Pengiriman Tokopedia Card X BRI Berlarut-larut

Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan tulisan saya.

Dear Tokopedia & BRI,

Saya adalah salah satu customer yang menerima tawaran Tokopedia Card dan sedang menunggu kartu tiba di tangan saya. Namun hingga tulisan ini dimuat tidak kunjung saya terima. Berikut kronologi yang dapat saya jabarkan:

1. Pada tanggal 4 Juni 2022, saya mengajukan Tokopedia Card melalui aplikasi Tokopedia. Pada saat pengisian form tersebut, saya memilih alamat kantor sebagai alamat kirim kartu (karena alamat rumah dikontrakan ke orang lain).

Kemudian pada tanggal 10 Juni 2022 status akun Tokopedia saya berubah menjadi “menunggu dicetak” yang artinya pada saat di tahap ini pengajuan saya telah disetujui. Pada tanggal yang sama, yaitu 10 Juni 2022, saya menghubungi BRI untuk mengkonfirmasi alamat pengiriman kartu dan diinformasi oleh Customer Care BRI atas nama Joshua (atau siapa saya kurang begitu jelas mendengarnya) bahwa kartu saya akan dikirimkan ke alamat rumah.

Saya pun meminta agar alamat kirimnya segera diubah, karena belum dikirimkan. Namun diinfokan bahwa “Maaf tidak bisa pak, kalau mau ubah alamat harus tunggu gagal kirim terlebih dahulu”. Saya sangat menyayangkan hal tersebut, kenapa harus tunggu gagal terlebih dahulu? Kenapa tidak langsung diubah? Aneh rasanya bagi saya yang orang awam.

Untuk poin 1, ternyata yang mengalami hal ini tidak hanya saya saja. Hal tersebut dapat dilihat di grup-grup Facebook dan komentar-komentar di platform Youtube, yang mengeluhkan bahwa mereka telah “Memilih alamat kirim ke alamat kantor tetapi dikirim ke alamat rumah”

2. Pada tanggal 14 Juni 2022, saya mendapatkan notifikasi melalui email dari Tokopedia yang menginformasikan bahwa kartu sedang dikirim (ke alamat rumah). Ya sudah saya pikir toh bisa saya titip info ke tetangga untuk diwakilkan. Sayangnya pada tahap ini tidak ada konfirmasi dalam bentuk apa pun ke saya.

3. Pada tanggal 21 Juni 2022, saya terkejut karena menerima notifikasi gagal kirim. Pada tanggal yang sama, 21 Juni 2022, saya langsung menghubungi Call Center BRI untuk meminta perubahan alamat pengiriman.

4. Pada tanggal 24 Juni 2022, saya melihat status Tokopedia Card saya di aplikasi Tokopedia telah berubah, yang semula “Dikirim ulang” menjadi “Sedang dikirim”.

5. Pada tanggal 27 – 30 Juni 2022, entah sudah berapa kali saya menghubungi Tokopedia melalui fitur live chat dan Call Center BRI, tetapi jawaban yang saya terima adalah “Mohon menunggu”, hanya itu saja.

Yang saya sayangkan adalah, setiap kali saya menghubungi Call Center BRI dan diberikan nomor pelaporan baru terus. Pertama saya hubungi saya diberikan nomor pelaporan **** kemudian besoknya saya hubungi lagi Call Center BRI untuk menanyakan status nomor pelaporan sebelumnya, tetapi malah diberikan lagi nomor pelaporan baru (dan terus begitu).

Saya pun merasa jengkel dan seperti tidak ditanggapi dengan serius keluhan saya. Sampai pada akhirnya kemarin 29 Juni 2022, saya menghubungi lagi Call Center BRI dan diterima oleh Mbak Ovi. Namun saya dilayani dengan ketus dan terkesan terburu-buru ingin menyudahi percakapan dengan saya.

Di akhir kalimat Mba Ovi berkata “Berikut nomor pelaporan bapak *****, apakah informasi yang saya berikan sudah cukup jelas?”. Karena saya sudah merasa tidak dihargai lagi, saya tutup saja telepon tersebut tanpa berkata apa pun.

6. Pada tanggal 29 Juni 2022 saya kembali menghubungi Tokopedia melalui fitur live chat dan dilayani oleh Mbak Hazel. Saya meminta untuk dikirimkan notifikasi juga melalui email, sama persis seperti saat pertama saya terima pemberitahuan melalui email terkait status kartu saya yang sedang dalam pengiriman (di poin 2).

Karena saya sebagai customer, tidak memiliki pegangan sama sekali terkait pengiriman Tokopedia Card ini. Dari pihak BRI tidak menginformasikan nomor resi ataupun nama ekspedisi yang digunakan. Begitu pun dari Tokopedia tidak dapat menginformasikan hal tersebut, lalu apa pegangan saya yang memang meyakinkan bahwa kartu “benar” sedang dikirim?

