Surat Pembaca

Kecewa dengan Proses Refund Agoda

Pada tanggal 20 Juni 2022, lalu saya booking hotel di Agoda. Namun sistem membatalkan pesanan tersebut dan akan melakukan refund uang sejumlah Rp160.921. Agoda memberi 2 opsi, yaitu refund berupa AgodaCash atau transfer bank. Saya pilih metode transfer bank.

Tak lama kemudian mereka meminta sejumlah informasi seperti data diri dan negara dari bank, serta mata uang yang digunakan. Saya kemudian isi data tersebut dan telah mengirimkannya ke Agoda.

Pada hari yang sama, Agoda akan melakukan refund uang saya dan diminta mengisi beberapa informasi untuk mempercepat proses refund seperti pada email berikut:

Selang beberapa hari, Agoda melalui Hyperwallet (rekanan Agoda) mengonfirmasi untuk mulai melakukan refund. Saya selesaikan step tersebut dan diminta menunggu 1-3 hari kerja.

Kemudian datanglah email baru dari Agoda untuk melakukan klaim refund saya. Singkatnya saya telah selesaikan proses ini dan mengisi data-data pribadi (mohon maaf tidak menyertakan tangkapan layar karena berisi data pribadi).

Proses klaim pun berjalan lancar dan saya diminta menunggu beberapa hari lagi.

Namun setelah beberapa hari, email yang Saya dapatkan berupa notifikasi refund yang gagal dilakukan. Saya coba dan masih tetap gagal.

Saya sudah coba hubungi Customer Chat Agoda, tapi. Mereka bersikeras refund sudah berhasil. Karena berdasarkan sistem, refund memang telah berhasil, tapi notifikasi gagal refund juga beberapa kali saya terima.

Saya sangat menyayangkan proses refund yang sangat rumit dan sulit dilakukan ini.

Anton Toni Agung
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Agoda aneh, system nya otomatis mengirim email perihal gagal refund selamat berkali-kali tapi dia ngotot kalau refund sudah berhasil.

    • Betul pak, selain itu sistem chat mereka tidak bisa kirim attachment gambar atau file. Sehingga saya kesulitan mengirimkan tangkapan layar email yang gagal refund itu. CS nya juga parah banget

      • Pembatalan pesanan di Agoda dinyatakan sudah berhasil.. tapi sampai saat ini belum ada pengembalian uang ke rekening saya, kira kira saya harus bagaimana ya?

          • Halo pak, maaf mau nanya, saya baru saja mengajukan claim refund , dan saya masih bingung karena di persyaratan refund Nama di profil harus sesuai dengan nama rekening yg terdaftar, nah sedangkan saya transfer pakai rekening temen saya, otomatis transaksi ada di rekening teman saya, itu saya harus ngisi data nya atas nama siapa ya?

          • Dan nama di akun agoda saya bukan nama asli saya karena saya log in pake id aple dr hp,, takutnya mau refund atas nama saya gakbisa, krn riwayat pesanan ada di akun saya, bingung banget

      • Maaf sy juga butuh informasi nya ..suami sy kemaren gagal pembyaran dan sudab di fotokan rekening koran bahwa sudah terpotong tapi dari pihak agoda malah bilang tdk ada notif masuk di agoda ..sedangkan uang sudah terpotong dan mereka bilang tidak bisa refund....jadi harus gimana y?

    • Saya jg sama merasa kecewa dlm pengambalian refund agoda yg sangat rumit. Maaf mau bertanya jika sdh mendapat email " Anda menerima pembayaran dr pay portal" Itu hrs bagaimana ya d tunggu lgi apah gmn soalnya refundnya msh blm masuk2 jg.. Hrs nunggu brp lama..

      • Sudah terhitung berapa hari sejak diterima email tersebut sampai hari ini? Ditunggu dulu aja bu sampai ada notif email lagi, kalau tidak ada email. Cek berkala nomor rekening yang digunakan untuk refund

    • Mohon infonya kakak" untuk refund agoda ket nya status refund telah di kirim ke partner apakah sukses buat refund atau ad step lainnya untuk proses refund agoda , karna ad ket nya hotel tersebut tdk menerima refund tp ket agoda dana refund anda telah di proses agoda sebesar nominal yg saya bayarkan gmana tuh kaka solusinya ,apakah bisa refund atau tdk ?

  • Ikut prihatin dengan permasalahan yang sedang terjadi & semoga bisa segera terselesaikan.

    Mohon maaf, sekedar saran, semoga kejadian ini bisa dijadikan pengalaman sehingga lain kesempatan bisa mempertimbangkan untuk tidak pakai agen LN terutama apabila pembayaran tidak menggunakan kartu (entah debit/kredit).

