Permohonan Penghapusan Rating Shopee dari Pembeli Nakal yang Merugikan Penjual Berbelit-Belit dan Tidak Masuk Akal

Saya adalah penjual di Shopee, yang mengajukan penghapusan rating dari pembeli yang tidak bertanggung jawab, dengan nomor pesanan: 220418UYSV52XT. Pada tanggal 29 April 2022, saya chat CS Shopee, minta untuk dihapuskan rating dengan menyertakan bukti screenshot, bahwa selama 2×24 jam pembeli tidak merespons chat dari saya. Bukti tersebut yaitu:

  1. Menanyakan alasan kepada pembeli kenapa memberikan rating jelek.
  2. Meminta izin penghapusan rating kepada pembeli.

Namun pada tanggal 30 April 2022, saya mendapatkan email dari Shopee yang disuruh “meminta izin penghapusan rating kepada pembeli lagi”. Padahal di screenshot sebelumnya sudah saya lampirkan.

Menurut saya, syarat tersebut tidak masuk akal, karena “Pembeli tidak bertanggung jawab yang salah, tapi kenapa penjual yang minta izin?”. Seolah-olah di sini selalu penjual yang disalahkan dan penjual terasa seperti “PENGEMIS”.

Kalaupun pembeli memberikan alasan kepada toko saya, maka saya pun juga tidak akan meminta Shopee menghapus rating tersebut.

Sebagai catatan saja, penilaian dari pembeli yang tidak bertanggung jawab dapat menurunkan performa toko yang sudah susah payah dibangun.

Mahika Rusventa
Ngawi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

52 komentar untuk “Permohonan Penghapusan Rating Shopee dari Pembeli Nakal yang Merugikan Penjual Berbelit-Belit dan Tidak Masuk Akal

      • 1 Mei 2022 - (21:21 WIB)
        Permalink

        Bintang 3 ya disyukuri bos.,
        Mungkin pembelinya hanya mau ngasi bintang 5 ke Tuhan, dan bintang 4 ke mamak atau papa nya. Jadi orang lain bintang 3 itu sudah nilai maksimal.

        10
        13
    • 1 Mei 2022 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Hemmmzzz…..

      Gini looo.. yang nama nya jual online
      Yg mencakup seluruh wilayah indonesia..dan negara2 tetangga.

      Pastinya Beraneka ragam Coustomer, dan Pastinya Setiap orang mempunyai karakter, watak, sifat, dan penilaian sendiri2.
      ▪︎Entah itu menilai emang disengaja ( Competitor )
      ▪︎Atau emang kwalitas produk kurang baik menurut coustomer yang membeli.

      Sebagus2nya kita membuat konten atau karya pasti ada dislike nya..

      Mana bisa orang di seluruh indonesia..
      Beli produk anda Di suruh ngasih bintang 5 semua..sesuai kemauan anda…

      Sepertinya saller ini baru masuk di dunia olshop.hal seperti ini dimasukan dimedia konsumen.

      #kita tidak mungkin bisa menyuruh semua orang suka sama kita.

      Pokus aja jualan, kalau produk anda baik, pasti langganan datang dengan sendirinya Dan pastinya repeat order

      Terima kasih.

      55
      1
      • 2 Mei 2022 - (23:09 WIB)
        Permalink

        Benar. Di marketplace online masih mending yg kasih rating bener2 pembeli. Kalau toko fisik di Gmap ampun dah siapa saja bisa kasih rating jelek. Bahkan dari pihak kompetitor, atau buzzer bayaran, atau orang-orang yang iseng sekalipun bisa.
        Belum lagi maling barang ketangkap basah, udah dimaafkan tidak dilaporkan polisi masih sempat-sempatnya balas dendam kasih rating jelek.

      • 4 Agustus 2022 - (22:38 WIB)
        Permalink

        Bagaimana jika pembeli membeli 10 macam produk yang berbeda, hanya karena 1 produk kesalahan memberikan bintang 1 kepada seluruh 10 macam produk?
        Pembelinyanya sangat jahat, salah satu produknyanya misalnya 1 pcs = 1 meter, pembeli membeli 2 pcs. Jadi penjual memotong 2 pcs menjadi 2 meter dengan 1 ukuran. Pembeli yg tidak tau apa2 dikira menipu dia, dia bilang kok dikirim cuma 1 saja padahal 1 itu panjangnya 2 meter. Pembeli langsung memberi bintang 1 kepada seluruh macam produk.
        Itu pasti disengajain merusak reputasi toko. Bagaimana tanggapan anda?

