Surat Pembaca

Akun Shopee Dibatasi karena SPayLater Saya Tersambung dengan Akun Orang Tidak Dikenal

Salam, saya pengguna Shopee yang sudah cukup lama, baik sebagai pembeli maupun penjual. Saya pernah beberapa kali menggunakan Shopee SPayLater dan tidak pernah satu kali pun telat membayar tagihan secara penuh. Pada akhirnya saya berhenti menggunakan, karena saya sudah membaca banyak kejadian oleh pengguna Shopee lain di Media Konsumen ini. Ditambah, biaya-biaya tambahan lain yang hanya menambah pengeluaran saya kalau menggunakan layanan tersebut.

Saya tidak pernah ada masalah dengan Shopee sebagai pengguna, walaupun pernah 1x punya pengalaman buruk sebagai penjual, tapi itu sudah lewat dan saya ikhlaskan. Sekarang muncul masalah baru setelah beberapa tahun dari masalah terakhir, dimana akun saya dibatasi dengan alasan adanya tagihan SPayLater yang belum saya bayar.

Jelas saya komplain, karena tidak masuk akal. Bagaimana bisa ada tagihan kalau saya tidak pakai Shopee SPayLater sama sekali? Jawaban mereka kali ini, karena ada pengguna dengan nama Wil***** Alex***** Nainggolan mempunyai tagihan dan akun SPayLater dia terhubung dengan nama saya.

Heran, saya tidak pernah kenal nama orang tersebut, punya kenalan dengan nama belakang Nainggolan saja tidak. Dari nama tersebut sudah jelas beda dari nama asli saya. Namun pihak Shopee memaksa saya untuk lakukan pelunasan dengan kirim bukti pelunasannya agar akun saya dilepas dari perbatasan ini.

  1. Ini jelas blackmail, perilaku buruk dari pihak Shopee. Karena saya tidak punya tanggung jawab atas hutang yang dilakukan oleh orang lain, apalagi orang yang tidak dikenal. Mau sampai kapan pun juga, akun saya akan terus dibatasi karena saya tidak kenal orang tersebut. Jadi pelunasan tidak mungkin terjadi dari pihak saya.
  2. Apa memang bisa orang tidak dikenal dengan sembarangan menyambungkan akun SPayLater-nya dengan orang tidak dikenal lain? Karena itu jelas sudah masuk kategori “Identity Theft“.
  3. Saya sudah kirim bukti Kartu Keluarga dan tidak ada satu pun orang dengan nama tersebut.

Tolong kepada pihak Shopee diselidiki ulang. Aalau ada yang berhutang kepada Anda, Anda yang tagih sendiri. Tidak perlu manipulasi orang lain untuk melakukan kerjaan kotor kalian.

Ryo Osari
Jakarta Timur


Update (7 Juni 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Baru tau paylater shopee bisa dihubung hubungkan ke orang lain??? Bagaimana caranya tuh

    • Kalo di aku ke hack kak trs nomor yang terdaftar di shopee itu sudah diganti dan email saya yang terdaftar di shopee itu sudah tidak terhubung ke saya sedangkan saya masih ada tagihan tetapi waktu saya cek lewat email buat liat berapa tagihan nya, ternyata banyak sampe hampir 3 JT padahal saya gak pernah beli dengan nominal sebesar itu trs kalo udah kaya gini yang harus bayar siapa? Apakah saya juga, pihak shopee sudah dihubungi juga malah bikin nambah pusing soalnya di bulet bulet in bikin bingung😭 Tolong yang bisa bantu

  • bingung....
    1.jadi limit bos dipakai sama orang lain???
    atau tidak ada hubungan sama limit bos yg tetap utuh?

    2.atau nainggolan pake limit spaylater dia sendiri, karena tidak bayar.
    shopee tagih sama bos? dengan alasan kerabat?

    • Nomor 2 bos. Nainggolan pakai sendiri, tidak bayar dan ditagih ke saya. Saya sama sekali ngga kenal orangnya juga, punya kenalan nama belakang Nainggolan saja tidak, apalagi diklaim sebagai kerabat, jelas ngga masuk akal dong.

      Limit saya tidak tersentuh sama sekali, SPayLater saya sudah cukup lama ngga saya pakai.

      • halo bang, apa saya boleh menjadikan abang sebagai sample wawancara untuk penelitian saya ? karena saya sedang meneliti kasus ini bang. semoga partisipasi abang dapat membantu penelitian saya serta ada solusi untuk permasalahan terkait ini.

