Surat Pembaca

Kapok Menggunakan Jasa Kirim J&T Cargo

Halo pembaca Media Konsumen, saya ingin membagikan keluh kesah saya terkait pelayanan jasa ekspedisi kirim paket Bernama J&T Cargo yang berada di bawah naungan J&T Group. Kronologinya berawal pada saat saya memilih untuk menggunakan jasa pengiriman J&T Cargo, pada saat saya berbelanja di Shopee. Barang yang saya beli adalah Monitor PC, dikirimkan dari Jakarta menuju ke Yogyakarta dengan nomor resi pengiriman: 200037856967.

Pada awalnya saya sama sekali tidak tahu dan tidak melakukan riset tentang kredibilitas jasa kirim ini. Saya hanya sempat browsing di website resmi J&T Cargo (J&T Cargo – HOME (jtcargo.id)). Di sana tertulis layanan SLA (Service Level Agreement), dengan deskripsi pengiriman paket yang tepat waktu dan efisien, dengan berbasis teknologi dan diestimasikan paket akan sampai dalam jangka waktu kurang dari 3 hari. Namun, rupanya saya salah karena terlalu percaya dengan tulisan yang tertera di website.

Hari demi hari saya menunggu. Dari yang awalnya saya tenang-tenang saya, sampai jadi gelisah, karena proses pengirimannya berjalan sangat lambat. Tanggal 1 Juni 2022 adalah puncak kesabaran saya. Akhirnya saya memutuskan untuk menghubungi Customer Service J&T Cargo.

Awalnya saya menghubungi via telepon (021-80661666). Namun setelah saya menunggu selama 5 menit tidak mendapatkan jawaban, daripada pulsa saya habis, akhirnya saya berpindah ke Customer Service WhatsApp (wa.me/628118106166) dan email (jntcare@jtcargo.id). Hingga akhirnya saya bisa terhubung dengan CS yang bertugas.

Setelah meminta nomor resi saya, mereka menjelaskan bahwa paket saya sedang dalam pengiriman ke Gudang Jakarta dan dikatakan paket saya masih dalam estimasi waktu pengiriman. Padahal sudah jelas itu melewat batas waktu yang mereka janjikan di website. Sejak saat itu saya mulai melakukan pelaporan rutin ke CS via WhatsApp setiap hari.

Saya pernah sekali mencoba untuk menelepon CS via call dan diangkat. CS via call pun tidak memberikan jawaban yang memuaskan dan jawabannya hanya jawaban template seperti “Baik, kami akan maksimalkan” dan “Baik akan kami segerakan agar paket Anda dapat segera diproses”. Sungguh, saya tidak butuh jawaban yang retoris, saya butuh jawaban yang konkret dan penuh tanggung jawab, serta itikad baik untuk menyelesaikan masalah.

Akhirnya pada tanggal 4 Juni 2022, saya memutuskan untuk membuat laporan ke Shopee, karena status pembelian saya habis masa garansi Shopee-nya pada tanggal 5 Juni 2022. Saya takut kalau saya diam saja, uang saya otomatis akan dilepaskan kepada penjual, padahal saya belum menerima paket saya.

Saya menghubungi Customer Service Shopee via call (0800 1500702). Jawaban CS Shopee katanya akan membentuk tim investigasi untuk menyelidiki masalah ini. Pihak CS Shopee menjamin uang saya tidak akan langsung dilepaskan kepada penjual, karena status pengirimannya masih bermasalah dengan J&T Cargo.

Keesokan harinya pada tanggal 5 Juni 2022 karena saya gelisah, saya memutuskan untuk mendatangi kantor cabang J&T Cargo Yogyakarta yang berada di dekat rumah saya. Di sana saya dibantu oleh pegawainya untuk menyampaikan keluhan saya langsung ke pusat di Jakarta dan menanyakan perihal status paket saya. Hingga hari itu saya masih rutin menghubungi CS setiap hari untuk menanyakan status paket saya. Namun tidak pernah mendapatkan jawaban yang jelas.

