Surat Pembaca

Masalah Auto Debit Tagihan BRI Ceria

Saya bingung dengan proses auto debit untuk pembayaran tagihan BRI Ceria. Memang pada bulan April 2022 saya telat melakukan pembayaran tagihan di aplikasi BRI Ceria. Lalu pada tanggal 9 Mei 2022, saya coba isi saldo rekening saya sebesar Rp800.000 dan saat itu pula saldo saya langsung dipotong sebesar tagihan di BRI Ceria. Namun anehnya, keesokan harinya tagihan saya bertambah menjadi Rp1.496.000.

Ketika saya coba usut ternyata saldo saya Rp786.000, hanya di-hold, tapi tidak terbayar untuk tagihan BRI Ceria. Saya disuruh bayar tagihan bulan April dan Mei 2022, sedangkan saldo saya yang Rp786.000 tidak kelihatan, hilang ke mana.

Seharusnya bila memang tagihan akan di-double, kenapa harus menghilangkan saldo di rekening saya juga? Saya tidak tahu harus ke mana lagi mengadu, karena mencoba bertanya via CS BRI, jawabannya itu-itu saja. Harusnya sebagai bank besar dan bank BUMN, BRI memiliki aplikasi yang sangat baik, jangan kalah oleh aplikasi lainnya.

Indah Lestari
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Ibu Indah Lestari

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Ibu Indah Lestari menjadi nasabah...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Hai Sobat BRI, terima kasih atas informasi yang diberikan. Laporan tersebut akan kami tindak lanjuti. Tks~Yuka

    • Ini sama persis yg LG aku alami sekarang.
      Besok saya mau konfirmasi LG ke cs ceria.saya dah prin rek koran.sama persis.

    • Dana saya di BRI juga di hold sepihak BRI ceria Rp 748999 tgl 25 05 2022. Padahal saya tidak ada tunggakan. Saya call BRI ceria no laporan 40280440. Tanggal 02 06 2022 saya juga sudah ke kantor cabang BRI untuk cetak rekening koran. Tapi saldo yang di hold BRI ceria tidak tertera dimutasi rekening. Saya minta dana saya yang di hold BRI ceria dikembalikan. Di bantu cs cabang saya telp call BRI ceria. Tapi jawaban cs ceria dana yang di hold tidak bisa di kembalikan, dana yang di hold akan digunakan untuk tagihan bulan berikutnya. Kok bisa sepihak BRI ceria meng hold dana nasabah untuk tagihan bulan berikutnya .

  • saldo nya kurang buat di debet tagihan malah curhat???? pernah nunggak gak neng??? aneh punya utang malah komplen

    • tar di bilang dc sama kaum nguntanger lo.komen di mk wajib pro kaum mereka..kl gak di cap dc wkwkkwkwwkkwkw

    • Dibaca lagi jelas di ss pun ada,tagihan 786.000
      Isi saldo 890.000
      Di email jelas dia bilang dana udah di hold tinggal nunggu proses debet..
      Ternyata dana cuma di hold sebesar tagihan yang 786.000 tapi ga di debet dan automatis dana tertahan dan denda terus berjalan..
      Biasakan membaca baru berkomentar..

        • LIHAT SS MUTASI DI BRIMO..!!!
          SEKALIAN LIHAT SS EMAIL DARI CERIA TAGIHANNYA BERAPA??!!!
          SAYA SUDAH DAPAT PENJELASAN DR PIHAK CERIA PERMASALAHANNYA..
          KALAU TIDAK DI NAIKKAN DISINI MUNGKIN TIDAK AKAN ADA PENJELASAN DR PIHAK CERIA

  • Mungkin ada denda telat sehari 25-30K tinggal kalikan telat 30 hari inget² lagi berapa denda keterlambatan saat pencairan pasti di jelasin

  • Udah tau ada hutang di bri, tapi simpan uang di bri, kalau mau agak nakal yah simpan uang 900rb itu di bank lain..
    Contoh nih Kira2 kesel gk kalau temen mu punya hutang ke kmu tapi gk dibayar, sedangkan dia punya uang buat bayar.. Jadi seperti itulah pihak bri,, hold uang anda.

  • Emailnya cukup jelas, intinya disuruh isi saldo lagi buat cicilan bulan Mei yg sudah jatuh tempo.

    • Iyaa,,saya juga baru pertama kali gunakan fitur bri..
      Yang ditakuti itu denda terus berjalan karna dana di hold

  • kl BRI jangan di ragukan lagi soal nyedot uang nasabah mau di bilang kapok nabung di BRI tapi hanya bank ini yg jangkauannya paling luas sampai di pelosok kecamatan

  • Mgkn pikirnya kalo nunggak gada bunga kali ya. Jd dikiranya bayar pokoknya aj.

  • Dana ibu tidak bisa di autodebet di bulan April meski ada dana 800.000 karena harus ada saldo minimum 50.000. Sebaiknya setiap bulan ibu top up dana harus sejumlah tagihan + saldo minimum. Misalkan tagihan 800.000, harus sediakan dana 850.000. Kebetulan dana 800.000 itu masuk setelah tanggal cetak bulan mei, jadi harus sediakan dana double yaitu tagihan 2 bulan + 50.000 saldo minimum. Selama tidak bisa di autodebet yang bulan april, dana itu ibu tetap di hold dan dikenai biaya keterlambatan.

  • Saya kira cuma saya yg ngalamin begini dan ternyata banyak dg kasus yg sama persis
    Saya juga punya akun ceria nyobain pake kredit barang dg sistem pembayaran autodebet (tidak tersedia bayar manual)
    Saya harus jujur rek. BRI cuma untuk pembayaran cicilan KUR jadi tidak ada saldo paling kurang lebih 50k
    Saya kaget wkt pertama kali mau siapin pembayaran ceria jatem tgl 25 saya sudah isi saldo sesuai tagihan ceria tgl 16 tau2 tgl 22 sudah di potong tetapi tidak sesuai tagihan ceria justru malah lebih besar.
    Di situ saya mulai bingung itu saldo kepotong buat apa ya, lalu saya cb hub CS bolak balik telp ganti2 org jawabannya tidak solutif harus ke bank sgl macem padahal harusnya bisa di bantu cek data nya krn maslahnya saya juga tidak banyak wkt untuk itu.
    Akhirnya saya harus isi saldo lg buat bayar tagihan ceria, usut punya usut ternyata saldo saya mungkin ke potong autodebet KUR padahal saya biasanya bayar KUR offline dan belum pernah telat. Tp sampe hari ini sudah 3 bln saldo yg di potong tidak balik.
    3 hari lalu saya lihat saldo saya di BRI minus padahal tagihan ceria baru jatem hari ini 25 agust, setelah saya isi sesuai tagihan ceria malah di aplikasi ceria masih belum terbayar.
    Jujur menurut saya ini sistem bri harus di perbaiki lagi thx ?