Surat Pembaca

Kebijakan Aneh Shopee terkait Limit Pengguna SPayLater dan SPinjam

Dear Media Konsumen,

Saya adalah salah satu pengguna Shopee. Saya juga menggunakan fasilitas SPayLater dan SPinjam, dengan pembayaran yang tertib. Bahkan ada beberapa kali saya juga membayar untuk tagihan bulan berikutnya, sehingga saya dapat kenaikan limit untuk SPayLater dan SPinjam saya.

Namun ada satu waktu, saat saya terkendala dalam melakukan pembayaran cicilan SPayLater dan SPinjam saya, dikarenakan ada kebutuhan mendadak yang sangat darurat. Sehingga saya terpaksa menunda pembayaran cicilan SPayLater dan SPinjam saya selama sebulan. Hanya sekali penundaan. Namun yang saya alami saat itu adalah, saya dihubungi via telepon berkali-kali oleh petugas Shopee. Dari yang awalnya masih dengan cara sopan, hingga akhirnya ada petugas yang merendahkan saya, seolah-olah saya adalah pengguna yang selalu menunggak.

Sampai akhirnya, saya bisa membayar kembali cicilan yang sempat tertunda. Namun yang jadi pertanyaan adalah, kenapa limit saya tiba-tiba berubah dan menjadi minus pada SPinjam saya? Sementara kredit saya sebelum-sebelumnya itu masih bagus.

Ini yang saya tidak mengerti, kenapa limit saya menjadi minus? Padahal saya sudah membayar sebelum jatuh temponya.
Tagihan SPayLater saya. Bisa dilihat bahwa untuk bulan ini saya sudah tidak punya tagihan.

Saya sudah mencoba untuk berkomunikasi dengan customer service di aplikasi Shopee. Namun hingga saat ini limit saya belum juga berubah. Sedangkan sesuai dengan keterangan customer service via telepon, bahwa saya harus menunggu 1×24 jam untuk limit Shopee saya. Namun sampai sekarang belum ada perubahan. Setiap saya coba hubungi via chat, selalu diberikan jawaban yang tidak pasti.

Saya butuh penjelasan yang logis untuk ini. Karena riwayat pembayaran saya sebelum-sebelumnya itu cukup bagus, tolong diperiksa lagi. Jangan memberikan jawaban yang menggantung kepada pihak user seperti ini. Senua bukti saya lampirkan, supaya jelas terlihat betapa anehnya kebijakan Shopee ini.

Terima kasih.

Nuraini Utami
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • orang2 ini pd gak tidur kh? dini hari pd banyak yg komen. Saya loh br bangun..??

  • Bagus donk kalo jadi minus limit nya
    Besok kalo di pinjemin lagi bisa2 malah ga di bayar...wahahahaha
    Peribahasa gara2 nila setitik rusak susu se belanga cocok mba buat anda
    System kredit koq di lawan dengan keluh kesah
    Tanpa sadar secara tidak langsung anda malah mempermalukan diri sendiri dengan tulisan anda ini
    Kredit di platform apapun mau bank,bpr,koperasi atau pinjol kalo telat 1hari aja bayar nya udah game over di slik ojk anda

    • Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen. :)

      Mohon bijak dalam memberikan komentar. Mari berdiskusi dengan saling menghargai. :)

      Saya mempermalukan diri sendiri? Saya tidak mencari justifikasi lho... kan saya udah sebutin berkali-kali, saya tidak mencari justifikasi.... tidak mencari pembenaran. tapi kenapa saya malah dihina dan direndahkan ya?
      Mohon budayakan membaca dengan baik-baik ya :)

  • Saya pikir ga ada gunanya mengeluh juga sih, karena bkn sistem shopee yg aneh, tp emang begitu dimana mana.. Gagal bayar maka akan lgs waspada aplikasi/sistem/lembaga lender.. Sy paham hidup ini nano nano.. Ga selalu dlm 1 th kita punya uang untuk membayar cicilan. Tp like it or not.. Problem dimulai ketika kita gagal bayar, WALAUPUN CUMA 1X DAN WALAUPUN KITA SEBELUMNYA BAGUS.. Karena dr semua tulisan penulis yg jd keluhan ya 2 hal ini kalo sy tangkap.. Seharusnya penulis mengutamakan bayar biarpun se urgent apapun, karena dari jawaban penulis ada kata kata " Minjam dr bank susah" Yg berarti penulis ga bankable.. Alias bkn data yg kredibel untuk debitur bank. Mengingat hal di atas harusnya dijaga di shopee karena kalo yg dari sy liat lifeline ya spaylater dan spinjam ini. Itu aja sih. Semoga jd pengalaman ke depannya. Karena mau teriak kyk gimanapun di media konsumen, kebijakan lender dr aplikasi/perusahaan manapun ya mirip2 kayak gini. Malah shopee sebenernya termasuk yg bagus loh. Penulis aja mengakui dari yg sopen nagihnya sampe merendahkan.. Note:klo ga mau direndah jgn sampe telat bayar, aplikasi peminjam bkn temen/sohib, ga bayar dikejar. Itu aja titik

    • Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen lho mas :)

      Mohon untuk lebih bijak dalam menanggapi suatu hal ya :)
      Jika tau hidup ini nano nano, berarti juga paham atuh bahwa setiap manusia itu berbeda-beda cobaan dalam hidupnya serta keadaan keuangan dalam hidupnya.