Keesokan harinya pada tanggal 6 Juni 2022, saya dikabari oleh pegawai dari kantor cabang J&T Cargo yang kemarin saya datangi, bahwa ada seorang pegawai pusat daerah Yogyakarta yang datang ke kantor cabang dan saya meminta waktu untuk bertemu dengan beliau. Setelah mendengarkan cerita saya, pegawai pusat daerah Yogyakarta langsung membantu saya untuk melakukan follow up dan mencari tahu status paket saya yang masih terjebak di Gateway Jakarta.

Hingga artikel ini saya buat, tanggal 6 Juni 2022, saya belum mendapatkan paket saya dan saya belum mendapatkan kejelasan terkait alasan kenapa paket saya tertahan lama di Jakarta. Padahal saya sudah memastikan ke CS dan pegawai dari J&T Cargo bahwa pengiriman dari Jakarta ke Yogyakarta seharusnya hanya membutuhkan waktu paling lama 5 hari. Namun faktanya, hingga sekarang sudah hari ke-10 saya belum mendapatkan kejelasan apa pun dari pihak J&T Cargo.

Tujuan saya menuliskan artikel ini adalah sebagai bahan evaluasi untuk pihak J&T Cargo. Karena setelah saya browsing, ternyata memang banyak sekali keluhan-keluhan dari pelanggan yang menggunakan jasa dari J&T Group. Selain itu saya juga tidak ingin ada pelanggan lain yang harus kecewa karena pengirimannya bermasalah dan harus menunggu terlalu lama. Padahal paket tersebut sangat penting apalagi jika digunakan untuk keperluan yang mendesak seperti saya sekarang.

Pengalaman saya menggunakan jasa ekspedisi kirim Cargo lain seperti Dakota Cargo dan JNE Cargo sejauh ini cukup baik dan memuaskan, berbanding terbalik dengan J&T Cargo. Menurut saya selain pelayanan pengirimannya buruk, pelayanan Customer Service-nya juga buruk. Beberapa kali chat saya ditutup secara sepihak tanpa memberikan jawaban dan menurut saya itu sangat tidak sopan.

Ini pengalaman pertama saya dengan J&T Cargo dan saya langsung kapok menggunakan jasa ini. Semoga perusahaan bisa segera berbenah, karena semakin banyak customer kecewa, itu justru akan jadi bumerang yang merugikan perusahaan.

Untuk saat ini saya pribadi merasa kecewa, kapok dan sebisa mungkin menghindari untuk menggunakan jasa ekspedisi pengiriman dari J&T Group, khususnya J&T Cargo. Saya tetap berharap agar masalah saya dengan J&T Cargo yang sekarang ini, menjadi masalah saya yang pertama dan terakhir dengan J&T Cargo, serta dapat segera diselesaikan dengan solusi yang baik.

Pandu Dian Wicaksono
Kota Yogyakarta, Provinsi DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Untuk kargo dan hemat, jnt memang lebih lama dari yg lain. Dalam hal ini sicepat lebih baik dr jnt

      • Kata siapa ah,? Saya pake sicepat dari tanggal 28 Mei, sampai hari ini belum juga sampe, sby - NTT. Estimasi cs call 7-9 hari, cs whatsapp estimasi 7-7-2022? Gila gak tuh? Masa sebulan lebih 9 hari????

  • JNT untuk tahun ini emang lagi parah , pengiriman bisa sampai 1 2minggu pdahal Deket ,pengemasan paket rusak(dirobek) sampe rumah, pengirimannya yg muter muter Tangerang ke Jakarta balik lagi Tangerang , yg lebih parah paket hilang , lebih baik pakai ekspedisi lain aja kalau shopee lebih baik pake eks shopee aja paling cepat 1 hari paling lama 3hari, mau bangkrut kali JNT

    • Waktu beberapa bulan lalu pernah Tangerang - Bekasi semingguan. Trus Jakarta - Bekasi 5 harian. J&T emang parah bgt sih sekarang, ga kaya dulu lagi.

