Surat Pembaca

Penyalahgunaan Akun Tokopedia dan Gojek, untuk Transaksi Fiktif Menggunakan GoPayLater di Tokopedia

Berikut ini kronologi kejadian terkait penyalahgunaan akun Tokopedia dan Gojek saya:

Pada tanggal 22 Mei 2022, paket data internet saya habis masa berlakunya. Ini adalah awal tidak terpantaunya semua aktivitas yang terjadi pada akun saya.

Tanggal 23 Mei 2022 pukul 5:33, akun Tokopedia saya berganti PIN, tanpa ada notifikasi kode OTP ke hp saya. Pukul 8:18 terjadi checkout pesanan, pembelian kalung seharga Rp4.748.700. Pukul 11:11 terjadi pengiriman barang dengan GoSend. Barang diterima istri saya, karena nama dan alamat benar atas nama saya. Dia tidak ada curiga sedikit pun, karena saya biasa pesan barang via Tokopedia.

Checkout pesanan dilakukan oleh pelaku peretas, karena akun saya sudah diambil alih. Dana langsung diteruskan ke toko online, dan dana langsung ditarik saat itu juga. Kondisi akun Tokopedia dan Gojek saya ter-logout dan harus reset password ulang. Bisa dipastikan toko online tersebut adalah bagian dari pelaku, dan sampai detik ini toko masih aktif.

Paket yang saya terima berisi kardus dan kertas/sampah hanya kardus kosong. Transaksi di Tokopedia melalui GoPayLater cicilan, yang tersambung langsung ke aplikasi Gojek. Tidak ada verifikasi OTP dari Gojek atas pendaftaran layanan GoPayLater cicilan ke hp saya. Pelaku dengan leluasa bisa mendaftarkan layanan GoPayLater cicilan.

Tanda tangan digital pengajuan GoPayLater cicilan bukan saya yang melakukan, karena sudah diretas. Informasi dari telepon CS Gojek, tanggal 22 ada perangkat lain yang terhubung ke akun Gojek saya. Namun pihak Gojek menyangkal, tidak ada pelanggaran. Dipastikan pelaku mempunyai semua data yang saya miliki.

Dalam hal ini disayangkan tidak ada investigasi dari Tokopedia ataupun Gojek perihal kebocoran data pelanggan. Karena bisa dipastikan Gojek ataupun Tokopedia bisa mengetahui device dan IP address yang digunakan pelaku untuk login.

Yang perlu digarisbawahi, tidak ada link phishing ataupun orang yang pernah meminta mengirimkan kode OTP ke saya, karena saya paham benar atas hal itu. Pada kejadian di atas, saya dalam perjalanan ke kantor, dan baru mengetahui setelah membuka email via desktop kantor dan semua sudah terlambat.

Pihak Tokopedia dan Gojek lepas tangan dan saya tetap harus membayar cicilan tersebut sebesar Rp6.315.768, setelah bunga. Saya kirim email aduan ke OJK, tetapi jawabannya diminta untuk ke aduan Bank Indonesia. Namun setelah email ke aduan Bank Indonesia, mereka malah meminta kejadian ini diajukan ke OJK, semua saling lempar tangan.

Dalam hal ini saya dirugikan karena harus membayar cicilan atas peretasan akun yang tidak saya lakukan dan jika memang dibutuhkan saya siap adu data.

Rudi Haryanto
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • @Rudy Haryanto: saya pemilik dari toko mas nona keriting. tolong jangan sembarangan menuduh transaksi fiktif ya. bisa cek di history chat saya dan anda. jam 08.22 saya chat anda menginformasikan panjang kalung 45 cm. Foto surat transaksi pun masih saya simpan. karena tiap barang sebelum dikirim memang saya foto. Kamu bisa chat akun tokopedia saya. biar saya kirim nanti screenshot nota + barang dan chat saya di tokopedia yg menginfokan panjang kalung. mungkin keluarga Anda yang transaksi. tolong jangan sembarangan main tuduh. Toko Mas Nona Keriting itu toko emas paling lama di pasar minggu. Kalo orang pasar minggu asli pasti tau toko emas ini. Sudah beroperasi dari tahun 1940an.

