Surat Pembaca

Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas Tanggung Jawab, Sangat Merugikan Seller

Saya mendapatkan pengalaman yang buruk menggunakan marketplace Shopee dan kurir Sicepat. Hari Sabtu tanggal 23 April 2022 saya mendapatkan pesanan senilai Rp3,899 juta via marketplace Shopee dengan menggunakan layanan Sicepat, untuk pengiriman dari Kab. Gresik menuju ke Duren Sawit, Jakarta Timur.

Nomor Pesanan Shopee: 220423C2CAQGBF, Nomor Resi Sicepat Gokil: 004016880583.

Pada hari yang sama pesanan sudah saya proses dan Hari Senin tanggal 25 April 2022 dipickup dan kirim oleh kurir Sicepat dan langsung dapat dilacak keberadaannya. Per hari Senin tanggal 01 Mei 2022 status paket di lacak Paket Telah Diterima ttd.

Ternyata setelah status di lacak “Diterima”, pihak pembeli merasa belum menerima paket dan melakukan komplain pengembalian dana tertanggal 05 Mei 2022, yang kemudian dengan cepatnya disetujui oleh Shopee tertanggal 07 Mei 2022 dan paket saya dinyatakan “Hilang” (di sini saya merasa janggal/aneh, cek tanggal jam di foto paling akhir).

Di sini pihak Shopee dan Sicepat lepas tanggung jawab malah saya yang harus menanggung kerugian besar yang diakibatkan kelalaian dari pihak Sicepat. Paket juga tidak diasuransikan, yang memang di marketplace Shopee tidak menyediakan fitur ini.

Terus terang saya merasa sangat dikecewakan dan dirugikan. Padahal saya termasuk setia menggunakan Sicepat selama beberapa tahun dan saya juga termasuk seller yang dikenakan biaya admin karena memakai fitur Freeongkir dan Cashback Extra oleh Shopee (dimana saya kira juga digunakan untuk mengasuransikan pesanan).

Bagi saya nilai barang yang hilang tersebut cukup besar dan sangat mengganggu keuangan usaha saya. Belum lagi ketidakjelasan informasi hilangnya paket selain daripada “dinyatakan hilang”, lalu melepas hampir seluruh tanggung jawab, dan  sepertinya kasus seperti ini besar kemungkinan akan terulang di kemudian hari.

Tambahan: (berikut yang saya sebut janggal/aneh)

Foto paket pesanan sebelum di-pickup/dikirim Sicepat:

Foto paket pesanan di dekat lokasi tujuan kalau dicek Google Map (cek tanggal jam 07 April 2022 sama saat paket “dinyatakan hilang” oleh Shopee):

Akhir kata saya harap dengan adanya surat pembaca ini pihak Shopee maupun Sicepat mau memahami/mendengar kekecewaan saya dan memberikan solusi yang baik untuk kerugian material dan immaterial yang saya alami dari permasalahan ini.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

Ricky
Kab. Gresik, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Ricky

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Ricky dengan judul “Paket Kiriman Senilai Hampir 4 Juta Hilang, Shopee dan Sicepat Lepas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Gile bener enak banget beli barang di shopee, hanya mengajukan tdk menerima paket langsung dananya dibalikin. Jadi kalau mau jual barang di shopee sebaiknya kita hanya mengaktifkan kurir shopee express aja agar ada asuransi jika barang kenapa2. Mungkin ini cara halus shopee utk memonopoli kurir paket di marketplacenya

      • Paket saya juga pernah hilang pake sicepat.
        Setelah kejadian itu saya ga pernah mau pake lagi si cepat.
        Slogan yang pas harusnya.
        "Sicepat. barang cepat hilangnya, banyak malingnya"

        • Si cepat memang bermasalah.. kalo kita gak berani terus komplen.. dan pembeli gak bantu komplen.. yg di rugikan penjual..

          Dalam kasus ini pembeli harus nya ikut komplen ke si cepat nya..

          Yg di sayangkan dari si cepat.. barang belom di terima tapi sudah di buat status barang di terima YBS.. harus nya kalo memang belom sampe alamat.. ya kirim dl.. bukan update dl..