    • 10 Mei 2022 - (12:03 WIB)
      Permalink

      Jualan offline aja bu di mall atau di pasar jadi kalo di complain langsung face to face. Masih mending dikasih rating 3 dari pada 1 bad.

  • 1 Mei 2022 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Saya pikir anda berhak untuk menanyakan alasan kenapa mendapatkan bintang 3, tapi tak berhak untuk menyuruh konsumen mengganti penilaiannya tersebut.kalo ke pihak shopee langsung tanpa melibatkan pembeli sih ok ok aja.
    Pertanyaannya adalah kenapa harus ada pilihan 1-5 jika seller mewajibkan konsumen harus memberikan nilai 5?
    Saya pikir satu b3 tdk akan mempengaruhi banyak pada toko.saya pernah belanja di toko yang sudah menjual banyak, meskipun ada rating satu-3.Toh selama toko itu sudah menjual banyak, rating lumayan, dan barang yang dijual kita butuhkan.saya pikir tak masalah untuk membeli di toko tersebut.
    Percayalah pada kualitas toko dan pelayanan anda.

    30
    3
    • 2 Mei 2022 - (11:45 WIB)
      Permalink

      Dapat bintang rendah (1-3) ga usah di ributkan selama ⭐5 anda banyak. Kecuali rating toko anda ⭐1-3 semua dari penilaian pembeli. Berarti ada yg salah di pihak anda. Kalo hanya beberapa orang yg memberi ⭐1-3 nya anggap aja orang yg jahil atau kompetitor yg mau menjatuhkan jualan anda. Pembeli pun dapat menilai sendiri apakah toko anda layak di beli atau tidak. Jangankan kita. Toko merek terkenal saja seperti Samsung, iPhone dll, tidak luput dari orang jahil. Jadi ga usah di ambil pusing. Pembeli yg menilai anda. Kalo rating rendah dari beberapa orang udah biasa ada oknum jahil. Kadang komentar nya pun sengaja dibuat2 yg tidak masuk akal.

      Ga usah di bawa pusing.

      11
  • 1 Mei 2022 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas komentarnya bos.
    – Untuk masalah minta customerengganti nilai itu adalah arahan dari shopee karena disuruh chat minta ganti penilaian atau minta ijin dihapus.
    – Dan supaya gak salah paham, disini kami tdk mewajibkan pembeli memberi rating bintang 5. Yg kami minta dihapus “HANYA” dari pembeli yg tdk bertanggung jawab saja alias tanpa keterangan. Sedangkan kl ada rating yg ada keterangan juga gak masalah buat kami walaupun itu rating jelek, karena kami sadar bahwa kita tidak bisa memaksa orang.
    – Semoga penjelasan kami bisa dimengerti.

    Terima kasih

    6
    32
    • 1 Mei 2022 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Bagi sy ketika melihat ulasan produk dan hanya segelintir ulasan jelek dari banyaknya ulasan bagus, sy yakin yg kasih ulasan jelek itu kompetitor. Atau bs jg emg barang yg dikirim tdk sesuai (mgkn karena kekurangtelitian penjual), tp ttp berpikir kalau barang yg di jual bagus

      5
      3
    • 1 Mei 2022 - (22:29 WIB)
      Permalink

      Hai kak terima kasih atas waktunya memberi komentar.

      Supaya tidak salah paham, disini kami tidak menyuruh semua pembeli untuk memberikan rating bintang 5. Yang kami tekankan adalah bahwa yg memberikan rating jelek tersebut tidak memberikan alasan yg jelas sehingga kami juga tdk tahu apa kesalahan dari toko kami. Trs kalau ada seperti ini solusinya apa…???

      Saya yakin pasti ada juga penjual yg mengalami hal seperti ini. Dan mengapa saya masukan media konsumen supaya seller tidak dirugikan juga oleh ulah seperti ini. Mohon maaf kl ada yg tidak berkenan, karena menurut kami sebagai penjual, menaikkan rating toko itu sangatlah susah sekali.

