Masalah Refund AliExpress

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menerbitkan surat saya. Saya adalah seorang pembeli di AliExpress yang melakukan transaksi pada tanggal 7 Maret 2022. Selang beberapa saat kemudian, saya melakukan pembatalan transaksi karena kesalahan info produk yang diteruskan.

Info tentang refund akan diteruskan melalui rekening awal, yang mana saya melakukan pembayaran melalui virtual account Bank Permata melalui m-banking BCA saya. Namun pada tanggal 11 Maret 2022, saya mendapat email untuk membuka account DOKU dan info waktu refund 7 hari.

Setelah saya buka account, sampai surat ini di buat belum ada refund yang masuk. Saya mau menanyakan kejelasan dana saya, tapi tidak tahu harus ke mana.

Johan
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DOKU terhadap Keluhan Bapak Johan terkait Refund AliExpress

Kepada Bapak Johan, Sehubungan dengan keluhan yang Bapak Johan alami terkait proses refund AliExpress, mohon untuk menyampaikan keluhan Bapak Johan...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Saya pikir saya doang, saya kmrn sempat memesan barang dr Aliexpress, namun di batalkan oleh seller karena covid yg lagi tinggi LG disana, (kurang lebih Minggu kmrn) lalu ada email untuk refund, masuk ke Doku, lalu saya bikin akun Doku, dan sudah saya email juga, akan tetapi sampai sekarang tidak ada kejelasan dari Doku atau Aliexpress, karena nilainya tidak seberapa, jadi yaa saya tidak terlalu permasalahkan sih, CMN artinya kan banyak juga yg senasib barangkali

  • Saya juga pernah mengalami kendala refund aliexpress via doku.
    saya juga menerima email yg mirip, instruksi untuk membuat akun. langsung saya buat hari itu juga dan membalas email tersebut dengan id doku yg baru dibuat dan id refund. tidak ada email balasan namun karena menurut instruksi proses refund sekitar 14 hr kerja, saya tunggu selama itu.

    Ternyata setelah 14 hr pun masih belum ada tanda-tanda. Akhirnya saya email lagi, klo ga salah reply dan menambah email cs yg didapat di web doku. baru setelah email ini ada balasan dan meminta data tambahan seperti, timeline dan chatting pembatalan dari seller, dan invoice.
    setelah beberapa kali balasan akhirnya diproses dan refund masuk ke doku wallet kurang dari 7 hari kerja

  • Saya juga dulu banget, pernah direfund satu kali di aliexpress, cuman bukan via DOKU.. saya transaksi dari BRI ke VA bank permata.. yang saya bingung, klo via VA bank lain yg notabene saya ga ada rekening disitu, dana refundnya masuk kemana?... Daripada ribet, yah direlakan aja, tapi jadi rada malas order lagi di aliexpress.

  • Kontak Doku.id aja langsung gan, di fb mereka biasanya langsung bales kok.
    Jangan takut dan tenang aja kalau sudah ada instruksi melalui Doku 👍

  • FYI untuk proses refund dana dari doku membutuhkan 3 bulan.. Entah aliexpress atau doku yg lelet..

    Semenjak itu agak kapok si