Surat Pembaca

Biaya Pasang Baru First Media Tidak Sesuai dengan Penjelasan Sales

Saya adalah pelanggan baru First Media, dengan nomor pelanggan: 10256088. Tanggal 20 Juni 2022, saya mengajukan pemasangan baru melalui sales First Media yang bernama saudara GF. Setelah saya menanyakan paket dll, akhirnya sesuai dengan kesepakatan, bahwa untuk pemasangan dan pembayarannya adalah sebesar Rp256.400.

Saya menyetujui, dengan kesepakatan bahwa biaya pemasangan instalasi gratis, tanpa ada biaya tambahan. Setelah selesai pemasangan dan pengaktifan internet, selang 2 hari saya melakukan pembayaran melalui Indomaret. Namun saya kaget, karena saya harus membayar Rp450.600.

Akhirnya saya menghubungi CS First Media dan diinformasikan bahwa ada biaya kabel dan instalasi. Apakah sales First Media seperti itu bisa membodohi pelanggan baru?? Bukan masalah selisih sebesar kurang lebih Rp200 ribu, tetapi pertanggung jawaban kesepakatan awal yang saya minta sebagai pelanggan baru First Media.

Mohon segera tindak lanjuti masalah saya ini. Terima kasih Media Konsumen telah menayangkan surat keluhan saya. Mohon kepada pihak First Media, saya minta pertanggung jawabannya. Terima kasih.

Budi Agung
Kab. Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan First Media atas Surat Bapak Budi Agung

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan surat pembaca di MediaKonsumen.com yang disampaikan oleh Bapak Budi Agung pada 26 Juni...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Terima kasih utk pihak firstmedia yg lsg merespon menghubungi sy via telp, untuk permasalah ini sdh kami selesaikan dan puhak firstmedia sdh dapat menjelaskan titik permasalahan nya, dan sy juga mengucapkan terima kasih kepada pihak media konsumen yg sdh membantu sy untuk mengutarakan keluhan sy ..
      Terima kasih

  • Memang begitu, biaya pemasangan itu cuma biaya instalasi perangkat di rumah anda, biaya kabel jadi tanggungan pelanggan dan itu tergantung jauhnya rumah anda dari ODP First Media, jangan salahkan sales, dia juga ga nipu kok, yg 200 ribuan emang biaya pemasangan/instalasi perangkat, biaya kabel kan yg tau tehnisi saat narik kabel dari ODP ke rumah anda..... Nanti kalau sales bilang biaya kabel cuma 100 ribu tau2 yg kepake kabelnya lebih panjang nanti anda komplain lagi.... Kalau anda keberatan ya batalin aja pemasangannya

    • Mhn maaf ka, memang awal nya jg sales menjelaskan perihal ini, dan kesepakatan bahwa biaya instalasi dll itu d gratiskan, ada bukti chat nya dgn sales.. dan tiang plus odp nya letaknya jg persis d dpn rmh sy.. namun ketika sy komplain ke salesnya, sales nya pun sdh menjelskan bahwa ada kesalahan dr sistem, sehingga yg seharus nya tagihan awal sy tdk sebesar itu... thx komen nya ka ?

      • Coba minta salesnya bantu uruskan ke pusat supaya tagihan balik ke awal yg dijanjikan si sales

          • Pak Budi. Biasanya ISP itu web login untuk pengguna disediakan. Ada rincian/breakdown tagihan tsb mulai dari paket yg diambil dan ppn. Soalnya sy gak liat rinciannya, cuma total biling doang.
            Coba cek dulu pak siapa tau di webnya ada.

            Kalau sdh kadung dibayar kemudian ada selisih dan ternyata sistemnya salah. Biasanya bulan depan ada pengurangan tagihan.

  • disini engga diminta biaya kabel dan router, cuma bayar biaya pasang sesuai paket yg diambil- dan sudah termasuk biaya ppn juga.

    • Iya ka memang sperti itu, namun awalnya ada kesepakatan sy dgn sales sehingga tdk ada biaya pemasangan/instalasi.. dan sales pun sdh menjelaskan bahwa ada kesalahan dr sistem yg mana tagihan awal sy seharusnya tdk sebesar itu.. thx ?

  • Bs jd akal2an sales spy qt mau pake first media...kl bnyk pelanggan baru kan otomatis komisi buat sales nya lbh besar...

  • Wes malas urusan ambek sales First Media.. Banyakan bohongnya asal target terpenuhi.. Ws kapok pakenya..

  • Kalo saya malah tagihan bulanan yg beda sama yg ditawarkan sama salesnya. Katanya baru ada promo pasang baru dengan tagihan 220rb/bln include ppn,chat nya pun masih ada dari salesnya,tapi ternyata tagihanya 280rbuan. Saya komplen ke salesnya cuma bilang mau di eskalasi,dan tagihan sudah berjalan 4bln kalo gak salah,dan sampai sekarang salesnya gak balas chat lagi gak ada tanggung jawabnya.

    • Sama kyk saya... Dari 200an belom setahun bengkak jadi 400an. Malah sempat tembus 500. Mending ganti sama yg bulanannya flat

  • Ya... Begitulah yg namanya SALES, yg penting produk laku, urusan belakang ada apa ya..... urusan belakang. Yg penting hari itu dapat konsumen yg mau pasang, dapat pelanggan, dapat komisi ?! (Tapi tak semua SALES seperti itu...) Entah itu SALES tak TAHU atau emang tak mau TAHU!!!

  • Hmm.. kalo saya ada mslhnya krn first media blg klo pemasangan di rmh saya di tolak. Pdhl modem dll sdh terpasang. Tp tetap keluar tagihan, pdhl jaringan internet ga ada? yaudah ga saya bayar. Lucunya salesnya selalu nawarin, saya uda ada pemutihan jd bisa pasang first media lagi.
    Alhamdulillah pada wktu itu ada provider lain baru masuk, saya pake itu ga ribet dan lancar jaya sampe sekarang.

  • Saya pun salah satu korban dari sales FM. hingga pd akhirnya sy putuskan agar perangkatnya di ambil oleh teknisi, dan teknisi pun sudah mengambil perangkat tsb walaupun sblmnya sy sudah dibujuk2 oleh FM Pusat dengan menawarkan harga yg murah namun krn sy telah trlanjur kecewa dan tak percaya lagi, cukup sampai disini sy dibuat pusing. Pokoknya panjanglah ceritanya, gak muat kalau sampai di pajang di mk ini, cukuplah jd pelajaran berharga buat sy hehehehe

  • ini juga terjadi pada Saya pelanggan Firstmedia: 12482386

    Sales bernama TH memastikan dan menginfokan promo (instalasi tidak ada biaya)
    mendapat kabel 30m dan biaya kelebihan Rp 10rb
    jadi kemungkinan untuk awal di harga Rp 300rb an
    (silahkan Firstmedia cek rekaman suara kalian)
    Saat ini tagihan pertama Saya Rp 531.135 termasuk pajak

    Tapi saat Saya email keluhan dijawab:
    Untuk area layanan Bapak Andre dan pemasangan Bapak dengan tambahan 20 meter, Bapak dikenakan extra Rp10.000,00/meter tambahan kabel dari tiang ke rumah.

    cukup ya