      Terima kasih

      4
      19
      • 2 Mei 2022 - (00:47 WIB)
        Permalink

        Memberikan rating bintang 3 itu hak pembeli. Mau dengan alasan jelas, tanpa alasan jelas. Tidak pernah ada aturan shopee dapat menghapus ulasan secara sepihak. Tidak ada keharusan pembeli selalu menjawab chat anda. Sudah untung barang anda dibeli, yang artinya meningkatkan sales anda. Dengan attitude anda seperti itu, pembeli anda tidak akan kembali. Contoh toko yang layak dihindari. Penjualnya baperan, senggol dikit langsung masuk MK. Hahaha.

        22
        1
        • 2 Mei 2022 - (01:07 WIB)
          Permalink

          Terima kasih semuanya. Untuk saat ini permasalahan sudah selesai dan sdh mendapat tanggapan dari shopee.

          Terima kasih

          10
      • 2 Mei 2022 - (08:05 WIB)
        Permalink

        Begini yg berjualan di Shopee itu ada ribuan olshop..oke.

        Hal seperti itu sudah biasa bagi olshop2 yang sudah lama..coustomer
        Tidak ada kejelasan tetapi mengasi bintang rendah..

        Solusinya ya sangat mudah : sampaikan di kolom to reply masuk kolom balas :
        Sampaikan :
        ▪︎Terima kasih kak : bla bla bla…
        Coustomer dari : bla bla bla bla…
        .. atas penilai, an yg di berikan.. jika ada kesalahan dari produk kami atau kurang nya pelayanan dari kami.. mohon untuk di sampaikan ya kak…
        Agar kedepan nya kami bisa lebih baik lagi. Karena kritik dan saran anda menjadi penyemangat olshop kami agar lebih baik lagi.

        ▪︎Kalau ngk di bls ya biarkan saja itu hak coustomer,, yang penting kita sudah membalas dan menyampaikan lisan yg baik terhadap coustomer2 kita.

        Sampai disini apa sudah paham..
        Kalau belum, bisa leasson to me..
        Bercanda..?

        di kasih bintang rendah baper.. hadeecch.. pokus jualan saja wokey.

        Terima kasih.

        13
    • 2 Mei 2022 - (00:59 WIB)
      Permalink

      Pembeli yg ga bertanggung jawab ini maksudnya yg gimana? Ga bayar gitu? Kalau memberi rate jelek karena kualitas dan tingkat kepuasannya emang kurang, ya ga Pa2 kan rate jelek?
      Terus ulasan emang wajib diisi? Bukannya itu hak pembeli untuk tidak memberi ulasan apapun?
      Bahkan kalau pun anda chat dan tanya, ga ada kewajiban bagi pembeli untuk menjawab. Bagaimanapun rate sudah mewakili penilaian.. introspeksi aja.. apakah produk, pelayanan, dll.. Mungkin yg dari sekian aspek yg dia nilai memang pantasnya di rate sekian.

      11
      • 2 Mei 2022 - (01:07 WIB)
        Permalink

        Terima kasih semuanya. Untuk saat ini permasalahan sudah selesai dan sdh mendapat tanggapan dari shopee.

        Terima kasih

        1
        12
    • 2 Mei 2022 - (01:00 WIB)
      Permalink

      Tidak maksa, tapi masuk MK hanya karena rating bintang 3. Hahahahaha.. lucuh andah

      12
      1
      • 2 Mei 2022 - (01:06 WIB)
        Permalink

        Terima kasih semuanya. Untuk saat ini permasalahan sudah selesai dan sdh mendapat tanggapan dari shopee.

        Terima kasih

        11
    • 2 Mei 2022 - (10:16 WIB)
      Permalink

      tidak hanya produk tetapi ada pembeli juga yang kadang menganggap keterlambatan di kurir pengiriman itu sebagai dasar memberikan rating, saya pernah mengalaminya hanya karena telat di kurir rating jelek padahal itu diluar kuasa penjual yang telah mengirimkan paketb ke kurir di hari yg sama

  • 1 Mei 2022 - (19:21 WIB)
    Permalink

    Bintang adalah hak pembeli, jadi mestinya tidak perlu minta dihapus. Bintang 3 bukan jelek kalau menurut saya.
    Saya pernah belanja di toko yang menulis jika tidak bintang 5 tidak ada garansi, toko yang memaksa bintang 5 justru saya kasih bintang 2, alasannya berarti toko ini bintang 5 palsu karena memaksa.

