Surat Pembaca

3 Minggu Menunggu Ketidakjelasan Service Center Xiaomi

Tanggal 31 Mei 2022, saya melakukan perbaikan ke SC Mi Mega Bekasi, terkait hp Mi 11 saya yang boot loop berulang-ulang dan hanya sampai logo Xiaomi saja. Oleh petugasnya kemudian dicek kondisi hp saya dan di situ masih garansi TAM. Saya dapat lembaran kertas Service Order Number: ASID20220531025.

Dari nomor tersebut memang terlihat record saya service pada tanggal 31 Mei 2022 dan dapat nomor urut antrean 25. Petugas service center menjanjikan perbaikan akan selesai dalam4 hari kerja dan hari Sabtu telah selesai. Sama halnya seperti yang ada pada banner di depan tempat SC, yang menjanjikan garansi selesai 4 hari kerja atau di-refund/ganti unit baru.

Awalnya saya agak takjub, kalau memang bisa selesai 4 hari kerja dan tenang melihatnya. Sampai hari Minggunya, saya masih menunggu dari SC Xiaomi terkait perbaikan hp saya, tapi tidak ada yang telepon atau WA ke hp saya. Akhirnya saya mencoba telepon ke Call Center 021-89451132 berulang kali, tapi tidak ada yang mengangkatnya.

Hari Senin saya mencoba telepon ke 0800-1401-558 untuk menanyakan status perbaikan hp saya, dan terhubung. Awalnya petugasnya mencoba mencari melalui Service Order Number: ASID20220531025, tapi tidak ditemukan di database-nya. Akhirnya dia mencoba untuk melakukan pencarian berdasarkan IMEI, katanya status perbaikan HP saya masih dalam proses perbaikan.

Tidak terasa, saya sudah menunggu 3 minggu dari awal masuk service center tanggal 31 Mei 2022. Pada tanggal 19 Juni 2022, saya mencoba telepon kembali ke 0800-1401-558. Jawaban yang saya dapatkan tetap sama. masih antrean proses perbaikan dan akan di-follow up di tempat SC Mega Bekasi.

Anehnya, yang awalnya Service Order Number: ASID20220531025 berubah menjadi: ASID22061400001039 waktu saya menanyakannya kembali. Kalau dari awal nomor 0531 tanggal masuk service, sekarang berubah, berarti service hp saya baru diproses tanggal 14 Juni 2022 kemarin?

Kata petugas call center-nya sedang ada perubahan penomoran di sistem, jadi tidak ada yang berubah, hanya pengalihan. Sudah gitu nomor 0800-1401-558, berubah jadi 00180300650029.

Surat Service Center

Sampai sekarang saya masih menunggu konfirmasi mengenai status perbaikan Mi 11 saya. Jujur saya agak kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh Xiaomi Indonesia. Tidak sesuai dengan janji yang diberikan, selesai service 4 hari atau diganti unit baru/refund, tapi sudah 3 minggu tidak ada kejelasan dan masih disuruh menunggu.

Saya sudah coba komplain juga melalui media sosial Twitter, dan jawabannya masih sama “Mohon untuk menunggu”. Terus terang sebagai konsumen merasa dirugikan banget. Mohon untuk pihak Xiaomi untuk menjawab status perbaikan hp saya dan saya mendapatkan kejelasan yang pasti. Mau sampai kapan saya harus menunggu ketidakjelasan seperti ini?

Terima kasih atas perhatiannya.

Dwi Setyo Effendianto
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Turut berduka, kejar terus kalau bisa pemindahan servis senter saja,
    Pengalaman saya dengan mi center yang di detos (depok) untuk mi 11 saya, di janjikan 4 hari, tapi ternyata sorenya sudah ditelpon barang bisa diambil hari ini, tapi karena saya ada kegiatan, baru bisa saya ambil besoknya.

    Jadi kalau memungkinkan dari pada antrian lama, mendingan pindah saja SC nya.

    • di SC Mega Bekasi waktu komplain di twitter, ternyata ada yg sama masuk SCnya tgl 31 mei juga, dan dia satu minggu juga belum di confirm sama SC-nya. Maybe tergantung SC nya juga kali ya. soalnya SC terdekat dr rumah yah SC Mega Bekasi. Dulu hp adek gw di SC Mega Bekasi dan mang agak lama prosesnya tp gak selama gw juga.

  • FYI: Service center Mi yg di blok A saya pernah klaim garansi servis, HP nya mati total ganti mesin cuma sekitar 2 jam kelar.

    • lah cepet banget... di SC Mega Bekasi lama bgt... kmrn pas ngantri dr ambil nomor sampai ke loketnya aj 2 jam sendiri

  • Sebaiknya datangi aja secara langsung jangan lewat call center dan memang ada pergantian sistem nomor cc.. Dengan datang langsung bisa lebih jelas masalahnya..

    • iya akhirnya sudah terlihat hilalnya dan gak lama habis nulis ini langsung di confirm sama pihak Xiaomi

  • Wah itu di lembaran servis nya udah ada bekas kena air saat pengecekan dan OOW (Out Of Waranty) alias udah ngga garansi. Saran saya sih jangan berharap refund/ganti unit baru gan. Seharusnya kita sebagai pengguna lebih aktif saat kondisi hp kita sudah seperti itu.

    • Iya ini sudah di confirm kena anti mainboardnya....
      pas nanya dapat garansi brp lama setelah ganti dan prosesnya penggantian brp lama, responnya lama bgt. -_-

  • Sabar amat nunggu 3 minggu nelponin call center + chat socmednya xiaomi indonesia. Klo gw mah udah gw datengin SC mega bekasi gw gebrak biar keluar managernya.. sambil gw bawa temen gw rekam trus gw viralin.. takut tuh pasti image nya rusak nasional haha

    Note: it works waktu gw komplain kulkas samsung yg rusak dlm waktu 3 bulan. Manajernya keluar lgs menenangkan dan kulkas gw diganti saat itu juga. Padahal sebelumnya sabar, mohon maaf, silahkan menunggu, dalam proses bla bla bla

    • Bener, sekarang mah SC kalo cuma dikejer lewat telpon atau sosmed ga akan terlalu ditanggapi, mendingan datang langsung.... Penulis dah coba datangi lagi SC nya???? Jangan malas2 atuh....

      • beberapa hari lalu mang lagi tugas jadi gak bisa nyamperin SC nya, tapi tadi telp kebetulan diangkat dan sudah dpt penjelasan dan bagaimana nasib hp saya. katanya si 5 hari lagi. Kita lihat saja apa benar 5 hari kedepan. Ini juga sudah minta nomor WA orang yg in-charge di SC Mega Bekasinya juga. So far responsif dan ngejawabnya cepat.

    • iya sudah kok akhirnya telp ke Call Ceter ID di Mega Bekasi dan diangkat dan langsung nanya soal penggantian nomor dll.. akhirnmya dikasih penjelasan. yg tetap harus ganti mainboardnya.. Sudah setuju buat ganti tapi masih menunggu prosesnya. katanya 5 hari. semoga aja benar dan gak ngaret lagi

      • Nah iya, apapun alasan anda, sibuk atau apa, kan bisa hari sabtu didatangi tuh SC... Jangan malas2 kalau untuk asset anda mah....

  • Seharusnya Xiaomi punya SOP yg jelas selama produknya masih dalam masa garansi kalau terjadi kerusakan maka waktu maksimal perbaikan 3 hari, kalau sekira lebih harus diganti unit baru. Karena dg hp yg rusak itu sudah jelas sangat merugikan buat konsumen.