Kategori: Tanggapan

Tanggapan Lazada Indonesia atas Surat Pembaca Bapak Wirya Wiriawan

Redaksi yang terhormat,

Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 16 Juni 2022, mengenai “Barang Rusak Sudah Disetujui oleh Lazada tapi Belum Dibayarkan Sampai Saat Ini”, kami menyesal atas ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Wirya.

Kami telah melakukan penelusuran permasalahan dan mendapati toko Mukamaushop milik Bapak Wirya terbukti melanggar aturan berjualan di Lazada. Demi keamanan dan kenyamanan berjualan dan berbelanja online di ekosistem Lazada, dengan sangat terpaksa kami tidak dapat memproses pembayaran sesuai dengan ketentuan berjualan di Lazada yang telah disepakati oleh penjual dan Lazada sejak awal penjual bergabung di Lazada. Hal ini juga sudah dikomunikasikan tim Lazada secara langsung kepada Bapak Wirya melalui sambungan telepon pada 20 Juni dan 21 Juni 2022.

Sebagai salah satu Pelaku Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) terbesar di Asia, Lazada Indonesia senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan belanja terbaik bagi para penjual maupun pembeli di platform kami. Kami mengimbau agar jika ada pertanyaan atau permasalahan, para penjual dapat menghubungi layanan chat Customer Care yang tersedia dari hari Senin hingga Minggu melalui aplikasi dan situs pusat bantuan penjual.

Kepuasan, keamanan, kenyamanan pengalaman berjualan dan belanja online di Lazada Indonesia bagi penjual maupun pembeli selalu menjadi prioritas kami.

Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya.

Salam,

Farid Suharjo
Deputy Chief Customer Care, Lazada Indonesia

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Surat Pembaca Terkait Tanggapan Ini

Barang Rusak Sudah Disetujui oleh Lazada tapi Belum Dibayarkan Sampai Saat Ini

Salam semua terima kasih kepada media konsumen sudah memberikan saya wadah untuk mengeluhkan pelayanan Lazada Indonesia. Saya adalah seller Lazada...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • iya tapi aneh sekali ya Pak jika di email tanggal 8 dan 12 juni isi nya adalah :

    Dear Seller,

    Lazada telah menyelesaikan penyelidikan terkait laporan Anda. Kami ingin memberitahukan bahwa kompensasi akan segera dikirimkan ke akun Anda.

    Nomor Pesanan : 872472246692631
    Nama barang(s): ${PSCSKU!}
    Nomor Tiket: 2500000078754759
    Tipe Klaim: Damaged item
    Alasan Klaim: Declined to receive item from 3PL
    Total Klaim: 1300000.00 Rp

    Mohon diingat bahwa kompensasi ini akan masuk pada pembayaran Anda selanjutnya

    Terima kasih telah menjadikan kami bagian dari bisnis Anda.

    Untuk Informasi lebih lanjut kunjungi Pusat Bantuan kami di tautan ini:
    https://sellercenter.lazada.co.id/seller/helpcenter/finance

    Hormat Kami,

    Lazada Indonesia
    Waktu Layanan: Senin sampai Minggu jam 9.00AM – 8.00PM

    jelas ada kata2 “lazada sudah menyelidiki laporan anda dan ingin memberitahukan bahwa kompensasi akan di kirim ke akun anda” dimana harusnya sudah di selidiki baik baik jika ada pelanggaran kenapa klaim saya tidak di tolak?dan langsung saja di nonaktifkan toko saya juga tidak perlu menerima uang ganti rugi dari pihak jasa kirim dahulu pak.

