Surat Pembaca

Beda Hari Pengiriman, Berat Paket yang Sama di Anteraja Berubah Total

Saya mengirimkan 3 paket pada tanggal 15 Mei 2022, menggunakan ekspedisi Anteraja, dengan nomor resi: 10004580727728, 10004578914734 dan 10004582578364. Paket di-pick up ke tempat saya, tanpa ditimbang dan diukur dimensinya oleh satria Anteraja. Kemudian muncul berat 3,10 kg untuk ketiga paket saya. Saya sertakan foto ketiga resi fisiknya:

Resi ketiganya pada tanggal 15 Mei 2022

Masalahnya, kedua paket dengan nomor resi 10004580727728 ini berisi Rinso 1,8 Kg. Sebelumnya saya juga melakukan pengiriman pada hari sebelumnya, yaitu tanggal 14 Mei 2022, dengan paking yang sama berat, di resi fisik 2,10 Kg, lah ini kenapa disulap jadi 3,10 Kg? Berikut saya sertakan foto resi keduanya:

Resi Rinso 1,8 Kg pada tanggal 15, 14, 12 Mei 2022

Begitu pula dengan resi nomor 10004582578364 yang berisi Daia 1,8 Kg.

Paket isi Daia 1,8 Kg 1 pcs pada tanggal 15 Mei dan 12 Mei 2022

Saya baru menyadari ketika mengecek rincian penghasilan di Shopee yang terpotong.

Nur Aini Tethawati
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Nur Aini Tethawati

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Nur Aini Tethawati yang berjudul: “Beda Hari Pengiriman, Berat Paket yang Sama di Anteraja...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kantor cabang kurirnya pengen cepat closing target bulanan, terjadilah apa yg terjadi.
    Harusnya bisa disebutkan nama kantor cabangnya biar kapok dan mereka berhenti/dihentikan menipu konsumen.

    • wah baru tau kalo ada target2an segala ya, soalnya setau saya kalo memang di wilayahnya banyak seller nya ya harusnya memang dibanyakin armada pick up nya

  • teken aja terus pihak anteraja nya, jangan lupa DM sosmed nya instagram atau twitternya kalo ada, chat cs shopee nya juga biar ada pertanggungjawaban juga dari mereka jangan sampe kendor

    • Maju terus pantang mundur kak, semangat cari kejelasan dan keadilan,,uraaa

  • Kamu tidak menjelaskan tujuan pengiriman ke kota mana, karena ongkir ke luar jatim memang lebih tinggi dibandingkan sesama provinsi, kayaknya kamu ini penjual baru di Shopee, berat kg jasa pengiriman terhitung 1.4 kalau tidak salah untuk setiap kilogram nya, jadi misal barang yg kita kirim berat sebenarnya 1,3kg masih tetap terhitung 1 kg.

    • Oooo, jd ini emg kurir yg waktu itu menyalahkan konsumen yg tidur saat kurir dtg.

      • Eh Mulya, apaan sih kamu, ngakak deh, tiap kali saya ngetik ikutan aja, jangan bilang lu naksir sama saya wkwk saya normal wooy

    • Jadi gini kak, sebelumnya saya cuma mau kasih info aja. Setau saya ekpedisi anteraja menerapkan 2 kategori. Yang pertama berat, yang kedua volume bungkusnya.
      Jika diukur dengan timbangan menghasilkan berat misal 2 kg, tetapi ketika diukur volume dapat nilai 3 kg, maka yang di ambil adalah nilai terbesar.
      Cara menghitung volume : PxLxT÷6000 maka nanti akan muncul angka

      Coba kakak cek lagi volume packing nya. Besar tidak ? Kalo besar ya kemungkinan kesalahan dari kakak, tapi saya juga tidak membenarkan kurir nya. Pasalnya, semua perubahan itu harus melalui persetujuan penjual.

      Dan, ekpedisi tidak ada target cuan dari penjual ya..

      Jangan selalu fitnah, karena kalo kamu yang salah, kamu yang malu.

  • Jadi memang bener dong berat barang sebenarnya 1.8kg terhitung ongkos kirim 2 kilogram, karena setiap kilogram berat jasa pengiriman batasnya sampai 1.4 kg, saran saya atur berat produk sebenarnya saja di toko shopee kamu, jangan memanipulasi berat produk, biar tidak over volume saat input resi yg berdampak pada penghasilan penjualan.

    • Yang memanipulasi berat siapa kak ? Saya sudah 3tahun berjualan di shopee lancar lancar aja tuh ga ada kendala seperti ini, baru aja dapat yang seperti ini. Saya juga tau kok batas maksimal nya berat ekspedisi itu 1.3kg untuk 1kg. Makanya saya setting berat maksimalnya 2.3kg untuk produk saya, dengan estimasi berat produk 1.8kg dan kerdusnya sendiri 0.3kg maksimal 0.5kg. Jadi kalau semisal ini berat nya menjadi 3.1kg di invoice anteraja berarti kerdusnya sendiri beratnya 3.1kg-1.8kg= 1.3kg sendiri. Please sebelum berkomentar di cermati dulu, be smart comentator please.

      • Bisa nggak lu menanggapi opini tanpa judgement, pakai bilang be smart commentator lah, kalau boleh tau nama toko mu apa penasaran saya.

        • Bilangnya tanpa judgement, tapi sendirinya yang ngejudge seller memanipulasi berat produk, udah jelas disini case nya berat produk 1,8kg, sama packing jadi 2,1kg, malah naik jadi 3,1kg, artinya kurir kelebihan 1 kg dari berat yang seharusnya. Emg packing buat rinso seberat apa sih sampe 1,3kg (selisih dari 3,1-1,8 kg)

          Baca lagi bang sebelum komen, sampe bilang jangan ngejudge, dirinya sendiri ngejudge orang lain ??

    • Berat 1.8kg ke 3kg itu sdh menambahkan 1kg. Anda kok bs jd kurir pdhl ngitung gt aj ga bs.

  • saran saya klo ngirim barang lebih dari 1kg dan mungkin akan mepet2 ke 2kg atau kelipatannya saat di pick up ditimbang dan difotokan per paket saat ditimbang jadi ada bukti dan si kurir nanti akan input sesuai berat saat timbangan pick up, resiko penjual yang paketannya mepet2 kiloannya pasti kayak gitu makanya harus disiapkan timbangan n dokumentasi biar nanti klo ada masalah ongkir gak ribet

  • Semalam perwakilan pihak anteraja sudah ke tempat saya untuk menyelesaikan permasalahan ini. Saya ucapkan terima kasih atas solusi yang di berikan oleh pihak anteraja.