Surat Pembaca

Kecewa dengan Pengajuan Tokopedia Card, Pendaftaran Disetujui tapi Setelah Tanda Tangan Tidak Disetujui

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen yang telah mengizinkan menyampaikan keluhan terkait pengajuan Tokopedia Card co-brand Bank BRI.

Pada tanggal 7 Juni 2022, saya mengajukan Tokopedia Card co-brand Bank BRI melalui aplikasi Tokopedia dan mengisi serta mengikuti semua prosedur pengajuan Tokopedia Card. Kemudian pada 8 Juni 2022 pukul 00.01, saya menerima notifikasi bahwa pendaftaran Tokopedia Card saya telah disetujui dan kemudian diarahkan untuk tanda tangan digital.

Kemudian saya melakukan tanda tangan digital pada hari yang sama. Namun ketika saya telah melakukan tanda tangan digital, tidak sampai 1 menit saya cek pada aplikasi Tokopedia Card, muncul notifikasi permohonan saya belum disetujui, dengan alasan pengajuan saya belum lolos verifikasi.

Padahal saya tidak pernah memiliki riwayat catatan buruk pada SLIK OJK, maupun instansi lainnya dan data yang telah saya input sesuai. Pada tanggal 2 Juni 2022, saya juga mengajukan kartu kredit di bank lain dan disetujui. Apakah penyebab pengajuan saya tidak lolos verifikasi? Jika memang tidak lolos verifikasi, kenapa tidak sejak awal saja aplikasi ditolak?

Prihartini
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Ibu Prihartini

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Ibu Prihartini mengajukan Tokopedia Card...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Mungkin tim analis kredit ada pertimbangan sendiri. Saya kemarin juga penasaran pengin apply begitu ada launching, tapi denger-denger limitnya cuma 3 jt, itupun kalau lolos.

    • Saya dapat limit 49jt.. temen kantor ada yg 16.. tp teman belum ada yg di bawah itu.. tapi memang ada kok yg cuma 3juta.. karena yg memberi limit adalah tokopedia, mungkin dilihat histori transaksinya.. saya sendiri member platinum di toped, mungkin karena itu dikasih limit besaf

      • Pengajuannya lewat mana ya?
        Saya coba dr aplikasi tokped tidak ada menu pengajuan. Sudah coba ketik tokopedia card juga tidak ada..

        • Lewat halaman tokopedia card di aplikasi toped. Tanggal 22 mei pengajuannya. Kartu dikirim 3 hari kemudian. Saya dari bulan maret sudah mencoba mengakses halaman tokopedia card dan klik "ingatkan saya" sejak bulan maret itu.
          Tau info ada tokopedia card dari website bri credit card (saat itu memanh belum dirilis jadi saya cuma bisa klik ingatkan saya)

    • Saya sudah ajuin dan sangat mudah di acc, karena syarat mudah acc tokoedia card adalah sering berbelanja di tokopedia card, walau slik ojk bagus klo jarang belanja di tokopedia, ya gak akan di acc tokopedia card nya namanya juga kartu cobranding tokopedia card ,,

      • Jangan sedih ya. Memang ajukan kartu kredit itu hoki hokian kok.. ttd digital itu ibaratnya cuma buat ganti ttd manual yg biasa ada di formulir kertas.. dan setelah itu barulah analis melihat formnya.. apakah disetujui/tidak..

    • Ya kalo udah punya cc ngapain ngajuin lagi, kan sama aja cc pd umumnya, gunain aja yg ada , bersyukur lah, udah punya cc masih ngeluh. Bank juga khawatir klo byk pegang cc malah gk baik buat kesehatan keuangan kamu, ....

      Punya byk cc tp nilai arus transaksi nya gk berjalan cuma ke hitung satu dua tiga, ya pertimbangan pihak bank bg mereka yg loyal belanja lebih sering artinya mereka itu konsumtif.

      • Untuk promo kak. Saya jg ajuin buat promonya kok. Saya punya banyak CC buat dipakai beli barang saat promo lalu dijual harga normal. Ini tokopedia card kan banyak promo di tokopedia..
        Ga melulu org punya cc buat utang konsumtif

      • Jangan sedih ya..ngajuin hutang kok sedih, baiknya bersyukur, dengan begitu akan mengurangi resiko konsumtif, yang ujung2nya kita mikirin juga buat nutup tagihannya..

  • ngebet mau utang sampai segitunya amat, yg ngalamk jg banyak. yg disetujui itu prosesnya bukan kartunya lsg acc. kan baru step 1 itu

  • Harus sering belanja di Toped, baru bisa. Saya ngajuin iseng 5 hari dikirim langsung

  • Gw kira ngeluh apaan.. Sesuai namanya pendaftaran disetujui.. Baru PENDAFTARANNYA DOANK YANG DISETUJUI BRO... Setelah tanda tangan , abis itu di analisa BRI.. Klo ngk lolos ya ngk lolos.. Ah lau.. Tingkatin belanja di tokopedia dan perbaiki SLIK BI checking.. Ane apply lgs ACC kok, ni sedang dalam pengiriman kartunya

    • ga selalu begitu kok, saya juga ditolak padahal ga pernah punya hutang, member GOLD juga di Tokped, minimal syarat pendapatan juga jauh. Mungkin karena saya ga pernah berhutang kali ya, dijadikan pertimbangan jadi entar kalau punya CC nya bakal bayar penuh terus jadi mereka ga dapat untungnya juga.

  • Untung2an lah pengajuan begini. Analis punya pertimbangan sendiri. Khusus TokopediaCard setahu saya pakai TokoScore, kalo bener otomatis by system... pertimbangannya mungkin dari rekam jejak aktivitas akun Tokopedia dan sumber data lainnya. Terakhir tinggal sedikit saja campur tangan manusia analisnya. CMIIW

    Saya juga mengajukan, gak langsung ditolak sih tapi sudah 3 harian belum juga selesai verifikasinya, mungkin overload karena banyak aplikasi yang antre.

  • Wkwkwk. Itu yang awal sebelum tanda tangan baru dicek pihak tokopedia, Setelah tanda tangan baru dari pihak bri. Berarti bukan masuk kriterianya si pihak bank