      • Halo Bapak,

        Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Apakah terdapat kendala atau keluhan yang mungkin bisa kami bantu, sehingga mungkin kedepannya akan kami jadikan bahan evaluasi?

        Silakan menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

        Terima kasih

        • Sy dg resi 200295655355 anter brg tgl 5oktober gal dikirim2 dg jne cargo,udh mosmpe batal Dr sopi,akirnya St datengin outlet siang jam 14.00 brg gada dibilang udh dibawah,smpe resi mau batal ,baru jam 7malsm status dipick up uleh kurir dg NM also &Ada no hpnya,pas tgl 8 status baru dibawah ke gw jkt,smpe tgl 10 sy hubungin was cs &telling jwbnya template akn dimaksimalkan,ditny masalah know gak bs jwb,akirya sy hub kurir tsb dia bingung gal ngaku kl dia bawa paket tsb,pas the 15okt sy datengin outlet katanya udh dikirim,lagi digudang,jnji mau kegudang nanyain brgnya to ngibul,malah was sy gal dibuka2. Bloitnya,sy hubCS jwbnya template,skrg status shoppe batal dinyatakan brg ilang,smntra brg sy juraan 1.750.000 ,KL kyk gini pwrtanyaanya kmn brg tsb?Kno B's ilang?trs brg tsb diapain?apa bnyk maling2 di cargo jnt tsb?kl pihak jnt cargo tdk gsnti sy akn laporin ini,sy pny teman polisi yg B's bantu sy,krn KL tdk akn bnyk maling2 yg keenakan

    • Saya sempet mikir sebenernya permasalahan ini bisa aja dibawa ke ranah hukum karena pihak J&T Cargo telah melakukan wanprestasi terhadap pelanggan, tapi prosesnya juga bakal menguras macem macem sih... he he he

  • J&T mah emang gitu. Kadang cepet, kadang lemot bgt sampe emosi. Kalo sekarang ga disarankan pake J&T, lemot nyeee nauzubillah. Pernah Tangerang - Bekasi aja sampe semingguan. Sampe bolak balik ke gudang J&T gaaa dateng2. Paling cepet sih ekspedisi "Si Cepat" , "Anteraja". Sehari nyampe??

  • (UPDATE, 8 Juni 2022) Setelah masuk hari ke-13 masih belum ada kejelasan dari pihak J&T Cargo, status pengiriman tidak update dan saya sudah mulai capek menghubungi CS karena jawabannya template, "sedang kami maksimalkan", "akan kami segerakan" tanpa memberikan estimasi waktu yang jelas. Bahkan pihak J&T Cargo cabang Yogyakarta yang saya minta tolong untuk menghubungi pusat pun juga kebingungan dan tidak bisa membantu banyak. Menurut saya memang J&T Cargo pusat bermasalah, dasar dari opini saya adalah karena saya dibiarkan menunggu tanpa kepastian dan pelayanan CS sangat buruk yang hanya menjawab dengan jawaban yang tidak tegas kesana kemari yang bisanya cuman bikin customer makin gelisah dan gusar. kalau customer nggak ada yang percaya lagi, perusahaan juga pasti bakal rugi.

    • (UPDATE, 8 Juni 2022) Saya akhirnya memutuskan untuk mengajukan permintaan refund kepada shopee dan pihak penjual. keputusan ini saya buat karena saya merasa sudah nggak bisa lagi digantungin tanpa kejelasan gini, sedangkan saya juga butuh komputer untuk mengerjakan pekerjaan saya. saya sudah memberitahu pihak shopee untuk mengubah status pelaporan saya agar barang dari J&T Cargo dikembalikan kepada pihak penjual dan shopee mengembalikan uang saya. sampai tulisan ini saya buat masih belum ada kejelasan dari pihak J&T Cargo terkait paket tersebut.

