Surat Pembaca

Tagihan PLN yang Tidak Masuk Akal

Dear PLN,

Saya selaku pelanggan PLN dengan ID: 12001000****, selama ini selalu rutin melakukan pembayaran tagihan listrik. Tiba-tiba bulan ini mendapatkan notifikasi dari petugas PLN yang mengatakan ada kekurangan bayar sejumlah Rp12 jutaan!?

WA dari petugas PLN

Padahal tagihan selalu rutin kami bayarkan terlampir (Oktober 2021 – April 2022).

Kronologis:

Selama ini informasi meteran selalu ditempelkan di pagar rumah oleh orang tua, memakai papan meter (berhubung memang orang tua yang ada di rumah, saya kerja di luar kota Medan).

Ketika saya mengajukan keluhan dikarenakan tagihan bulan Februari dan Maret 2022 yang membengkak, padahal pemakaian normal. Diinfokan bahwa ada kemungkinan ini kesalahan pencatatan meteran dan kelebihan bayar, makanya tagihan April 2022 cuma membayar abonemen. Eh tiba-tiba diinfokan lagi di bulan April kemarin bahwa ada kekurangan bayar sejumlah 7.937 KWH (senilai Rp12 jutaan).

Terlampir adalah kondisi meteran aktual per tanggal 28 April 2022:

Dasar perhitungan kekurangan bayar yang membengkak itu dari mana ya?

Dari hasil penelusuran, sepertinya memang ada kejanggalan di tagihan bulan Desember?? Kenapa dari angka 99994 bisa 000546? Apakah ini kesalahan pencatatan karena seharusnya lanjut ke 100000 (6 digit terikut angka merah di meteran)?? Kenapa malah dihitung meterannya dari mulai angka 000000 ?

Apakah wajar untuk pemakaian RT dengan 2200 KVA itu dari Jan – April 2022 itu sebanyak 14.275 (per bulan rata-rata hampir 3.000 KWH)? Logikanya di mana?

Mohon tanggapannya ya.

Rusli H.
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Halo PLN,

      Sudah dikomplain melalui apps dan rencananya adik sy akan ke ktr pln jl. Listrik Medan untuk membicarakan hal ini di hari senin, 09 May 2022 jam 09.00.
      Ketemu dengan Bpk Taufik (kepala bagian pencatatan meteran) ?.

      Kasus ini sebenarnya kemungkinannya ada 2 :
      1. Kalo memang meteran reset kembali muda (mulai dari 000000) diliat dari pencatatan bulan Des 2021 (99994 - 000546) sesuai dengan argumen petugas pln lapangan yang menelp sy kemaren.
      Pertanyaan saya berikutnya :
      Apakah wajar kalo dalam 4 bulan (Jan - April 2022) kelas rumah tangga dengan 2200 KVA bisa mengkonsumsi listrik sampai 14.275 KWH (Sesuai meteran per 28.04.2022) ?
      logikanya di mana ?

      2. Kesalahan pencatatan
      Di mana tagihan Des 2021 (99994 - 000546) seharusnya adalah (09994 - 10546), meteran belum kembali muda (reset awal). dan kalo dirunutkan ke tagihan bulan berikutnya berarti saya sudah kelebihan bayar karena posisi terakhir pembayaran saya sudah di angka 16.333 (sesuai tagihan April 2022 sementara meteran baru sampai 14.275 KWH) ??

      Saya berharap ada penyelesaian yang baik untuk masalah ini karena seandainya pun ada kesalahan pencatatan di pihak kita (karena yang ngurus ini juga ortu kita yang dah sepuh kurang paham mengenai pencatatan) tapi kita selalu tertib dalam membayar tagihan bulanan dan tidak melakukan pencurian listrik dll, ini cuma masalah administrasi yang seharusnya bisa ditemukan jalan keluarnya tanpa harus menekan pelanggan untuk tetap membayarkan jumlah tagihan yang tidak normal seperti ini.

      Terima kasih atas perhatian dan pertimbangannya.

      • rasa nya tidak mngkn pak, 2200 va sebulan 600 sj ngos2 an yg ada sering korslet mati lampu kebanyakan daya

      • mungkin bapak bisa menghubungi / call PLN123 dalam pengecekan apakah stand yg dicatat ataupun history data per bulan pemakaian bapak sesuai atau tidak , dan jangan dibayarkan terlebih dahulu sebelum memenuhi undangan yg bapak infokan diatas lalu diberi penjelasan maupun klarifikasi oleh pihak PLN , semoga bermanfaat ? ..

    • Sama sy juga bulan april 2022 token diblokir bayar denda Rp 893790 sudah dibayar bulan berikutnya mei 2022 diblokir lgi suru bayar denda yg sama.. Hadoh sungguh mencekik masyarakat kalangan menengah kebawah PLN..
      Sekalian aja jangan dibayar

  • PLN TIDAK MAU TAU POKOKNYA HARUS DIBAYAR SESUAI TAGIHAN ATAU LISTRIK DIRUMAH ANDA DICABUT

    • Bapak kan di undang untuk datang, sebaiknya langsung datang aza dan bawa semua struk pembayarannya. Terutama yang janggal di bulan Desember 2021. Mudah²an bisa di selesaikan dengan baik.

