Barang yang Hilang dalam Pengiriman Ninja Xpress Tidak Dibayar oleh Lazada

Saya adalah seller di Lazada Indonesia, dengan nama toko VIOVASTORE dan ID: ID67XM7XNB. Saya berjualan di Lazada sudah 6 bulan dan belum pernah mengalami masalah yang rumit seperti ini. Barang saya yang hilang dalam pengiriman oleh Ninja Xpress tidak dibayarkan oleh Lazada. Padahal sudah ada pemberitahuan penggantian akan dibayarkan dan sudah masuk ke laporan keuangan.

Namun sejak bulan Februari 2022, pembayaran tidak kunjung dibayar dan tidak ada solusi sama sekali dari pihak Lazada untuk masalah ini. Walaupun sudah 3 bulan masalah ini berlangsung, pihak Lazada seperti cuek. Berikut ini kronologinya:

Tanggal 9 dan 12 Februari 2022, saya menerima email bahwa barang saya hilang dalam pengiriman. 24 jam kemudian, laporan keuangan atas barang saya yang hilang sudah muncul (klaim disetujui).

Tanggal 15 Februari 2022 yaitu hari pembayaran mingguan dari Lazada tiba. Namun saya kaget, karena pencairan dana saya dinyatakan gagal di aplikasi Lazada. Saya hanya disuruh menunggu 1×24 jam, karena tidak ada kendala dengan akun atau saldo toko saya. Jika belum ada uang dari PT ECART WEBPORTAL silakan chat ke PSC agent lagi.

Tanggal 16 Februari 2022, saya kembali tidak menerima pembayaran dari pihak Lazada. Kali ini saya chat ke agent PSC, jawabannya berbeda lagi dan suruh menunggu 3×24 jam. Sejak tanggal 16 Februari 2022, soal saldo toko saya tidak ada solusi dan tidak kunjung dibayarkan juga sampai sekarang tanggal 23 Mei 2022 .

Pada tanggal 17 Maret 2022, saya juga sempat menanyakan pada pihak ekspedisi yaitu Ninja Xpress. Mereka berkata bahwa klaim barang hilang sudah dibayarkan ke Lazada dan saya mendapatkan BAP RESMI yang menyatakan bahwa barang saya benar hilang oleh pihak Ninja Xpress.

Kepada pihak Lazada Indonesia, mohon segera membayarkan hak-hak saya di Lazada Indonesia. Karena uang penjual itu hak dari penjual itu sendiri, bukan pihak Lazada Indonesia. Jika tidak mau membayarkan, tolong kirimkan tanda terima atau kejelasan uang saya di kemanakan aliran dananya.

Terima kasih.

Rahmat Arif Khasah
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Lazada Indonesia:
[Total:56    Rata-Rata: 1.1/5]
Tanggapan Ninja Xpress atas Surat Pembaca Bapak Rahmat Arif Khasah

Jakarta, 06 Juni 2022 Kepada Yth. Bpk. Rahmat Arif Khasah di Jakarta Pusat Perihal: Penjelasan dan Pertanggungjawaban Paket Hilang Viovastore...
Baca Selengkapnya

57 komentar untuk “Barang yang Hilang dalam Pengiriman Ninja Xpress Tidak Dibayar oleh Lazada

  • 25 Mei 2022 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Laporkan ke polisi

    3
    3
    • 25 Mei 2022 - (16:11 WIB)
      Permalink

      susah bro 😎

  • 25 Mei 2022 - (16:11 WIB)
    Permalink

    jangan jualan di lazada kalo bisa yah gue juga kena 10jt gak dibayar dari agustus 2021 emang maling kakap itu

    • 26 Mei 2022 - (04:19 WIB)
      Permalink

      parah bener

    • 26 Mei 2022 - (17:09 WIB)
      Permalink

      lapor kk ke pengaduan konsumen biar kena blaklist itu lajanda

  • 25 Mei 2022 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama, sudah kirim surat tanggapan belum diterbitkan.
    Saya tertahan 26juta dari 6 mei 2022.
    Sudah email tiap hari ke lazada tidak ada jawaban, seminggu sekali ditelpon sama lazada baru diangkat kurang dari 1 menit sengaja diputus telepon secara sepihak.
    Perlakuan ke seller yg krja sama sama lazada kok diginiin banget, kayak dibuang terus duit kita ditahan gak bisa apa apa kita