    • Statement penulis : "Bisa dipastikan toko online tersebut adalah bagian dari pelaku, dan sampai detik ini toko masih aktif." ini sangat mengganggu sih kalo buat seller. seolah2 toko merupakan jaringan sindikat pelaku pembobolan pencurian cyber. Jgn karena tuduhan tanpa bukti, status toko bisa dibekukan oleh Tokopedia.
      kalo menurut sy sih istri atau salah satu dari keluarga di rumah yg udah memesannya, tp terjadi miskom. buat penulisnya coba diinvestigasi sendiri lah

      • Hp saya yg pegang pak, aktifitas terjadi saat saya jalan ke kantor.
        Dan yg punya akses cuma saya. Gak mungkin istri saya bisa hack akun toped dan gojek

        • Kok bisa PD bilang gk mungkin sblm Investigasi Pak?
          Itu Jam 18.26 keterangan akun Login siapa yg Capture? Siapa yg Klik Ya?
          Kalau tidak di Klik Bukan/Ya,,maka akun tetap stuck tidak bisa Login.
          Gopaylater kl diaktifin langsung apa bisa dikasih Limit lsg 4jtan?
          Video Unbox terima brg kenapa gk di Share disini?
          SARAN : Jgn Terlalu tergesa gesa Fitnah Toko Org di MK sblm ada kejelasan Pasti.Saya Baca curhatan anda,,sepertinya jln hack/retas nya terlalu mulus alias kurang berliku,,cuman pembayaran cicilan nya aja yg berliku.

          • gopaylater cicil itu limitnya bisa 15juta, aktifin lsg dapat besar saya sendiri aktivasi dapat limit gopay cicil 14 juta.

            masalahnya ini kejadian real atau fiktif bak kisah dongeng utk menghindari membayar tagihan kedepannya

        • Anda bisa yakin istri anda bukan pelakunya tanpa melakukan investigasi terlebih dahulu, tapi anda langsung yakin kalau toko nona keriting terlibat dalam kasus anda tanpa mengindahkan fakta kalau lakbannya belang2 dalam video unboxing anda.... HEBAT SEKALI ANDA

          • Ts mengada-ada
            Mungkin istrinya ga tahu
            Tu kalung buat yg lain

            Supaya ada kambing hitam
            Hacker dan nuduh toko abal2
            Buktinya TS ga berani lapor polisi

            Drama lagu lama

        • Mungkin pas bapak tidur, istrinya login dan hapus jejak?
          Soalnya saya termasuk yg pakai gojek dg nomor suami di hp saya, pak. Jd tidak menutup kemungkinan kalau orang rumah yg pakainya.
          Cari dulu saja ditempat perhiasan istri atau lainnya. Apakah ada barang baru atau tidak.
          Karena pihak toko sudah konfirmasi dan sudah siap utk didatangi juga.

          Semoga segera selesai masalahnya.

  • Nyoohhh rame ,yang punya toko sudah muncul. Ayo main bukti, jangan cuma omong saja. Saya sih lebih cenderung dipakai orang terdekat

    • Yang aneh ini yang ngaku punya toko, sudah komen berkali² tapi penulis ga merespon. Saya masih blm percaya akun toped ato gojek diretas dengan mudah. Ceritanya agak kurang masuk akal, 22 Mei habis kuota dan 23 ganti PIN. Peretas nya terlalu hebat sampe tau yang punya akun ga ada kuota. Tapi terlepas dari itu semua, semoga masalahnya bisa selesai dan ditemukan duduk perkaranya.

      • saya skrg jadi curiganya jgn2 penulis mau bebasin tagihan cicilannya. pura2 ga terima barang / ga pesen barang. tp caranya jelek banget, pake acara nuduh toko orang, nuduh sistem gojek/ toped bobol juga. semoga bisa ditindak kalo gojek / toped baca. kan hrsnya bisa dicek by system loginnya dr daerah mana/ hp apa. kalo bener kaya gt, semoga cepet tobat deh.

        • Silahkan mba, kenyataannya memang hp saya di retas. Kalau memang diperlukan siap diaudit hp saya aktifitas yg terjadi di tanggal itu.
          Saya bisa minta nomor tlp atau hp nya biar bisa dibahas by phone

          • kenapa dr waktu hp kamu ngakunya diretas sampe skrg gaada effort hubungin saya? kalo emang bener ngerasa "ditipu". lewat toped / apapun. informasi toko saya gampang bgt dicari loh di internet kalo mau usaha dikit aja. tadi kan udh dijawab bisa dm ig tokononakeriting, di ig juga ada info telp toko. kalo "diretas" sama keluarga terdekat lapornya bukan ke media konsumen gan.

