Surat Pembaca

Cara Karyawan Alfamart Akcaya Pontianak Membalas Chat Konsumen

Dear MK, terima kasih sebelumnya sudah memuat review saya ini.

Saya adalah pengguna aplikasi Alfagift dan pelanggan Alfamart sejak Alfa masuk ke Pontianak. Berbagai kemudahan saya dapat di aplikasi Alfagift, bahkan beberapa kali saya menemukan kecurangan harga selisih saat cek struk transaksi di Alfagift, masalah selesai saat saya klaim ke Alfa bersangkutan.

Pagi ini saya melakukan pemesanan beberapa barang dari Alfagift. Setelah 1 jam saya chat, katanya masih antre. Akhirnya setelah 1 jam 45 menit saya chat lagi untuk konfirmasi jika belum diantar, maka cancel saja. Jika ybs sudah hampir tiba, gak mungkin saya akan cancel. Tapi balasan yang saya terima sangat menohok. Atas dasar apa ybs menyuruh saya jangan pesan lagi jika tidak bisa sabar? Apakah 1 jam 45 menit kurang sabar? Apakah tidak bisa dibalas dengan kalimat yang lebih sopan?

Di bawah saya lampirkan 1 chat lagi dari karyawan lainnya, sangat sopan dan dari awal sudah info bahwa antrean sedang ramai. Tidak seperti chat satunya yang kasar, tidak ada diinfo dari awal apakah berkenan menunggu?

Orderan saya memang hanya 200 ribu, tapi rasanya tidak perlu dan tidak etis membalas chat dengan nada arogan seperti itu. Kecuali jika memang saya yang chat kasar duluan, maka silahkan dibalas demikian.

Teruntuk Alfamart Pontianak, khususnya Akcaya di Jl. Purnama, alangkah baiknya karyawan ditatar attitude-nya saat bekerja. Tidak semua konsumen akan diam saja saat diperlakukan begini.

Aurelia Yanti
Kota Pontianak

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • kalo menurut saya, bahasanya masih sopan atau biasa saja, dan tidak kasar juga.
    tapi memang lain orang lain juga ingin diperlakukan seperti apa. mungkin kalimatnya saja yang lebih diperhalus, walau intinya sama.

    • Yaelah... Mestinya Anda sendiri lihat gimana cara anda menulis balasan chat. "Sudah 1 jam lewat.... Belum jalan antar kan? Cancel aja. Makasih"
      Kamu pikir ini sopan?
      Kalau minta cancel kasih kata "Tolong".
      Emang makasih itu juga kata yg sopan?.
      Memberi titik banyak itu maksudnya penekanan kan? Intonasi tinggi kayak ornag marah bukan?
      Dasar songong, jadi orang jangan tinggi hati luu.

      • Kalo aku si mending daripada balas kek gitu, lebih baik bilang “kak/bang/whoever yang nganter barang itu Boleh follow up aku ga u/ posisinya sekarang sudah dimana dan/atau “boleh gak minta nomor resi biar aku bisa lacak posisi barangku di alfatrex?” since in this case posisinya lagi belanja sama alfagift.

  • memang seharusnya tidak bicara begitu, tapi kadang harus berfikir dengan memposisikan diri sebagai kurir , sudah capek dijalan, panas dan membawa banyak antaran, mungkin jadinya agak emosi ...

  • bahasanya tidak kasar, meskipun penilaian setiap orang beda. Tp mmg benar sih, klo gk sabaran ya gk usah pesan lagi...

    • Hmm, jawaban pegawainya memang songong dan tidak etis sih.

      Tapi Anda nya juga kurang sabaran.
      "1 jam 45 menit kurang sabar apa"
      Ya memangnya customer hanya Anda?
      Kan sudah dibilang sedang antre.

      Kalau butuh saat itu juga datang saja sendiri ke toko.

  • Pdhl sdh di jelaskan lg banyak pesanan dan yg antar cm 1, bs jd dia ambil yg terdekat dl. Seharusnya anda sabarlah, apalagi kalau barangnya ga urgent tuk di gunakan.
    Kaya gini aj pake ngadu ke MK, ga lgsg datengi aj alfamartnya tuk ngomong lgsg.

  • bahasanya masih wajar kok menurut saya, dan tidak ada kata kata kasar. wajarlah ya banyak anteran/antri kali makanya dijawab gitu, kurir juga pasti ada batas waktu antarnya. tenang aja pasti diantet kok. kalo saya simple sih mau dateng jam berapapun bebas, kecuali jika sudah ada batas waktu terus lewat estimasi ya wajib ditanya. kalo diklik indomaret ada waktu batas antarnya. cmiiw.

    • Secara profesionalitas, kata2 tak pantas, menunjukkan kurang pendidikan dan kurang matang berpikir. Bila sistem layanan antar diadakan perusahaan, sdh merupakan tanggung jawab untuk mengupayakan pesanan pelanggan, bukan mencari alasan, bila karyawan tak siap ya diganti, bila perudahaan tak siap jangan lakukan layanan antar pesan.

      • Itu sdh dijelaskan lewat chat kalo banyak antaran dan antre. Dan pengiriman oleh kurir itu tdk bs di pastikan waktunya brpa jam.

  • Emang ga kasar
    Tapi kalau sebagai kurir/pegawai bahasanya seperti itu ya maaf maaf,
    Ga kepake di dunia kerja
    Sudah resiko pekerjaan
    Dan lagi order antar tu langsung

  • KONSUMEN TOLOL BANGET... DI JAWA TENGAH BANYAK ALFAMART DAN INDOMART TERIMAKASIH JADI LEBIH CEPET 1 MENIT SAMPAI LOKASI

  • Efek pandemi masih terasa akibatnya banyak usaha yg mengurangi karyawan. Seharusnya lebih bijak dalam menyikapinya, bersikap lebih empati ke org lain ga rugi kok. Btw kemarin saya habis order di alfagift jg & nilainya malah ga sampai 15rb tp tetep dikirim cepet ga sampai sejam sudah dtg. Jadi ya memang tergantung jumlah kurir & kepadatan pesanan saja.

  • baru satu setengah jm ....
    kan d Alfagift ada pilihan ambil di toko ....
    klo urgent pilih itu ajh ....

    emang jawaban si kurir arrogant.
    tp sbg konsumen jg harus ngerti...
    kurir alfa nya cuman satu, yg order lga banyak...

    d tambah kau sbg konsumen ngchat.. seolah olah kurir nya blm kirim dan minta cancel...

    hey inget km itu blanja di Alfagift masih gratis ongkir nggk usah mikirin tenaga, bensin, bahkan uang parkir... cuman butuh waktu menunggu kgk bkalan sampai satu hari itu pesanan diantar

    • sama kak, saya jg sering pesan lewat alfagift , kdg pesan pagi baru dianter siang, kadang sore, pernah pesen sore baru dianter besok ny jg pernah..
      tp y gpp saya jg santai, apalagi misal barangny saya ga keburu pake, misal saya butuhny cepet, ya saya mesen d aplikasi ( karna takut kelupaan klo misal beli2 ambil langsung pas d toko ny ) trus saya ambil sendiri d toko ny..
      klo saya , saya maklumin aja namany jg freong, toh mas kurirny jg ngrangkep jd pegawai toko dll.. sama2 maklumin, ini pengalaman saya sih