      Nah, yang jadi point nya adalah sikap saling menghargai dalam hidup, tidak harus menghakimi/menjustifikasi tanpa tau realita sebenarnya ya :)

      • Emang paling pinter dah kalo ngomongin HAK.. Jangan lupa ada yang Namanya KEWAJIBAN ya.. Mbaknya sudah melaksanakan semua KEWAJIBANNYA sebagai debitur belum?

        Belum tahu realitanya? Bukannya mbaknya ga bayar cicilan ya hingga terjadi hal seperti ini? Realita apa lagi?

        Saya balikin " Mohon lebih bijak dalam mengambil keputusan, baik ketika akan berhutang maupun secara sadar mengambil keputusan untuk wanprestasi, pinjol legal/ilegal bukan bestie mbaknya.. "Oh kita dah kenal lama, track record bagus.. Ga bayar sekali gpp, kalem aja.. Ga bayar 2x juga gpp, apa itu yg mbaknya harapkan dari lembaga/aplikasi pinjaman?" Haha

        • Mohon untuk dibaca baik-baik ya surat pembaca saya :)

          Supaya tidak terjadi lagi salah paham sehingga langsung menjustifikasi tanpa baca lagi secara keseluruhan isi surat saya dengan kalimat yang merendahkan :)

          Saling menghargai aja gk perlu bayar kok. Itu udah cukup. Ini kan surat pembaca, "Hak konsumen untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, dijamin oleh Pasal 4 d Undang-Undang Perlindungan Konsumen."

          :)

          • Merendahkan? Siapa saya? Bukannya mbaknya sendiri yg melakukan itu ke diri sendiri dengan berhutang dan tidak membayar?

            Media konsumen :
            1. Sudah lunas tp ditagih terus
            2. Beli barang, barangnya ga dikirim tp cicilan pembelian barangnya ditagihkan.
            3. Menjebak dengan mentransfer lgs DANA ke rekening lalu dipaksa bayar tagihan
            Dan yang lainnya..

            Media konsunen Hari ini:
            1. Kaga dipaksa ngutang, minjem dan dengan sadar ga bayar cicilan, perusahaan ambil tindakan antisipasi sesuai SOP mereka, bikin diary mewek sambil ngarep limitnya dibuka supaya bisa ngutang lagi

            Wkwkwkwk

          • Dear mas Tonny,

            Mohon untuk budayakan membaca dengan baik-baik surat pembaca saya ya?
            Anda memangnya pemilik Media Konsumen ini kah? Setiap surat pembaca itu direvisi dulu lho mas sebelum dipublish oleh Media Konsumen. Jadi kalo memang surat saya tidak pantas, ya mereka nggak akan publish dong mas.
            Dan mas bilang saya bikin diary mewek minta limit dikembalikan? Wah, justifikasi sekali lho mas, hati-hati :)

            Mohon untuk lebih bijak lagi ya mas dalam menanggapi suatu hal :)
            Terima kasih

          • oiya, kok mas tonny ini bisa bicara seolah-olah paling tau ya... apa jangan2 ada identitas terselubung kah?
            coba baca lagi ya mas.... apakah saya ada statement yang menyebutkan begitu? kayaknya nggak ada deh... saya cuma minta penjelasan yang masuk akal mengenai limit saya... sesimple itu kok

  • lembaga peminjaman yang sudah terdaftar di ojk biasanya sudah terhubung dengan semua layanan pinjaman dan berkaitan dengan skor kredit, saya lihat juga beberapa temen berkomentar tentang slik. kemungkinan karena keterlambatan pembayaran sebelumnya data ibu masuk data slik dan skor kredit ibu menurun atau juga kemungkinan ibu ada keterlambatan lain di lembaga peminjaman lain. saya pun tidak begitu paham dan mengerti dan juga tidak punya solusi yang tepat, menurut saya ikuti saran dari cs nya tunggu peninjauan dari spaylater dan perbaiki data ibu terkait skor kredit dan data slik ibu.

    • terima kasih banyak ya mas agung untuk komentar dan infonya. kalau keterlambatan di lembaga peminjaman lain, alhamdulillah sih nggak ada mas.

      saya akan tunggu respon dari Shopee mengenai hal ini.

      terima kasih ya mas agung :)

  • Sekarang ini banyak yang gagal bayar alias tidak mau bayar jadi shopee mungkin lebih ketat. Coba saja cek grup fb galbay banyak sekali kasus pinjam di spinjam ga bayar

    • :(
      seandainya shopee bisa kasih saya alasan yang masuk akal, pasti saya juga gk akan sampai meluas begini.