    • Memang harus rada hati2 dan rajin ngecek antara struk tagihan PLN dengan meteran, terutama pada saat ada kenaikan tarif listrik karena sering kali jumlah meteran terpakai bisa jauh di atas rata2 pemakaian normal sehingga pembayaran melonjak tinggi..
      Harus rajin ngecek kalau nggak mau kecolongan.

  • Harus minta cetak detail tagihan beberapa bulan kebelakang, pasti ada kesalahan

  • Memang untuk listrik pascabayar untuk saat ini memang repot. Apalagi jika rumah dipagar tinggi dan kadang dikunci sehingga petugas pencatat tidak bisa masuk. Dan mereka tidak mungkin menunggu pemilik ada dirumah. Kalau seandainya pemerintah membuat program semua pelanggan rumah tanggah harus ganti ke prabayar saya akan setuju. Meskipun akibatnya akan banyak phk di pln.

    • Sekarang PLN punya aplikasi bisa catat meter secara mandiri priode pencatatan setiap tanggal 24 s.d 27 setiap bulannya download aja di playstore atau di appstore simpel kok

  • Kalau masalah sudah selesai alangkah baiknya minta ganti meteran pulsa agar tidak terjadi kejadian yg sama di lqin hari

  • Saya juga pernah, rumah ditinggal 3 bulan tagihan listrik ditagih dengan biaya bulan sebelumnya.. padahal nyala cuma lampu led 10w 4-5 buah.. akhirnya saya komplain & ditindaklanjuti pln daerah setempat, tp berhubing gak ada data pembanding jadi ya ngikit aja perhitungan pln

    • Kejadian serupa pernah terjadi di aku beberapa tahun lalu. Tagihan membengkak (meski 800rbuan tapi aku udah kesel apa lagi 12jutaan ?) Tapi aku tetap melakukan pembayaran. Setelah aku bayar, aku cek data meteran di struk dan meteran pada saat itu berselisih ratusan kwh. Aku lupa angka selisih nya, ibarat nya angka di struk 3210 tapi di meteran 3102 begituh ibaratnya. Nah, aku datangi lah PLN Rayon daerahku. Blablabla aku disuruh kedepannya cukup bayar abodemen sekitar 80rbuan. Tapi aku tetap komplen, karena tiap bulan listrik aku 120rbuan, kalo mesti bayar 80rb itu juga sudah melebihi pembayaran aku tiap bulan. Setelah berdebat, si vendor pencatatan tidak mau disalahkan kenapa angka bisa selisih, dia hanya bilang "kakak kan ga tau apa yg terjadi di lap".. terus aku langsung temui orang PLN tetap, ku ceritakan semuanya. Hasilnya, aku tidak bayar tagihan sampai meteran sesuai dan jika lebih aku hanya bayar kekurangannya saja. Dari situ, aku 3 bulan ga bayar tagihan karena menyesuaikan angka. Harus cerewet kita bang, jangan mau aja disuruh bayar abodemen sedangkan uang kita udah duluan di mereka.

    • Biasanya kalo petugas pencatatan nggak bisa masuk dia akan menggunakan data pemakaian bulan laku. Jd klo rumah kosong bisa2 di tagihannya besar sesuai tagihan bulan lalu.
      Nah pada bulan berikutnya (kalo petugas datang utk mencatat) hrsnya catatan di PLN ada kelebihan bayar karena ada perbedaan antara catatan PLN dgn yg tertera di meterannya. Dimana angkanya lebih besar data PLN drpd di meteran rumah.

      • Saran saia sih .. mending Meteran nya di pindah ke tempat yg bisa di akses oleh petugas catat meter ,.. yg K 2 . Masalah 99993 - 003xxx itu kan meteran cuma punya 5 digit .. ga bisa ke 1000000 pak ?

  • Kemungkinan rumah bapak/ibu sering tutup. Tidak selalu bisa terbaca oleh petugas PLN. Dan mungkin ada selisih pencatatan angka yang diberikan lewat papan meter selisih tanggal dari tanggal pencatatan meter petugas.

  • Seperti nya ada salah hitung dari PLN
    Stand meter cuma 1427 kWh
    Coba cocokan struk pembayaran stand meter udah tdk cocok, kalau saya lihat yg bulan februari dan Maret udah kelebihan bayar sangat jauh, bagaimana bisa sampai hutang kWh sampai 7900kwh,aneh, kalau 2200va kita hitung pakai full 2200w x24jam perhari cuma 52kwhx30hari =1560kwhh, seharusnya kalau dari pihak PLN yang salah hitung wajib kembalikan uang yang lebih bayar, bkn minta byr 12jutaan

    • Untuk daya 2200 VA maka maksimum pemakaian selama 24 jam sehari semalam non stop dan 30 hari non stop = 2,2x24x30 = 1584 kWh ( jika MCB terpasang 10 A )

    • Daya 2200VA itu tak mungkin pakai listrik melebihi 2,2 kVA X 24 jam (HOUR) X 30 hari --> pemakain full non stop = 1584 kWh sebulan ( tagihan feb 2500 kWh dan maret 2654 kWh --> mustahil; kecuali MCB 10 A diganti dengan yg lebih besar dari 10 A tapi ini menyalahi aturan karena daya terpasang yg terdaftar adalah 2200 VA )