Surat Pembaca

Tidak Dapat Driver Gosend Instant, Shopee Malah Memberikan Penalti Kepada Penjual

Saya sebagai penjual di Shopee pada tanggal 21 April 2022, mendapatkan 2 pesanan dengan kurir Gosend Instant dengan nomor pesanan 22042171EPQH3H (pukul 19.08) dan 22042174SU8E9K (pukul 20.08).

Berhubung sudah lewat dari jam operasional toko maka order tersebut saya kirimkan keesokan paginya tanggal 22 April 2022. Namun seharian kedua order itu tidak mendapatkan driver.

Saya sudah laporkan hal ini ke Shopee dengan nomor laporan 1517393452707864622 dan 1517494684845408291, namun jawaban customer service hanya meminta saya untuk menunggu, itu pun respon mereka sangat lama.

Saya menunggu driver sampai jam pickup maksimal instant di Shopee yaitu jam 20.00 tapi hasilnya nihil. Di kedua transaksi tersebut sudah muncul peringatan untuk penjual agar segera mengirimkan pesanan supaya tidak masuk dalam pengiriman terlambat/ berpotensi dibatalkan.

Saya push terus ke Shopee bagaimana dengan munculnya peringatan ini, sedangkan masalah ini terjadi bukan karena kesalahan penjual. Namun tidak ada respon dari Shopee. Saya sangat dipusingkan dengan masalah ini seharian apalagi pembeli juga tidak mau mengerti dengan mendesak terus kenapa barangnya belum dikirim walaupun saya sudah menjelaskan kendala sistem pencarian ada di pihak Shopee.

Akhirnya driver berhasil didapatkan keesokan paginya tanggal 23 April 2022 dan pesanan berhasil diantar ke alamat penerima. Namun tanggal 26 April 2022, saya cek di menu Kesehatan Toko kalau ternyata kedua pesanan tersebut dihitung masuk ke dalam keterlambatan pengiriman pesanan, yang berarti toko saya akan mendapatkan poin penalti di minggu selanjutnya.

Aneh sekali Shopee ini sistemnya, kesalahan sama sekali bukan terletak pada pihak seller namun seenaknya saja melimpahkan ke seller. Memang mungkin sistem seperti ini paling gampang ya, semua tinggal dilemparkan saja ke seller. Jelas-jelas masalah tidak mendapatkan driver bukan menjadi tanggung jawab penjual, semua dilakukan oleh sistem Shopee. Customer Service Shopee juga tidak bisa memahami masalah dan hanya menjawab dengan cara copy text-book.

Memang beberapa hari belakangan dalam masa Ramadan Sale di beberapa marketplace lain juga sangat sulit mencari driver dikarenakan tingginya volume permintaan request pickup, namun marketplace lain tidak melimpahkan kesalahan dan tidak merugikan penjual sama sekali. Shopee memang paling beda. You are doing such a very ‘brilliant’ job, Shopee!

Yuliana Husin
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • Bukti klo seharian tdk mendapatkan driver gosend instant nya mana gan?? tanpa bukti itu komplainan agan msh blm bs dipercaya, driver gosend instant itu jumlahnya sangat banyak dan tdk mungkin mereka semua menolak orderan utk mengantarkan paket agan meskipun bnyk yg menolak pastilah akan ada 1 orang yg akan menerima orderan tsb tanpa sampai bergantinya hari, itu klo penyebab tdk mendapatkan driver gosend instantnya karena selalu dicancel oleh driver gosend instantnya.

        • Anda pembeli ga paham ini.yang paham pasti pernah jualan. Buktinya smua ya ada di akun jualan.riwayat kita klik request tapi ridak diambil.ini juga uda sering terjadi sama kita seller.makanya kalo pembeli cuman mau taunya dilayani cepet.problem seller ga mau tau,kurir telat seller salah, sistem error shopee juga seller lagi. Pokoknya seller korban komplain buyer pada hal gunanya shopee buat penemgah market apa?

