Surat Pembaca

Pengajuan Tambah Daya Listrik via Aplikasi PLN Mobile, Berbeda Syarat dan Ketentuannya dengan Kantor Cabang

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua. Saya ingin menyampaikan keluhan terhadap PLN terutama PLN Telanaipura, dimana saya sebagai konsumen merasa dirugikan haknya. Berikut ini kronologinya:

Saya mengajukan naik daya dengan menggunakan voucher pembelian kompor induksi, dari 2.200 VA ke 7.700 VA. Dimana di voucher tersebut tertera tulisan “Khusus pelanggan PLN Tegangan Rendah sampai 11.000 melalui aplikasi PLN Mobile”

Kemudian saya mengikuti semua langkah-langkah yang ada di aplikasi, hingga membayar sampai selesai.

Kemudian saya dihubungi oleh pihak yang mengaku dari PLN dengan nomor telepon +6281218171355 tanggal 24 Mei 2022 pukul 14:52. Melalui telepon tersebut saya diberitahu bahwa tidak bisa menaikkan daya dari 2.200 ke 7.700, maksimal 5500 VA.

Tentu saya keberatan karena di voucher ditulis bisa sampai 11.000 VA, kenapa 7.700 saja tidak bisa? Terus saya tanya voucher saya gimana jadinya kalau pengajuan yang ini dibatalkan untuk diubah ke 5.500? Petugas tersebut bilang bahwa voucher akan hangus. Saya tambah keberatan, masa saya harus beli kompor lagi untuk kesalahan yang disebabkan oleh PLN sendiri?

Saya melaporkan hal ini ke twitter PLN @PLN_123, kemudian dibuatkan nomor laporan
K5422052700170, yang dibuatkan lagi laporan pada aplikasi PLN Mobile. Namun dalam beberapa menit kemudian, laporan tersebut diselesaikan tanpa dihubungi oleh petugas PLN.

Keesokan harinya saya membuat laporan lagi ke twitter PLN, dengan kronologi yang sama. Namun tetap hanya dibuatkan laporan pada aplikasi PLN Mobile lagi di nomor laporan K5422062803655 yang pada akhirnya saya dihubungi kembali via WA oleh nomor +6281218171355 dengan percakapan sebagai berikut:
Namun ketika saya tanya apabila voucher saya hangus, apa kompensasi yang saya terima dari PLN?, petugas tidak membalas lagi.

Saya harap saya bisa menaikkan daya sesuai ketentuan dan syarat yang berlaku saja. Apabila memang tidak bisa sampai 7.700 VA, minimal saya diberi kompensasi voucher naik daya lagi untuk pengajuan ulang naik daya ke 5.500 VA.

Kepada pihak Media Konsumen, terima kasih sudah memuat keluhan saya.

Junaidi
Kota Jambi, Jambi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • klo gak salah daya 7.700 atau 11.000 gak semua wilayah bisa Om karena rentan mengganggu jaringan listrik di sekitarnya. CMIIIW

  • Akhirnya saya diberi solusi yaitu, disuruh melakukan resistusi dengan jaminan nantinya voucher akan dapat digunakan untuk pengajuan lagi, namun hingga saat ini status pengajuan naik daya pada aplikasi PLN Mobile masih diproses, belum dibatalkan.

    • Ikuti yang di aplikasi pln123. Takutnya yg menghubungi oknum PLN.
      Lanjutkan saja call pln123 di aplikasi dan tunggu status yg di aplikasi.

      Kadang oknum yg nakal.saya urus pasang baru saja kabel item SR harus beli. Dan belinya ke petugas yg pasang.

      Saya yakin PLN BUMN yg paling bagus layanannya.

      • Percuma juga kak, saya udah berkali2 lapor via twitter pln123 juga hanya dibuatkan laporan yang di aplikasinya baru beberapa menit langsung diselesaikan padahal masalah nya selesai aja belum. Udah sampai males mau lapor terus.

  • @pln seharusnya yg jelas terkait info tentang batasan tambah daya kalau dibatasi sampai 5500 VA yaa jangan di infokan bisa 11000 VA secara nasional. Dan apabila ada batasan tambah daya tiap region / daerah yaa infokanlah dg jelas sehingga tidak timbul masalah ketika masyarakat menambah daya listriknya. trims.

  • Mungkin PLN belum edukasi, untuk daya listrik diatas 5.500 VA dikhususkan untuk pelanggan listrik 3 phasa dan untuk pelanggan listrik 1 phasa memang maksimal 5.500 VA
    ga kebayang kalau pelanggan harus bongkar instalasi listrik rumah jika pelanggan memaksakan menaikan daya diatas 5.500 VA jika ukuran kabel dirumah masih standar 2.5mm

    btw itu pakai listrik subsidi B1 ya. semoga peruntukannya sesuai, soalnya nanti saat survey kalau tidak sesuai auto dirubah ke R1 yang tarifnya lebih mahal per KWH ??

    • Mohon info lebih lanjut bukan kah B1 adalah skala untuk bisnis? kalau R1 bukan nya Rumah Tangga? Ini makanya saya mau ubah dari B1 ke B2 agar sesuai peruntukannya kak

  • Saran saya minta di buatkan yg 5500 saja pa kalo memang batasnya 5500, ,
    Mungkin bisa di coba membuat laporan lagi isinya ganti k 5500 klo g bs 7700.
    Harusnya sih bisa flexible dari pihak PLN, tp kn berhubung bapak belum mnta yg daya 5500 akhirnya layanan sebelumnya ga bs di lanjutkan.krna mungkin di sangkanya cuma mau yg 7700 aja.

    • Beberapa hari yang lalu saya sudah dihubungi oleh pihak pln via WA, disuruh untuk melakukan resistusi dengan cara pergi ke kantor nya, dan hari ini (31/05) sudah saya ajukan resistusi, namun harus menunggu hasilnya selama paling cepat 30 hari kerja atau pada umum nya 100 hari kerja, setelah itu baru bisa mengajukan ulang untuk naik daya ke 5500va. Sangat kecewa saya sebenarnya untuk proses seperti ini bisa memakan waktu selama itu, tapi apaboleh buat hanya bisa menunggu.

  • Saya pun seperti itu pak, mau naik daya jadi 11.000 malah disuruh turun ke 10.600
    Disuruh nunggu udah mau 1 bulan.
    Belum ada realisasi lagi.
    Dan katanya ada biaya tambahan lagi.
    Jadi agak aneh voucher nya.
    Niat mau hemat ga bisa juga ternyata.