Surat Pembaca

Klaim Barang Rusak di Shopee Ribet Banget

Ada yang pernah mengalami kasus seperti saya ini tidak ya? Mudah-mudahan tidak ya?. Jadi begini, saya beli TV dari salah satu online shop besar di Shopee, tapi ketika barangnya rusak, seller seperti lepas tangan saja.

Saya membeli TV 4K 60 inch merek Sharp + packing kayu + asuransi di Shopee, dari seller terkenal: My Hartono Official, dengan nomor resi JNE: 0321292200003411. Saat barang datang, ternyata panelnya rusak. Kemudian saya komplain dan pilih pengembalian dana di aplikasi Shopee dan diarahkan untuk mengikuti langkah-langkahnya.

Setelah diikuti langkah-langkahnya, sampailah pada pengembalian barang melalui kurir J&T Express sesuai dengan resi yang telah ditentukan oleh Shopee. Kemudian saya bawa barangnya ke J&T. Setelah saya perlihatkan resi tersebut, pihak J&T menimbang TV tersebut dan ternyata beratnya 48 Kg, sementara dari resi tersebut, yang ditanggung cuma 1 Kg.

Pihak J&T mengatakan “Untuk pengiriman sesuai resi ini tidak bisa dilakukan, karena yang diakomodir oleh pihak Shopee/seller cuma 1 Kg. Sementara beratnya 48 Kg dan untuk pengiriman TV + packing kayu tidak bisa dilakukan dengan J&T Express, melainkan melalui J&T Cargo“. Lalu pihak J&T memberikan saran untuk kasih tahu seller-nya agar mengganti pengiriman melalui J&T Cargo dan menginputkan berat 48 Kg sesuai berat barang.

Setelah itu saya konfirmasi ke seller dan katanya barangnya tidak perlu saya bawa ke J&T, karena barang tersebut akan dijemput oleh JNE, selaku kurir yang bertanggung jawab atas kerusakan barang tersebut. Barang tersebut katanya sudah diasuransikan, jadi kurir yang mengirim dengan kurir yang diarahkan untuk pengembalian barang berbeda.

Setelah 5 hari menunggu, ternyata pihak JNE tidak datang juga untuk menjemput barang tersebut. Lalu saya pergi ke kantornya di Padang untuk menanyakan solusi permasalahan ini. Ternyata kasus ini belum sampai ke mereka.

Saya chat lagi seller-nya dan jawabannya beda lagi, katanya kirimkan unit yang rusak sesuai dengan resi pada aplikasi menggunakan J&T. Kemudian saya sampaikan untuk mengubah pengiriman dari J&T Express menjadi J&T Cargo dengan berat 48 Kg. Namun sampai sekarang masih belum dilakukan.

Akhirnya saya telepon CS Shopee untuk menanyakan terkait masalah ini. Kemudian saya disarankan untuk segera mengirimkan unit ini melalui resi yang telah ditentukan, karena merupakan hari terakhir pengembalian barang. Saya sampaikan kendala saya dalam pengiriman barang tersebut, tapi belum ada kejelasan. Operator Shopee cuma menyatakan akan di tindaklanjuti pihak terkait.

Kapan ya akan ditindaklanjuti pihak Shopee, sementara hari ini batas pengembalian barang?? Mohon pihak-pihak terkait untuk segera menanggapi keluhan konsumen seperti saya ini. Sudah seminggu, tapi tidak ada kepastian terkait permasalahan ini. Adakah bapak/ibu di sini yang mengalami kejadian serupa? Lalu kira-kira apa solusinya? Mohon infonya ya, please.

Terima kasih.

Dodi Candra
Padang, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdr. Dodi Candra

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 12 Juni 2022 berjudul “Klaim Barang Rusak di...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • pengiriman dari surabaya ,
      kirim ke padang,
      kirim tv 60inchi

      terlalu beresiko

      • Dari keluhan dan komen2 media konsumen, jadi pelajaran buat kita jangan beli barang besar, elektronik, pecah belah, harga mahal ditoko online apapun. Selisih harga gak seberapa resiko tinggi.

