Pemasangan Indihome Gagal Terus, Karena ODP Belum Aktif

Yth. PT. Telkom Indonesia,

Saya telah mendaftar indihome sejak bulan Juni 2021 melalui website Indihome (Indihome.co.id) setelah sukses, 2-3 hari teknisi datang untuk survey lokasi, dan ternyata posisi rumah saya jauh dari ODP dan belum bisa dilakukan pemasangan. Memang posisi rumah berada di kompleks perumahan yang baru dikembangkan (waktu itu masih sekitar 20 KK), untuk ODP terdekat terdapat di jalan raya, dan masuk ke dalam lorong perumahan -/+ 200m.

Selang beberapa bulan, pada bulan Maret 2022. Terlihat sudah ada pemasangan tiang Telkom masuk ke Perumahan. Dan pada bulan April 2022 saya mencoba kembali untuk registrasi pasang baru melalui Aplikasi Myindihome, setelah berhasil, besoknya teknisi datang untuk pengecekan kembali.

Setelah dicek, tanpa permisi dan info lebih lanjut teknisi langsung menghilang, dan saat saya hubungi lewat WA tidak direspon, saya coba hubungi 147 untuk menanyakan kejelasan, dan jawaban akan dibantu untuk percepatan. Saya diminta berikan data (nama, alamat email, no. Tlp) dan disuruh untuk menunggu.

Besoknya karena belum ada kabar saya coba hubungi kembali 147, dan hasilnya nihil tidak ada kejelasan, hanya dibuatkan laporan, dengan no laporan IN-137772917.

Besok malamnya saya mendapatkan notifikasi dari aplikasi Myindihome Registrasi Pasang Baru dibatalkan dengan alasan ODP belum Golive. No Registrasi MYIRX-1651075899073.

Saya bertanya-tanya kenapa tidak ada kejelasan sebelumnya, dan tidak ada solusi yang jelas kepada konsumen. Saya coba hubungi kembali 147 untuk menanyakan berapa lama ODP yg sudah terpasang bisa golive?, Karena itu sudah sekitar 1 bulan lebih tiang telkom bersama ODP berada di dekat rumah, dan itu baru terpasang dan belum ada kabel lain yg terhubung, jadi saya rasa slot ODP masih kosong. Di kompleks perumahan ada sekitar -/+ 50 KK.

Yang saya herankan dari TELKOM adalah banyak orang mau daftar Indihome, tapi banyak kendala ditemui, diantaranya: ODP penuh, tidak tercover (tidak ada ODP), ODP jauh dan lain-lain. Di tempat saya ada ODP nganggur, port-nya banyak dan tidak terpakai, sekarang ada beberapa calon customer yang mau daftar, tapi kok kenapa tidak cepat responnya, tidak segera mengaktifkan ODP nya, kenapa ya?

Untuk itu, Kepada PT. Telkom Indonesia, sebagai BUMN yang selalu mendukung program pemerintah, saya mohon bantuannya untuk segera mengaktifkan ODP yang belum aktif disekitar rumah saya, agar saya dapat menikmati pelayanan internet Indihome terutama untuk daring. Karena saya masih harus WFH.

Demikian disampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Ridwan Alkassa
Minahasa Utara, Sulawesi Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom untuk Bapak Ridwan Alkassa

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca bapak Ridwan Alkassa, Minahasa Utara –...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya mau tanya, mungkin ada yang tau ODC dan ODP mana yang lebih dahulu di pasang?
    karena dari pihak telkom tadi datang (mungkin teknisinya) menjelaskan bahwa kemungkinan masih lama untuk saya bisa menikmati layanan indihome, karena belum ada ODC untuk mengaktifkan ODP dekat rumah saya. saya tidak sempat menanyakan karena saya juga tidak paham tentang hal demikian karena bukan profesi saya, yang saya tau saya hanya ingin mendapatkan layanan internet. saya baru terpikir dan mencari informasi di google soal ODC dan ODP. jika ODC adalah Central kenapa ODP sudah ada?
    ibarat pohon, masakan cabang duluan baru batangnya ?