Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas Tanggung Jawab, Sangat Merugikan Seller

Saya mendapatkan pengalaman yang buruk menggunakan marketplace Shopee dan kurir Sicepat. Hari Sabtu tanggal 23 April 2022 saya mendapatkan pesanan senilai Rp3,899 juta via marketplace Shopee dengan menggunakan layanan Sicepat, untuk pengiriman dari Kab. Gresik menuju ke Duren Sawit, Jakarta Timur.

Nomor Pesanan Shopee: 220423C2CAQGBF, Nomor Resi Sicepat Gokil: 004016880583.

Pada hari yang sama pesanan sudah saya proses dan Hari Senin tanggal 25 April 2022 dipickup dan kirim oleh kurir Sicepat dan langsung dapat dilacak keberadaannya. Per hari Senin tanggal 01 Mei 2022 status paket di lacak Paket Telah Diterima ttd.

Ternyata setelah status di lacak “Diterima”, pihak pembeli merasa belum menerima paket dan melakukan komplain pengembalian dana tertanggal 05 Mei 2022, yang kemudian dengan cepatnya disetujui oleh Shopee tertanggal 07 Mei 2022 dan paket saya dinyatakan “Hilang” (di sini saya merasa janggal/aneh, cek tanggal jam di foto paling akhir).

Di sini pihak Shopee dan Sicepat lepas tanggung jawab malah saya yang harus menanggung kerugian besar yang diakibatkan kelalaian dari pihak Sicepat. Paket juga tidak diasuransikan, yang memang di marketplace Shopee tidak menyediakan fitur ini.

Terus terang saya merasa sangat dikecewakan dan dirugikan. Padahal saya termasuk setia menggunakan Sicepat selama beberapa tahun dan saya juga termasuk seller yang dikenakan biaya admin karena memakai fitur Freeongkir dan Cashback Extra oleh Shopee (dimana saya kira juga digunakan untuk mengasuransikan pesanan).

Bagi saya nilai barang yang hilang tersebut cukup besar dan sangat mengganggu keuangan usaha saya. Belum lagi ketidakjelasan informasi hilangnya paket selain daripada “dinyatakan hilang”, lalu melepas hampir seluruh tanggung jawab, dan  sepertinya kasus seperti ini besar kemungkinan akan terulang di kemudian hari.

Tambahan: (berikut yang saya sebut janggal/aneh)

Foto paket pesanan sebelum di-pickup/dikirim Sicepat:

Foto paket pesanan di dekat lokasi tujuan kalau dicek Google Map (cek tanggal jam 07 April 2022 sama saat paket “dinyatakan hilang” oleh Shopee):

Akhir kata saya harap dengan adanya surat pembaca ini pihak Shopee maupun Sicepat mau memahami/mendengar kekecewaan saya dan memberikan solusi yang baik untuk kerugian material dan immaterial yang saya alami dari permasalahan ini.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Ricky
Kab. Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Ricky

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Ricky dengan judul “Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Elahhh jualan kok di shop**.
    Sy dah tak tendang ni app,mending berhenti jualan dsana dr pada rugi trus,karna hilang,dan salah penanganan kl ada komplin.
    Soal nya sistem nya ga jelas dsno.
    Jadi di manfaatkan orang2 yg tau celah nya,sperti pembeli dan kurir nya.

    • Yg jualan di Shopee dengan harga jual yg tinggi tanpa asuransi... Mikir dulu dah...
      Cari MP yg sediakan asuransi bagi penjual dan pembeli... Semoga saja dengan ada nya media konsumen bisa merubah kebijakan Shopee dan kurir...
      Berhati-hatilah bagi penjual ataupun pembeli jika berjualan di MP...

  • Coba anda melakukan kontroversi terhadap kurirnya, mungkin aja dia khilaf atas alamat yg anda berikan. Beda 1 huruf atau 1 angka di alamat bisa bahaya loh. Disarankan sebelum terima estimasi lebih baik garansi shope nya dinyalakan. Sy belum ada kendala apapun shopee karena teliti dalam mengisi data2.. jika tetap berulang lebih baik anda tegaskan kepada pihak kurir terdekat, terkadang kurir agak bertingkah.

    • Marketplace (Shopee) & jasa pengiriman (Si Cepat) shrsnya benar² memperhatikan ini krn sdh "lampu kuning". Dari sekian banyak permasalahan di MEDIA KONSUMEN yg sy baca. Kedua nama ini hampir sering disebut² dgn segala permasalahan yg ada..

      Baik bila SEGERA dilakukan pembenahan ke dalam perusahaan bila tidak mau ditinggal oleh para konsumennya..