          Semoga yg punya si cepat baca chat ini.. agar kurir2 nya bisa di ajarin lebih tanggung jawab..

          Paket saya di terima tgl 28 feb.. tapi asli nya di terima tgl 5 maret.. itu juga karna di samperin pembeli..

    • Turut bersimpati atas apa yg dialami penulis. Saya tadinya termasuk star seller, sudah mulai ogah ogahan jualan via sopi, toko ijo masih saya pertahankan.
      Gini gaess, yuk kita mulai kurangi transaksi via marketplace kalau ga butuh² banget.
      Maraknya dunia jualbeli online via marketplace sama sekali ga membuat kesejahtraan bagi seller ataupun kurir. Karena harga jadi ancoor, yang makin kaya itu para konglo pemilik saham di brand marketplace dan expedisi.
      Omong kosong itu mensejahtrakan rakyat, t4ik kucing..Anda umkm terbantu oleh marketplace?? Selamat buat anda, tetapi dibalik keuntungan mu yg cuma bbrp ribu preak, mereka untung 2-3x lipat dari anda aja, belum dari ribuan seller lainnya

  • Saya Juga Mulai Was Was Sama Sicepat Status Paket Pesanan Saya Malah Masih Stuck Belinya Di Shopee Kirimnya Pake Sicepat Dan Gak Tau Kenapa Baru Setengah Perjalanan Paket Pesanan Saya Tidak Dapat Kabar Yang Pasti Udah Saya Tunggu Sampai Lebih Dari 15 Jam Lebih Dari Jam 2 Pagi Sampai Jam 10 Malam Ini Tetap Sama Saja Stuck Kalau Begini Caranya Mulai Hari Ini Saya Tidak Mau Lagi Pake Sicepat Bikin Saya Emosi Saja ?? & Lama Kelamaan Nasib Sicepat Terancam Sama Persis Dengan Si Anter Aja Alias Entar Aja Sama Sama Buruk Nya & Bakal Dibenci Oleh Pengguna Nya Masih Mending J&T & JNE Yang Sudah Sangat Berpengalaman Dalam Mengirim Paket Jika Anda Berpendapat Bahwa J&T Di Tempat Tinggal Kalian Itu Jelek Nyatanya Di Tempat Tinggal Admin Kurir J&T Sangat Sering / Terlalu Sering Di Tempat Tinggal Admin & Respon Nya Sangat Cepat Sekali Untuk JNE Belum Pernah Saya Coba & Mau Dites Untuk Menggantikan Posisi Sicepat Apakah JNE Lebih Baik Ketimbang Sicepat? Atau Sama Saja Sama Sama Lambat? Kita Lihat Saja

    • Shopee keras kepala banget yak tidak mau menyediakan asuransi, keras kepala nya juga tidak disertai tanggung jawab. Kalau sebelum ada mp, Kebijakan ekspedisi mengganti 10x ongkir mungkin ada tepatnya, karena yang murah2 kerugian bersifat minor. Tapi dengan adanya mp harusnya diganti sesuai nilai

      • Kalau barang mahal pakai asuransi setiap ekspedisi ada kok tinggal minta. Cuman 0,2%*total barang*ongkir memang di shopee itu terpisah beda dgn Tokopedia ada opsinya. Kemungkinan barang anda diambil kurir atau costumer yg tidak jujur. Tanpa asuransi cuman dapat 10x biaya ongkir.

        • Kalau yang sistem Pickup rada ribet ngurusnya, bahkan mungkin tidak mau. Kalau jnt jne akan lebih mudah ngurus asuransi di luar mp. Alangkah nyaman dan amannya shopee memberikan opsi asuransi. Terima kasih

        • Untuk para penjual online, kayaknya sudah mulai harus berfikir jika jualan barang mahal di shopee. Dengan resiko yang ada, dan tidak adanya opsi asuransi dari shopee. Kayaknya untuk barang yang nilainya mahal atau lebih dari 10x ongkir lebih baik le Tokopedia dan aktifkan opsi wajib asuransi. Ini demi rasa aman dan nyaman pembeli dan juga seller

        • Lihat tracking resinya diatas parah sekali,klu bisa begini nanti pasti akan ada lagi kasus sama yg lain....kasihan sellernya.... Lagian Sicepat juga klu dulu bagus,klu sekarang semakin buruk ..

