Surat Pembaca

Tersandera Ketidakpastian Pengiriman IKEA

Hari ini tanggal 10 Juni 2022, adalah hari ke-18 sejak penantian saya atas barang pesanan sales order: 23622034442, yang tidak kunjung dikirim IKEA sejak perjanjian pengiriman tanggal 23 Mei 2022.

Walaupun saya telah menelepon CS IKEA, mengirim keluhan melalui WhatsApp maupun email, hampir setiap 2 hari sekali, jawabannya sama: 1. Permintaan maaf, 2. Tunggu 4-5 hari sejak dihitung mulai saat menyampaikan keluhan terakhir, tanpa kepastian tanggal dikirim.

Karena ketidakpastian ini telah menyebabkan saya merasa tersandera tidak bisa pergi /pulang ke daerah asal, karena terus berharap kedatangan pengiriman setiap harinya.

Di bawah ini saya copy paste kan email saya kepada IKEA tanggal 6 Juni 2022, agar para pembaca mengetahui permasalahan. Saya berharap pengalaman pahit ini tidak terjadi pada konsumen lain, karena delivery IKEA tidak dapat dipercaya.

Dengan hormat,

Memberi tahu kan bahwa hari ini kami menerima kiriman ketiga dari pesanan saya sales order : 23622034442, yang mana saya TOLAK penerimaannya, karena barangnya SAMA PERSIS dng pengiriman sebelumnya yaitu :

Article 403.961.07
Article 804.335.23

Kedua barang diatas saya tolak, karena sudah pernah terkirim. Foto kiriman hari ini terlampir.

Sehingga dari 3 pengiriman yg telah dilakukan, masih banyak items belum dikirim, yaitu:

1 pce article 60362748
2 pcs article 80386376 (mohon perhatian item ini kurang 2 pcs)
1 pce article 60496088
1 pce article 90488765
2 pce article 90489492
1 pce article 90365793
1 pce article 70347352

Mohon informasi kapan barang tsb dikirim, karena janji pengiriman sejak tgl 23 Mei 2022, sekarang sudah tgl 06 Juni 2022.

Sungguh saya tak menyangka mendapatkan pelayanan yang sangat buruk dari sebuah perusahaan multinasional sekelas IKEA. Semoga masalah ini hanya terjadi pada diri saya (walaupun tadi sang sopir mengeluhkan kepada saya bahwa hal yang sama pengiriman ganda terjadi pada customer sebelumnya).

Dan atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Salam,

Ivan Tanujaya
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan IKEA Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Ivan Tanujaya

Dengan hormat, Sehubungan dengan laporan yang Bapak Ivan Tanujaya sampaikan di MediaKosumen.com pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 dengan judul...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • astaga mau aja nunggu pak, minta full refund aja atau kompensasi atas keterlambatannya. apa sebelum tidak diberitahu untuk estimasi kirimnya pak?

    • Estimasi janji kirim tgl 23 Mei, sekarang sudah tgl 11 juni. Kalau refund juga 21 hari menurut aturan nya. Ini masalah nya sebagian sudah dikirim beberapa parts tidak lengkap. Ikea seenak nya sendiri, keluhan hanya ditanggapi permintaan maaf saja tanpa kepastian.

  • Terima kasih Pak Ivan atas keluhannya di mediakonsumen.com

    Saya mengalami masalah yang sama sengan pengiriman Ikea dan akhirnya mengajukan full refund segera setelah membaca pengalaman Bapak.

    Good news nya adalah respon dari CS Ikea di store sangat cepat untuk menanggapi permintaan full refund. Walaupun masih belum tahu proses pengembalian ke credit card nya akan memakan waktu berapa lama.

    Salam.

    • Oh demikian ya? Demikian mudah nya mereka menyetujui refund tanpa usaha memenuhi kewajiban men supply barang yg sudah dibayar konsumen? Jika demikian apakah berarti barang di showroom IKEA kebanyakan kosong dan status stock barang di komputer nya imaginasi?
      Kalau betul maka patut menjadi perhatian para calon konsumen IKEA agar tidak menjadi korban kekecewaan seperti kita.... Sudah banyak menghabiskan waktu dan usaha untuk belanja, hasil nya sia-sia.

