Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas Tanggung Jawab, Sangat Merugikan Seller

Saya mendapatkan pengalaman yang buruk menggunakan marketplace Shopee dan kurir Sicepat. Hari Sabtu tanggal 23 April 2022 saya mendapatkan pesanan senilai Rp3,899 juta via marketplace Shopee dengan menggunakan layanan Sicepat, untuk pengiriman dari Kab. Gresik menuju ke Duren Sawit, Jakarta Timur.

Nomor Pesanan Shopee: 220423C2CAQGBF, Nomor Resi Sicepat Gokil: 004016880583.

Pada hari yang sama pesanan sudah saya proses dan Hari Senin tanggal 25 April 2022 dipickup dan kirim oleh kurir Sicepat dan langsung dapat dilacak keberadaannya. Per hari Senin tanggal 01 Mei 2022 status paket di lacak Paket Telah Diterima ttd.

Ternyata setelah status di lacak “Diterima”, pihak pembeli merasa belum menerima paket dan melakukan komplain pengembalian dana tertanggal 05 Mei 2022, yang kemudian dengan cepatnya disetujui oleh Shopee tertanggal 07 Mei 2022 dan paket saya dinyatakan “Hilang” (di sini saya merasa janggal/aneh, cek tanggal jam di foto paling akhir).

Di sini pihak Shopee dan Sicepat lepas tanggung jawab malah saya yang harus menanggung kerugian besar yang diakibatkan kelalaian dari pihak Sicepat. Paket juga tidak diasuransikan, yang memang di marketplace Shopee tidak menyediakan fitur ini.

Terus terang saya merasa sangat dikecewakan dan dirugikan. Padahal saya termasuk setia menggunakan Sicepat selama beberapa tahun dan saya juga termasuk seller yang dikenakan biaya admin karena memakai fitur Freeongkir dan Cashback Extra oleh Shopee (dimana saya kira juga digunakan untuk mengasuransikan pesanan).

Bagi saya nilai barang yang hilang tersebut cukup besar dan sangat mengganggu keuangan usaha saya. Belum lagi ketidakjelasan informasi hilangnya paket selain daripada “dinyatakan hilang”, lalu melepas hampir seluruh tanggung jawab, dan  sepertinya kasus seperti ini besar kemungkinan akan terulang di kemudian hari.

Tambahan: (berikut yang saya sebut janggal/aneh)

Foto paket pesanan sebelum di-pickup/dikirim Sicepat:

Foto paket pesanan di dekat lokasi tujuan kalau dicek Google Map (cek tanggal jam 07 April 2022 sama saat paket “dinyatakan hilang” oleh Shopee):

Akhir kata saya harap dengan adanya surat pembaca ini pihak Shopee maupun Sicepat mau memahami/mendengar kekecewaan saya dan memberikan solusi yang baik untuk kerugian material dan immaterial yang saya alami dari permasalahan ini.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Ricky
Kab. Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Ricky

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Ricky dengan judul “Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Si cepat memang bermasalah.. kalo kita gak berani terus komplen.. dan pembeli gak bantu komplen.. yg di rugikan penjual..

    Dalam kasus ini pembeli harus nya ikut komplen ke si cepat nya..

    Yg di sayangkan dari si cepat.. barang belom di terima tapi sudah di buat status barang di terima YBS.. harus nya kalo memang belom sampe alamat.. ya kirim dl.. bukan update dl..

    Semoga yg punya si cepat baca chat ini.. agar kurir2 nya bisa di ajarin lebih tanggung jawab..

    Paket saya di terima tgl 28 feb.. tapi asli nya di terima tgl 5 maret.. itu juga karna di samperin pembeli..

    • Sayang ga bisa ngirim bukti foto di komentar.. kalo bisa.. gw beberin chat nya

      • Shopee dan Sicepat (mikir...)
        Apa sampai sekarang tidak ada kasih penyelesaian/tanggapan?
        Jangan sampai jadi tren modus kejahatan baru ini. Prihatin!

1 4 5 6