      Selain itu jg dpt berdampak luas pd hilangnya KEPERCAYAAN publik baik dr sisi pembeli (konsumen) maupun penjual (produsen) thdp marketplace online & jasa pengiriman (distributor) yg ada di Indonesia.

      Semoga Media Konsumen benar² menjadi sarana pembelajaran & pembenahan utk pihak² terkait agar tdk melulu muncul permasalahan yg berulang² sama.

      🙏🏾🙏🏾🙏🏾

    • Untuk shopee , ane cuma aktipin 2 kurir, jne & jnt, cuma 2 ini yg ada asuransinya

  • Itu status di terima,tapi pembeli belum menerima,bisa jadi itu permainan kurir sicepat,saya pernah seperti itu,saya langsung telpon CS sicepat dan adu argomen dan karena saya punya bukti kuat,akhirnya pihak CS sicepat menelepon dan memberikan sanksi pemecatan terhadap kurir tersebut dan menintrograsi ternyata sengaja gak dikirim malahan dipake sampai berbulan bulan.kurir si cepat menggunakan pelanggan setia untuk bukti foto fake..saya korban pembeli dengan jasa kurir si cepat.

    • Lemahnya sistem,
      klo dari ekspedisi sendiri paket tanpa asuransi bisa dipastikan, ekspedisi tidak mau bertanggung jawab, bila terjadi apa2 pada paket,
      Saran ke Pihak penjual krn sudah tau sistem shopee ndak menyediakan opsi asuransi, sebaiknya harga produk dinaikan sedikit untuk mengcover asuransi, apalagi barang diatas 1juta keatas sudah dipastikan wajib asuransi

      Klo mau ke jalur hukum juga ndak mengapa krn itu juga hak penjual

    • pemecatan saja kurang, seharusnya diperkarakan ke polisi supaya ada efek jera untuk kurir-kurir lain yang nakal.

  • Saya juga pernah seperti itu mas, kesalahan adminnya lebih tepatnya terjadi karna adminnya salah input dan ngirim ke daerah lain, hampir sebulan paket saya ga pernah ada kabarnya dan paket saya isinya 2,3jtaan dan hanya diganti 800rbu setelah saya desak akan saya viralkan,
    Setelah hampir lelah nelpon ternyata pihak si cepat ngabarin ada customer yg mesen jilbab ternyata dapetnya kamera atau paket saya...
    Kemudian barang saya 2 minggu setelahnya baru sampe disaya, namun karna packing dari customer yg salah dpt itu kurang aman, touchscreen kamera ada sebagian yg tidak berfungsi....
    ...
    Semoga cepet ketemu solusi terbaiknya
    Dan shopee yg saya sesalkan adalah kenapa ga ada asuransi atas kerusakan dan kehilangan ...
    Padahal di marketplace lain ada

    • Terima kasih atas sarannya. Untuk kasus ini jelas bukan kesalahan kirim karena foto terakhir menunjukkan ada di dekat lokasi tujuan. Paket dinyatakan "Hilang" tapi di hari yg sama ada di fotonya. Mungkin karena minimnya rasa tanggung jawab/sangsi atas barang hilang walau merugikan Pihak lain.

      • Apa waktu pembeli ajukan pengembalian dana, apa kakak tdk memberikan bukti paket yg dikirim, lalu foto yg katanya udah deket alamat dituju?
        Dulu saya pernah ajukan pengembalian dana, jd seller dan buyer sama2 memberikan bukti. Coba hubungi shopee terus kak, rugi besar barang semahal itu apalg SEGEDE itu bisa ilang😣 semoga dapat tanggapan dan penyelesaian dari dua belah pihak ya kak..

        • Coba di perhatikan lagi bang antara alamat yg di paket sama alamat yg tertera di photo yg menggunakan timestamp apakah sama.. kalau sama brarti paket telah sampai di alamat penerima tp bila beda berarti paket sebelum hilang berada di gerai sicepat. Jadi Abang tinggal push ke sicepatnya aja bang. Moga bisa diselesaikan secepatnya bang

          • Karena di setiap gerai sicepat itu banyak cctv bang pasti bisa kelacak barang Segede itu apalagi itu ada tanda barhal dimana barhal kalau di sicepat menjadi prioritas untuk kemanan.

