Kecewa dengan Samsung Official Shop di Shopee, Barang Hasil Flash Sale Tidak Dikirim

Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale menarik hati saya untuk membeli produk yang betul-betul murah dengan harga serba seribu. Sayang tidak dibarengi dengan profesionalisme dari salah satu merchant Shopee Mall, yaitu Samsung Official Shop.

Tanggal 20 Juni 2022 pukul 00.00, saya mendapatkan barang utama flash sale, yaitu hp Samsung Galaxy A03s 4/64 GB – Black, dengan nomor pesanan: 220620ACNNHX6V. Tertera produk akan diatur untuk pengiriman tanggal 22-06-2022.

Namun hingga tanggal 22-06-2022 jam 12.03 siang status masih sedang dikemas. Sehingga akhirnya saya chat admin Samsung Official Shop untuk menanyakan status pesanan saya dan mendapat jawaban begini:

“Maaf ya kak, Pesanannya maksimal dikirim tanggal 22 Juni 2022 pukul 23.59 ya kak karena saat ini masih aku kemas nih dengan estimasi 2 hari kerja . Tapi kamu tenang aja ya, prosesnya bisa jadi lebih cepat kok, mohon ditunggu. :)”

Oke, saya mencoba memahaminya dan saya pantau hingga jam 23.00 status barang tidak kunjung berubah menjadi dikirim dan nomor resi pun tidak muncul. Sehingga saya klik perpanjang Masa Garansi Shopee.

Keesokan harinya tanggal 23 saya mencoba chat kembali untuk menanyakan barangnya kapan bisa dikirim, saya pun disuruh menunggu dan disarankan perpanjang garansi dan itu sudah saya lakukan. Garansi perpanjang aktif sampai tanggal 25 Juni 2022 dan tiap saya tanya pesanan saya kapan dikirim, jawabannya hanya suruh menunggu dan sedang dilaporkan ke pihak terkait, mereka pun bilang barangnya pasti akan dikirim dan dibantu untuk dimaksimalkan.

Namun hingga masa garansi perpanjangan habis barang tidak kunjung dikirimkan oleh Samsung Official Shop. Sehingga pada akhirnya pesanan saya dibatalkan otomatis oleh sistem Shopee dengan alasan pesanan telah dibatalkan, karena penjual gagal mengirimkan pesanan secara tepat waktu.

Kecewa banget sama Samsung Official Shop, padahal merchant sudah berlabel Shopee Mall. Namun pelayanan yang diberikan tidak baik dan mengecewakan customer. Bagaimana mungkin merchant selevel Mall di Shopee bisa membuat keanehan seperti ini?

Dan entah mereka mengadakan event flash sale seperti itu tujuannya untuk apa, kalau barang yang berhasil dipesan customer tidak dikirim, hanya berujung mengecewakan. Seperti saya, merasa ditipu dan dibohongi.

Khoirul Umam
Ciamis, Jawa Barat


Update (5 Juli 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas penyelesaian masalah oleh Pihak Shopee sebagai berikut:

 

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Iya tuh sewa pengacara aja dan kejar terus. Barangkali stlah sewa pengacara barangnya bakal dikirim

  • Sekelas Samsung yang sudah menjadi brand besar seperti ini, bisa-bisanya tidak komitmen. Ini saya rasa si CS sengaja suruh tunggu itu agar pesanan di Shopee bisa batal otomatis dengan alasan melebihi batas waktu. Pihak e-commerce nya juga tidak bisa di andalkan.

  • Shopee kok dipercaya...bnyk ngga benernya...promo aja yg bnyk,tp sebagian prank doank🤣

    • Sungguh mengecewakan konsumen kalau seperti ini mainnya, lbh baik officialnya tim marketingnya tidak perlu pasang flashsale kalau untuk menipu konsumen

    • Setara kok, kalao LBH mau mengambil kasusnya, kalo menang ya kerugian materiil dan moril mungkin bisa tercover, dengan bukti2 yang sudah diajukan di hal itu sudah dan menyakinkan, segede samsung indonesia berdalih "terpaksa membatalkan". Oo tidak bisa, mereka mengikuti program flash sale tentu mereka memiliki konsekwensi tertentu untuk segera memenuhi kewajiban apa yg telah mereka ikuti, telihat dari yg screnshoot dikirimkan, cs nya sudah menjawab akan mengirimkan barang,
      IMHO

      Pasal 9 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (“UU Perlindungan Konsumen”) yang berbunyi: Pelaku usaha dilarang menawarkan, mempromosikan, mengiklankan suatu barang dan/atau jasa secara tidak benar, dan/atau seolah-olah barang tersebut telah memenuhi dan/atau memiliki potongan harga, harga khusus, standar mutu tertentu, gaya atau mode tertentu, karakteristik tertentu, sejarah atau guna tertentu.

      Ya mungkin saran untuk penulis, penulis seharusnya mengadukan kembali ke YLKI, ya setidaknya perusahaan tsb dikenai sanksi, kedepannya tidak ada konsumen yg dikecewakan,

      • kalau "mungkin" sih, tergantung penulis juga 1.8 setara dengan usaha dan waktunya tidak

  • Ikut prihatin... Pastinya sakit hati, kecewa, dan sejenisnya kalau saya jadi korban "penipuan" model begini ckckck

  • Ini harus diadukan ke aparat yang berwajib… udah penipuan berat ini… Samsul dan sapi harus bertanggung jawab atas masalah ini…. Jangan mau aja dikadali ama Samsul dan sapi….

  • kok kakak dr Ciamis, tapi alamat kirim nya ke Yogyakarta ?? (sorry nanya aja, gak terkait dgn masalah flash sale)

    • Saat bikin pengaduan di Media Konsumen saya isi data sesuai data di KTP. Tapi saat ini saya domisili di Yogyakarta.

  • Pernah penasaran sama yg dpt flashsale di sopi
    Ternyata cuma di php doang to 🤣🤣🤣

  • SELAMAT....
    ANDA KENA PRANK!!!! 🤣
    Brand Official Resmi sekelas SAMSUNG Di Shopee masih bisa nipu2.