Surat Pembaca

Gagal Check-in Karena Misinformasi Traveloka?

Perkenalan nama saya Taupik Hidayat. Pada tanggal 27 April, saya hendak liburan dari Sumedang ke daerah Purwakarta, dan booking hotel lewat aplikasi Traveloka pada pukul 20:**. Saya pesan hotel berikut:

Dan saya baca baik-baik bahwa di sana tertera resepsionis 24 jam untuk melayani check-in dan check out. Saya juga telah menuliskan catatan bahwa saya akan check in pukul 01:45 dini hari (menyesuaikan kebijakan hotel). Lalu saya datang ke hotelnya dan ternyata sudah tidak bisa check in.

Yang jadi pertanyaan di sini yang salah siapa? Apakah saya mesti menuntut ganti rugi ke Traveloka walaupun dalam keterangan tiket tidak bisa refund? Sebagai catatan, ini pertama kali saya menginap dan pesan hotel.

Karena saya masih tidak terima dengan keterangan iklan yang menyesatkan seperti itu, dan pada pas komplain pun seolah-olah salah saya padahal iklannya sendiri yang menyebutkan 24 jam resepsionis melayani check in/check out.

Dan akhirnya saya pun cari hotel lain malam-malam karena gagal check in.

Mohon tanggapan dan koreksi saya jika salah.

Taupik Hidayat
Sumedang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Traveloka untuk Taupik Hidayat

Kepada Yth., Bapak Taupik Hidayat, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak Taupik Hidayat tujukan...
Baca Selengkapnya

Komentar

• Halo pak, saya traveller dan dulu cukup sering pesan hotel via traveloka. Jadi begini saya jelaskan kronologi nya. D traveloka kamar yg disediakan adlh kamar promo atau kamar yg "kurang laku" d hotel. Ketika ada pesanan pihak hotel seringkali tdk tahu menahu soal itu. Jadi jika anda cek in d awal misal sore maka hotel masi bs memberikan kamar sesuai "harga promo". Tapi jika kamar terisi penuh maka seperti yg bapak alami late cek in, kamar promo pun sudah terisi tamu lain. Karena hotel mendahulukan tamu yg pesan langsung ke mereka. Jadi rasa aman pesanan kamar yg selama ini dijual oleh traveloka adalah semu.

Bahkan d kasus saya setelah pembayaran hotel bintang 3, mendadak pihak traveloka mengatakan hotel penuh dan saya mnt dcarikan hotel lain yg setara. Apa yg dkasi? Hotel bintang satu, kotor, jorok, bonus kunti d dlm nya wkwkwk. Saya komplain ke traveloka dan sejak saat itu no more traveloka. Mending pesen ke hotel langsung. Traveloka hanya untuk membandingkan perkiraan harga hotel saja.

Untuk kasus anda, komplainlah serahin mungkin sama traveloka supaya bisa drefund uangnya. Tapi jika anda memilih bayar d hotel ya sudah ikhlaskan dan jangan diulang lagi pemesanan seperti ini.

Semoga penjelasan saya bisa dpahami ya pak.

• Saya udah byar ke Traveloka via bank transfer....yg bikin gedeg itu keterangan di aplikasi Resepsionis melayani check in dana check out 24 jam .tapi ternyata tidak..dan saya pas datang ke hotel tidak ada resepsionis nya...dan saya tanya orabg yg nongkrong disana gatau kerja ato yg nginep juga..katanya kamarnya udah ada

• KOREKSI
        yg bikin gedeg itu keterangan di aplikasi Resepsionis melayani check in dan check out 24 jam .tapi ternyata tidak..dan saya pas datang ke hotel tidak ada resepsionis nya…dan saya tanya orang yg nongkrong disana gatau kerja ato yg nginep juga..katanya kamarnya dan resepsionisnya udah ga ada

• Wait bapak nginep d hotel OYO a.k.a kost an dsewain? Yah jangan ngarep resepsionis 24 jam atau layanan kelas hotel pak. Saya ga perhatikan hotel yg bapak pesan, krn saya biasa pesan hotel bintang 3 ke atas. Mungkin kebijakan utk hotel oyo kl diatas jam 12 resepsionis a.k.a penjaganya boleh tidur kali pak. Dkomplain trs aja ke traveloka biar bs refund duitnya. Tp next kl pesen dipastikan lg ke hotelnya biar ga terulang kejadian sama.

