transfer dan top up e-money Neo Bank.
Mohon bantuannya untuk segera menyelesaikan masalah ini, karena nominalnya buat saya cukup lumayan.

Intan Kartika
Tegal, Jawa Tengah


Update (26 April 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi bahwa dana sudah di-refund oleh pihak Neo Bank sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Bank Neo Commerce atas Keluhan Ibu Intan Kartika

Jakarta, 26 April 2022 Dengan hormat, Menanggapi pengaduan dalam Suara Pembaca yang dimuat mediakonsumen.com dengan judul “Top Up ShopeePay dari...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Sepengetahuan saya Iya memang betul kalo topup shopee ada beberapa bank tertentu yang di haruskan memakai nomor VA sebagai akun tujuan topup, dan apabila topup langsung dari bank biasanya ada Nama akun tujuan setelah nomor akun nya di isi untuk memastikan apabila akun tujuan top up nya memang telah benar dan sesuai.
      Semoga masalah nya cepat selesai.

      • Bank neo bank yg tidak besar, di shopee aja bank tersebut termasuk tidak dicek otomatis jika isi saldo

  • Klo e wallet ngisinya emang gak pakai nomor virtual tapi nomor hp. Jadi sy salah antara neo bank atau shopeenya. Mending langsung telpon aja

  • Kasih aja no VA mandiri karna biller/aggregatornya neobank untuk saldo shopeepay bank mandiri.

  • Saya gapernah bisa top up shopeepay pakai bank neo, selalu gagal diproses😂 untung langsung direfund otomatis, coba cek histori transaksi

    • Jangan topup shopeepay lewat mbanking dalam jumlah besar rawan nyangkut, saya juga pernah proses nya lama

  • Lain Kalau Kalau Mau Isi Saldo Shopee Melalui Bank Neo Itu Gunakan Fitur Pembayaran Virtual Account (VA) Yg Nomor BRI Kode 112+NomorHp (gratis admin). Kalau Menggunakan TopUp E-Money (admin 1.500), Kendalanya Ya Gini Karena Tak Ada Bukti Kita Transfernya Ke Rekening Shopee, Secara Isi Saldo Shopee Melalui Transfer Bank, Semua Menggunakan Kode Virtual Account (VA) Yaitu KodePerusahaan+NomorHp, Bukan Nomor Hp Doank Tertulis Di Struk. Saya Selalu Gunakan VA Kalau Isi Saldo Shopee Melalui Bank Neo, Ga Pernah Masalah ☺️

    • Kebetulan saya top up via VA bca malah ga masuk mana yg ditopup ga kecil 5juta. Jadi memang Shopeepay nya yg lg ga beres

  • Berat ni.

    Harusnya top up lewat shopee dulu..klik shopee pay, disitu ada arahan untuk top...

    bank neo tidak termasuk bank yg langsung terkoneksi shopee, di top up shoppe pay ada pilihan bank lainya, dan bank yg tidak ada kerjasama biasanya va nya pakai mandiri.

  • Saya juga pernah melakukan transaksi di neo bank, tapi tidak masuk. Jadi tgl 21 april kemarin saya melakukan pembelian token listrik tapi id voucher tidak muncul. Bahkan sampai sekarang id voucher tersebut tidak muncul. Saya sudah mengajukan komplain ke pihak neo tapi belum ada tindak lanjut😔🤧

  • Saya juga top up via virtual account bca 5juta dari 2 hari lalu sampai sekarang belum masuk Shopeepay. Kacau

  • Terima kasih semua atas atensi nya
    Perihal mslh sy sdh selesai dgn di refundnya uang saya oleh pihak neo bank. Dgn pihak Shopee sdh melakukan pengecekan dan tidak ditemukan transaksi yg bermasalah ini.
    Terima kasih semua pihak yg sudah membantu menyelesaikan mslh ini.

    • Sama nih.... Sama saya kejadiannya.
      Saya masih belum masuk dan belum redund juga. Sampai saat ini, Padahal saya isi tanggal 28 April 2022 04:41:09
      Tolong di bantu lah.... Dari sebelum lebaran sampai sudah lebaran masih belum masuk juga.