Surat Pembaca

Kecewa, Alfamart Tidak Mau Mengirim Pesanan Online Alfagift yang Berjarak 6,2 KM

Halo. Saya bisa dikatakan sudah cukup langganan untuk belanja online di Alfamart, melalui aplikasi Alfagift. Pada pembaruan aplikasi versi terbaru 4.10.0, Alfagift sedikit ada perubahan saat kita belanja online. Kalau dulu, kita mengisi alamat manual seperti provinsi, kabupaten, kecamatan dan kelurahan. Namun setelah update, pengisian alamat hanya menggunakan titik maps yang sudah ditentukan saja, dengan ditambah fitur detail.

Kemudian saya melakukan belanja online seperti biasanya. Karena belanja di Alfamart dapat dikirim ke rumah, sudah GRATIS ONGKIR dan bisa menghemat waktu, itu yang saya suka. Ketika saya checkout dan berhasil melakukan pembayaran, saya mendapatkan toko: ALFAMART 1J24 DARANGDAN, yang bertugas mengirimkan paket saya ke daerah Tenjolaut, dengan jarak di Google Maps 6,2 Km.

Status pengiriman pukul 12.40, paket saya sudah DALAM PENGIRIMAN:

Namun tiba-tiba pukul 16.22 pegawai Alfamart 1J24 Darangdan menelepon saya, yang isi percakapannya:

Alfamart: “Halo ini ada paket tapi kemungkinan nyasar ya soalnya beda daerah“.
Saya: “Loh enggak, gak nyasar, saya memang pesan“.

Inti dalam percakapan tersebut, pihak Alfamart ingin membatalkan pesanan, bukan karena stok kosong, tapi diklaim jarak terlalu jauh. Akhirnya saya memberikan nomor rekening untuk pengembalian uang.

Seharusnya jika jarak terlalu jauh, jangan diproses dari awal dong ya. Mana sudah menunggu 4 jam lebih. Nah, saya lanjut tanya kembali. Kenapa? Namun pihak Alfamart tidak menjawab, hanya mengirim foto seperti ini:


Jika saya tangkap dari isi screenshot tersebut, aplikasi sedang perbaikan makanya bisa nyasar ke Darangdan. Padahal saya pesan untuk alamat lain seperti ke alamat ibu di rumah daerah lain, biasa saja tetap mengirimkan. Hmm baiklah.

Kemudian besok hari, karena saya membutuhkan jasa kirim, saya membeli barang lagi ke Alfamart lewat Alfagift. Sudah dibayar melalui pembayaran non tunai, ternyata tetap dapatnya Alfamart Darangdan dan bersangkutan tetap tidak mau mengirim. Padahal jelas-jelas ini bukan sedang error. Saya tanya lalu bagaimana dengan uangnya, karena sudah dibayar. Dijawab tunggu konfirmasi, lagian belum diproses.

Jika ada yang bertanya kenapa saya tidak beli langsung saja. Karena saya tidak ada motor dan susah akses transportasi umum.

Rahmat Aprilianto
Kab. Bandung Barat, Jawa Barat


Update (8 Juni 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tindak lanjut dari pihak Alfamart sebagai berikut: 

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Iya pak saya juga ngerti, tapi ada sesuatu hal yang mau dibeli tapi tidak ada di warung. Mau di retail atau belanja dekat rumah tinggal seimbangi sesuai kebutuhan

  • Iya bu, emang sedikit kesalahan kalo pas nentuin titik lokasi diteliti lagi. Pesenan saya juga nyasar 100km jaraknya bukan masuk ke toko yg biasa saya pesan. Jadi ya setelah dikoreksi disini tidak ada yg salah. Saya juga kurang teliti dalam memasukan alamat, ngga semua aplikasi itu benar bu pasti ada bug nya nanti juga pasti bener lagi, yg penting oita ngga ada yg dirugikan uang juga kembali.