Surat Pembaca

Bank Mandiri Lepas Tanggung Jawab

Saya mempunyai e-toll OBU Mandiri (On Board Unit), yang saya beli sekitar tahun 2017 melalui e-commerce Tokopedia. Masalah yang terjadi adalah layar tidak dapat menampilkan informasi secara jelas.

Menurut informasi dari Bank Mandiri melalui pesan di Instagram, saya harus membawa alat ini ke Bank Mandiri terdekat. Saya pun membawa alat ini pada bulan Januari 2021 ke cabang Bank Mandiri Duta Merlin.

Singkat cerita, saya diinformasikan oleh pihak kedua dari Bank Mandiri, bahwa alat tidak dapat diperbaiki karena tidak adanya invoice pembelian dari Tokopedia. Yang mana pihak Tokopedia tidak bisa mengeluarkan invoice pembelian apabila sudah melewati dua tahun dari pembelian. Alasan ini juga sudah saya sampaikan kepada pihak kedua dari Bank Mandiri.

Bahkan juga sudah saya sampaikan bahwa saya tidak meminta ganti barang baru dan bersedia mengeluarkan biaya untuk biaya reparasi. Namun respons dari pihak kedua Bank Mandiri mengatakan (selain invoice pembelian) bahwa sparepart pengganti tidak ada dan bahkan banyak sekali unit-unit yang bermasalah yang masih pending untuk dikerjakan.

Apakah (yang katanya) Bank BUMN terbaik cara kerjanya seperti ini? OBU ini tidaklah murah harganya, tetapi Bank Mandiri tidak menyediakan sparepart jika terjadi kendala. Saya bahkan beberapa kali mengirimkan email kepada customer service, yang jawabannya selalu sama “sedang diproses”.

Sampai surat ini dibuat, saya belum mendapatkan respons yang positif. Luar biasa kecewa dengan Bank Mandiri.

Iwan Sutedja
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dulu Abang saya juga pernah beli alat OBU ini,tapi entah kenapa gak bisa berfungsi dengan baik....akhirnya abang saya gak pernah memakai alat ini lagi

  • udah Ganti FLO ajh ....
    tp masih terbatas sih cakupan gate Toll yg pakai Flo

    • Ganti menjadi FLO itu perkara mudah, tinggal datang ke kantor pusat Jasa Marga beres! tetapi yang menjadi masalah dan dipertanyakan disini adalah tanggung jawab pihak Bank Mandiri sebagai pihak penjual.

    • Selama manusia bekerja terkait yg biaya HIDUPnya dari UANG NEGARA, PEGAWAI BUMN/BUMD, PNS, PEJABATnya, DIRUTnya.
      Janganlah berharap hasil nya akan baik.
      Sejak tahun 1983 sy sering mendegar kata "mohon maaf atas ketidaknyamanannya, atas informasinya kami sampaikan terimakasih, ke depan kami akan lebih baik"

      Itulah sekelumit tentang MANUSIA yg hidupnya dibiayai oleh uang negara.

      • Bener. Tujuan mereka sebenarnya hanya mengejar uang pensiun yg konon hingga meninggal pun pihak keluarga masih berhak menerima. Jadi beban utang negara. Sementara masyarakat biasa diperas dengan pajak yang makin banyak, mengurus dokumen2 formal masih harus embel2 kasih uang 'rokok/lelah'. Kerja lelet, ketika dihubungi terus malah marah2.

      • iye bener..orangnya yg kagak bener banget kalo bank nya punya pemerentah.. setubuh..
        orang2nya ntu org2 propesional katanye lulusan luar semua katenye masup mandiri trus rusak dah dalemnya ..hihihihi

        kaacian ya masyarakat

  • Tidak ada aftersales service.. rugi berat.. padahal barangnya mudah rusak.. ogahin banget berarti.. sayang uang, cari yg lain aja.

    • Ya mana ada aftersales service, mandiri bisnis bank bukan elektronik, kalo rusak yg ngurusin ya vendor, bank cuma fasilitator. Sama kaya merchant sewa mesin edc terus rusak ato atm mesin error itu yg ngurusin ya vendor, bukan orang bank yg benerin lah ato orang bank yg sediain mesin baru. Disini orang banyak gagal paham, taunya ya mandiri yg kudu ngurus kagak mau tau, padahal yg ngurusin rusak error itu ya si vendor. Nah vendornya ini mungkin ngehek.