  • Klo gak mau di hina, gak usah ngutang intiny itu aja, simple, orang hutang itu hina Dina, orang berhutang itu gak punya duit, klo punya duit gak akan ngutang,
    2 prinsip yg ada Kebutuhan vs Keinginan

    • hati-hati lho.... hidup itu ada etikanya lho :)
      indonesia juga punya hutang ratusan bahkan sampe trilyunan ke negara lain, tapi kalo Indonesia dihina, seluruh warga negara Indonesia bertindak kan? nah, ada etika lho dalam berkomunikasi. saling menghargai aja itu cukup kok :)

  • inget riba.
    dosa nya itu loh.

    lebih baik cepat dilunasi dan jangan pernah digunakan lagi.

    dan jangan nyoba2 lagi ambil paylater atau pinjaman di tempat lain.

    • :)
      terima kasih. seandainya yang udah mendzalimi saya bisa liat kondisi aslinya saya. kemudian merasakan sendiri menjadi saya. kira2 apa masih bisa ngedzalimin saya ya mas burhan junaedi?

  • Kondisi seperti ini pernah saya alami, biasa pemakaian limit di atas 80%
    jadi limit kita di turun in sampe 0-20% dari limit asli kita
    Pernah saya coba lunaskan, limitnya malah bertambah dari yg asal.
    Sampai skrg msh saya gunakan spaylater, untuk tagihan bulanan PLN, pascabayar,bpjs dan lain2 soalny cashbackny lumayan
    semoga bermanfaat..

    • wah, alhamdulillah untuk komentarnya mas/mbak Eidos....
      cukup informatif banget buat saya. semoga saya bisa dapat alasan yang masuk akal terkait limit saya.
      nah, itu juga yang kadang saya liat mas/mbak Eidos, cashbacknya itu lho yang jujur bisa meringankan pengeluaran :)
      Makasih ya mas/mbak Eidos :)

  • Mau curhat macem gini, walau bilang cuma sekali telat atau apalah, pasti bakal disalahin sama orang" yg komen di sini mba. Dan omongannya pun rata" sama "jauhi hutang, jauhi pinjol blablabla"
    Padahal minjem ke pinjol juga krn sodara atau kenalan ga ada yg minjemin sedangkan sikon uda urgent.
    Dan yg komen jahat juga kynya banyak yg krjanya emang DC nih

    • alhamdulillah.... makasih banget mas/mbak Juni atas pengertiannya...
      yang pada komen jahat coba kalo dalam kondisi dan situasi yang sama seperti saya... kira2 apa yang akan mereka lakukan ya... dan komentar mas/mbak Eidos juga bilang bahwa dia tetep pake SPayLater untuk bayar tagihan2 karna cashbacknya lumayan... sementara yang jahat pada komentar suruh jauhi lah dll bahkan ada yang sampe merendahkan saya, bilang saya bebal bahkan mengina saya, suruh jual otak kalo gk kepake. padahal ada undang-undang ITE. Toh sayapun menuliskan surat pembaca bukan bertujuan untuk menghina/merendahkan pihak lain, jika mereka yang jahat itu bisa baca full surat pembaca yang saya post.

      makasih ya mas/mbak Juni atas pengertiannya

    • Dear mas/mbak Juni,
      Masih banyak aja ya yang komen jahat ke saya :(
      Mungkin emang bener kali ya beberapa adalah DC

      • Sistemnya memang seperti itu mba.
        Anda harus membayar semua kewajiban mba tepat waktu. Ketika anda tidak menepati kewajiban anda, maka komsekuensinya seperti yg anda alami.
        Kalau perihal kredit anda sebelumnya lancar itu memang kewajiban anda untuk seperti itu.
        Apalagi ini penundaannya sebulan ya pasti dikenakan konsekuensi sesuai kebijakan shopee.

        Dan info juga, kredit anda juga rerhubung dengan lembaga prekreditan legal yg lainnya. Jadi kelihatan anda sebelumnya tepat waktu mengikuti kebijakan, dan terkahir anda tidak mengikuti kebijakan, yaitu telat bayar 1 bulan.

        Kalau Anda mengatakan kebaikan 1 tahun terhapuskan karena 1 kenadian. Ya begitulah sistem bekerja salah ya salah. Benar ya benar.
        Dan harusnya itu juga sudah ada di term n condition spinjam sebelum anda mengaktifkan fiturnya. Begitu mba

        Saran saya, kalau memang shopee kembali mereset limitnya, usahakan bayar tepat waktu.
        Kalau memang ada kemungkinan tidak bisa bayar tepat waktu, ekspektasikan diri anda akan menrima konsekuensi seperti ini.

        Kalau tidak suka dengan kebijakan yg aneh ini. Gunakan platform lain.

        Terimakasih.

        • budayakan membaca dengan seksama ya supaya gk salah paham lagi. udah saya jelasin juga dengan panjang kali lebar kali luas di komen paling bawah lho... kalo saya jelasin disini, saya capek ngetiknya... budayakan membaca ya? :)

          jadi budayakan membaca, menyimak dulu supaya paham ya? :)
          cheers!

  • Ya gimana lagi...udah sistemnya begitu
    Klo dibalikin ya syukur..gag dibalikin yasudah
    Ato mau pake spaylater gw aja...limitnya 750k
    Wkwkwkwk