          • Tuh yg punya nona keriting udh respons, untuk masalah ini sebaik nya ga perlu tlp²an deh, langsung aja ke toko emas nona keriting nya, gampang kok cari alamt nya, di atas sya udh info alamat bisa cek di google toko emas nona keriting pasar minggu, klo bener² ga ketemu alamatnya ya kebangetan pinter om nya, klo mnurut sya nih, klo si om bener² urgent masalah nya silahkan datengin ke toko nya simple banget, ga ada yg lost kontak semua informasi bisa di cari di google, itu klo bener² serius ya, klo cuma pepesan kosong aja sih mending skip aja.

          • Ini sdh pencemaran nama baik karena anda menuduh pihak toko sekongkol dgn hackernya. Kalau ternyata org terdekat yg melakukan, dan pihak toko tdk mau damai, anda bs di tuntut.

          • Ya elah, pake minta nomor telpon, pura2 gaptek??? Di gugel aja ada nomor telponnya, lengkap berikut alamat.....
            Yang membingungkan, apa hubungan abis paket data dengan kejadian HP anda diretas????

        • Disini saya lebih mendukung kepihak toko sih,soalnya cerita yg dijelasin bapaknya terlalu mulus untuk peretasan.

          Dikomen diatas si bapak ngomong "gak pernah ngirim data ktp ke gojek" sedangkan mengaktifkan gopaylatter saja memerlukan verifikasi ktp beserta wajahnya,jika tidak verifikasi ktp,mustahil gopaylatter bisa aktif.

          Untuk transaksi gopaylatter itu memerlukan pin,mustahil kalo diretas bisa semulus itu transaksinya,dan salah satu cara meretas suatu pin adalah dengan melakukan bruteforce,tetapi itu sangat mustahil,karena jika salah beberapa kali memasukkan pin,maka akun gojek otomatis dibekukan(soalnya saya juga pernah kejadian lupa pin,dan salah beberapa kali,akun langsung dikunci oleh pihak gojek karena terdeteksi pemakaian tidak wajar)

          Kemungkinan terbesar pihak terdekat,karena kata sibapak otp sama sekali gak masuk,dan itu sangat mustahil,seharusnya setelah siperetas lolos login keakun tokopedia,maka siperetas harus melakukan aktivasi gopay kembali yg memerlukan otp dan pin(kalo beneran pelaku bukan sibapak,oleh karena itu bisa diambil kesimpulan bahwa kemungkinan pihak terdekat yang melakukan transaksi,karena mustahil pin dan otp bisa bocor)

          Peretasan bisa saja beneran terjadi,jika ternyata sibapak install aplikasi backdoor(sering terjadi secara tidak sengaja ketika sedang browsing lalu tiba tiba mendownload aplikasi yg hanya beberapa KB doang,dan tidak sengaja terinstall,otomatis sibapak terkena spying(spying tetapi akses terbatas,karena diandroid 9-12 keamanan semakin diperketat,seharusnya kalo menginstall backdoor terdeteksi oleh android,karena backdoor itu sistem peretasan sudah dari lama,kalo terinstall kemungkinan hanya bisa melihat pesan dan log panggilan),dan aplikasi tersebut tidak akan muncul diberanda handphone,karena aplikasi tersebut dapat berjalan dilatar belakang),tapi dapat dibantahkan dengan perkataan sibapak yang merujuk "tidak pernah mengirim data ktp ke pihak gojek",jadi mustahil hanya dengan seekor backdoor bisa sampe data ktp juga ikut kecolong

          Dan hacker mana yang punya software sekelas SS7 menghabiskan waktunya hanya untuk maling 4juta rupiah.sibapak atau orang terdekat mungkin doyan nonton film hacker,jadi bikin drama peretasan biar keliatan real?(disini saya gak bermaksud menfitnah bapaknya,coba inget kembali siapa yg pertama kali mengungkit bahwa bapak mungkin terkena hack,karena mungkin saja pelaku membuat alasan supaya tidak terlihat bersalah,dan membuat bapak terlihat teretas padahal mah tidak sama sekali)

          Karena saya sudah sering nongkrong di mediakonsumen sejak lama,jadi saya sudah banyak liat drama yg terjadi disini,dan sibapak juga bisa berkemungkinan berpura pura teretas supaya bebas dari pembayaran yang sudah terjadi(karena kebanyakan kasus ginian ya ujung ujungnya playing victim atau emang mau nipu pihak penjual)

          Semoga kasusnya terselesaikan,saya disini gak bermaksud menjelekan pihak penulis,saya hanya menyampaikan pendapat saja,terimakasih?