    25
    1
    • 1 Mei 2022 - (19:28 WIB)
      Permalink

      Halo kak terima kasih atas komentarnya.
      – mohon maaf sebelumnya, supaya tidak salah paham saja ya kak.

      Saya setuju sekali dengan pendapat kakak yang mengatakan bintang adalah hak pembeli dan sebagai penjual, kami pun tdk memaksa utk memberikan bintang 5.

      Yang kami bicarakan disini adalah penilaian rating jelek yg tanpa alasan apapun, karena kalau ada alasannya juga kami akan terima dengan lapang dada karena seperti yg kakak bilang bahwa penilaian itu adalah hak dari pembeli.

      Terima kasih

      3
      15
      • 2 Mei 2022 - (02:37 WIB)
        Permalink

        Sepertinya permasalahan nya sederhana saja.

        Pembeli memberikan rating.

        Penulis tidak dapat menerima rating yang diberikan apabila tidak disertai alasan yang tepat menurut versi penulis.

        Alangkah baiknya penulis bisa lebih santai menanggapinya dan tidak buru buru menyimpulkan secara negatif bahwa ini bagian dari intrik tertentu. Terkecuali penulis kurang percaya diri dengan produknya sendiri maka akan lain ceritanya.

        Mengenai penghapusan rating, saya pikir sudah tepat apabila meminta persetujuan pembeli terlepas dari apakah penilaian tersebut valid atau tidak valid maupun dapat dipertanggung jawabkan atau tidak.

        Karena kembali lagi, itu semua adalah bagian dari hak pembeli.

        • 2 Mei 2022 - (02:53 WIB)
          Permalink

          Terima kasih semuanya. Untuk saat ini permasalahan sudah selesai dan sdh mendapat tanggapan dari shopee.

          Terima kasih

      • 2 Mei 2022 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Di aplikasi mana pun, alasan pemberian bintang adalah opsional. Tidak pernah ada ketentuan memberikan bintang di bawah lima harus disertai alasan yang komprehensif. Anda baru pertama bermain di ol shop ya.

  • 1 Mei 2022 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Mengapa dikatakan pembeli nakal hanya karena memberikan bintang 3 tanpa disertakan keterangan/ ulasan ??.

    Memberikan label ” Pembeli nakal”.

    17
    1
    • 1 Mei 2022 - (20:01 WIB)
      Permalink

      Hallo kak,terima kasih atas waktunya memberikan komentar.

      – Mohon maaf sebelumnya ya kak, disini kami memberi label sebagai “pembeli nakal” karena mereka tdk memberi alasan bisa saja dikarenakan ingin menurunkan performa toko.

      Sebagai contoh :
      – kalau pembeli memberi rating bintang 1-3 dengan alasan barang cacat, pecah,dll apalagi disertai bukti foto maka menurut kami sebagai penjual itu adalah sah-sah saja karena memang itu faktanya
      – tp kalau tanpa alasan yg jelas kemudian memberi rating buruk, menurut sudut pandang kami sebagai penjual adalah karena pembeli tersebut “mungkin” ingin menurunkan performa toko. Karena mereka tdk mempunyai celah untuk komplain, makanya hanya memberi rating jelek saja tanpa alasan. (sekali lagi kami disini melihat dari sudut pandang kami sebagai penjual ya kak).

      Mungkin disini kalau ada yg sebagai penjual, bisa mengerti maksud dari apa yang kami sampaikan.

      Terima kasih

      4
      16
      • 1 Mei 2022 - (22:25 WIB)
        Permalink

        Apakah wajib pembeli ketika memberikan bintang dibawah 5 harus dengan disertai ulasan??.
        Aturan darimana yang begituan sehingga ketika pembeli memberikan bintang dibawah 5 tanpa disertai ulasan maka di cap “pembeli nakal”.

        13
  • 1 Mei 2022 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Benar kak saya juga seller. Toko saya diberi bintang jelek gara-gara saya menolak permintaan pembeli untuk memberi tambahan bonus kedua. Padahal saya sudah memberi bonus pertama seperti yg dia minta. Saya meminta shoppe untuk mengajukan penghapusan rating tapi responnya disuruh minta pembeli yg mengubah. Padahal pembeli sendiri tidak kooperatif.