          • Benar gan. Saya juga pernah terjadi beberapa kurir gosend menolak mengambil pesanan. Sampai akhirnya dpt kurir gosend yg ke 6 dan mau mengambil pesanan, saya sempatkan bertanya mengapa byk kurir gosend sedari td menolak permintaan pick up. Disana si kurir terakhir menjelaskan bhwa ongkir yg didapat mereka utk gosend jauh lbh kecil ketimbang mengantar customer. Maka dr itu byk kurir gosend yg tdk mau mengambil pick up brg utk gosend. Dan memang shopee makin kesini makin ribet, rata2 kesalahan selalu ditimpakan pd seller.

        • Ga perlu bukti sih gan. Saya juga bukti. Saya Jualan di marketplace sebelah. Dulu saya aktifkan pengiriman Go-send instan. Sudah cari nya lama setelah dapat di cancle pula sama mereka. Ada yg 1 harian ga ada hasil. Karena di tolak driver terus. Akhirnya saya tutup Go-send instan dan sameday. Pakai kurir reguler saja. Yg ada kita di kejar pembeli yg ga paham system kerja marketplace dianggap kita lelet. Kalo yg paham mereka tracking dari pemesanan mereka proses pesanannya sampai mana. Yg ga paham bikin sakit kepala.

      • Tiap tahun, hal yg sama terjadi alesan overload, cari driver atau pengiriman terlambat, tp promo dan penjualan jor joran, di kompken ke cs jawabnya ga ada penyelesaian, harusnta sdh tau klo ramadhan itu volume transaksi meningkat, brarti armadanta harus sdh siap,
        mmg payah ini shopee, klo cancel tdk terkirim dr system voucher hangus parah bgt, di blibli, klo gagal kirim, voucher balik lagi plus voucher permintaan maaf dr mereka.
        Benahi tuh shopee kerja sama dgn ekpidisinya
        Jgn promo di gedein pelayanan kaya keong

  • yah kl shopee ga heran, lbh mau ngerjain shopeefood.. drivernya ga ad atribut, celana boxer, kaos oblong, pakai apk titik, jd ngapain ambil orderan express..
    kalo kata crazy rich #murahanbanget :D

  • Memang parah, sy jg kena hal yg sama.
    Tp pnya sy malah pembeli pesan g*jek instan dan pemesanan sudah masuk, trus kt melakukan req pick up dari tgl 24 April jam 11 siang, tetapi tidak mendapatkan driver. Kt tnyakan ke CS Shopee, diblg bakal di cek dan di proses pelaporan kt. Trkhir tgl 25 April pelaporan kt di tutup dan dijawab kl jangkauan area tll jau jdnya tidak bs di proses.

    Trkhir pembeli jdnya beli lwt si ijo dan juga pake instan dan bs di proses di tgl 25 April ?.
    Aneh bin ajaib

    • Coba buka shopee instant kan jalan??.soalnya aku bgitu skarang ga ada gojek.slalu dapat acak shopee instabt.kita taulah arahnya kemana juga

  • Kyk saya cuma saya yg jadi pembelinya ?2 orderan saya pake instant dpet kurir gojek, order tgl 21/4 & 22/4. Dua orderan itu di pick up di hari yg sama tp keterangan tidak dapat driver..tau gaaaaaa sampe skrg itu ga terkirim². Mana order kue buat lebaran 11toples + 1lgi order makanan buat takjil 50pc. Sya ajuin pembatalan 2hri setelah order penjual ga bisa acc kaena eror anehnya sampe skrg itu orderan ga kena cancel dr shopee nya. Udah chat cs berkali² hasilnya cuma nunguuuuu + tggu pmbataln plg telat tgl25 lah skrg udah tgl27 msih blum batal. Saya email gojek nya suruh info ke shopee nya saja. Pusying ekeu mana lebaran sbntar lagi kue blum ada ?

    • bnyk seller dan buyer komplen Dgn marketplace satu ini.. . Apa ada pegawainya ya khususnya penanganan solusi /maslah /error sistem..

