Surat Pembaca

Mau Beli Motor Yamaha Fazzio Secara “Cash” Dipersulit, Namun Kredit Diprioritaskan

Melalui surat ini, saya Pandu Trizky ingin menginformasikan tentang buruknya pelayanan Sales Motor Yamaha. Sebelumnya saya sudah berkeliling ke beberapa dealer yang ada di Kota Serang, Banten & Cilegon, Banten namun untuk unit Yamaha Fazzio diprioritaskan untuk pembayaran secara Kredit. Jika ingin beli cash tidak diperbolehkan dan harus menunggu indent 5 Bulan.

Saya mencoba menanyakan kesediaan unit di dealer via Whatsapp tetap saja tidak ada. Namun saya disuruh jika ingin membeli Yamaha Fazzio disuruh untuk menyiapkan dana sebesar 2,5 juta sebagai uang bantu cari unit bukan untuk DP.

Saya sebelumnya sudah melaporkan ke Customer Service @Yamahaindonesia namun tidak ada jawaban. Padahal menurut artikel di https://amp.kompas.com/otomotif/read/2022/02/10/090200415/konsumen-beli-fazzio-dipaksa-kredit-begini-jawaban-yamaha wajib melaporkan jika menemukan oknum sales nakal.

Apakah sudah sesulit ini membeli motor secara cash? Sehingga orang yang ingin membeli cash tidak dilayani dengan baik terkadang tak diacuhkan juga.

Pandu Trizky
Serang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Gokil emangggg, ditunggu update selanjutnya biasanya kalo udah masuk mediakonsumen bakal ada respon dari perusahaan terkait.

    • Adik saya juga begitu, kerja dan tinggal di Jakarta.Karena kebutuhan ingin membeli motor..tapi semua dealer tidak mau cash, dgn berbagai alasan disarankan kredit dengan berbagai kemudahan katanya..tapi bila dihitung2 total harga jadi bertambah 2½ kali lipat dari harga cash..akhir nya daripada rugi beli di Bandung cash dan dikirim paket kejakarta.Biar rugi ongkos paket tapi tidak terjerat kredit yg mahal

      • terima kasih atas sarannya gan. saya coba usahakan untuk cari dealer diluar banten semoga ada jalan keluarnya.

    • Sepengetahuan saya

      Dealer kalau mau jual 1 unit spd motor yang di perioritaskan itu pasti yang mau kredit daripada cash !!!

      alasannya.
      1.kalau jual sepeda motor 1 sistem cash, marketingnya dapat komisi kecil.

      2.kalau markerting bisa jual motor sistem kredit, maka dia dapat komisi lebih banyak daripada cash.

      3.kalau cust nya ambil durasi kredit lebih dari 1 tahun, maka marketingnya yang lebih banyak dapat komisi nya.

    • Di semua dealer ada sistem perjanjian penjualan motor baru. dan isi di perjanjian tersebut ada satu poin hanya di perioritaskan bagi pembeli dengan sistem kredit.

      Tips dari saya jika mau membeli cash dan di persulit oleh pihak marketing, cari pemilik delaer tersebut, dan ajak ngobrol untuk pembelian cash, pasti dilayani.

    • ah udah biasa itu,semua brands emang gitu,cash dipersulit,kredit dipermudah
      soalnya sdh ada bonus dobel2 buat sakes dan deler dri leasingnya....percuma lapor dibpusat

  • Lagu lama itu, soalnya kalo kredit keuntungan diler kan berlipat ganda makanya kalau ada orang mau beli cash dipersulit

    • Emng begitu kalau beli cash , sedangkan kredit cepet bgt . Kali jredit untung nya banyak kali .

  • gitulah dealer dan pendanaannya.
    kredit jd prioritas karena dapet untung komisi dari pendana 30%-70% harga motor di potong komisi untuk delaer, itupun juga inden 3 bulan, . cash juga dioersulit karena untungnya dikit. sekian. semoga cepet dapet dealer baik ya

    • udah nyerah nyari dealer hahaha. udah semua dikunjungin sampe brand sebelah juga sama aja kendala susah dicash

      • Permainan yang sangat luar biasa...bersabarlah pak...tetapi tetap usahakan jgn pilih kredit untuk beli motor,rugi besar...cari aja dealer yg ready trus byr cash..saya doakan cepet ketemu dealer yg baik hati yg melayani cash tanpa dipersulit ini itu..

