Surat Pembaca

Pengiriman COD SiCepat di Tokopedia Dibatalkan oleh Kurir, tapi Barang Tidak Dikembalikan

Halo,

Di sini saya sebagai penjual dari Tokopedia, nomor transaksi: INV/20220509/MPL/2301403783 dan nomor resi SiCepat Halu: 003039991415. Pada tanggal 16 Mei 2022, pesanan di atas saya kirim melalui gerai SiCepat cabang Apartemen Taman Semanan Indah, Cengkareng.

Tanggal 17 Mei 2022, transaksi dibatalkan oleh sistem Tokopedia karena pengiriman dibatalkan oleh kurir SiCepat dan barang akan dikembalikan ke penjual. Namun sampai saat ini saya belum menerima pengembalian barang tersebut.

Dua kali saya komplain ke Tokopedia jawabannya hanya “Sudah dibantu follow up ke pihak kurir“, tapi tidak ada kelanjutannya lagi. Komplain ke CS SiCepat jawabannya selalu minta nomor resi. Padahal nomor resi, screenshot bukti transaksi + resi sudah dikirimkan, tapi tidak ada kelanjutannya juga.

Komplain ke gerai SiCepat jawabannya sama saja “Nanti dibantu tracking, mohon ditunggu”, tapi tetap tidak ada kelanjutannya. Padahal pengiriman dari Jakarta ke Jakarta juga. Saat ini sudah hampir 1 bulan saya belum terima barang pengembalian dan tidak ada tindak lanjut juga dari Tokopedia maupun SiCepat.

Saya mohon kepada SiCepat maupun Tokopedia untuk menindaklanjuti masalah ini.

Terima kasih,

Aris Wuryanti
Kuningan, Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Aris Wuryanti

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Aris Wuryanti dengan judul “Pengiriman COD SiCepat di Tokopedia Dibatalkan oleh Kurir, tapi Barang...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Kelihatannya batal oleh sistem, karena kelamaan dikirim. Order tanggal 09052022, dikirim tanggal 16052022, dan itupun bukan melalui gerai tapi melalui drop point, batal tanggal 17062022.

      • Order tgl 09052022. Dikirim tgl 16052022. Heeluuk suuuwiiieee. Tgl 17052022
        Batal oleh sistem yaa jelas lha whong kesuen tapi barang kok belum kembali sampai lebih dari 3 hari ANEH mungkin harus hub dokter ?

  • Mungkin karena sistem COD, dan pembeli tidak berada di tempat jadi sama kurir dibatalkan dengan alasan pembeli kurang bayar

    • Harusnya si cepat yang bertanggung jawab, dan seharusnya mereka punya data kan siapa kurir yang bawa barangnya, apa susahnya langsung dipanggil kurirnya.
      Dulu pengalaman sama ninja, paket ga perlu bayar biaya apapun, ditarik ongkir sama kurirnya yang datang ada 3 paket, tiap paket di charge 5rb, pas kebetulan orang rumah yang nerima dibayar lahh ke kurirnya. Bukan masalah nominal uangnya, tapi kejujuran kurirnya. Saya report ke Ninja berdasarkan nomer resi paket, langsung diproses, besoknya si kurir balik ke rumah kembaliin uang, sekaligus minta foto bukti, dan bilang kena SP, waktu ditanya bilangnya kepepet. ?
      Seharusnya si Cepat juga bisa menindak kurir2nya yang nakal..

  • Kelihatannya batal oleh sistem, karena kelamaan dikirim. Order tanggal 09052022, dikirim tanggal 16052022, dan itupun bukan melalui gerai tapi melalui drop off point (SiCepat di Apt. Semanan bukan gerai tapi drop off point), batal tanggal 17062022. Bisa jadi paket dari drop off point ke gerai terlambat sehingga batas pengiriman lewat, yg mengakibatkan transaksi batal oleh sistem.

  • Kurir siLelet ini emang begitu dan si Toped masih aja betah pakai dia… makin lama makin banyak masalahnya dan makin lelet aja siLelet ini

  • Mungkin sicepat lagi capek, jadi lambat dan barang tak tau entah kemana,ironis.....

    • Kl pengalaman sy si ijo aman buat seler dan buyer krn ada asuransi jd pernah paket sy hilang dibalikin uang asal jgn lupa aktifkan wajib asuransi disetiap item anda pas uplod. Kalo dioren buyer sj yg aman tp seler ga aman kl ilang paket / rusak pengalaman sy ga pernah dpt ganti mbulet trs lempar tg jwb pdhl buyer duit dah dibalikin dulu dan parahnya mereka ga ada asuransi jd hati2 kl item mahal bisa rugi

  • Oh, ada salah input ?
    Pengiriman tgl 11 Mei kirim jam 14.39
    Di Tokopedia 16 Mei jam 14.30 status brg dalam pengiriman oleh kurir , padahal status resi di sicepat 15 Mei brg dikembalikan, 16 Mei jam 14.07 brg sdh dikembalikan lagi di gerai sicepat drop point.
    17 Mei dibatalkan oleh sistem.
    Dan barang gak tahu kemana karena di gerai sicepat di cek gk ada.
    Memang harga brg tdk seberapa,karena itu sedang sale, hanya saja rasa penasaran akan status brg dimana besar sekali ?

  • Aku juga ngalamin ini kak tapi dari si oren nominalnya ratusan ribu ?
    Udah ditanyain malah nggak jelas banget dilempar sana-sini
    Sekarang nggak mau lagi pakai sicepat nggak jelas

    • Masalah ini sekarang sudah selesai kak, setelah komplain kesana kemari hampir sebulan, sampai tulis artikel di media konsumen ,akhirnya terselesaikan juga. Dari pihak Tokopedia menghubungi sicepat dan sicepat bertanggung jawab dengan mengganti uang + dapat bonus top ads dari Tokopedia.