Surat Pembaca

Akun Shopee Diblokir Setelah Belanja dengan Suami, Saldo ShopeePay dan Hasil Penjualan Ditahan

Pada hari Jumat, 3 Juni 2022, seperti biasa saya membuka aplikasi Shopee untuk mengecek toko saya dengan username @gadgetloungestore. Akun saya tiba-tiba sudah ter-logout dan saya mencoba login kembali. Namun terdapat pop-up notifikasi : Gagal Login (F02).

Saya membuka email dan ada pesan dari info@shopee.co.id pada pukul 10.33, bahwa akun Shopee saya dibatasi sementara waktu karena adanya aktivitas mencurigakan. Hal yang sama juga terjadi pada akun Shopee suami saya, tidak bisa login dengan status Gagal Login (F02).

Transaksi ShopeePay yang terakhir adalah saya dan suami berbelanja seperti biasa di Superindo Taman Kopo Indah, Kab. Bandung pada hari Kamis, 2 Juni 2022 sekitar pk.20.30. Saya dan suami membayar dengan ShopeePay menggunakan promo cashback Superindo Rp6.000, yang sudah diklaim sebelumnya pada masing-masing akun Shopee kami.

Tanggal 3 Juni 2022, saya mengisi lengkap form Pengajuan Pengaktifan Akun (Naik Banding). Terdapat balasan email oleh tim Shopee bernama Hania pada 4 Juni bahwa akun saya tidak dapat dipulihkan karena terindikasi kejanggalan pada transaksi ShopeePay saya.

Saya sudah cek Syarat Layanan Shopee, namun apakah ada ketentuan yang menyatakan bahwa suami istri dengan alamat KTP yang sama hanya boleh memiliki 1 akun Shopee saja? Apakah 2 akun yang berbeda tidak boleh menggunakan jaringan internet yang sama padahal tinggal serumah?

Status akun ShopeePay saya sudah terverifikasi. Toko saya sudah beroperasi selama +/- 3 tahun di Shopee dan tidak pernah melakukan Fake Order. Pihak Shopee sendiri juga berinisiatif mengikutsertakan toko saya dalam Program Ekspor Shopee dan menjadi Penjual Terpilih dengan cakupan ekspor hingga Amerika Selatan.

Masalahnya terdapat Saldo ShopeePay dan Saldo Penjualan yang belum saya tarik ke rekening pribadi. Saya juga masih memiliki Saldo Penjualan yang belum cair dari transaksi yang masih berlangsung, sebagian besar dari order luar negeri. Tanggal 4 Juni, saya meminta akses untuk menarik seluruh dana di ShopeePay dan Saldo Penjualan yang menjadi hak saya sebagai konsumen. Namun sama sekali tidak ditanggapi sampai sekarang.

Berikut saya lampirkan screenshot email dan foto setruk pembelanjaan saya di Superindo. Saya meminta pihak Shopee untuk mengaktifkan kembali akun dan mengembalikan semua dana ShopeePay dan Saldo Penjualan yang menjadi hak saya.

Terima kasih Media Konsumen dan Shopee.

Tatat Haryati
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • kayanya shopee akhir2 ini sering bermasalah ya. Mudah2an ditanggapi dengan serius dan bijak. Semoga cepat kelar masalahnya Bu.

      • Saran aja, komplain lewat email trus cc ke ojk, kominfo, bank Indonesia. Sy dulu urusan sama DANA transfer uang 7,5 juta di tahan, udah d tanyain cuma d suruh nunggu pas udah 2 hari masih gak masuk rek akhir nya sy email ke cs DANA dengan cc ke OJK, kominfo, BI, sama BNI (bank tujuan trf) gk sampe 15 menit tuh duit di balikin ke saldo DANA. Di coba aja email lagi ke cs shopee dengan cc nya ke bagian yg sy sebut tadi pasti cepet d tindak lanjuti apa lagi kl kita punya bukti kuat. Sy juga dagang online tapi gk pernah simpen saldo, slalu langsung d tarik k rek, smoga cepet selesai yah masalah nya

        • maksudnya bagimaan kak..saya juga kasus sama seperti ini...saya mohon bantuannya ada nomer wa ataua tolong wa saya 087700531653

          • Hati hati dengan akun bernama Lia di atas ini, jangan mau beri no wa ke si Lia ini. Jelas sekali si Lia ini ada indikasi ingin menipu orang dengan alasan mempunyai masalah yang sama dan minta no wa. Hampir di setiap surat pembaca pasti selalu ada akun yang bernama Lia ini dan minta no wa dengan alasan karena si Lia ini mempunyai masalah yang sama , hati hati

      • pernah juga akun saya diblokir, semenjak itu saya tidak lagi menyisahkan saldo gede, lebih aman saldo dipindahkan ke akun seabank..saran saya alamgkah baiknya jangan menyisahkan saldo gede di akun marketplace atau dompet digital apapun, karena akun rentan diblokir sistem tanpa sepengetahuan user..

        • NGERI BANGET SHOPEE. Saya sebagai seller udah 3 tahun jualan suka ngerasa degdegkan juga, karena mereka suka tiba-tiba aja walaupun kita gak salah. Shopee kurang bisa menghargai akun akun lama.