      • Ya awalnya kan konsumen ngadu ya ke pihak bank nya..baru pihak bank mempasilitasi ke pihak vendor ,,,,pinter dikit napa

      • Memang bank bekerja sama dengan vendor, tapi di sini konsumen urusan hubungan dengan bank bukan vendor.
        Dan barang itu di jual atas nama bank bukan vendor kan?
        Maka bank juga bertanggung jawab.

      • Jangan salain vendor, klw vendor itu perintah dari bank.. Gagal faham ente..

      • bang logika aja bank bandiri bukan bank kecil mana mau kerja sama sama vendor abal" yg lepas tanggung jawab tanpa menyediakan sperpart etoll kan bukan buat jangka pendek yg 1 atau 2 tahun sudah tidak di gunakan lagi
        sepertinya ada masalah kontrak kerja sama di awalnya penuh dengan drama bagi2

    • Salah satu alasan saya memposting surat ini adalah memberikan informasi untuk pembaca supaya tidak membeli OBU dari Bank Mandiri karena after-sales nya yang buruk. Lebih baik langsung ke kantor pusat Jasa Marga untuk menggunakan FLO dengan teknologi lebih baru.

    • Sudah dijelaskan juga oleh Arman Auty, bahwa Bank Mandiri bekerja sama dengan vendor (pihak kedua). Tetapi disini harus di ingat bahwa Bank Mandiri sebagai pihak pertama yang mengadakan penjualan (dengan segala merk yang ada di unit OBU). Jadi prosedur nya adalah, Bank Mandiri sebagai pihak pertama yang menerima komplain customer dan akan dilanjutkan proses nya ke pihak kedua.

      • Sependapat. Justru kalau langsung ke vendor mungkin gak dilayani.. Dan pihak penjual juga mesti ada tanggung jawab terhadap produk yang ditawarkan. Sebagai konsumen, kita juga mesti sadar bahwa SOP yang ada terkadang justru untuk membuat kita pasrah.

  • Saya cuma mau bilang lebih baik BCA, swasta itu lebih keren dalam melayani.

  • Kalau barang elektronik seharga Rp 600.000 sudah berumur 4 tahun, rasanya tidak ada nilai tambahnya kalau diperbaiki. Sebagai perbandingan, kalau kita punya handphone atau blender seharga Rp 600 ribu, sudah berumur 4 tahun dan tidak berfungsi, akan lebih hemat dan bermanfaat kalau menggantinya dengan yang baru atau menggunakan teknologi penggantinya yang terbaru.
    Barang elektronik rata2 umur ekonomisnya pendek, selalu ada teknologi pengganti yang lebih baru, tidak ada jaminan spareparts dan purna jual seperti kendaraan bermotor.

  • OBU saya model yang sama, tampilannya tidak jelas tapi fungsi masih ama. Repot sih kudu cek² etollnya masih isi brapa

    • Itu yang saya alami, yang bermasalah LCD nya tidak dapat menampilkan informasi secara normal. Jadi kl mau cek saldo agak repot harus melepas kartu dan menggunakan NFC yang ada di HP.

      • Wah sama kyk OBU saya nih, layar lcdnya kacau jadi harus sering2 mantengin di GT kalo abis terpakai, atau kalo gak, cek via nfc hp.

        Tp menurut sy OBU nya mandiri ini kyknya males2an, rute sy kerja berangkat lewat tol bsd (gt pondok ranji) gerbang yg support OBU kadang bisa kadang gak (kacafilm sy aman, bukan vkool yg ngeblok signal)
        Pulang lewat veteran, alat reader OBU nya ada, tp rusak dan sudah 2 bulan ga dibenerin ?, kadang kalo ada masnya, sy tempelin OBU ke reader etoll biar nyindir alus, eh ga efek wkwkwk.

        Teknologi bagus, tp kalo ga niat ya sama aja boong.

  • Invoice pembelian toped harusnya terkirim via email dan masih tersimpan di email (kalo tidak dihapus). Coba aja di search lagi ??

    • Ya itu sudah jadi pelajaran saya, sejak masalah ini seluruh pembelian elektronik selalu saya simpan invoice dalam bentuk PDF. Dan masalah email yang dikirimkan Tokopedia apabila checkout pesanan berhasil juga sudah saya coba. Untuk pembelian barang pada tahun 2016 & 2017 link invoice nya sudah tidak bisa dibuka alias "Not Found".

  • Mandiri di Kupang lebih hancur..uangku di saldo masih 1 juta malah saat mw tarik di atm kok tampil tulisan di layar kalau saldo gak cukup... kejadian mulai sebelum lebaran...dan banxk konsumen di kupang mengalami hal yg sama... sebenarnya mandiri ini bank atw koperasi harian ya????