    • 25 Mei 2022 - (16:41 WIB)
      Permalink

      kok serem sih kak dengernya 26 jutaaa

    • 25 Mei 2022 - (16:51 WIB)
      Permalink

      ada komunikasi sblm ditahan? kalo gak ada itu udah salah langkah dimata hukum tuh lazada

      • 25 Mei 2022 - (21:38 WIB)
        Permalink

        Email pemberitahuan penundaan pembayaran , samaa sprti cerita yang ditulis di surat konsumen ini.
        Bingung harus kemana, layanan psc cuma surat tunggu jawaban email, tiap hari di email gak dijawab

    • 25 Mei 2022 - (17:39 WIB)
      Permalink

      26 juta? kejar terus jangan mau di kadalin sama lazada MP paling buruk saya fikir

  • 25 Mei 2022 - (16:42 WIB)
    Permalink

    dulu pernah alamin saldo ketahan di shopee tapi gak sampe 1 minggu dibayar kok gak sampe berbulan2 dan emang toko saya di shopee di nonaktifkan tapi buat saldo mah dibayar , kalo saldo ditahan gak dibayar mah serem banget bisa ya begitu lazada?

  • 25 Mei 2022 - (16:48 WIB)
    Permalink

    logika nya kalo udah ada surat BAP harusnya itu udah tidak bisa dibantah kalo barang tersebut hilang, apalagi di atas saya baca pihak Ninjaxpress udah membayar ganti rugi paket seller ke lazada buat di bayarkan ke pihak seller , tapi aneh nya kenapa tidak diteruskan?uang sudah ada tapi tidak diteruskan menurut saya janggal sekali melihay banyak seller lazada yang uang nya ditahan bahkan sampai berbulan2 oleh lazada sungguh superior sekali power lazada sampai bisa menahan bahkan meng hak miliki uang para seller secara sepihak tanpa komunikasi terlebib dahulu harusnya ada pihak audit pemerintah masuk ke lazada ini mah

    • 25 Mei 2022 - (19:11 WIB)
      Permalink

      bener juga ane kerja di ekspedisi kalo udah ada BAP RESMI sih dh pasti ke klaim aplg ilang brg nye agak aneh si nh lazada

  • 25 Mei 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    mending ke shopee atau tokped kalo mau jadi seller uang gak bakalan ditahan lama kalo ada masalah paling lama 2×24 jam uang di bayarin kalo si lazadut mah emang kerjaan suka nahan uang seller ujungnya gak dibayar berbulan2 buat penulis sabar ya semoga lazada punya hati

    4
    1
  • 25 Mei 2022 - (19:10 WIB)
    Permalink

    kayaknyeee di media konsumen isi lazada duit nye pada ketahan semua gile juga lazqda berapa duit aje tuh di tilep

    • 26 Mei 2022 - (04:30 WIB)
      Permalink

      iya bang bener banget rata2 pada kena beginian masalah nya emang kampretooo ini 1😜

  • 25 Mei 2022 - (19:19 WIB)
    Permalink

    takusah heran sama lazada mereka memang terkenal suka ambil atau menahan uang penjual semau mereka sodara saya korban juga 800jt tidak dibayar sudah sebulan

    1
    1
    • 26 Mei 2022 - (04:31 WIB)
      Permalink

      cuma bisa geleng geleng aja baca nya saya

  • 25 Mei 2022 - (21:05 WIB)
    Permalink

    Saya ketahan 26juta udah mau sebulan gak ada respon, tiap hari email. Jumat kmrin sama hari ini ditelpon lazada lagi nyebutin nama langsung diputus telponnya, kayak sngaja nelpon hubungi tapi diputus biar ada laporan kalo udah hubungi sellernya kali ya, ketahuan banget sinya bagus mbak lazafa nya bilanv halo halo halo terus putus

    2
    1
    • 25 Mei 2022 - (21:11 WIB)
      Permalink

      Katanya yg udah cair itu yg rata rata udah nulis di media konsumen, yg punya masalah sama ayo bersatu disini spy managemen lazada turun tangan ngasih solusi buat kita

