Surat Pembaca

TikTok Shop Tak Kunjung Mengirimkan Dana Refund

Saya berbelanja online via TikTok Shop di sebuah brand A********. Di toko tersebut saya membeli 2 item yang akan dipakai untuk kepentingan acara event. Pada tanggal 1 Mei 2022, pesanan saya sampai dan bermasalah.

Karena saya sangat membutuhkan barangnya, akhirnya saya retur barang kembali kepada seller dan dana pembayaran kembali pada saya selaku pembeli. Setelah konfirmasi dengan seller dan mengisi laporan, bahwa produk tetap diretur, dengan keputusan final refund atas dana yang saya bayarkan.

Respon pihak tiktok shop ketika seller belum meng approved untuk pengembalian dana ke saya

Pada proses pengajuan refund, pihak TikTok Shop masih selalu respons terhadap keluhan saya dan seller. Namun setelah seller memutuskan memberi instruksi kepada pihak TikTok untuk me-refund dana yang saya keluarkan, pihak TikTok Shop sama sekali tidak merespons email ataupun komentar saya di dalam aplikasi. Email pun selalu dijawab hanya dengan template system dan jawabannya sungguh tidak memuaskan, selalu menjawab dengan “masih dalam proses investigasi”.

Barangkali ada yang mengalami hal seperti saya dapat membantu saya.

R. Annisa Octavia
Kabupaten Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Tunggu aja, saya belum pernah sih mengalaminya. Tapi teman ada yg jadi seller di Tiktok. Itu untuk tarik saldo penjualan saja butuh waktu semingguan. Apalagi refund,pasti lebih lama. Tunggu saja dan cek terus rekeningnya

    • Iya kak sebenernya kasusnya udah cukup lama hampir 2 minggu jadi pas saya komplain ke CS nya itu gercep jawabannya dibantu, pas seller udah approved refund pihak mereka ga bales apapun

      • Halo kak, saya sama bgtngalamin kaya gini,minta pengembalian dana dari tgl 8 september sampai dengan sekarang 27 september sudah 2 mingguan, blm balik juga dananya... Tanya ke kontak tiktoknya yg bales template doang ga guna, ga bisa nyelesain permasalahan ini.. Cek mutasi rekening juga sudah, tp dana blm masuk juga..

        Kk gimana prosesnya sampai sekarang apa dana sudah balik?

        Fyi saya belanja di tiktok shop bayar lewat tf bank(debit) tp prosesnya emng lumayan bikin emosi lama bgt nunggunya

        • Samaa kak belum ada penyelesaian pas konfir ke pihak seller juga disuruh tunggu pihak tiktokshop yg bales lagi, sampe sekarang belum ada penyelesaian ditambah pihak tiktokshop engga ada nomor CS sama sekali jadi bingung

          • Halo kak, perkenalkan saya Febriyanti. Saat ini saya sedang mengerjakan tugas akhir mengenai tiktokshop. Kak, untuk kasus kakak apakah saya bisa berdiskusi lebih lanjut dengan kakak mengenai pengalaman kakak ini? Terimakasih kak..

    • Saya juga belum jelas, baru mau coba coba belanja Online lewat Tik Tok Shop.
      Semoga kasus ini bisa terselesaikan dengan baik.

        • Maaf ya mas dari sebelum sebelumnya saya sudah email pihak mereka dari jam layanan kantor tetap engga digubris, mau saya kirim keluhan dijam apapun atau jam tidurpun kalo SOP kerja mereka pasti balas jam kerja kok. Yang saya permasalahkan pihak mereka engga ada respon aktif cuma respon system aja :)

        • Terlihat tak bahagia. Komen di kasus sebelah nyambung ke sini.. Kasihan hidup mu mengejar aku sampai ke kolom komentar yang jelas jelas berbeda kasus. Tidur nggak dilarang.
          Ya udah, tidur sana, jangan lupa minum obatnya. ?

      • Semoga bisa diselesaikan, tapi kalo masalah refund aja sih mereka lebih rumitnya. Untuk yang ordernya bener dari pihak seller sih aman2 aja ko kak asal pilih seller yang betul2 amanah

    • Mungkin pelayanan refund dari pihak mereka dan seller aja yang rumit, untuk beberapa yang lolos belanja hasilnya memuaskan juga ada kak.

  • pengalaman hampir sama saya membatalkan pembelian barang saya tgl 20 Nop 2022 saya sdh konfirmasi ke penjual katanya uang sdh dikembalikan saya disuruh cek di rekening saya tapi dana blm juga masuk terus saya hubungi pelayanan tiktok shop yg minta dana dikembalikan yg jawabmesin kontak cs nya nggak ada sampai sekarang dana saya blm dikembalikan padahal saya sdh kasih bukti transfer saya dan bukti pembatalan barang saya

    • Iyaa kak jadi emg rata² CS Tiktok shop terputus bgt dipihak mereka yg lamban respon keluhan konsumen. Saya udah beberapa kali sampe sekarang gaada perkembangan refund dana sama sekali?

      • Wah, jadi gimana kasus nya kak? Saya jg mengalami hal yg sama dana refund melalui debit blm jg kembali udh sebulan lbh saya nungguin. Jawaban cs nya harap menunggu melulu 😭😭😭

    • Mjb ya kakak - kakak. Tanggal 17 November kemarin aku co barang dengan kartu debit. Setelah 3 hari nunggu, barangku gak kunjung dikirim dan ternyata sellernya kehabisan stok. Akhirnya aku sama seller sepakat untuk pembatalan. Aku udah chat CS tiktok katanya 14 hari paling lambat. Setelah 14 hari, uangku belum dibalikin juga dan aku chat sama CS jawabannya template. Tiket bantuan juga jawabannya template :") jujur aku bingung mau gimana. Emang 14 hari kebelakang tim supportnya pada ngapain sih? kok bisa ya pengembalian dana platform sebesar tiktok gak tepat waktu dan gak otomatis :') huhu. Ya bisa dibilang saya rugi 3 jt ++, not recommended belanja di tiktok

  • Jujur tidak recommended sih. Walaupun bnyk promo2. Sy ketipu order 2 barang dikirim 1 barang tapi tokonya kekeuh ga mau mengembalikan dana sisa dan tidak menerima retur barang. Kecewa sih, walaupun nominal tidak banyak. Tapi seharusnya toko bisa cek stok di tokonya, item yang tersisa apakah cocok, saya yakin pasti berlebih 1 pcs. Cara melaporkan toko yang amanah bagaimana ya, krn jujur saya sangat jengkel dibuatnya.