Pada saat saya menghubungi Tokopedia memberikan informasi bahwa “Maaf kak saat ini kami masih menunggu update dari pihak BRI”. Dalam hal ini Tokopedia selaku partner co branding saja tidak mendapatkan prioritas untuk menerima jawaban-jawaban atas pertanyaan atau keluhan customer. Lalu bagaimana dengan saya, yang hanya diminta untuk “menunggu” saja?

Dalam hal ini terpampang jelas pada website dan aplikasi Tokopedia bahwa untuk pengiriman kartu wilayah Jabodetabek SLA-nya maksimal adalah 4 hari kerja. Artinya BRI dan Tokopedia sudah memiliki MOM terkait SNK serta FAQ yang ada di dalamnya terkait Tokopedia Card ini. Namun faktanya sampai dengan saat ini kartu belum juga saya terima.

Saya hanya minta untuk kartu itu segera dapat saya terima dan dengan informasi yang jelas, bukan hanya disuruh menunggu tanpa informasi yang jelas.

Saya bahkan sudah menyatakan kepada BRI dan Tokopedia, apa dari sisi saya yang bisa saya bantu demi saya bisa segera mendapatkan kartu ini. Karena untuk 2 orang rekan saya yang bahkan jaraknya hanya beberapa ratus meter dari saya sudah terima kartunya dengan kasus yang sama yaitu sebelumnya gagal kirim.

Terima kasih.

Tomy Diego Amando
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Tomy Diego Amando

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami sampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Tomy Diego Amando menjadi...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • itu bri mau pun semua bank yang ada di indo klo kalian tidak punya ukuran pinggul 10 inch ya jangan kalian paksakan memakai celana size 10inch tar yg ada itu kendor / melorot langsung ke bawah ujung kaki....begitu juga tokopedia

    • Saya juga mengalami hal yang sama.
      Dari tanggal 16 Juni sudah mendapat email bahwa kartu sudah disetujui.
      Tanggal 20 Juni kembali mendapat email bahwa kartu sudah dikirimkan.
      Saya mengajukan di applikasi agar kartu dikirim ke alamat kantor, tapi di applikasi tetap alamat kirimnya ke rumah.
      Saya sudah 2x menelpon call center BRI, katanya harap ditunggu saja untuk kartunya, tanpa ada kejelasan kapan sampainya.
      Tagline Tokopedia Card "Maksimal 5 hari kerja" itu kalau bisa jangan dipakai lagi, karena infonya menyesatkan. Dari hati yang senang & berdebar-debar karena pengajuan Tokopedia Card disetujui, mengharapkan tiap hari kartu sudah dapat saya terima, sampai sekarang pun tanggal 1 Juli 2022, masih tidak ada kejelasan. Mau pindah alamat kirim atau melacak keberadaan Kartunya pun tidak bisa. Tokopedia Card or ToNowhere Card ?

  • Sama dengan yang saya alami hari ini. Setelah menunggu 2minggu lebih, status tokopediacard berubah menjadi "dikirim ulang". Padahal alamat saya dipinggir jalan besar dan di cek di peta manapun pasti langsung keluar. Entah mau komplain kemana lagi karena telp ke CS pun sudah beberapa kali. Ada baiknya bank bri mengganti perusahaan expedisi nya karena yg sekarang sepertinya jauh dari kata profesional.

    • kalian kalo tidak punya ukuran kepala 10inch ya jangan di paksa memakai topi ukuran 10inch pak bri

  • Dear pihak BRI. Kasusnya sama terjadi dengan saya. Saya kira hanya saya yg di Sumut medan terkena kasus begini. Ssya dikabarin di email per tgl 20 juni 22. Bahwa dikirim ke alamat rumah. Tp setelah ditelepon ke call center bri ( setelah 5 hari tidak sampai) malah alamat yg tertera alamat kantor. Dan setelah 7 hari (kata operator luar jawa biasa 7 hari) malah tulisan status jd gagal kirim. Dan saya kembali menghubungi pihak bri.tapi jawaban yg saya dpt disuruh menunggu 14 hari lg.karena mmg begitu prosedurnya.
    Menurut saya. Kenapa tidak diberi tahu kepada kita untuk pengiriman via expedisi apa, dengan memberi kita nomer resi? Tidak ada salahnya harusnya. Seperti kita membeli barang berharga pun toh ada nomer resi (pengiriman gratis jg). Oh ya untuk ke call center bri pun sudah saya kasi izin agar pihak expedisi menelpon saya pada saat ditempat. Itu pun tidak ada dilakukan. Sungguh aneh

    Terima kasih
    Daniel kusuma setiadi
    Medan - sumut

  • Saya juga sudah apply tgl 15 juli, dikirim tgl 19 juli namun sampai sekarang masih belum di terima. status di tokopedia masih "sedang dikirim".