      2
      1
    • 26 Mei 2022 - (04:32 WIB)
      Permalink

      buat begini juga lah mas biar makin nyungsep toko online yg suka kantongin hak penjual

  • 25 Mei 2022 - (21:08 WIB)
    Permalink

    Saya chat di ding talk lazada seller club saja , tim nya lazada pada diem, sy japri bafu bilang gak bisa bantu kalau udah dinonaktifkan tokonya, live psc chat jg ngomong kalo toko sudah dinonakatifkan dia gak bisa akses ngecek ke tokonya, padahal sudah 2thn jualan di lazada sekali apes duit 26jt gak jelas stattusnya

    2
    2
  • 25 Mei 2022 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Lapor aja ke kemendag biar di tindak ini marketplace yang iklan suka muncul di saat streaming film ilegal haha makin jelek aja ini satu

  • 25 Mei 2022 - (23:03 WIB)
    Permalink

    sama persis sama gw begini juga baru kejadian minggu lalu ada brg gw ilang sama ekspedisi jne tapi gw dibilang penyalagunaan klaim gw aja gatau barang gw ilang kalo ga cek email gw mau klaim ke jne blg nya udh dibayar uang ganti rugi ke lazada anehnya gk cm uang brg ilang di tahan semua omset gw di tahan juga gw bingung mana itu uang hasil gw kerja sblmnya smw nya mau mati aja rasanya gw uang gw di tahan sama lazada

  • 25 Mei 2022 - (23:07 WIB)
    Permalink

    jualan tuh jangan di lazada banyak masalah nya cs sama manajemen nya bobrok semau nya aja cuma mikirin untung lazada doang seller dikorbanin emang bobrok itu lazada

  • 25 Mei 2022 - (23:13 WIB)
    Permalink

    lajada lagi lajada lagi gak seller gak buyer komplen trs iklan doang bejibun di tipi tapi dalemnya busukkk mimik

  • 25 Mei 2022 - (23:18 WIB)
    Permalink

    dari dlu gua paling anti sama lazada dan bener aja sekarang di facebook di twitter di media konsumen banyak seller yg kena uang nya ditahan bahkan diambil sama lazada untung aja gak jualan di lazada

    • 26 Mei 2022 - (04:33 WIB)
      Permalink

      sama saya beli sekali doang di lazada males sampe nya lama dan banyak denger banyak penipuan di lazada tapi baca baca yg seperti gini malqh lazada nya menipu kesanya haha

  • 26 Mei 2022 - (04:12 WIB)
    Permalink

    yang jadi pertanyaan banget uang seller yg ditahan itu kemana sih? kok kayanya kesanya memperkaya perusahaan ya? dianggap salah uang angus dan lucu nya juga liat postingan penulis dia udah dapat BAP loh padahal tapi kenapa gak di bayar oleh lazada? aneh banget. kecuali penulis klaim bodong atau emang ada barang nya di suatu tempat baru klaim gugur ini klaim udah dibayar juga sama ekspedisi dan dapat BAP cuma lazada aja gak mau bayar sih.

  • 26 Mei 2022 - (04:16 WIB)
    Permalink

    aku juga kak kena begini baru 2 minggu lalu aku kena penahanan dana oleh lazada sudah jalan 2 minggu belum dibayar juga malah terbaru akun saya dinonaktifkan tanpa sebab uang masih tertahan 900ribu di lazada mau komplain tidak bisa karena tidak ada nomor telepon untuk seller

  • 26 Mei 2022 - (04:22 WIB)
    Permalink

    perlu bantuan media nasional gak ya kak? kebetulan saya bekerja di salah satu media elektronik di jakarta kak, jika berkenan di muat dalam artikel di situs kami bisa info nomor hp yg aktif? karena saya sudah sering melihat kasus penahanan saldo penjual oleh pihak lazada, siapa tahu bisa memberi informasi kepada calon seller atau seller lain jika banyak/ada masalah seperti ini.

