Surat Pembaca

Transaksi di Shopee Sudah Selesai, Uang Tidak Masuk Ke Saldo Penjual Berkali-kali

Terhitung sudah 3 kali atau bahkan lebih, transaksi saya sebagai penjual di Shopee, yang sudah selesai tapi kemudian dana atau uang tidak masuk ke saldo penjual. Saya adalah salah satu penjual di marketplace Shopee dengan nama toko: BARANG ORIGINAL 88.

Saya menulis artikel ini, karena sudah 3 kali kejadian transaksi selesai, tapi uang tidak masuk ke “Saldo Penjual”. Ini sangat merugikan sekali, karena saya sebagai penjual harus selalu komplain dan menunggu lebih lama untuk bisa mencairkan dana saya. Saya kesulitan untuk belanja barang baru apabila stock sedang habis. Bahkan terkadang ketika saya tidak tanyakan tentang laporan komplain saldo dana saya, laporan tiba-tiba terselesaikan secara otomatis. Padahal dana belum masuk ke saldo penjual.

Kejadian pertama yang saya laporkan pada tanggal 09 Juni 2022 pukul 19:54. Kemudian tiba-tiba laporan terselesaikan secara otomatis pada tanggal 10 Juni 2022 pukul 19:08, padahal dana belum masuk ke saldo penjual. Kemudian laporan saya lanjutkan terus, hingga customer service dari Shopee meminta screenshot “Rincian Dana” pada “Saldo Penjual” pada tanggal 13 Juni 2022 pukul 11:33. Padahal itu semua sudah saya kirimkan pada tanggal 09 Juni 2022.

Saya kirimkan kembali permintaan customer service dan disuruh menunggu 1×24 jam. Hingga saya membuat laporan dua kali pada tanggal 10 Juni 2022 pukul 18:46. Kemudian secara sengaja kembali Shopee menyelesaikan laporan saya tanpa menyelesaikan dana yang belum masuk ke saldo penjual saya,
dan baru selesai ditangani pada tanggal 17 Juni 2022.

Kejadian kedua terjadi pada tanggal 19 Juni 2022 pukul 11:06. Secara tiba-tiba, laporan juga terselesaikan otomatis pada tanggal 19 Juni 2022 pukul 14:15 dan dana belum masuk ke saldo penjual. Kemudian saya komplain terus sembari mengancam akan saya masukan ke surat pembaca dan akhirnya selesai pada tanggal 19 Juni 2022 pukul 15:31.

Akhirnya kejadian ketiga terulang kembali. Saya membuat laporan pada tanggal 27 Juni 2022 pukul 20:34. Transaksi selesai, tapi dana belum masuk ke Saldo Penjual hingga kini. Dengan adanya surat pembaca ini, semoga harapan saya Shopee bisa memperbaiki aplikasinya. Bila perlu mengganti developer pembuat aplikasi Shopee tersebut.

Saya lampirkan juga bukti komplain serta percakapan saya dengan customer service dari Shopee. Terima kasih, semoga bisa menjadi pertimbangan bagi penjual lain.

Mas Siswanda Putra
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • SEMANGAT TERUS BERJUALANYA, JANGAN SAMPAI UNTUNG, UTAMAKAN RUGI ANGGAP SAJA SEDEKAH

  • memang kemarin sempat ada kendala dan ada notifikasi bahwa pelepasan dana mengalami kendala, saya juga mengalami beberapa transaksi tapi 1-2 hari kemudian dana masuk ke saldo

  • Saran saya shopee harus update Aplikasi nya.
    Bila perlu ganti Developer atau Vendor nya.

  • Shopee Indonesia apakah mulai seret duit?
    Ikutan kolaps seperti startup lainnya?

  • Uang saya (#2206270EJ4J579) sudah masuk ke saldo penjual pada tanggal 28/06/2022 Jam 10:00. (Problem Solved).
    Terima kasih Shopee. Terima Kasih Shopee Service Center.
    Jika Error Kembali (apalagi Masalah Uang), Pertimbangkan Untuk Ganti Partner atau Developer Aplikasinya.

  • Shopee lagi Shopee lagi... lagi-lagi Shopee. Kesimpulannya: yg lokal memang lebih baik. Sekian dan terimakasih

  • Hari ini kejadian lagi.
    Nomor Transaksi 2207019V3WKQHS.
    Selesai 1 Juli 2022 jam 14:01.
    Transaksi Selesai, Dana belum Masuk. ❌❌❌❌❌.
    ??????????

    • Yg saya fahami dr pelepasan dana d shopee, klau begitu status pesanan diterima (report kurir), dan langsung d klik trima sma pembeli, diwaktu yg bersamaan atau seller melakukan penarikan dana ke rekening, dan kejadian nya itu berulang tiap hari, biasanya bakal dicurigai ama shopee, wlaupun jualannya bner, ttp aja d curigai dr shopee, terkecuali ada problem dari pihak shopee.

  • Ditunggu saja Masa pelepasan dana kan 1 X 24 jam setelah pesanan selesai, pakai menyalahkan sistem segala, sama saja kamu minum di air sumur yg sudah kamu ludahi, tokomu dibekukan baru tau rasa kamu, gak bisa jualan lagi,

    • Pak Muil, anda Developer Aplikasi Shopee ??
      Saya berikan masukan supaya shopee bisa bersaing lebih baik dengan Tokopedia.
      Kalau Developer seperti anda tidak mau menerima masukan, bagaimana anda Pak Muil bisa membuat Shopee lebih maju.
      Yang ada hanya tinggal menunggu waktu untuk Gulung Tikar.

    • Sekarang nambah Lagi.
      2 transaksi selesai, dana belum masuk.
      2207019YG4E88P & 220701A720CRPF.
      Total hari ini 3 transaksi Selesai.
      Uang belum masuk.
      Sementara tutup toko dulu di shopee.

      • Wah sekarang sedang terjadi sama sy, transaksi sdh selesai tapi dana blm masuk sdh 24jam, masih disuruh nunggu.

        Apakah akhirnya semua saldonya masuk ka?

  • Haloo wkwkwk, Shopee sudah maju, iklan dimana mana, ngapain lagi bersaing sama si ijo, banyak anak muda sukses berjualan d shope meraup jutaan, artikel mu saja yg lebay.

    • Pa muil ini buzzer nya shopee pasti ?,sudah berkali kali kejadian sama dengan saya, cost udah klik terima sudah review dan rating, transaksi selesai tapi uang ga masuk, transaksi yg belakangan yg nominalnya kecil kecil malah langsung masuk, disuruh tunggu 1x24 jam setelah lewat belum masuk juga, disuruh tunggu 3x24 jam, akhirnya setelh saya bilang akan buat keluhan di media konsumen ini dalam 1 jam masuk uangnya, saya toko yg transaksinya perhari ga sampai puluhan dan selalu cek , bayangkan dong toko toko besar yg transaksi perharinya puluhan atau ratusan kalau ga teliti, ?

  • Sekarang nambah Lagi.
    2 transaksi selesai, dana belum masuk.
    2207019YG4E88P & 220701A720CRPF.
    Total hari ini 3 transaksi Selesai.
    Uang belum masuk.
    Sementara tutup toko dulu di shopee.

    • Saya kemarin kurang lebih 101 juta di di tahan sama shopee.. mungkin sama mereka di depositokan dulu di seabank lumayan tuh bunganya.. saya marahin dulu cs nya baru di cairkan..

      • Dana nya akhir nya masuk gak kak. Brp hari? Soalnya saya udh 8 harian gak masuk malah di bekukan akun nya 20 jutaan