          • Setuju bro. Diatas juga dia bilang, "Dana langsung diteruskan ke toko online, dan dana langsung ditarik saat itu juga."

            Dia tau darimana saldo langsung di withdraw tokonya? Wkwkwk... Hebat bener TS, bisa tau saldo langsung ditarik juga.

            Saran saya, buat toko yg dirugikan, gojek dan tokopedia, lapor ke polisi aja. Tolong investigasi si penulis artikel.

            Sekarang lagi zaman playing victim. Mau uang tapi gak mau kerja. Apa aja dihalalin.

  • Mana nih sih TS . Seller ud muncul kok dia gak ada beritanya yg nulis di MK. Kabur

    • Lagi mempersiapkan bahan dan mental tuk klarifikasi biar ga di tuntut pemilik toko.

    • Lagi nyiapin skenario baru bro.....
      Pura2 gaptek, nanya nomor telpon toko nona keriting ke ownernya, pdhal di gugel lengkap nomor telpon sm alamat tokonya..... Pura2 gaptek, tapi kok bisa tau ya kl "Dana langsung diteruskan ke toko online, dan dana langsung ditarik saat itu juga."?????

    • Sepertinya begitu gan, coba perhatikan jam di ss yang dia posting. SS pertama Jam 18.26, entah itu tgl berapa pemberitahuan ada yg login dari perangkat baru. Anehnya dia sempet ss, tapi sepertinya dia klik ya, ini saya. Ketika dia ss ini seolah² dia lagi mengumpulkan bukti supaya meyakinkan bahwa dia kena hack. Ss kedua jam 12.10 dia laporan kendala transaksi. Ss ketiga jam 12.49 bahwa ada pemberitahuan ganti pin, jam di email 05.33 tapi dia ss setelah bikin laporan, disini juga agak janggal. Ss ke empat jam 01.07 PM, ini juga aneh koq penulisan jam dihp nya ga konsisten, dan yg di ss apaan koq email dari XL seharusnya keseluruhan isi inbox SMS dia. Terakhir koq bukti transaksi baru di ss jam 23.07 padahal jam 12 siang udah bikin laporan. Ini ss jam random seperti ini, aga mencurigakan bagi saya.

    • Setelah anda terima paket siapa yg klik selesaikan transaksi udah diklik atau belum jika belum ajukan komplain saja. Jika ternyata transaksi sudah selesai bisa jadi itu pelaku keluarga anda sendiri yg beli dan yg unboxing siapa anda sendiri apa istri anda, kalau masalah barang sebaiknya pihak toko jangan nulis nama barang emas diganti accesoris/apa agar tidak rentan diambil kurir
      Diduga tersangka: Konspirasi anda sendiri/istri anda/konspirasi toko/kurir(bagian ngambil emas saja)

      • Yg klik selesai bukan saya pak, seperti yg saya jelaskan akun saya sudah diretas. Semua baru terlihat ketika ada info pesanan dari istri, saya cek email sudah terlambat terjadi transaksi.
        Video unboxing juga baru tgl 1 juni kmrn setelah tidak ada titik temu, pihak toped bilang transaksi sudah selesai danndana sudah diteruskan dan saya bisa buka paketnya. Tadinya memang saya mau simpan untuk bukti. Yg buka paketnya saya dan istri tgl 1 juni, semua terdokumentasi

  • Td udh coba cek di tokped klo bayar lebih dr gopaylaternya itu ngak muncul opsi nya paylater, kok ini bsa 4jt pake gopaylater, sedangkan gpaylater cma 100rb? Ini udh sering pakai paylater apa gimana? Ada yg aneh

    • Dan juga ketika mau sambungkan tokped ke gopaylater jga hrus ada pinnya lagi..
      Dan di gopay jga pin sama paswordnya berbeda, gimana caranya bisa tahu?
      Dan email anda pun jga tau gimana caranya dia ngehack atau hack no hp jelas" no hp di hp anda sendiri?

      Ini mah orang sendiri yg dibuat" agar keliatan menipu

    • Gopaylater saya 2jt, awalnya 200rb. Saya sering pakai buat gofood, itupun biasanya gak lebih dari 3-5 hari udah saya bayar. Saya pakai karna males topup aja.

  • Ts sangat mencurigan .. habis quota kok gak langung beli om ..
    Kalo kehabisan quota orang pada umum nya langsung isi lagi
    Karna penting untuk komunikasi..