      • Depan rumah saya tempat kost yang pagar selalu ditutup, kurir paket saya lihat melemparkan paketnya ke dalam pagar lalu di foto, setelah di foto paket tadi diambil lagi dengan ditarik pakai sapu dari luar pagar, diambil dan dibawa kembali oleh kurirnya.

        • Sepertinya memang dari pihak pembeli yang dengan sengaja mengajukan kompain tidak merasa terima barang , kalau sudah komplain tidak merasa terima , kurir yang bersangkutan pasti akan melakukan kunjungan kepada pembeli untuk masalah komplain tersebut , sudah bisa di pastikan pembeli memang ingin dapatkan kembali uang dan barang belanjaan gratis

    • Saran saya j&t aja karna j&t kantornya biasanya ada dstiyap wilayah.... Jne.... Ditempat saya tidak ada kantor dan stiyap ambil paket pembeli suruh nambah ongkir lagi... Kan menjengkelkan...

  • Pantesan tetangga gw kerja sebagai supir kurir antar barang, rumahnya penuh barang barang paket,kadang bawa TV LED 3,kipas angin, karpet,pisau yg 1 set segala tetek bengek jg ada

    • Jangan memfitnah tanpa dasar yg kuat.. dosa besar lo.... apakah anda yakin ntar kalau tetangga anda yg bekerja sebagai kurir tidak trima dan lapor polisi pencemaran nama baik, anda nangis .... jangan syirik dan iri bila tetangga anda lebih sukses dari anda... bisa aja tetangga anda bekerja lebih keras dari anda

      • Pencemaran nama baik kalau yang di cemarkan namanya bukan orang terkenal polisi juga ogah gan

  • Itu sih paket bukan murni hilang, tapi sengaja diambil Krn nilainya tinggi, harusnya pihak expedisi yg tanggung jawab penuh..kejar aja terus bang expedisi nya....jgn mau klo cm dignti 10x ongkir...masa sih barang sebesar itu hilang? Aneh..

    • Begitulah kalau tanggung jawab sangat kurang/tidak amanah. Barang ukuran jumbo dengan berat lebih dari 11kg dengan gampang dibilang "Hilang". Cuman sebelum dinyatakan "Hilang" diajak foto Selfi dulu (ada tanggal jam dan koordinat lokasi).

    • Jangan suudzon kurir ga bakal tau nilai paket, isi paket kecuali COD.
      Pada dasarnya kalau paket ga di terima / hilang itu banyak faktor, bisa keluarga yg ambil tapi lupa kasih tau, bisa di ambil orang lain yang lewat didepan rumah, bisa salah kirim, nah soal salah kirim bisa salah kurir bisa salah pembeli karena salah kasih alamat.
      Kalaupun ada complain paket hilang sudah pasti kurir ganti secara penuh sesuai nominal paket, itulah ekspedisi.
      Jadi kalau kurir memang ambil dengan sengaja paket itu ya percuma karena pasti dia kena ganti juga.

      • Saya tanya para netizen apakah ada yg dpt asuransi ganti rugi beneran apa tdk dri si cepat? Saya order hp dlm paket hp sdh menyala dan lcd bergaris separo kadang lebih. Sya complain ke seller katanya hp sdh di cek qc hp normal ga ada mslh akhirny diskusi di tutup krn mslh slese selang beberpa hari ada wa dari si cepat katanya minta kronologi mulai dri menerima paket smpe unboxing tpi ujung2ny ga ada ganti rugi akhirnya hp sya servis sendiri.

  • Itu akal2an pembeli saja barangnya di status sudah diterima, padahal yang menerima itu keluarga serumah

    • Kalo pembeli udah terima, nggak mngkin ada ganti 10X lipat ongkir, kalo ada ganti rugi kemungkinan besar hilang di kurir.. Lumayan bayar 1 juta untuk barang 4 juta..

  • Halo kak,saya juga sedang was was menunggu paket yg sejak tgl 12mei 2022 jam 10 pagu stuck gak ada pergerakan,saya tanyakan ke pihak shopee jawabannya suruh menunggu,saya tanya ekspedisi si cepat jg suruh menunggu,padahal estimasi barang diterima tgl 14mei 2022,saya beli hp seharga 1,6jt??