      • Maju kena mundur kena ? mau refund sebagian barang udah terkirim kalaupun refund jelas dan pasti uangnya juga gak jelas kapan baliknya? ikea ikea maaf huruf kecil kalo huruf besar belum waktunya ?

        • Sampai hari ini tgl 12 Juni pun tidak ada respons dari IKEA, mohon saran apa yg bisa dilakukan selaku konsumen yg dirugikan...?

  • Betul mitra expedisi IKEA paling geregetan kalo paket besar, was2 juga, pernah cancel pdhal udah pengiriman mlah di tarik lagi sebelum ke konsumen, waktu brg sale, pihak IKEA cuman maaf krn kehabisan stok, refund dana nya paling lama 45 hari, baru masuk, kesel emg. Udah ongkir paling mehong krn diitung ongkor reguler by sistem bukan ongkos cargo...tp anehnya aku chek di lampiran struk expedisi di hitung cargo jelas beda harganya, udah komplain tp pihak IKEA keras kepala....

    • Wah payah juga ini, seenak nya sendiri ini IKEA. Konsumen Indonesia memang selalu menjadi korban karena posisi lemah.. Menyedihkan...

    • Padahal saya tertarik utk belanja di ikea, apalagi sdh bbrp kali lihat produknya dan saat ini sedang renovasi rumah.
      Urung deh belanja di ikea... namanya sih besar... tp sayang bbrp review tidak menyenangkan, drpd jadi korban mending cari ditempat lain.

      • Iya Pak, silahkan dipertimbangkan lagi untung rugi nya, hari ini tgl 12 Juni saya update laporan nya.

  • Saya sedang mengalami kejadian yg sama pak, order tgl 29 Mei 2022 smp skrg malah belum dikirim sm sekali barang2nya. Sdh wa, telp, dan email alasannya sdg melakukan peningkatan sistem logistik, minta maaf, tp tanpa kejelasan kpn selesai/kpn brg sy dikirim. Saat melalui telp malah di blg disuruh beli langsung di IKEA nya, lalu buat email utk minta refund pesanan online nya. Saya curiga krn salah satu barang yg sy order ada yg diskon besar (lebih dari 50%), mungkin ada kesalahan atau apa yg pasti brgnya sy lihat msh stok dg harga normal, knp gak bilang sj kl ada kesalahan drpd ´digantung’ spt ini. Kecewa sekali saya koq pelayanan pelanggan IKEA seperti ini, pdhl sy termasuk pelanggan setia. Apabila smp sebulan blm ada yg dikirim bisakah kita lapor ke YLKI? Ada yg sdh pengalamankah?

    • Ternyata banyak sekali yg mengalami nasib seperti kita, saya baca di facebook juga banyak yg complain. IKEA terus berusaha menjual barang nya tanpa mampu men - deliver sesuai janji. Saya tidak tahu harus mengeluh kemana, nasib sebagai konsumen di negara Republik ini...

  • Saya kira cuman saya yang merasakan IKEA ini amat sangat luar biasa buat aturan seenak jidat mereka.
    1. hari ini saya telpn cs berulang kali sibuk terus (ya wajarlah banyak yang komplen)
    2. IG/FB/TWITTER abaikan aja, mereka lama sekali balasnya
    3. Email ? EMail saya mereka balas 2-4 hari kemudian
    4. Produk yang dikirim ? Lupakan saja, dari 3 produk, sisa 1 produk yang tidak ada kepastian kapan mereka kirim.
    5. Pelajaran yang diambil ? Udah mahal ongkir, produknya , gak dibarengi dengan cs yang responsive.
    6. Terimakasih untuk mediakonsumen, yang hanya ini mendengar keluhan konsumen,

    Komentar ini bukan menggambarkan kekesalan saya atas terbuangnya waktu dan pikiran saya atas masalah ini.
    Jika digambarkan, melebihi kekesalan yang saya alami selama ini, IKEA lah pemenangnya karena : Ongkir mahal, Delivery buruk, CS buruk, produk BURUK.

    Entah kenapa saya beli.. he

  • Sy punya pengalaman yg sama. Barang terlambat datang sampai 3 bulan!
    Pesan partisi kantor, yg datang hanya kakinya. Komplain berkali2 jawaban muter2. IKEA online SANGAT2 BURUK & TIDAK RECOMENDED!