    “Kompensasi ini akan masuk pada pembayaran anda selanjutnya” kata2 itu seperti informasi yang sangat jelas dan ternyata tidak terjadi pada saat waktu pembayaran.

    juga pak, kenapa saya dibilang melanggar aturan dan kenapa tidak ada e-mail pemberitahuan bahwa saldo saya ditahan sebelumnya? aneh bukan? kenapa sampai saat waktu pembayaran 14 Juni saya tidak menerima pemberitahuan apa apa? dan setelah tgl 15 juni saya komplain berkali2 tiba2 jam 17:50 saya di bilang melakukan pelanggaran? itu sih yang saya mau tanyakan dan dapat penjelasan lengkap, juga saat perwakilan lazada menelpon saya ketika saya melakukan pelanggaran bisa diberi tahu kesalahan detail saya apa? tidak diberitahu saya hanya disuruh tebak2an diantara 6 poin yg bisa jadi pelanggaran. Aneh.

    1 lagi pada periode 6-12 juni saya melihat ada invoice komisi fee dan pajak ppn atas barang saya? di cetak 14 juni tertera dan di ttd oleh pimpinan finance lazada yg artinya saya membayar pajak, tapi kok penghasilan yg saya bayarkan pajak nya tidak saya terima? sedangkan periode 13-19 juni tidak ada invoice sampai skrg. aneh juga kan?

    bisa dijawab ya pak jika bapak dan team sudah melakukan penelusuran masalah saya.

    Terimakasih.

    • sabar bang makasih buat pengalamanya di lazada bang jadi aku tau resiko jual di lazada bsa begini??

    • jangan liat dri sisi lo aja lazada liat nih email yg lo kirim sblmnya aneh aneh aja bilang udah approve klaim nya pas waktu bayar bilang klaim nya pelanggaran kalo mau lawak buka startup stand up aja bro jangan buka ecommerce
      ecommerce buat penjual cari duit bukan buat amal ke lazada

    • kalo gak diberi kompensasi atau dibatalkan sepihak dan juga tidak kendapat informasi atas hal tersebut sbnrnya anda punya hal dalam uu perlindungan konsumen menuntut hal hal tersebut :

      Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa.

      Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan.

      Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif.

      Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang tidak diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

      beberapa poin atas hak hak konsumen karena anda adalah konsumen atas jasa lazada dikarenakan anda membayar payment fee atas jasa berjualan di platform mereka.

    • Pelajaran aja jangan berurusan sama lazada lagi tukang rampok kalo gitu mah hahaha

  • @LazadaID
    Anda melakukan tindakan gegabah. Kembalikan dana terlebih dahulu yg menjadi haknya.
    Sama saja dengan mencuri dengan dalih "melakukan pelanggaran"

    • harusnya iya bang uang yg punya org ya bayar kalo masalah akun di tutup itu hak lazada tapi kalo uang gak sepenuhnya punya dia tapi mgkn org lain jdi tau bang kalo buka di lazada bisa aja sewaktu2 uang mereka di ambil lazada dgn alasan kebijakan mereka hehe

    • ini yang saya pikir juga mas dengan berlindung dibalik kebijakan yang mereka bikin sendiri dan saya sudah baca sendiri karena saudara saya seller disana dan isi nya cukup berat sebelah.
      udah kaya jebakan batman buat seller kalo begitu.

    • Ga dri seller sama org disini mikir nya napa gak dari seller klaim lgsg ditolak aja kalo ada pelanggaran kok bisa di acc? Giliran waktu pembayaran bilang dalih nya “ada pelanggaran” uang lgsg di telen buat lazada….

      Udah kaya modus andalan

  • Andai sebelum daftar ada user agreement mungkin bakalan di baca dulu lah ini pas daftar gak ada tuh seller suruh baca perjanjian dulu kecuali seller yg mau cari dan baca duluan kayaknya manfaatin sih kebiasaan orang indonesia yg malas baca jadinya ya gini.
    Lagi aneh kalo kata seller dia di tuduh melakukan pelanggaran klaim tapi sebelumnya klaim di setujui sama lazada sendiri haha jadi kaya jilat ludah sendiri

    • ya aneh si kalo baca surat penulis dia lampirin email klaim di setujui tapi ujungnya blg ada pelanggaran di klaim pnulis lucu