    • 26 Mei 2022 - (06:35 WIB)
      Permalink

      Boleh tuh kak masuk ke media nasional.. udah banyak yang terjadi seperti ini manatau bisa dibantu

    • 26 Mei 2022 - (07:28 WIB)
      Permalink

      Boleh pak sangat dibantu ini, 0812863377**

    • 26 Mei 2022 - (07:33 WIB)
      Permalink

      Saya seminggu sekali ditelpon lazada, seolah olah mungkin follow up dari keluhan pelaporan di lazada, pas sy angkat baru ditanyaain nama saya , sy baru jawab nama saya eh pihak lazada langsung kayak sinyalnya jelek kayak ‘halo’ ‘halo’ terus putus gtu telponnya, ketahuan banget unsur kesengajaannya. Saya ada buktinya kok

    • 26 Mei 2022 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Betul Bos…. Harus diViralkan kasus 2 Seperti ini… Kalau perlu ada bantuan hukum khusus buat korban2 e-commerce, baik korban dari sisi penjual maupun korban dari sisi pembeli,
      bawa ke pengadilan, minta ganti rugi, baik secara materiil maupun non materiil, biar ada efek jera bagi e-commerce yg kurang bertanggung jawab.

      3
      1
      • 26 Mei 2022 - (12:32 WIB)
        Permalink

        pasti banyak kerugian secara finansial penjual uang ditahan bagaimana mereka memutar penjualan mereka? modal saja di belokan ke rekening sendiri

  • 26 Mei 2022 - (04:25 WIB)
    Permalink

    Dari banyak nya matket place di indo kenapa harus jualan di lejada haha ini market gak karuan dari segi visual management bahkan cs pun gak karuan

  • 26 Mei 2022 - (12:30 WIB)
    Permalink

    yang punya kepentingan mana nih orang orang lazada? padahal kredibiltas perusahaan nya sedang di pertaruhkan nih kalo begini diam diam saja dan gak di selesaikan ya bakal buruk sekali kredibilitas nya di mediakonsumen saja rating perusahaan ini 1.1/5 hehe cukup miria padahal bilang marketplace besar di asia tenggara uang penjual saja banyak di belokan ke rekening perusahaan

  • 26 Mei 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Aq korban jga uang aq 650rb tidak dibayarkan dari bulan januari lalu setiap di tagih bilang cs cs lazada tdk bs diproses krna ada pelanggaran tp ditanya apa pelanggaran gk djwb malah order trs masuk ke toko aq ckup skli aja aq urusan sm lazada kapok bgt bahkan tmn2 aq mau buka di lazada aq larang krn suka tdk bayar uang pnjual

    • 26 Mei 2022 - (17:07 WIB)
      Permalink

      bnyk jga korban lajanda yh tapi kok ni pihak sna diam aja ya apa dah biasa

  • 26 Mei 2022 - (12:42 WIB)
    Permalink

    baru buka toko di lazada baru 2 minggu dan hari ini ada orderan masuk pertama kali nya tapi liat berita begini gak proses deh takut juga udah kirim barang. nanti malah gak dibayar, mendinh fokus di tokped ajalah jualanya.skip lazada

    • 26 Mei 2022 - (17:07 WIB)
      Permalink

      klo jual yg mehong mehong jgn kk mending di sopi aman drpd lajada

  • 26 Mei 2022 - (12:46 WIB)
    Permalink

    punya malu gak sih yg kerja di lazada?banyak pemberitaan kaya begini dan banyak yg gak selesai juga tapi masih iklan dimana2?tolong dong yg berkepentingan di boikot aja ini lazada meresahkan

  • 26 Mei 2022 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Kalau tokped ngasih pelayanan informasi kayak gini :
    Layanan Pengaduan Konsumen

    PT. Tokopedia

    Email : care@tokopedia.com

    Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga
    Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

    Whatsapp Ditjen PKTN: 0853 1111 1010

    Nah watsap ditjen PKTN yang dari tokped ini bisa juga gak sih dipakai untuk MP Lazada?

    • 26 Mei 2022 - (17:06 WIB)
      Permalink

      bisa bang setau sy melayani semua sik

  • 26 Mei 2022 - (16:52 WIB)
    Permalink

    baru juga saya kirim barang orderan dari lazada dan dikasih tau teman ada berita kaya gni aduh jadi takut uang ditahan juga

    otw ke ninja lagi dh tarik lagi brg nya mending g dikirim tp ga rugi mksh info nya ya bang

Barang yang Hilang dalam Pengiriman Ninja Xpress Tidak Dibayar oleh La…

oleh VIOVA STORE dibaca dalam: 1 menit
57