Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas Tanggung Jawab, Sangat Merugikan Seller

Saya mendapatkan pengalaman yang buruk menggunakan marketplace Shopee dan kurir Sicepat. Hari Sabtu tanggal 23 April 2022 saya mendapatkan pesanan senilai Rp3,899 juta via marketplace Shopee dengan menggunakan layanan Sicepat, untuk pengiriman dari Kab. Gresik menuju ke Duren Sawit, Jakarta Timur.

Nomor Pesanan Shopee: 220423C2CAQGBF, Nomor Resi Sicepat Gokil: 004016880583.

Pada hari yang sama pesanan sudah saya proses dan Hari Senin tanggal 25 April 2022 dipickup dan kirim oleh kurir Sicepat dan langsung dapat dilacak keberadaannya. Per hari Senin tanggal 01 Mei 2022 status paket di lacak Paket Telah Diterima ttd.

Ternyata setelah status di lacak “Diterima”, pihak pembeli merasa belum menerima paket dan melakukan komplain pengembalian dana tertanggal 05 Mei 2022, yang kemudian dengan cepatnya disetujui oleh Shopee tertanggal 07 Mei 2022 dan paket saya dinyatakan “Hilang” (di sini saya merasa janggal/aneh, cek tanggal jam di foto paling akhir).

Di sini pihak Shopee dan Sicepat lepas tanggung jawab malah saya yang harus menanggung kerugian besar yang diakibatkan kelalaian dari pihak Sicepat. Paket juga tidak diasuransikan, yang memang di marketplace Shopee tidak menyediakan fitur ini.

Terus terang saya merasa sangat dikecewakan dan dirugikan. Padahal saya termasuk setia menggunakan Sicepat selama beberapa tahun dan saya juga termasuk seller yang dikenakan biaya admin karena memakai fitur Freeongkir dan Cashback Extra oleh Shopee (dimana saya kira juga digunakan untuk mengasuransikan pesanan).

Bagi saya nilai barang yang hilang tersebut cukup besar dan sangat mengganggu keuangan usaha saya. Belum lagi ketidakjelasan informasi hilangnya paket selain daripada “dinyatakan hilang”, lalu melepas hampir seluruh tanggung jawab, dan  sepertinya kasus seperti ini besar kemungkinan akan terulang di kemudian hari.

Tambahan: (berikut yang saya sebut janggal/aneh)

Foto paket pesanan sebelum di-pickup/dikirim Sicepat:

Foto paket pesanan di dekat lokasi tujuan kalau dicek Google Map (cek tanggal jam 07 April 2022 sama saat paket “dinyatakan hilang” oleh Shopee):

Akhir kata saya harap dengan adanya surat pembaca ini pihak Shopee maupun Sicepat mau memahami/mendengar kekecewaan saya dan memberikan solusi yang baik untuk kerugian material dan immaterial yang saya alami dari permasalahan ini.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Ricky
Kab. Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Ricky

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Ricky dengan judul “Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ini kemungkinan antara pembeli nya yang curang atau mungkin juga kurirnya. Tapi yang anehnya itu pihak shopee kok bisa bisanya langsung approve padahal di tracking ada tulisan sudah diterima. Ini yang harus diselidiki pembeli sama kurirnya. Kalo sebagai seller emang perlu was was jualan di shopee. Karna shopee itu mendewakan pembeli entah yang salah pembeli atau penjual pasti yang dimenangin pembelinya. Udah banyak curhatan² dari seller² lain sebelumnya. Padahal yang bayar biaya admin yang super gede di shopee (dibandingin tokopedia, lazada, bukalapak) juga penjual, Kok bisa semena mena sama penjual.

  • Yang aku heran. Kok gak kapok kapok sih pakai shoppee. Padahal udah tau gak ada asuransinya.

  • Ngapain lu pada pake aplikasi Shopee... punya Negara lain kok pada bangga, udah cukup kaya itu owner nya di singapura,

  • Shopee kek bgst, untung gak gw bayar spaylater ama spinjamnya, deb nya juga pada dungu.

    • Anjirrr, ada orang nunggak utang bangga, dipamerin di media konsumen pula. Lawak lu

  • Kalo saran saya mas liat foto pas barang sampe dimana tetangga/saudara setau saya harus difoto buat bukti kalo kurir ga foto kemungkinan diambil kurir nakal dan filing saya udah kerja sama Kepala gudang , makanya kurir dan gudang slow aja karena Emang Daerah jakarta Rawan maling berkedok kurir Dya tau harganya 4jt besar , kalo gada foto posisi kasih siapa mending Lapor polisi ancam semua karyawan kurir SHOPPE daerah Malaka Jakarta timur

  • Shopee iki ndablek ya. Seharusnya di investigasi dulu itu, entah kurirnya yang curang atau pembelinya yang curang. Setiap penerimaan barang ke konsumen pastikan ada photo penerimaan sebagai bukti penerimaan barang disertai alamat/koordinat lokasi tujuan. Jangan ujug2 ACC komplain customer, itu sama aja shopee nya tulil.

    • Kapok jualan barang2 mahal di Shopee, ntah karena Shopee terlalu mendewakan pembeli bila seller bukan official store (kalo official store berbeda lagi).
      Menurut saya mintain aja data diri kurir yang terakhir bawa paket agan. Interogasi bisa jadi betulan hilang atau di gelapkan. Karena kalo kiriman Shopee para kurir tau tidak ada asuransi.
      Kalo perlu laporkan oknum tersebut bila terindikasi ada kecurangan biar menjadi contoh2 yang lain. Karena yang BU itu bergentayangan dimana2.

  • eeeeaaaa....sicepat lg. kapok make sicepat. dulu saya jg pengguna setia sicepat krn harga ga mahal dan pengiriman bisa cepat. tapi setelah kejadian kmrn pesanan saya ada 2 paket di toko berbeda, barang sdh dipickup dr tgl 29 April dan di tgl 30 april tuh paket sudah ada diwilayah saya dan saat itu jam 12 siang seharusnya msh ada pengantaran. tp sampai tgl 1 mei status ga berubah masih di gudang mereka. tgl 3 mei saya coba hub ke cs sicepat..cuma bs bantu follow up. tgl 4 - 6 saya telp terus ke cs dengan jawaban sama dan paket saya tidak diantar2 juga. waktu itu infonya akan dicari dulu. ko bs dicari seharusnya klo ada yaa tinggal dikirim aja. 3 hari alasan akan dicari trus. akhirnya paket saya tgl 7 malam jam 10 baru diantar dan itupun dititip ke satpam perumahan. setelah ini mending pake kurir lain lebih mahal dikit beda seribu. asal jelas

  • Lagi lagi permasalahan marketplace orange, walaupun saya penjual di shopee saya ga pernah berani jual barang2 mahal (harganya ga boleh lebih dari 10x ongkir, kalo yg mahal saya pindahin ke marketplace ijo) so kalo terjadi kasus hilang barang saya siap dengan resikonya, karena yang udah2 mereka selalu lepas tanggung jawab, dan harus sibuk ngejar pihak ekspedisinya sendirian😒

  • Ya saran saya jangan jualan produk berharga tinggi di online cukup yg recehan saja.. untuk menghindari orang orang yg gelap mata.. di luar paket saja sudah tertulis jenis produk yg tentunya kalo harganya mahal.. bisa membuat orang gelap mata..

  • Jangan mau klo cuma diganti 10x ongkir dan kata maaf...bisa terus²an nanti