Surat Pembaca

Ongkos Kirim JNE dengan Paking Kayu Hingga Rp700.000 Lebih, Saya Sebagai Seller Shopee Dirugikan

Assalamualaikum wr. wb,

Perkenalkan saya Tono Sudartono, seller di salah satu marketplace (Shopee). Saya menjual produk elektronik laptop di Shopee. Izinkan saya menceritakan kasus yang saya alami, sebagai seller yang merasa dirugikan oleh pihak JNE. Adapun rinciannya sebagai berikut:

Nomor pesanan: 220428RQGPU35B
Waktu pesanan: 28 April 2022
Waktu selesai: 5 Mei 2022
Alamat pengiriman: Dasan Geres, Kab. Lombok Barat, Gerung, Nusa Tenggara Barat 83363
Menggunakan jasa kirim JNE, nomor resi: CM56775619127
Berat paket: +/- 5 Kg

Dalam kasus ini yang saya merasa dirugikan, karena saya dikenakan potongan untuk packing kayu sebesar Rp666.350. Padahal saya sudah bayar biaya packing kayu Rp50.000 + asuransi Rp18.000.

Biaya packing kayu dan asuransi

Total potongan yang saya alami yaitu: Rp666.350 + Rp50.000 + Rp18.000 = Rp734.350. Bukti terlampir.

Sebelumnya saya sudah telepon pihak JNE pusat. Namun dari CS JNE bilang saya suruh tanyakan ke pihak agen JNE tempat saya kirim barang. Saya pun sudah menanyakannya, tapi mereka bilang itu sudah dari pihak JNE-nya.

Pertanyaan saya, kenapa saya yang sudah bayar paking kayu Rp50.000 dan asuransi Rp18.000, tapi malah dipotong lagi oleh sistem dan itu tidak ada konfirmasi ke saya? Kalau saya tahu memang biayanya menjadi Rp666.350, lebih baik gak usah dikirim. Ini namanya bukan untung dong.

Demikian yang saya sampaikan. Saya mohon pertanggungjawabannya dari pihak JNE dan mohon untuk Media Konsumen, tolong bantu kasus saya ini.

Terima kasih.

Tono Sudartono
Pemalang, Jawa Tengah


Catatan redaksi (diperbarui 1/6/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Tono Sudartono

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen.com pada tanggal 26 Mei 2022 berjudul “Ongkos Kirim JNE dengan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • gila, kaya,nya di paking pake kayu jati belanda yg di baut pake baut roofing baja carbin itu ..... tidak lupa paking nya di ukir pake ukiran jepara dan di di pres lem anti air laut dalam ??

  • Kalau penjualan anda banyak atau toko besar dan punya karyawan, alangkah baiknya anda packing kayu sendiri. Biayanya jauh lebih murah, tidak sampai 50rb. Dan anda bisa hitung sendiri beratnya. Yg anda butuhkan cuma papan kayu sengon per lembarnya paling 25k, tergantung ukuran, gergaji dan paku. Kl anda pakcing sendiri tidak bakal dipalak sma jne.

  • Gw pernah 1x karena itu masuknya JNE Cargo, klau bisa di matikan. Lalu hub pihak jne yg d drop.
    Atau harus hub tiap hari k CS jne dan minta nomer tiket pelaporan nya. Biar ada history nya
    Semoga membantu

  • Halo kak saya jga mengalami hal yg sama tetapi posisi saya disini adalah buyer seminggu yg lalu saya beli tv di mi store dengan berat kotor 9kg di keterangan kardus tpi setelah saya masukan ke jne cargo menjadi 30kg. Sesampai di drop point terdekat pun mereka minta saya untuk mengambil barangnya dengan alasan tidak ada kendaraan. Jdi apakah fitur cargo nya hanya omong kosong? Padahal ongkirnya jauh lebih mahal cargo dripada reguler

  • Sistem cashless memang canggih semua transaksi menggunakan sistem tidak menggunakan uang tunai lagi tapi kekurangannya untuk selisih dimensi, berat, dan biaya biaya yang tidak terduga tidak dapat dikondisikan karena harus berdasarkan sistem

  • Seperti yg udah sering dibilang, jangan jualan di shopee.. Jd buyer aja di shopee mah

  • Saya penjual di shopee dan toped, kalau ada pembeli yg minta packing kayu, saya akan men Charge tambahan biaya (atas persetujuan pembeli) dengan rincian (biaya packing kayu + ongkir tambahan)

    *Ongkir tambahan di hitung dari tarif selisih berat (tanya ke agen berapa biaya nya atau cek di web atau app JNE)

    Jadi pembeli bayar tambahan biaya tersebut langsung ke penjual. Karena kalau ada selisih berat pasti di sistem akan otomatis di charge biaya ongkir tambahan tersebut dengan mengurangi dana pendapatan penjual.

    Kalau sudah ada biaya tambahan yg di bayarkan oleh pembeli ke penjual, penjual tidak perlu khawatir kalau dana nya di potong oleh sistem shopee dan toped. Karena sudah sesuai dengan yg biaya tambahan yg di tf manual ke penjual.

    Betul kata teman-teman diatas, TS coba tanyakan dengan detail ke Agen Lippo Karawaci perihal selisih berat yg di cantumkan di form "BERITA ACARA KETIDAKSESUAIAN KIRIMAN CASHLESS"

    Fyi, Hitung dimensi tambahan packing kayu dan berat aktual itu ada 2
    1. Penambahan berat packing kayu (biaya packing kayu mulai dari 10rb - 110rb)
    P+12 x L+12 x T+12

    2. Berat Aktual (ini biasanya yg jadi acuan saya untuk biaya tambahan ongkir dikurangi dengan biaya ongkir yg sudah dibayarkan oleh pembeli)
    P+13 x L+5 x T+5 : 6000

    Lagi pula dus laptop kan ga besar, masa biaya packing kayu nya (50rb) sama seperti volum dus tv 32inch

    Berat aktual 22kg saja, biaya packing kayu nya cuma di charge 40rb sama Agen lngganan saya

    Cari agen lain saja TS, cari agen yg sudah paham perhitungan packing kayu dan berat aktual dan penginputan data di sistem JNE nya

  • Hai ka selamat sore,sebelumnya saya berterimakasih kepada Teman-teman yang sudah berkomentar dan saya juga berterimakasih kepada pihak Shopee dan juga Pihak JNE yang sudah membantu menyelesaikan masalah ini hingga selesai. Dengan ini saya menyampaikan Klarifikasi untuk Malasah saya yang berjudul "Ongkos Kirim JNE dengan Paking Kayu Hingga Rp700.000 Lebih, Saya Sebagai Seller Shopee Dirugikan" ini saya nyatakan ditutup Karna dari Pihak JNE sudah mengganti Rugi dari selisih ongkir tersebut dan Dana pun sudah Kami Terima Sebesar Rp.342,250 . Saran dari saya kedepan nya Tidak ada lagi kasus seperti ini yang merugikan salah satu Pihak Khusus nya seller ,
    Terimakasih
    Salam
    Tono Sudartono