      • sdh ikutin aja penulis atas nama Indonesia yg komen disini...bli dibandung kirim ke Jakarta biarpun rugi ongkos kirim yg penting tidak terjerat kredit

    • Saya juga Merasakan apa yang dirasakan sebagai konsumen ,perihal pembelian kredit lebih didahulukan . Jika kita menanyakan stok untuk pengajuan kredit pasti diproses tapi jika kita pengajuan pembelian cash di suruh Nungggu 3 Samapi 6 bulan , hal ini juga belum jelas.
      Mohon kepada pihak yang berwenang tolonglah pengawasannya jangan Sampai Adanya praktek praktek monopoli dibiarkan praktik pratik orang yg mencari keuntungan berlebihan dibiarkan.

    • Aki juga alami hal yang sama , mau beli fazzio secara cash katanya saat ini pembelian cash tidak bisa , kecuali kredit. Kecuali jika mau cash itu cash custom itu dari harga otr normal bisa up lagi 3juta dengan iming2 custom

  • Sudah dari jaman dulu kayak gini, tahun 2014 sy sampai keliling dealer yamaha di kota makassar karna mau beli yamaha fino secara cash tapi kebanyakan dealer gak mau kalo cash, maunya credit. Memang kayak gitu, mereka maunya credit karna keuntungan yg di dapat lebih besar. Tapi untungnya ada 1 dealer yg gak keberatan kalo sy cash.

    • saya juga posisi sama udah keliling semua dealer malah 2 kota sekaligus memang sangat dipersulit untuk pembelian cash. ga cuman yamaha kompetitornya pun sama

      • Resiko kalo mau beli barang yg lg hype tipenya ya gini. Tunggu aj kalo udah ga hype.

  • Itu permainan pak. Semoga Yamaha pusat bisa bertindak tegas. Jaman udah aneh. Kok seneng ngutangin barang dasar rentenir. Biar aja nanti kena azab dia.
    Lagian orang kenapa seneng beli secara kredit. Mending utang sama kantor kita buat beli motor jd nggak ada bunganya. Seperti sy beli mobil aja utang sm kantor. Aman tinggal potong gaji setiap bulan.

    • saya juga berharap ada tindakan tegas dari pihak Yamaha pusat biar meminimalisir kejadian oknum dealer & sales yang ga amanah seperti ini

  • Bukan hal baru pak, mental manusia pemakan riba. Tapi yang bikin saya penasaran, itu kelebihan Yamaha Fazzio apa sih kok sampe dibela-belain?

    • nyesuain budget aja. sebelumnya saya udah ke brand kompetitor sebelah namun sama saja, cuman ga separah yamaha ini sampai minta dana tambahan untuk jasa nyari unitnya saja.

    • Kalo menurut sy motor itu sama sj kegunaannya, kalo gada yg di cari dan sebelumnya sdh punya, pake dl. Kalo blm punya, cari aj tipe yg lain. Tp kalo org lain sih entah gmna pemikirannya

      • kebetulan saya baru kehilangan motor dicuri pas lagi kerja. sangat disayangkan aja dari pihak Yamaha atau Sebelah ga ngasih keringanan untuk pembelian cash. sebelumnya saya sudah cari tipe2 lain namun sama saja hasilnya tidak bisa dibeli cash kendalanya tetap disuruh kredit

  • Kalo cash, Sales hanya dapat komisi 15rb-50rb perunitnya. Tapi kalau kredit, komisinya ditambahi pihak leasing 150rb-500rb perunitnya. Itu baru buat sales ya. Belum untuk BM nya. Wajar kalo beli cash dipersulit. Gak cuma motor ya. Mobil juga sama prakteknya gitu juga

  • sekarang memang jamannya hutang dipermudah.
    lihat saja promo kartu kredit atau pay later, sangat menggiurkan dibanding belanja cash.

    tapi kalo kredit motor, jatuhnya sangat merugikan.
    harga cash misalnya harusnya cuma 20 juta, kalo dicicil mungkin bisa menjadi 30 jutaan.
    motifnya fix ini, jelas duit!!