      • cc saya punya maslaah sama ...tolong saling support ya ada nomer wa tolong 087700531653

        • Saya juga dana tertahan d lazada 5.5juta padahal produck sy d kirim kan semua sudah banding pun di tolak terus

        • Hati hati dengan akun bernama Lia di atas ini, jangan mau beri no wa ke si Lia ini. Jelas sekali si Lia ini ada indikasi ingin menipu orang dengan alasan mempunyai masalah yang sama dan minta no wa. Hampir di setiap surat pembaca pasti selalu ada akun yang bernama Lia ini dan minta no wa dengan alasan karena si Lia ini mempunyai masalah yang sama , hati hati

      • Saya juga sama hampir 30jt produk digital
        Sudah di cs tlpn tidak bisa di buka... Ngeri emang

  • Sebelumnya saya punya pengalaman hampir sama dengan Ibu Haryati.
    Biasanya kalau udah masuk MK, Managernya akan langsung telpon Ibu.

    Semoga masalahnya segera beres dengan win-win solution.
    karena ini lebih ke kesalahan sistem, Manajemen Shopee harus menelusuri kembali lebih dalam.

      • Bantu viralkan gaesss up up up.
        Semoga cepat selesai masalah nya kak.
        Saran aja jangan pernah menyisakan saldo terlalu banyak di spay...

  • Nasib mu sama mba sama saya,kan saya sudah bilang kalo di shopee yg punya saldo mendingan di tarik aja,shopee lagi kekurangan dana makanya akun banyak di blokir dan di tuduh menyalahgunakan,untung saldo saya cuma 50rb jadi saya anggep amal buat ke shopee,akun saya dengan nomer 088212791889

    • Sejak bulan kmrn memang Akun shopee banyak complain.... Padahal Akun saya sdh platinum,,Herannya chat CS tdk memberikan jawaban yg semestinya.

  • Ngeri yah.. gmn jadinya klo suami istri anak 5 dalam 1KK dg alamat yg sama, dan masing2 punya akun shopee dan pengguna shopee aktif.. bisa2 di blokir semua dg alasan seperti itu.. padahal sudah beda org, beda hp, beda no jg..

    • Iya Mas, begitulah yang saya alami. Padahal akun saya & suami sama2 Verified Account. Kami juga kan belanjanya barengan.

    • Saya sekeluarga 4 orang. Masing masing punya account shopee sendiri sendiri hingga Saat ini aman tidak ada masalah

    • Intinya 1 akun 1 hp 1 jaringan
      Kl BS bedain alamatnya contoh bedain no rumah dan jgn belanja di toko yg sama

      Yg udah hati2 aja Masi kedetect
      Wkwkwkwkwk

    • Kalo Shopee mau alamat dan pake bank sama mah tetep aman, 3 adek gw sama kakak gw udah 4 tahun gak pernah di blokir meski alamat dan bank nya 1 rekening beda dngn Tokopedia dikit2 di banned, cuma kalo Shopee kalo banned akun sadis, kalo Toped masih bisa di pake jualan bahkan belum pernah dana gw di tahan meski ke banned beda dngn Shopee yg kalo banned akun orang ngawur banget

  • TS:
    "Masalahnya terdapat Saldo ShopeePay dan Saldo Penjualan yang belum saya tarik ke rekening pribadi. Saya juga masih memiliki Saldo Penjualan yang belum cair dari transaksi yang masih berlangsung, sebagian besar dari order luar negeri"

    @ShopeeCare
    Ini sudah melakukan pelanggaran berat hak konsumen. Bisa dipidana ini. Masalahnya ada dana konsumen disitu yang anda tahan.
    Untung konsumennya hanya melakukan posting di MK. Kalau ke YLKI/OJK/Ombudsman , sy berdoa anda pensiun menjalankan usaha di indonesia.

  • Seharusnya 1 akun 1 hp 1 jaringan internet
    Kl bagi2 jaringan internet sama aja bunuh diri

    • Ahh kata siapa, jngn samakan Shopee dngn Tokopedia, itu mah Tokopedia yg gak boleh 1 rekening atau 1 jaringan, adek gw 3 dan kakak gw 1 tapi alamat sama dan 1 Wi-Fi, pembayaran jg 1 rekening bahkan 2 temen gw jga pake akun bank gw jadi 5 orang pake bank gw tapi selama 4 tahun gak pernah di blokir cuma pernah sekali di blokir gara2 gw bikin 2 akun tapi tak buat beli di toko sendiri alhasil 700k ludes dan gak bisa di apa2in, emang Shopee sadis kalo banned akun orang

      • Sy ga ngomong 1 rekening KK
        Loh

        Malah bangga2 in disini
        Ntar kebegal shopee
        Ikut mewek kesini

        Antisipasi lebih baik drpd ntar udah kejadian baru menyesal

        Wkwkw

  • Turut sedih membaca artikel ini, saya doakan semoga masalah mbak hayati segera selesai tanpa ada pihak yang dirugikan.

    Lebih baik terus aja mengirimkan email, jangan menyerah sampai mendapatkan hak kita.

    Sy juga seller di shopee sejak 2017 dan masalah ini sebenarnya sudah sangat sering terjadi terutama di tahun 2021 kemarin.

    Ada akun yang bisa dipulihkan walau cukup memakan energi dan ada juga yang tidak dapat di pulihkan.

    Ini sebenarnya ada eror di sistem program mereka termasuk di Program AI yang dirancang otomatis utk mendeteksi kejanggalan transaksi.

  • Shopee udah mau bangkrut.. Jangan mau jualan di shopee.. Mending toped, sy jualan di toped no drama.. Shopee baru 1x penjualan lgs drama.. Untung bs selesai masalahnya dan barang kembali. Sejak itu sy hanya jd buyer saja di shopee.. Ngk sekali kali lg jualan di shopee.. Ngerii