    • Sebetulnya banyak seller ingin kluar jualan dari shopee ke tokopedia.tapi apa daya pembeli selalu apa" ke shopee. Nanti kalo sudah penjual rame2 pindah itu akan lebih bagus. Ditokopedia pajaknya ga sampai 8% ke penjual.pada hal pembeli juga kena pajak layanan. Ditokopedia ga pajak" mencekik penjual dan ke pembeli cuman ganti biaya asuransi yg justru ini lebih manfaat ke perlindubgan konsumen. Ongkirnya ga pakai tunggu kayak shopee ada jatah terbatas banget dan subsidi cuman 10ribu. Tokopedia cashback juga ga harus toko tertenti bisa cashback.

      Saya penjual dan konsumen dishopee. jujur toko saya rame dishopee ratusan paket sehari dimana ditokopedia lebih sedikit penjualan banding shopee.tapi belanja saya malah banyak ke tokopedia karna lebih enak kalo komplain cs nya ga kayak kita bicara ama tembok macam shopee

      • Betul kata Kk. Fee disitu memang rendan. Fee marketplace hanya 1,5%. Fee ongkos kirim 1% max 10rb. Memang rendah. Cuma hati2 asuransi nya. Ga semua di proteksi. Seperti makanan kalau rusak setelah terkirim atau di kembalikan tidak akan di ganti. Saya sering alami kejadian itu. Mau komplain juga ga ada gunanya karena mereka bilang ga masuk kategori proteksi.

  • Driver - driver JAMAN NOW gak mau lagi DIPERAS APLIKATOR ONLINE ..jarak jauh tapi ongkirnya KERJA BAKTI..kadang buat nutup bensin saja susah karena argo di aplikatornya SANGAT - SANGAT GAK MANUSIAWI LAGI..makanya driver - driver sekarang BANYAK SORTIR KIRIMAN PAKET EKSPRESS..kalo argonya cocok ..diambil tapi kalo argonya murah di lewatin...dikirain motor gak pake bensin sehingga aplikator SEENAKJIDAT MASANG ONGKIR YANG MURAH..jangan heran yang pake jasa grab atau gojek pasti paket kirimannya akan menumpuk atau gak dapat driver....

    • ga tau ya, banyak juga ojol yang pamer penghasilan, bisa belasan juta dan sangat bangga sama kerjaan nya
      jadi kayak mau kasian sama ojol itu ya bingung, soalnya banyak juga yang sudah kaya ojol nya, ngapain kasian juga, wkwkwkwk

      terus kalo ada yang mau bilang, beda ojol yang paket, food sama penumpang, ya kalo ngirim paket jadi nya rugi ya jangan mau kirim paket, ya anterin penumpang lah, kan milih sendiri itu

  • Sama saya jg begitu, sameday yg dalam pencarian driver udah melebihi 24 jam masih disuruh nunggu oleh cs shopee, kan gk masuk akal, dan chat dica shopee balas jg lama, shopee jg gk pernah memihak kepenjual dan gk bisa bertundak adil, padahal tanpa seller shopee gk ada apa2nya.

    • Gmn ga lama cari drive nya.....ongkir nya aka murah buat drive nya... contoh jarak 40km pendapatan bersih drive nya hanya 40rb apa itu sebanding....? Jelas tidak sama sekali.... makanya susah dpt drive

  • Sepertinya sistem shopee akhir" ini bermasalah. Saya kena nya sameday sih, gak dapat driver. Akhirnya saya coba atur ulang jadwal pickup untuk besok paginya jam 8 berkali" dicoba gak berhasil, sekalinya berhasil malah dijadwalkan jam 3 sore. Saya chat ke cs disuruh tunggu aja sampe besok jam 5 sore kako gak dapat suruh chat lagi. Capede.. akhirnya pagi saya coba cek lagi, ternyata jadwal sudah berubah jam 8 pagi, dan dipickup driver jam 10 pagi.

    • Pernah ga mikirin kira2 pendapatan bersih buat kurir nya berapa ya.......?? Ko bisa lama dpt kurir nya...??

  • mgkin banyak yg lum tau klu sistem shopee bobrok. sy seller d tokped,shopee,BL,COD tanpa platfomn. bedanya cuman d stok barang az. dulu stok barang d shopee sy perbanyak namun 2 bln trakhir sy kurangi. apalagi klu itu prodak unggulan.

  • Ohh Shopee biasa gan...
    Mereka mah GA BAKAL MAU DISALAHIN... Padahal sistemnya yg Error....