Surat Pembaca

Penalti Sepihak oleh Tokopedia Sampai -210 Poin

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menampung unek-unek saya jualan di Tokopedia. Kronologinya, setelah saya upload produk, seminggu kemudian dapat notifikasi bahwa 2 produk yang saya jual melanggar HAKI. Namun anehnya produk tsb tidak dihapus oleh sistem.

Yang bikin kaget adalah, varian dan size juga dinyatakan ikut melanggar, dan masing-masing varian kena -5 poin. Sehingga totalnya saya kena -210 poin penalti. Malah lebih rendah poin penipuan yang hanya -15 poin.

Ketika saya komplain ke Tokopedia Care pada tanggal 25, CS mengakui kesalahan sistem, yang mana varian dan size harusnya tidak ikut kena poin. Namun setelah saya tunggu 3×24 jam, performa toko saya tidak berubah juga. Saya komplain lagi tanggal 28, ketemu CS bernama Jarot. Dia berkata bahwa produk yang melanggar, semua varian ikut kena poin pelanggaran. Jadi jika ada produk yang melanggar, seolah-olah semua varian itu adalah bagian dari produk berbeda, karena ikut kena -5 poin dari tiap varian.

Ketika saya cek di Syarat dan Ketentuan Tokopedia, produk yang melanggar HAKI hanya terdapat -5 poin. Tidak ada bacaan beserta variannya ikut kena. Katakanlah produk tsb melanggar, tapi produk tersebut masih terpampang di etalase, tidak dihapus oleh sistem. Jadi kesannya Tokopedia seperti menjebak seller, ketika upload produk melanggar HAKI dibiarkan, lalu penalti menanti.

Tidak seperti Shopee dan Lazada, ketika ada kata-kata melanggar HAKI, produk berhenti di QC sistem dan disuruh memperbaiki judul karena melanggar hak intelektual. Saya jualan sandal dapat penalti sampai -210, melebihi penalti pelaku penipuan yang hanya -15. Begini buruknya kah sistem Tokopedia? Bukti percakapan dan detail masalah ada saya lampirkan sebagai berikut:

Sampai detik ini performa toko saya masih sama (52) tanpa perubahan. Chat nongol 1 sudah nangkring seminggu, tiap diklik gak ada karena sudah dibalas semua. Tetap saja seller yang kena dampak balas chat 360 menit. Gak ada profesionalnya sama sekali, mengakui kesalahan sistem tapi performa toko diabaikan begitu saja tanpa perubahan. Chat Tokopedia Care bernama Jarot malah jawaban muter-muter kek keong.

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memberi ruang publik, biar seller lain tahu betapa buruknya sistem Tokopedia yang sangat merugikan seller. Habis transaksi berhasil, semua akun akan saya delete secepatnya. Di Shopee dan Lazada lebih gacor, tidak pernah ada masalah. Maaf tulisan ambyar, soalnya emosi lagi muncak ke ubun-ubun.

Lastoro
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Terus aja om gas CS nya. Biar ga makan gaji buta. Klo memang om merasa ga bersalah ya jgn takut tp sblm itu coba baca peraturannya dan cek lg yg salah dmna nya. Klo betul tidak salah tp dpt sanksi baru harus di perjuangkan keadilannya