      • Ini lohh...
        Kejadian saya pada 7mei2022. Saya beli mesin motor rp.3 jt dari market place fb.nego di messenger lanjut di wa.dan sepakat penjual bayar ongkir paket sicepat lalu saya menerima foto resi pengiriman paket,ktp pjl,faktur pjl,nomor rekening a.n.ktp pjl melalui wa. Ok. Dari kesepakatan tsb saya transfer sebagian uang dari harga beli. Ok... Dan sampai sekarang paket belum muncul juga. Bukannya saya tdk sabar karena estimasi paket sekitar 15 jam dari cianjur - cileungsi. Setelah di menghubungi sicepat nomor resi tsb bad address (unpick up). Memang dua hari setelah diilll. Media pjl semua tidak dapat di kontak. Dan baru kemarin saya laporkan ke polsek sesuai identitas ktp pjl tsb.

        Hasil saya.kerugian sebagian uang yg di trf ke penjual sesuai dng kesepakatan....

  • Wkwkwk... sama gan kecewa dgb shopee.. klo ada masalah yg menanganinya selalu lepas tangan. Sy sudah tinggal kan shopee dan beralih ke si ijo aja.. lebih bagus...

    • Udah lebih setengah M beli di toko ijo, mau kurir sicepat, jne, jne truck, pos, anteraja, pernah juga beli laptop 2, dikirim satu, komplain, ternyata yg error bagian packing yg jual, intinya kalo barang diatas sejuta, atau puluhan juta, cctv wajib ada, video unboxing wajib, asuransi kirim wajib, kadang penjual baik, eh ada aja yg error😂

  • Saya juga pernah mengalami jal serupa :
    Saya adalah pembeli dgn keanggotaan member GOLD di shoopee
    Saya beli barang tapi barangnya tdk sampai sampai ditempat tujuan, hampir 2 minggu, dari jadwal. Saya selalu cek perjalanan paket posisinya, saya menggunakan jasa kurir J&T, tiba hari H barang sampai saya telp kurirnya nahwa barng saya sudah datang, jawaban kurir bahwa petugas pengantar berganti dan saya diberikan nomor kurir yg bertugas, saya telp benar barangny ada sama dia, saya tunggu tunggu tdk datang, saya telp lagi kurirnya katanya dititip sama temannya yg lain. Akhirnya saya telp pihak shoopee dan saya disarankan utk telp seller, seller mengatakan mereka sudah kirim dgn bukti memang ada, dan kalau di cek posisi paket memang ada, setelah 3 kali saya chat dgn shooppe dgn sangat jengkel, akhirnya team shooppe menyatakan bahwa barang hilang dan dana saya dikembalikan. Dan saya diharuskan memakai satu perangkat saja, saya bersikukuh utk tetap memakai 2 dgn alasan ada login dan pasword, buat apa login pasword?

    Setelah saya menginvestigasi ke sesama kurir baik itu J&T dan kurir yg lain (sicepat,jne,dll) bahwa pihak kurir bisa membuat di aplikasi shooppee barang sudah diterima oleh sipembeli. Pihak kurir mengejar target barang terkirim yg walaupun belum dikirim

  • Sopi lagi sopi lagi..yaampun tiada hari tanpa keluhan sopi..udh pernah sy blg posisi penjual jika jual dsopi kalau status bkn official harus siap² ikhlas...kehilangan brg dsistem mereka itu celah utama, lbh baik jual brg 50rb kebawah klo dsopi, ngenes bngt brg 4jt diganti 1jt udh lepas tangan gitu aja..coba selidiki bang nama kurir yg bawa dan itu rumah siapa yg nerima paket atas nama siapa, sukur² ada no hp nya...up terus bang minta keadilan, lalu tutup aja jualan dsitu krn biasanya udh dtandain tokonya

  • Saya juga seller di shopee mohon hati hati untuk jasa penggunaan sicepat karena hampir puluhan paket saya jg hilang untung saya cm jualan camilan jadi kl secara materi nilainya tidak seberapa, cm ini sangat merugikan dari sisi kepercayaan Konsumen kepada penjual

    Sudah melapor ke kantor cabang dan pusat sicepat cuma tidak terlalu direspon..

    Namun dari kantor cabang sicepat tempat kami berasal mberikan warning untuk daerah pengiriman Jakarta, Tangerang, dan Bekasi memang sangat rawan barang hilang kalau istilah di expedisi nya banyak "tikus"

    Jadi untuk pengiriman daerah tsb hindari penggunaan expedisi sicepat...

    Sekedar sharing... Dan berbagi pengalaman...
    Terimakasih.

    • non aktifin aja expedisi sicepat nya.kan mudah gk susah.saya jugk seller aman aman aja malah saya klu ada pembeli yg ngasih alamt gk lengkap sya gk proses dlu sya chat pembeli nya lagi inget kurir tidak mengantar 1 paket