  • Paket data habis tgl 22 dan dibobol tgl 23?.yg tau paket data habis adalah provider bukan tokped or gojek. *hackernya* hebat banget mau membobol data provider, gojek dan tokped hanya demi 4jt, dan tidak ada korban lain. Hacker yg begitu hebat bisa membobol data 3 perusahaan, tp korbannya hanya 1 orang? Dan 4 jutaan aja?? Pasti sdh viral jika ada hacker yg membobol 3 perusahaan dan seharusnya banyak korbannya?, bukan cuman 4jtaan.

    • Bnr bgt, hackernya sultan dan lg iseng makanya membobol akun org cm tuk nominal 4jt

    • Aku sdh dua kali beli perhiasaan di nona keriting, dua kali transaksi barang di terima dan asli kok, jdi toko ini bukan abal2.....

    • Itu toko nona keriting badge di tokpednya sudah gold lho ( ga gampang dan harus ribuan transaksi baru bs jadi gold) ga mungkin banget toko fiktif gold.

      • Kasihan hacker
        Dikambinghitamkan
        Ngapain juga hacker ilmunya diterapkan buat garap sereceh ini
        Mungkin istrinya hacker pengen punya kalung emas
        Tp ga punya uang adanya gopaylater
        Hahaha

  • Segitunya amat gamau bayar tagihan wkwks bilang kouta abis segala JELAS" Kouta yutube yang abis.. udh bayar ajh gan gausah ngelak macem"

    • Buat hiburan si hacker mungkin ?
      Dewa banget tuh hacker, bisa aktifin paylater tanpa ktp, ngebobol tokped sama gojek, sekaligus ngambil emas dari dalem kerdus hahaha

  • update: ts tadi kirimin saya video unboxingnya. tapi lakban di paketnya warnanya belang ? lakban saya warnanya coklat tua full. di video ts, setengah dus coklat tua, setengah dus warna lakbannya coklat muda. jelas banget udh dibuka trs dilakban ulang. yg saya bingung kok bisa orang ga ngerasa mesen paket tp sempet2nya bikin video unboxing. kaya udh prepare banget.

    TS, seperti yg td sy udh bilang di chat ya. kalo emang ini "dikerjain" sama anggota keluarga km, semoga segera dikasih pencerahan siapa pelakunya. tapi kalo ini akal2an kamu doang biar ga usah bayar cicilan, semoga niat jelek tsb balik lg ke km berlipat2. krn banyak pihak yg difitnah & dirugikan disini.

    • Chat tokopedia sama gojek, kasi liat nih thread bikin laporan bersama supaya di selidiki sampai tuntas sama polisi apalagi klo paket yg diterima ternyata kemasannya sudah berbeda. Kecuali klo besok dia klarifikasi dan minta maaf. Ketika di ss bahwa ada usaha login dari perangkat baru juga udah mencurigakan, ga perlu ss sebenarnya tinggal pencet itu bukan saya selesai urusan. Kuota abis jam 23.59 koq tengah malemnya kena hack ga masuk logika nya, baru komplain setelah transaksi selesai. Ga tau beli kuotanya jam berapa yg jelas jam 12 dia sudah bikin komplain.

      • Saya belum pernah pakai gopaylater, tapi mau kasih sedikit saran buat penulis. Disini alur pengiriman kan penjual - kurir - istri anda - anda. Saya hanya menyarankan perbandingan bukti. Dibawah dijelaskan toko memiliki nota pembelian, no hp, foto dsb. Saya juga berharap toko emas bisa menampilkan cctv saat pemesanan paket anda. Jika memang ini ada, saya rasa bukti toko sangat kuat. Kita berpindah, jika dalam kondisi ini toko dianggap bersih ada kemungkinan pula driver barang yg mengambil barang tsb. Biasanya jika gosend, kurir melakukan foto barang, entah sebelum atau setelah barang diterima, bisa dilihat apa kondisi paket masih sama. Saya tidak tau apakah foto dikirimkan ke sistem atau tidak, dan jika dia atau sistem punya bukti bahwa paket masih sama hingga ke tangan istri anda, dia bersih. Lanjut ke istri anda, untuk yg ini mungkin anda bisa melakukan pendekatan persuasif atau mencari bukti lanjutan, anda lebih mengenal istri anda sendiri dibandingkan orang lain. Karna saya rasa istri anda tidak akan memiliki banyak bukti, terlebih jika kita asumsikan disini jika dia hanya menerima paket yg biasanya anda beli. Ini jika anda berniat untuk mengusut tuntas bukti dan kasusnya. Disini saya tidak menuduh siapapun.
        Semangat pak, semoga kebenaran
        nya terungkap.