    • Dulu pernah beli tv 43" di blibi Alhamdulillah Aman, tp dr seringnya saya liat koment di toko seller marketplace bntng 1 sama media konsume jd ngeri jg beli tv besar di online, resiko besar banget kecuali beli online, barang ambil sendiri dengan catatan harga lebih murah drpd offline.semoga cepet selesai ,mksh sharingnya

  • SEMOGA BERMANFAAT BAGI SEMUANYA, MARI BELANJA DITOKO OFFLINE TERDEKAT LEBIH BAIK DARIPADA TOKO ONLINE RIBET KAN SEKARANG,

  • Beli tv smp antar pulau pakai cargo pula, biasanya kl tidak rusak ya hilang. Tapi seringnya rusak.

  • Kenapa Gak Beli Di Toko Offline aja Gan... Menggunakan Shopee Apakah Karena Pembayarannya Gunakan SPaylater?

    • Di propinsi ABS-SBK mungkin ngga ada toko offline pak sampe beli tipi harus jauh2 ke pulau jawa, ckckck...

      • Jangan asal komen, itu haknya dia mau beli online atau offline, gaknusah komen kalau asal omong aja, anda bisa di cap rasis kalau komen seperti ini

      • Duh.. saya mah g berani..beli barang elektronik di online.. apalagi TV mana jauh lagi?
        Mdhn ada solusinya ya..

    • sering banget dengar beli online bermasalah dari barang gak sesuai gambar,palsu,yg datang rusak , pengembalian ribet ..makan tuh online ,belanja offline hidup tenang tanpa embel Sanah sinih ...segaaar

  • Pak, resi J&T anda kasih ke J&T kargo juga bisa pakkkk pakkkk... Itu tinggal anda kirimkan ulang beres, ITU NGGAK RIBET, ITU RESIKO PEMBELIAN ONLINE, NGGAK LANGSUNG BISA MARAH-MARAH KE PENJUAL.

    Kalau bilang cuma yg dicover 1 kg saya pikir anda ngarang, atau kemungkinan terbesar itu anda salah packing ulang makanya kena volume. Terus kalau lihat DARI FOTO sepertinya anda melakukan unboxing paket yg mengenai produk, tapi nggak tau juga, soalnya bukti video unboxing tidak ada, jadi menimbulkan asumsi berbeda.

    Resiko bgt, apa mungkin anda MENGGUNAKAN SHOPPE PAYLATER ?

  • Masukin resi pengembalian yg sudah di buat di shopee..dan segera kirim kembali,,...karna sampai batas wktu pengajuan klaim berakhir .otomatis kasus komplen nya di tutup.

  • hrg unit 12jtan.. terlalu beresiko beli tv sebesar itu.. apalagi kirim antar pulau. semoga ada win win solution bagi seller dan buyer

  • kenapa ga cari di toko yg 1 kota aja atau 1 pulau setidaknya mengurangi resiko pecah dibanding kirim antar pulau
    kan bisa difilter kota sebelum beli di aplikasi shoppeenya

  • Antar pulau, jgn kan antar pulau, jabotabek ajah sering rusak, sy selama ini beli di jd. Id...seslalu puas, krn pakai kurir. Jd.id lgs

    • Saya belanja di jd.id, uang retur saya lama bgt dikembaliin ditagih2 trus tiap hari beminggu2 udah kek rentenir.. mana tiap admin resolusinya jawabannya gak konsisten.. pdahal barang udah retur gak sesuai dg dkirimkan..

    • Saya kemaren beli tv 32" di samsu** official di toko orange lupa gak nambahin packing kayu,alhamadulillah gak ada kerusan,bahkan kardusnya pun gak ada lecet...pengriman pake j*e cargo dari jakarta ke tangerang...