    1
    2
  • 1 Mei 2022 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Sebagai seller kadang tdk semua memuaskan pembeli, walau kadang memberi B1 tanpa alasan yg tidak jelas dan tidak berattitude, biasanya pembeli seperti ini saya BLOCK. Pembeli yg bijak pasti tidak hanya 1comment jelek saja.

  • 1 Mei 2022 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Apakah dia sengaja menilai seperti itu untuk menjatuhkan toko. Dia belanja apa sampai dia kecewa.. Penilain itu jujur berdasarkan fakta dan data. Terimalah dg lapang dada

    • 1 Mei 2022 - (22:31 WIB)
      Permalink

      Halo kak terima kasih atas waktunya berkomentar.

      Nah itu dia yg kami juga tidak tahu karena memang tdk ada alasan apapun. Kalaupun ada ulasan jujur dan sesuai fakta, justru kami sangat berterima kasih sekali karena itu bisa menjadi saran yang bagus buat kami.

      Terima kasih

      • 2 Mei 2022 - (01:07 WIB)
        Permalink

        Dah lah ga relevan.. komplainnya.. bagaimanapun hak pembeli untuk memberikan rate 1-5, dengan atau tanpa alasan.
        Kalaupun Anda berspekulasi kompetitor yg ingin menjatuhkan.. kayanya kurang tepat juga.. klo bener niat bisa ngasih bintang 1.
        Puas dan tidak pelanggan merupakan bagian dari bisnis. Bisnisman tidak akan menyalahkan pembeli, tapi akan mencari cara menghandle Hal2 semacam ini. Di Jepang bahkan perusahan alat tulis mendatangi langsung cust yg komplain akan produk meski alasan tdk masuk akal mereka tetap meminta maaf Sambil memberi bingkisan/hadiah. Alih2 tercemar justru perusahaan menjadi untung karena dicap bertanggung jawab.

        • 2 Mei 2022 - (01:09 WIB)
          Permalink

          Terima kasih semuanya. Untuk saat ini permasalahan sudah selesai dan sdh mendapat tanggapan dari shopee.

          Terima kasih

    • 2 Mei 2022 - (11:11 WIB)
      Permalink

      Anda mungkin berhadapan dengan pembeli2 perempuan yang memberi bintang ikut mood saja… Terimalah itu kalau kompetitor yang ingin menjatuhkan anda pasti dikasi bintang 1.
      Saya kenal pembeli2 seperti ini, biasanya ibu2 muda atau abg perempuan muda, yang hanya memberi bintang 3 hanya karena mis masalah kurir terlambat datang, bintang 2 untung barang yang tidak sesuai foto, dan tanpa ragu bintang 1jika mereka lagi kena masalah di kantor… Yah doakan saja supaya populasi pembeli seperti ini di dunia maya semakin berkurang…

  • 2 Mei 2022 - (01:13 WIB)
    Permalink

    Belajar dari Tanuwijaya.. saat menjual telur dia memberi jaminan jika ada 1 telur rusak/busuk diganti 10x lipat.
    Kemudian beliau sengaja meletakan 2 butir telur pada seorang cust yg membeli 10 butir telur.
    Beberapa hari kemudian cust komplain kalau telurnya busuk 2 butir. Tanpa Ina inu beliau langsung ganti 20 butir. Karena merasa puas cust tersebutpun membeberkan dan menceritakan kepada teman2nya. Terkesan merugikan, tapi itulah trik marketing. Bayangkan kalau sengaja menggaji org untuk mempromosikan telur berapa biaya yg harus keluar? Apakah pasti berhasil? Jadi pandai2lah merubah kondisi buntung menjadikannya untung. Semoga bermanfaat.

    1
    1
    • 2 Mei 2022 - (01:17 WIB)
      Permalink

      Terima kasih semuanya. Untuk saat ini permasalahan sudah selesai dan sdh mendapat tanggapan dari shopee.