    • Sepertinya Shopee sudah mulai aneh-aneh nih? Sebaiknya kita harus waspada guys...kyknya harus disconnect auto payment Bank ini sih

  • Hahaha sama dong kaya saya,udah gitu ga bisa masuk kan akunnya,ngapain pusing2 ga usah di bayar lah bukan kesalahan kita kok,mau sidang juga menang kok,saya aja menang di persidangan,akun dengan nomer ponsel 0882127918** dan akun istri saya dengan nomer ponsel 0822999383** ga bisa akses

  • Setau saya dari kasus2 sebelumnya, kasus ini bisa terjadi kalo ada yg pinjam dalam 1 KK, jadi misal adik/kakak, ibu/ayah
    Lah ini saya baru tau kalo misal kerabat juga, parah banget ini shopee, uninstall rame2 ajalah kalo kek gini, ga ada keamanannya sama sekali

    • Masih untung kalau kerabat karena ada orang yang bisa saya tegur. Lah, ini orang tidak dikenal sama sekali.

      • Biarpun kenal, kenapa yg g punya urusan yg kena getah ya, Harusnya tagih ke yg punya hutang, klo pun di jadikan kontak darurat, pihak shopee harus konfirmasi jg ke nomer yg punya, untuk mastiin kebenaran apakah kenal atau tidak, klo main save ajah, brarti dr shopee jg salah
        Aneh ini shoppe, apa sdh mau bangkrut kebanyakan bakar duit, atau para investornya sdh cabut, jd main blokir2 saja...
        Pantes voucher2 promo sdh pada ga ada...

  • Harusnya bersyukur limit paylater dikurangi bahkan diblokir sekalipun, jadi bisa terhindar dari kebiasaan berhutang. Saya tiap hari ditawari paylater dari berbagai aplikasi termasuk tawaran dari pinjol sedikitpun tidak tertarik.

    • Ini bukan SPayLater yang dikurangi atau diblokir tapi seluruh akun Shopee dibatasi. Soal berhutang, memang saya sudah ngga sentuh paylater karena tidak suka menggunakan sistem hutang kalau saya bisa langsung bayar penuh

      • berarti tdk usah pake shoppee.beres y kak..udah ada niat baek shopee untuk memberikan solusi setelah masuk media konsumen?

    • Baca baik² atuh, yg dimasalahin bukan dikuranginya limir paylatet, tp diblokirnya akun karena hutang org lian??

  • Kalau terhubung krn data kependudukan, berarti memang data kependudukannya yg kacau. Tp kemungkinan besarnya nomer hp anda dijadikan kontak darurat sama itu si nainggolan. Meski anda tidak kenal.

  • Kok bisa gitu? Wah aneh nih.. mana spaylater saya tuh juga udah ngga pernah dipakai. Spinjam juga. Karna saya 1 prinsip. Ngga suka ngutang kalau emg mampu bayar cash. Tapi limit saya dinaikin trs sama pihak shopee, pdhl ga kepake. Udah jd 5jt an.. bahaya dong ya kalau ng link ke orang..
    1 KK wajar. Lah kalau kerabat? Gila.. kan ngga hapal juga kerabat dari jauuuh bgt. Ngatur silsilahnya gmn tuh sistem shopee? Bahaya. Bisa di downgrade ngga sih? Biar dimatiin aja giti spaylatter nya..

  • Semenjak kasus kebocoran data shopee beberapa bulan yg lalu, kasus kayak gini bakal sering kejadian.

    Ini murni karena manipulasi data yg udah dicuri bbrp waktu yg lalu.

    Yang cukup disayangkan fihak penagihan shopee harusnya menghubungi yg ngutang si nainggolan" Itu, dan kalau pemilik akun sudah melampirkan data" Yg membuktikan kalau ybs tidak ada hubungan apa apa dengan yg ngutang, ya harusnya ada jalan tengahnya, bukan dengan cara membebankan tagihan secara sefihak gini

    • Sudah saya aja udah geli sm shopee, akun saya juga dibatasi karena ada data yang tidak sesuai katanya, aneh kan? Data drmn yg tidak sesuai coba? Apalagi akun istri tiba-tiba main di blok padahal masih ada saldo shopeepay, dan hutang spaylater pun sudah lunas, aneh memang shopee ini, sumpah kesel banget liat kasus - kasus shopee pengen nyumpahin aja rasanya.