Tenang pak, saya pernah kejadian kek gini d negara lain malahan. Harusnya tinggal istirahat malah kelimpungan nyari hotel malem2 gegara apps travel sejenis traveloka. Kompensasi cm 100$, pdhl kamar emergency yg saya pesan 200$/mlm hahaha. Kapok sejak itu pake booking.com.

• Klo ga bisa refund, mantep bgt nih cari cuan, dgn bikin iklan jebakan sehari 5 ajah yg kena...kali 1 bulan...

• Ato klo mau langsungonline cek in aja jadi ketika bpk datang tgl tunjukin ktp langsung dikasi pak, suka ada pilihan di apss nya min 24 jam sblm masuk bisa langsung online cek in.

• Saya note pak pengalaman Bapak.. Semoga Bapak dan keluarga diganti rizki yg banyak oleh Allah.. Aamiin. Sebagai pengguna setia traveloka, setelah saya booking hotel saya konfirmasi ke pihak hotel pak via telp. Sehingga kejadian seperti Bapak bisa diminimalisir.. Semoga berguna infonya.. Salam sehat untuk Bapak dan kelurga..

• S7
      selalu konfirmasi via telp ke Hotel tujuan setelah pemesanan via OTA

• Saya pengguna traveloka biasanya kl check in bukan jam wajar saya selalu telepon hotelnya untuk memberitahu jam check in saya. Selama ini tidak pernah ada masalah, check in juga selalu 24 jam, tapi saya tidak pernah menginap hotel kelas OYO biasanya bintang 4/5. Mungkin untuk kelas OYO kebijakannya lain.

• Saya sudah WhatsApp dan telpon tapi gak dapat balasan....telpon WA&Reguler gak di angkat padahal "berdering"..

• Sayajuga pernah alami cekin tengah malam karena pesawat dellay. Saya kabari pihak hotel sebelum nya. kalau pesawat saya mendarat tengah malam. Dan di tunggu sama mereka. Saran saya sih setelah dapat konfirmasi e-tiket dari traveloka kita pastikan order kita sudah di terima pihak hotel. Dan sudah di pastikan jatah kamar kita. Memang sering kejadian miss. Kalo belum tercatat pihak hotel biasanya mereka minta foto e-tiket dan rincian pesanan yg telah berhasil dari traveloka.

• Dear Bapak Taupik,

Saya hanya berbagi informasi saja pak. Dan ini adalah contoh kebijakan di hotel bintang 4 / 5 yang saya pernah / sedang bekerja. Sehingga kedepannya, dapat membantu bapak mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat memesan hotel.

Pertama, check in 24 jam. Hotel memang sebagian besar menerapkan kebijakan ini. Namun, bukan berarti bapak bisa benar benar check in 24 karena terdapat peraturan lain yang perlu diperhatikan seperti tingkat hunian hotel saat ini, jam check in bapak beserta tambahan biaya yang mungkin ada. Secara umum walaupun bapak dapat checkin 24 namun jika:
    - bapak menghendaki checkin ditanggal kedatangan pada pukul 00:01 - 13.59, Hotel sebenarnya dapat melayani itu dengan syarat kamar sudah tersedia dan bapak bersedia dikenakan biaya check in awal yang besarnya bervariasi antara satu hotel dengan yang lain. Meskipun ada hotel yang mungkin mengizinkan check in sebelum jam check in, maka itu suatu kebijakan khusus hotel, dan tidak semua hotel mengizinkan hal tersebut.

- bapak check in jam 14:00 - 23:59 maka tidak akan dikenakan biaya tambahan dan akan diproses sesuai pesanan bapak. Namun, perlu digaris bawahi bahwa permintaan khusus itu tetap bergantung pada ketersediaan di hotel.