    • Tunggu aja biasa kalau telat pangling 1 sampai 2 hari aja telatnya kecuali waktu mudik kemarin saya nunggu lewat seminggu.

    • Aku sering belanja di SHOPEE,untuk jasa kurir dikota ku bagus sih,untuk Sicepat juga biasanya cepat nyampek,cuma kali ini agak lama,kemungkinan suasana lebaran.tapi klu aku belanja barang yang berharga aku pakai jasa JNE,biar mahal tapi aman.dan juga cepat.

  • Laporkan ke Polisi saja.. Itu namanya penipuan dan penggelapan. Laporkan ke-dua nya, termasuk Shopee nya pak. Shopee bisa disebut sebagai kaki tangan karena lepas tanggung jawab (tidak ada bukti pengawasan dari shopee) begitu juga kurirnya. Semoga bisa menjadi pelajaran berharga buat mereka setelah berurusan dengan hukum.

    • Di S&K sudah tertera, tanpa asuransi barang di ganti 10X lipat ongkir atau jika lebih murah di ganti nilai barang.. Mau lapor kemana aja juga kalah, karena udah di ganti 10X ongkir..

      • Hukum yang berlaku hukum Indonesia. S&K itu cuma berlaku kalau memang isinya adil dan tidak merugikan salah satu pihak. Itu cuma akal-akalan penjual saja supaya nggak ada yang protes. Kalau S&Knya nggak masuk akal, bisa aja dituntut. Makanya ada jurusan hukum perdata, bukan hukum S&K.

        • Kan sudah setuju dari awal kayak buka lapak saya Terima barang rusak saya komplain saya wajib kirim barang dan ongkir saya tanggu sendiri meskipun seller tidak tanggapi komplain saya agar uang saya kembali walau nyesek gimana buat ga bisa dibantah kalau dah gitu.

  • Saya curiga ini antara pihak ekspedisi disana yg nakal atau pembeli yg nakal, krn nilai barang besar

    • Pantesan Sekarang Banyak Masyarakat saya lihat sudah mulai kembali berbelanja di toko-toko dikota mereka, Saya Lebih setuju BUMI HANGUSKAN para Jasa Kurir Pengiriman, lebih memajukan ekonomi lokal,

      • Heh tholol, kalo mau komen mikir dl. Setiap bidang usaha pasti ada oknumnya jd ga bs anda bgtu sj seenaknya ngomong spti itu. Dan jasa ekspedisi jg telah membuat banyak warga negara ini berstatus bkn pengangguran kaya anda.

        • Shopee lg shopee lg.....dah banyak kasus nih shopee merugikan seller.s&k cm dpt ganti 10x ongkir itu sdh sangat tidak adil.mending modalnya buat jualan cilok drpd dipakek jualan di shopee.lumayan banyak lho untung jualan cilok

        • Maaf Bro....saya maksud Oknum Kurir Yg Di BUMI HANGUSKAN, kagak kebawa kata Oknum nya,

        • bisa dituntut shopee karena tidak mencantumkan asuransi,dimana akan merugikan penjual ,bnyk celah hukum nya dan yg nuntut akan menang dengan shoppe,lagian bnyk kasus seperti ini masih ajah berani jualan di situ ,parah ,dan ingat akan terjadi dan terjadi lagi boss

      • Emang lu tiap hari belanja di warung sebelah lu? Ga pernah MC, pizza HUT, matahari, masuk mall, dan beli barang merek luar?

        Ckckck bahasanya pakai bumi hanguskan lagi ckck

        • Maaf Bro….saya maksud Oknum Kurir Yg Di BUMI HANGUSKAN, kagak kebawa kata Oknum nya,

          • Saya pelanggan shopee, pernah beberapa kali kejadian barang ga saya terima tapi kurir sudah update pesanan diterima yang bersangkutan, biasanya saya tunggu satu hari, kalau ga ada baru saya langsung hubungi kurirnya di kantor terdekat. Kadang kurir kejar target tapi barang ga dianterin.... Kalau disamperin dah ga bisa ngelak dia mah

1 2 3 6