    • ya memang betul! perbedaannya sangat jauh sekali dari segi nominal. saya sudah ada dana pas namun tidak diperkenankan untuk pembelian cash mau diyamaha atau brand sebelah

  • Halo, Kami dari Dinamika Motor. Salah satu dealer di Jakarta Barat. Mungkin bs memberikan pandangan mengenai hal ini.

    Mohon maaf sebelumnya kalau Fazzio ini membuat para konsumen Yamaha sebal dan kecewa. Kami pun situasinya seperti itu, sebal karena unitnya sangat sedikit. Unit Fazzio sangat sedikit dari Yamaha pusat. Padahal dulu awalnya dijanjikan paling lama 3 bulan. Akhirnya dealer2 berani mengambil inden. Faktanya sekarang unitnya tidak bisa memenuhi jumlah ordernya. Sehingga semua inden menumpuk. Kami pun juga akhirnya memutuskan untuk berhenti ambil order inden karena takut konsumen kecewa dan fokus menyelesaikan inden yg sudah masuk. Seandainya pun tetap mau inden, kami akan katakan paling cepat unitnya 3 bulan dan belum berani menjanjikan waktu pastinya karena sangat tergantung dari Yamaha Pusat.

    Perkara mengapa akhirnya kredit diprioritaskan, itu bisa jadi karena dealer harus bertahan hidup dampak dari pandemi yang panjang. Kalau dibilang margin jualan motor itu sangat besar, itu tidaklah benar. Karena biaya yang harus kami keluarkan juga tidak sedikit.

    Sales waktu pandemi turun drastis, yg akhirnya berdampak pada bengkaknya biaya. Bahkan tidak sedikit dealer2 yg akhirnya memutuskan untuk tutup. Di Yamaha juga mungkin sempat terjadi pengurangan produksi yang sampai sekarang belum normal karena ada part2 yg terbatas dan lain sebagainya. Sehingga stok Fazzio memang sampai sekarang tidak ada di dealer.

    Kami, mungkin bs mewakili dealer2 memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kalau untuk penyelesaian masalah ini, kami pun berharap kondisinya semakin baik dan manajemen Yamaha Pusat bisa mengambil langkah2 yg tepat untuk kebaikan bersama. Sekian, terima kasih atas pengertiannya.

    • namanya bisnis tentu dealer/subdealer lebih mengedepankan cuan. intinya adalah di pasokan produksi YAMAHA, mau mengeluarkan produk baru harus segera meningkatkan produksinya. harus diperbanyak stoknya

      • Produksi yamaha jugak kenak kendala dimana chip salah satu komponen penting mengalami gangguan. Pemasoknya dari inda dan china itupun kita gak tau fazzio pakek stock dri mana. Kalo dari china ya terganggu kenak shanghai lockdown. Gak hanya spd motor aja, mobilpun kenak imbas karna chip ini. Semoga kedepan chip ini terselesaikan dan kita sendiri bisa produksi chip sendiri biar gak bergantung trus sama vendor lain. Btw kita blm bisa produksi chip sendiri.

    • Stok ngga ada sih ga masalah, ini stok ada belum ada yg beli. Tapi tidak boleh dibeli cash.

    • mungkin jika bilang alasannya ini ke saya mungkin saya masih bisa toleransi & memaklumi. namun sayangnya baru saya tanya unit ini bisa dibeli cash langsung ditolak mentah2 & memaksa pembelian krwdit dengan dijanjikan indent cuman 1 minggu. kejadian bukan hanya di 1 dealer saja mengalami kayak gini hampir menyeluruh dengan alesan yang sama. sangat disayangkan membuat citra perusahaan terkait menjadi buruk

      • Abang gw baru beli, di area bekasi.
        gak tau kredit apa nggak, gak nanya. tapi motornya udah di rumah.
        gak ngomong masalah indent.
        jadi opini gw di bekasi stok ready.

    • Sebelum pandemi juga seperti itu. Dah banyak tuh pengakuan dari mantan sales di tiktok, memang yg kredit lebih diutamakan dr yg cash,karena ngejar bonus.

      Jangan menyalahkan pandemi, semua pun kena dampak karena pandemi, pandemi kan ga milih2 korbanny, intinya bermain fair jangan sampai ada yg dirugikan.

    • Alasan karna pandemi buat tambahan alasan. Dari dulu sebelum ada pandemi juga kalau cash dipersulit. Ngaku ajalah