- bapak check in terlambat setelah jam 23.59 di tanggal kedatangan (atau sudah berganti tanggal, contoh tanggal kedatangan 29 april, tapi baru checkin 30 april jam 01 dini hari) maka ini terdapat perlakuan yang mungkin berbeda. Pertama, sebagian hotel akan mengganggap pesanan bapak sebagai tidak hadir, namun hotel dalam hal ini tetap menerima dana dan kamar berhak untuk dijual kembali. Kedua, jika sudah ada konfirmasi langsung ke hotel oleh tamu, bukan melalui traveloka, maka hotel mungkin masih akan menyimpan kamar tersebut untuk bapak. Namun, hal kedua ini adalah kemungkinan yang kecil terutama saat permintaan kamar sangat tinggi.

Demikian bapak, semoga dapat membantu bapak dikemudian hari.

Terima kasih

• Iya memang sebaiknya menelepon langsung hotelnya tanyakan bener tdknya bisa checkin 24 jam. Minta kepastian bahwa Anda bisa ch3ckin pada jam 01.00 dinihari. Jadi amanah.

• Jadi gini cerita lengkapnya.. pertama kali pesan hotel..
        Saya pesan hotel 27 April 2022 jam 20:XX (pas di stasiun nunggu kereta LOKAL datang tujuan garut-purwakarta)dan saya baca baik baik Bahwa hotel melayani check in&check out 24jam. Setelah saya cocok maka saya kasih catatan pada pesanan saya bahwa saya akan check in jam 01:45 (28April 2022) lalu saya check out transfer via mandiri ..22:40 saya kepikiran saya hubungi lah pihak hotel via aplikasi Traveloka dan dapat nomornya. namun malah terhubung dengan call center OYO,dan dari sana Saya dapat no pihak hotel,tidak lupa juga saya bilang bahwa saya mau check-in jam 01:45 28 April 2022,namun kata pihak OYO hotel tidak 24 jam,tapi saya kurang percaya,karena saya lihat di Traveloka keterangan nya 24jam dan karena saya pun pesan via traveloka.. sesudah itu saya berniat kabari pihak hotel,lalu saya telpon lah hotel via wa(berdering) tapi gak di angkat via wa chat juga ga dibalas,saya coba telpon reguler tapi gak di angkat juga....dari sana y udah lah ,nanti aja check innya...pas saya datang ke hotel sekitaran 01:33 ,memang ada orang nongkrong ga tau yg nginep ato yg karyawanya,lalu saya billang saya mau check in,tapi kata mereka kamar via aplikasi udah g ada dan resepsionisnya nya juga ga ada...y udah lah dari sana saya cari hotel lain tengah malam.. begitu lengkapnya

• Traveloka itu "makelar" nya hotel. Jadi bukan yang punya unit. Sehingga Traveloka itu mungkin mempunyai informasi yang tidak akurat. Apapun ceritanya kita harus hubungi ke hotelnya setelah booking via apps, jadi memang harus double check.

• Sebagai orang yang bekerja di Hotel, saya sarankan Bapak untuk selalu menghubungi hotel setelah booking, tanyakan checkin time apa bisa malam beserta infokan estimasi kedatangan Bapak.

• Jadi gini cerita lengkapnya.. pertama kali pesan hotel..

• Saya paham om di traveloka ada tulisannya 24 jam. Namun ada baiknya konfirmasi via telepon ke properti masing masing dan infokan estimasi kedatangan.

Info via traveloka bisa jadi pesan ga masuk di reservation letternya

• Mohon ijin Pak, apakah Bapak pesan hotel untuk tanggal 27 April 2022 ? Apabila pemesanan dilakukan tanggal 26 April 2022 jam 20.xx, maka sudah sewajarnya sesuai ketentuan hotel check in time adalah tanggal 27 April 2022 jam 14.00 . Apabila Bapak minta check in tanggal 27 April 2022 jam 01.45 tentu saja tidak bisa karena tidak sesuai aturan. Bapak bisa mengajukan early check in dimana bisanya sekitar jam 12.00-13.59 pada tanggal bersangkutan dengan hari check in misalnya pada kasus Bapak yaitu tanggal 27 April 2022 jam 12.00-13.59. Karena kadang masih ada tamu yang belum check out dari kamar yang Bapak pesan. Bila Bapak memang ingin check in tanggal 27 April 2022 jam 01.45 maka seharusnya yang Bapak lakukan adalah memesan kamar untuk tanggal 26 April 2022 dan meminta untuk late check in tanggal 27 April 2022 jam 01.45.