        • Saat diterima istri Tidak di foto / dokumentasi bu oleh drivernya. Di paket atas nama dan alamat saya, istri terima saja paketnya. Memang saya biasa pesan perlengkapan dari tokopedia. 3hari sebelumnya saya juga baru saja pesan tokopedia.
          Dan istri telepon ke saya kalo paket sudah datang, saya kaget langsung buka email via desktop kantor dan ternyata ada aktifitas pembelian tersebut dalam kondisi hp saya tanpa paket internet dan kondisi terlogout harus reset ulang.
          Semua info saya dapat dari email desktop.
          Paket saya simpan sampai tgl 1 juni berharap untuk bukti kalau ada kelanjutan kasus karrna saya juga melapor ke ojk dan lmbaga konsumen lainnya. Karena tidak ada kemajuan kasus akhirnya kita putuskan buka paket sambil diambil dokumentasi video, dan ternyata dugaan saya benar hanya berisi dompet dan kertas coklat kosong.
          Ada isinya ataupun tidak saya memang tidak merasa pernah memesan barang tersebut
          Saya baru mengetahui ada website media konsumen, dan baru kali ini saya post untuk dpt keadilan. Tapi malah sepertinya tuduhan berbalik ke saya

          • Saya jualan udh mau 3 thn di toped & shopee. gak ada sejarahnya paket saya kirim ada isinya, pas diterima tiba2 jadi kosong (warna lakbannya berubah pula). Mau cek sejarah komplainan toko saya di toped / shopee? gak ada yg ngeluh paket kosong. karena sy ga pernah kirim paket kosong. buat apa? orang stok barang saya banyak. kalung dr 1 gr sampe 100 gr jg ada. saya seller yg jarang banget dpt komplain (bisa dicek dr rating tokonya). komplainan saya mostly soal ekspedisi, paket lama ga sampe2. tapi paket ada isinya tiba2 jadi kosong + warna lakban tiba2 berubah sendiri? kejadian aneh luar biasa ini.

          • Asyik ada drama baru, baru nemu ide kayaknya cek email lewat desktop. Pinter juga nih TS. Tapi pas screenshot lupa ya ga hapus dulu, itu sinyal 4G di desktop nya. Jadi keliatan itu sinyal 4G dan di screenshot yg lain konek ke wifi. Aduh TS asik nih dramanya, screenshot yg dikirim tuh dari HP semua, buka screenshot dari desktop, ciri²nya ada signal 4G kanan atas dan ada jam kiri atas. Haduh?‍♂️?‍♂️?‍♂️

    • Sip, TS kirim bukti video unboxing dg warna lakban berbeda. Sekalian bu kalo ketemu TS video asli tersebut di cek, rekaman video itu di detail nya ada waktu dan tanggal saat merekam, di karenakan itu pembelian tanggal 23 mei, ibu terima video tersebut tanggal 15 Juni. Curiga video tersebut baru kemarin2 di buat bisa cek waktu dan tanggal file rekaman video tersebut. Terlalu sembrono koar2 di media konsumen tanpa pikir resikonya. Mungkin dia tau nya kalo sudah lapor Media Konsumen kasus nya bakal di menangin.

      • Tidak ada yg dirubah dari paket tersebut pak, semua terdokumentasi sesuai tanggal.
        Saya unboxing tgl 1 juni karena tidak ada kelanjutan kasus yg sudah saya laporkan.

        • tidak ada yg dirubah tp warna lakbannya beda? setengah coklat tua, setengah coklat muda? emangnya sy sekreatif itu apa bikin packingan warna belang2. gan, unboxing palsu itu udh termasuk tindak kriminal loh. itu jelas yg bikin videonya niat banget bikin unboxing palsu. warna lakban packing beda & di dalemnya diisi amplop coklat. saya aja ga punya amplop coklat begituan di toko / rumah. cara buka + packing ulangnya juga lumayan rapi. pasti sudah terencana.
          ya pasti gak ada kelanjutan gan. jelas kok ordernya dateng dr akun agan ke tk saya. pembayaran valid, pengiriman valid. apanya yg mau dilanjutin?

    • SS yang ada pilihan "Ini bukan saya" dengan "Ya, ini saya" aja terlihat kok kalau yg dipilih saat ini berwarna hijau adalah "Ya, ini saya"..... Hmmmmmm