    Kalau pake kartu dengan jaringan internasional, *biasanya* (catatan: tergantung kualitas bank penerbit kartu juga) proses refund sangat otomatis karena standar internasional.
    Sedangkan kalau proses refund via transfer bank, lah yang antar dalam negeri aja sering lama berhari-hari kerja, apalagi yang dari LN. Sudah begitu semakin rumit juga mau cari siapa yang salah, apakah bank penerima, perantara transfer, atau yang melakukan transfer (dalam hal ini si agoda).

  • kacau ini agoda, uang saya juga belum di refund sama sekali sejak 15 april dan mereka sekarang malah bilang belum menerima transaksi dari saya, padahal sudah saya kirim jelas bukti bukti nya lalu kemudian mereka malah menyuruh saya ke bank untuk meminta surat pernyataan bahwa saya sudah melakukan payment di agoda, kacau sekali perusahaan besar yang satu ini

    • Apakah hyperwallet aman? Sy juga mau refund tapi rada was-was memasukkan nomor rekening ke pihak ketiga di internet

      • Aman pak, cuma agak lama aja proses refund nya. Saya juga berkali-kali refund baru sekarang berhasil diproses.

        • Itu maksudnya pakai BPR KS apa ya? Semisal saya yang pakai rek Mandiri, tidak perlu pihak lain ya untuk transfer ke mandiri, maksudnya apakah langsung direct.
          Maaf kalau cerewet nanya, hanya memastikan ??

          • BPR KS disini hanya sebagai perantara, karena Hyperwallet tidak punya otoritasi secara langsung ke bank dalam negeri. Jadi Hyperwallet pakai BPR KS sebagai media transfer ke rekening kita.

        • punya saya udh lewat dari tanggal yang dikasih di agoda. sampai sekarang belum juga blm ada email dari agoda refund. kira kira kira harus proses kmn lg pak ?

          • Klo saya di coba terus claim refund pak. 5-6 claim refund saya coba, walaupun agak males tp ya mau gimana lagi.

            Kedepannya saya mending pake layanan lokal aja daripada yg LN ky gini

          • gabisa claim ulang pak. karna ada keterangan sedang di proses. ada caranya lg ?

        • halo maaf ingin bertanya, bapak bank nya pake bank apa ya? terus bagaimana langkah2nya agar bisa refund.. duh tau gini sm refund ke agoda cash aja

    • Sy juga mjd korban dicancelnya peaenana kamar hotel via agoda dan sy sudah terlanjur byr,dari tgl 4 nov 2023. Sy sudah ajukan mulai refund dan sudah ajukan klaim,dan info selamat dana masuk ke hyperwallet. Diemail dijelaskan jika sy akan mendapatkan email ke2 atas status pengembalian dana dari hyperwallet. Dan sy tunggu sd tgl 09 nov 2023 dana belum jg ada yg masuk ke rek bank sy. Sblmnya jg sy sudah hub call center tp tdk aktif nomornya yg di indonesia. Temen2 yg sudah pernah mengalami hal yg sama dg agoda apakah ada saran ke sy harus gimn lg? utk refund dana atas sewa 2kmr besar yg sy sudah transfer sblmnya.

    • Pak 5x pengajuan itu semua dgn no rek yg sama, atau ganti2 smpe akhirnya bs dgn BPR KS? Sy udh 2x dgn no rek berbeda. Baiknya ganti2 atau ttp sama ya? Akun bank cm ada 3

  • Jadi step by step pakai bpr ks ini gmn mas? Saya cuma ada bca soalnya. Bisa bantu jelaskan?

    • Soal BRP KS itu tanggung jawab Hyperwallet, mungkin dia bisa kirim pake bank lain semisal BCA, Mandiri atau BRI. Mungkin karena saya menggunakan SeaBank (eks Bank Kesejahteraan Ekonomi)
      Tugas kita hanya mengajukan refund ke Agoda dan nantinya akan diproses (dilaksanakan) oleh Hyperwallet. Seperti sudah dijelaskan diatas, pihak Hyperwallet akan melakukan transfer via bank lokal, seperti BPR KS pada kasus refund saya. mungkin pada kasus lain bisa pakai BCA, Mandiri, BNI atau bank lainnya

  • izin bertanya, saya jg mengalami keterlambatan serupa pdahl estimasi harusnya hari ini (14 juli), kalau begitu berarti memang akan telat ya pak diluar estimasi? terima kasih jawabannya

  • Mohon maaf saya juga mengalami seperti itu sudah 3 kali ini saya terjadi kegagalan , keterangan sudah diproses" tp sampai sekrng dana jg belum" masuk malah dpt notif gagal
    Mohon bantuan harus menghbungi kemana ya biar segera diproses? Karena tidak bisa reply email hyperwallet
    Terimakasih

    • Pengalaman saya, seperti tulisan di atas. Terus di coba. Wlopun gagal berkali-kali

  • Berapa kali nyoba refund ka? dan dapat pertama email setlah kita refund itu berapa hari dari hari kita pilih refund metode transfer bank?

    • Saya coba 5 refund, dan yang ke 5 itulah yang berhasil. jarak masing2 email sekitar 4-5 hari.