      Terima kasih

  • 2 Mei 2022 - (03:06 WIB)
    Permalink

    Penilaian pembeli bisa saja dari banyak faktor, misalnya, kualitas produk, harga, respon dan pelayanan penjual, masa pengemasan, masa pengiriman, cara pengemasan (aman/tidak). Kadang ada pembeli yg menganggap kualitas barang kurang bagus, tapi sesuai dgn harga yg murah, maka dikasih bintang 4-5. Tapi ada juga yg menganggap kualitas cukup baik dgn harga barang murah tapi masa pengemasan dan pengiriman yg lama sehingga memberi bintang 3 kebawah, atau pembeli yg berharap dgn harga yg dibeli bisa mendapat barang kualitas wah sehingga kecewa. Yah…namanya penilaian setiap org bisa beda” apalagi banyak faktornya. Disenyumin aja gan, setidaknya calon buyer yg lain bisa melihat tanggapan penjual yg tetap ramah walau dikasih rating rendah

    • 2 Mei 2022 - (03:09 WIB)
      Permalink

      Terima kasih semuanya. Untuk saat ini permasalahan sudah selesai dan sdh mendapat tanggapan dari shopee.

      Terima kasih

  • 2 Mei 2022 - (05:44 WIB)
    Permalink

    Blokir saja akun pembeli yg memberikan rating jelek itu, biar tidak bisa order lagi di toko mu udah beres, dpt rating jelek dari pembeli sudah biasa, walau pelayanan dan produk sudah semaksimal mungkin dan sesuai deskripsi, apalagi untuk penjual yg sudah berlabel star seller, mereka pasti sudah banyak dpt pembeli nakal, saya lihat dari keluhan ini toko mu baru ya belum berlabel star, semoga lancar dan rezeki bertambah.

  • 2 Mei 2022 - (07:26 WIB)
    Permalink

    Anda bilang tidak wajib bintang 5, tapi rating 3 tanpa komentar minta langsung dihapus. Enak sekali ya kalo bisa main hapus sepihak gini.

  • 2 Mei 2022 - (10:22 WIB)
    Permalink

    nanti jika jualannya sudah rame pasti tidak sempat lagi mengurusi ulasan dan bintang satu persatu, cuekin aja deh

  • 2 Mei 2022 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Setau saya semua olshop memang begitu, pembeli berhak kasih bintang berapapun, itu tdk bisa di intervensi pihak e-commerce, itu hak pembeli .. kecuali penjual memohon kepada pembeli,.. ya memang begitu aturannya .. e commerce harus minta izin juga ke pembeli…. Di negri manapun sudah begitu aturannya .. koq kayak baru kemarin sore jualan di olshop…

  • 2 Mei 2022 - (14:50 WIB)
    Permalink

    Sabar kak. Memang banyak pembeli yang sengaja. Bahkan ada kejadian komennya barang bagus. Trm baik, tidak kendala dll. Tp dibintang 2. Ditny knp kog bintang 2. Gpp ktny. Ya artinya memang hatinya tidak baik. Ada juga apa yang dipesan. Tiba sudah sesuai. Tp komplain. Murni karena dia yang salah paham. Seller dimaki2. Pengiriman tibanya lama. Seller juga yang kena bintang rendah. Jadi maklumin aja kak kl mereka orang2 yg kurang ??. Blokir dan ksh juga mereka penilaian.

  • 2 Mei 2022 - (14:58 WIB)
    Permalink

    Halo, Kak…Sy pelanggan Shopee.
    Sy kurang sepakat mengapa harus dihapus?!
    Sy pny pengalaman sebaliknya.
    Sy order tgl 18 April 2022:
    2 bh STB TV2-01 & 1 paket STB TV-02 plus 1 bh dongle dgn sistem COD (Rp 584.525). Sblmnya, sy chat utk memastikan ketersediaan brg tsbt..lalu pihak penjual menyatakan stok msh ready semua.
    Stlh mnunggu sekian hari akhirnya tgl 25 April 2022 pkl12.46 barang smp. Namun apa yg di dpt? Brg yg dikirim adl 1 dongle dan STB TV2-01. Padahal barang yg sy order adl barang titipan teman. Sy hubungi via chat diaplikasi utk konfirmasi namun tiba² penjual MENONAKTIFKAN FITUR CHAT. Lantas klo seperti ini siapa yg bertanggung jawab??
    Sy tdk mengajukan komplain retur lantaran bakal berurusan panjang & lama utk prosesnya (krn sy pernah mengalami hal serupa & beban kirim mjd tanggungan pembeli—merepotkan!), namun sy berikan efek jera pd penjual saat penilaian produk agar tdk seenaknya menjual produk. Bkn mslh mematikan rejeki orang, tp mslh etika & trust yg hrs dibangun dlm dunia online.
    Sy cukup obyektif dgn memberikan bintang 4 pd produk yg dikirim sesuai dgn orderan dan bintang 1 pd produk yg tdk dikirim (apa yg mau direview…produk ga ada?!).
    Semoga peristiwa sprti ini mjd pembelajaran juga utk kita semua, baik sbg pembeli maupun penjual supaya terjadi hubungan yg sehat dan baik di dunia jual-beli online.
    Terima kasih… ????

