Surat Pembaca

Refund Disetujui tapi Tidak Mengembalikan Poin Traveloka

Salam,

Saya Niko dan merupakan pelanggan setia Traveloka. Saya memesan kamar hotel dengan kode booking 804671779 dengan metode pembayaran seluruhnya dengan poin traveloka. Karena alasan tertentu, saya berencana untuk mengubah rute dan ingin mencoba membatalkan pesananan dan mengajukan refund.

Proses pengajuan refund lancar sampai ada tulisan refund disetujui (saya tidak sempat screenshot). Namun betapa kagetnya saya bahwa tidak ada poin traveloka yang kembali.

Saya langsung menanyakan ke CS traveloka melalui aplikasi. Karena slow response, saya juga menanyakan melalui CS twitter. Namun betapa kagetnya saya ketika CS twitter bilang bahwa pesanan saya tidak bisa direfund dan saya dipersilakan menggunakan pesanan saya. Padahal voucher saya sudah tidak berlaku.

Dan anehnya lagi, status refund saya dari refund disetujui menjadi tidak bisa refund seperti gambar.

Kalau memang tidak bisa refund, kenapa voucher saya menjadi tidak berlaku? Jawaban berbeda saya dapatkan dari CS aplikasi, yang bilang kalau proses refund untuk pesanan saya sudah berhasil dan jika memesan dengan menggunakan poin maka poin itu akan hangus jika direfund.

Masalahnya, saya menggunakan metode pembayaran yang seluruhnya menggunakan poin. Kalau memang pesanan dengan menggunakan poin tidak bisa dikembalikan, tolong beri peringatan terlebih dahulu.

Sampai saat ini, seperti yang CS twitter katakan, pesanan saya ternyata tidak bisa direfund namun voucher saya tetap menjadi tidak aktif. Jika memang bisa refund pun, tolong saat proses refund beritahu berapa jumlah yang akan diterima oleh pelanggan. Jika uang/poin yang diterima adalah 0 (nol), itu namanya bukan refund, tapi membatalkan pesanan.

Niko
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Traveloka untuk Niko

Kepada Yth., Bapak/Ibu Niko, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Niko tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Bulan kemarin saya juga refund gan namun poinnya masuk rekening
    Coba di cek secara bersekala saja gan

    • masuk ke rekening emang? kata cs hangus poinnya. saya juga kesel sama traveloka harus diinfokan ke customer klau direfund bisa tapi poinnya hangus. ini ngomongnya cs malah engga bilng apa2 . kesel bgt sama traveloka. udah dikumpulin capek2 malah hangus bgtu aj. konsumen yang dirugikan seperti ini. cs cuman bilang
      gini "poin tidak bisa dikembalikan dengan alasan apapun". kesel bgt dijawabnya bgtu mulu