      • Halo Bapak,

        Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Terkait dengan kendala yang Bapak alami, kami sudah melakukan proses sesuai dengan permintaan pelanggan. Mohon kesediaannya untuk menunggu proses lebih lanjut ya, Pak.

        Kami selalu berusaha untuk melayani pelanggan kami semaksimal mungkin, apabila masih belum berkenan di hati Bapak, sekali lagi kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kritik dan saran akan kami jadikan bahan evaluasi.

        Apabila ada kendala dan keluhan lainnya silakan langsung menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

        Terima kasih

  • Sebenarnya kalo kargo itu estimasinya paling lambat 1 minggu (untuk pulau jawa), tp bs lbh cpt bahkan bs 2-3 hari sampai. Tp menurut sy j&t tdk mempunyai tagline spti itu tuk kiriman cargo.

    • dalam hal ini saya sudah membaca di website mereka mencantumkan ada yang namanya SLA (Service Level Agreement) saya baca mereka menuliskan kalimat "pengiriman tepat waktu" dan setelah saya tanyakan ke CS bahkan saya juga menanyakan ke kantor J&T Cargo cabang jogja bahwa estimasi pengiriman dari J&T Cargo untuk paket di area pulau jawa adalah 2-5 hari. memang mereka nggak menuliskan jaminannya secara ekstrinsik di websitenya dan bahkan di kantornya juga nggak ada tulisannya. entah ini sebagai upaya buat mengelak ato emang perusahaan ini nggak punya visi dan misi yang jelas terkait pelayanan kepada pelanggan. yang jelas saya kapok.

      • Mereka terlalu percaya diri memasang tagline spti itu. Tp kenyataannya tdk sesuai.

    • Halo Bapak

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Apakah terdapat kendala atau keluhan yang mungkin bisa kami bantu, sehingga mungkin kedepannya akan kami jadikan bahan evaluasi?

      Silakan menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

      Terima kasih

  • Sepengalaman saya untuk pengiriman Kargo wilayah Jateng & DIY masih lebih cepat pake JNE/SiCepat kargo.. Untuk barang elektronik saya lebih suka Sicepat kargo karena tidak trlalu banyak barang berat2 seperti JNE kargo!!

  • Saya salah satu seller di shopee yg pernah memakai jasa kirim jnt Cargo untuk konsumen di toko saya. Namun tidak sampai 2 minggu sy kembali memakai jne Cargo. karena dr 8 pengiriman, sy sudah rugi hampir 300rb karena ada selisih ongkir yg harus sy tanggung. Itu Dikarenakan perhitungan volumetrik tidak sama debgan jasa kirim lain misal Jne cargo/JTR. Sehingga ada perbedaan rumus hitungan. Sehingga dr 30kg menjadi 37kg. Apa saya saja ya yg mengalami seperti ini. Sedangkan CS app maupun CS WA not responsif

    • Halo Ibu,

      Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Apakah terdapat kendala atau keluhan yang mungkin bisa kami bantu, sehingga mungkin kedepannya akan kami jadikan bahan evaluasi?

      Silakan menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

      Terima kasih

  • Kok di tempatku beda ya? Justru j&t yg paling cepet nyampenya dari yg lainnya. 2-3 hari nyampe

    • Halo Bapak/Ibu,

      Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas ulasan pengalaman yang telah disampaikan. Kami selalu berusaha untuk melayani pelanggan kami semaksimal mungkin. Apabila kedepannya terdapat kendala atau keluhan terkait pengiriman paket besar melalui J&T Cargo, silakan menghubungi team Customer Service kami di nomor 021-80661666 atau WhatsApp Business di nomor +62 811-8106-166, atau melalui email di jntcare@jtcargo.id.

      Terima kasih