  • 2 Mei 2022 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Ini menunjukan bahwa anda bukan dan tidak bakat dagang…! Kerja lain saja yg lbh cocok.

  • 2 Mei 2022 - (23:12 WIB)
    Permalink

    Saya sering belanja online, sangat sering memberikan rating tanpa disertai ulasan. Males ngetiknya, apalagi ngupload gambar.
    Jumlah rating yang diberikan tergantung penilaian saya pribadi, tapi seringnya kasih bintang 5 dengan niat membantu rating toko.
    Jarang sekali ngasih bintang dibawah 3, karena saya realistis. Ada harga ada kualitas. Kecuali harga barang tinggi dengan embel2 kualitas bagus dan bla.. bla.. bla.. tapi kenyataan barangnya fake, dan ketika komplain tidak ada respon dari penjual, yang begitu mah saya ngasih bintang 1 disertai ulasan. Karena itu penipuan.
    Adapun hal-hal seperti lamanya pengiriman itu saya tidak permasalahkan karena itu bukan tanggung jawab seller.

    Setiap pembeli punya penilaian tersendiri terhadap barang yang dia beli sesuai persepsinya. Begitu juga seller punya aturannya sendiri untuk tokonya. Asal jangan saling merugikan.

  • 3 Mei 2022 - (21:57 WIB)
    Permalink

    Mau ngasih bintang apa nggak itu HAK KONSUMEN.
    Mau ngasih komen di bintang apa nggak, itu HAK KONSUMEN.
    Mau ngasih foto / video di komen, itu HAK KONSUMEN.

    Klo toko yg udah lama jualan di ol shop pasti ngerti hak tersebut, dan belajar dari penilaian tersebut.
    Kecuali seller yg masih ijo dan menganggap toko nya paling perfect, pasti dia gk ngerti hak tersebut, dan mencoba menyalahkan orang lain.

    Anda termasuk seller yg mana ?

  • 17 Mei 2022 - (23:46 WIB)
    Permalink

    Udah biarin aja kak, jangan mandek gara gara rating, balas aja kasih rating yg sama ke buyer, sy sendiri sering dapet rating jelek dari buyer yg ga ngerti, pake kurir reguler pagi bayar sore maunya sdh diterima, malam jam 9 bayar maunya besok sudah diterima, di spam chat nanya kapan nyampe barang nya, sy chat kak ini pake ninja express atau jne express bukan jin express yg bisa nyampe dlm 24 jam utk luar pulau, nah berhenti tuh spam nya, ntr bintang 1 so sy balas bintang 1 juga dan lampirkan capture kpn transaksi masuk dan dikirim,

    Saran sy jangan ambil pusing hanya masalah rating, kecuali kerugian finansial misalnya salah pasang harga kurang 1 angka tapi barang sudah terlanjur jalan baru boleh pusing dikit kk

  • 18 Juli 2022 - (09:57 WIB)
    Permalink

    kalau penjual kaya gini justru dipertanyakan kualitas produk dan layanannya,
    itu bagus lho bintang 3 jadi bisa buat evaluasi kalau pelayanan atau kualitas barang dagangan anda ya memang kurang bagus, harusnya bukan pembeli yg ganti review tapi penjual yang evaluasi diri, coba ikut seminar2 service excellent lagi kak.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 52 komentar sampai saat ini..

Permohonan Penghapusan Rating Shopee dari Pembeli Nakal yang Merugikan…

oleh Mahika Rusventa dibaca dalam: 1 menit
52