  • “ Demi keamanan dan kenyamanan berjualan dan berbelanja online di ekosistem Lazada, dengan sangat terpaksa kami tidak dapat memproses pembayaran sesuai dengan ketentuan berjualan di Lazada”

    dana yg gak dibayar gitu lari kemana tuh jatohnye? terus blg kenyamanan ekosistem tapi tindakan begini jadi bikin ga nyaman buat penjual haha jualan dgn rasa takut akan kejadian begini dan ini bs trjadi sewaktu2 kaya penulis dr keteranganya dr awal klaim gk ada masalah sampe waktu payment baru jadi masalah

    • kan karyawanya butuh bonus buat liburan ke bali bang jadi mayan duit yg ky gini buat bonus karyawan biar disangka perusahaan bonafit

      • kind a funny steatment :

        kenyamana pembeli dan penjual dalam belanja online adalah pioritas kami.

        kalo udah begini siapa yg nyaman? uang ga dapet barang gak balik. Terus yg nyaman siapa?Lazada? hmmmmmm nice

  • mantappp lumayan dapet duit penjual 8 jutaaa buat bonus karyawan hahahaha hahahahahahahahahaha

    • Wkwkwkw itu yg gue pikirin bro saldo seller ilang ya pasti lari ke lazada ????❤?????❤?????❤?

  • Kami mengimbau agar jika ada pertanyaan atau permasalahan, para penjual dapat menghubungi layanan chat Customer Care yang tersedia dari hari Senin hingga Minggu melalui aplikasi dan situs pusat bantuan penjual.

    maaf pak saya seller lazada juga saya rasa kalo komplain ke live chat gak berguna pak kebanyakan jawaban cuma ditunggu ya follow up dulu besok nanyain lagi jawabanya follow up dlu ya ujungnya kalo seller emosi jawabanya maaf kami mempunyai keterbatasan informasi kak harap ditunggu ya .

    gimana mau komplain disana? dan kalo lapor atau up di MK baru deh di telpon dan email masuk kalo engga mah Ya Allah 1 minggu masalah mau ubah jasa kirim aja hahaha lain kali crosscheck ke internal dulu pak apa seller nyaman sama CS lazada? saya rasa tidak.

    • betul bangettt!!!! orang kalo udah komplain atau ngeluh di media lain diluar lazada ya udah gregetan sama Cs lazada atau pelayananya lebih baik dan bijak kalo uang dari seller yg gak dibyar itu pake buat perbaikin layanan lazada jangan buat iklan di tipi bosku @lazada

    • Lah itu di approve kan claim nya , ya balikin donk duitnya... Skrg ga balikin dgn dalih si seller ada melakukan pelanggaran... Pelanggaran apa emgnya ? Jelasin donk pelanggarannya apa ? Berhubungan gak pelanggaran yg dilakukan dgn hak nya si seller utk dipenuhi claim nya ? Lazada gak malu ta dgn cara kerja dan cara menanggapi kasus seperti ini ?

      • Pelanggarany klo dibaaca dr update si penjual klaim n ya bermasasalah om tpi sblm ada pelanggaran itu klaim ny udh di acc aneh gak tuh? Si penjual udh lampirin email klaim disetujui dr lazada juga dr updte penjual dana ganti rugi dr ekspedisi juga udh dibayar ke lazada tp gk di terusin ke penjual dalihnya saat mau dicaiirin ada pelanggaran hehehe kalo mau ya gak om lazada mah yg penting cuan untung om

      • Gabakalan malu om….ini lazada mah praktik dalih ada pelanggaran trs uang di telem sendiri udh dr dulu kalo saya liat disini banyak juga shopee kena tahan dana atau akun dibatasi tapi buat dana bakalan dilepas 2-3 hari kemudian walau toko gabisa aktif lagi…

        Lebih fair shopee sadar bahwa saldo penjual ya hak penjual bukan hak ecommerce.

        Lagi bingung masih aja ada yg mau main ke lazada hahaha..

  • Lumayan cuan buat lazada haha bilang pelanggaran 100 seller aja udah wow bgt hasilnya, good strateginya bro